Profile picture
topi merah @obby_h
, 15 tweets, 4 min read Read on Twitter
Gue begadang mantau situasi insiden menegangkan di Thailand.

Melalui hastag #ThaiCaveRescue
Banyak pembahasan dan penjelasan.

Gue mau comot dan buat kisah nya secara bahasa biasa aja biar ga belibet dan sok elegan.

Cek
Banyak ilustrator membuat ilusi keren mengenai insiden ini, insiden nya ga keren tapi apresiasi karya aja.
Tapi maaf sumber ilustrasi nya ga Nemu nih

Begini
Awal kisah.
Pada 23june 2018 nih tim sepakbola SSB di daerah dekat Pattaya ngadain latihan fisik beranggotakan 12 orang dan 1 pelatih.

Setelah bersepeda sepanjang pagi siang nya mereka ke gua luam untuk melatih kekuatan pernafasan. Yah dgn cara masuk gua dengan kekuatan seadanya
Dengan semangat mereka masuk gua yg tanpa sadar di hari itu datang hujan yg cukup lebat.
Hujan itu membuat gua menjadi banjir.

Mereka panik,mereka berusaha balik tapi sayang mereka terhadang banjir. Dan klo mereka tempuh bisa berbahaya.
Dengan keputusan cukup panik sang pelatih mengarahkan ke 12 anak murid nya masuk ke dalam goa utk mencari tempat yg tinggi.

Tanpa di sadari hujan tak berhenti, banjir melanda di dlm goa.

Dan mereka telah berjalan cukup jauh untuk kembali.
Seharian hilang ortu si anak pada nyariin kemana nih bocah nakal pada hilang.
Di cari-cari akhirnya sampe ke goa luam nemuin sepeda dll.
Tapi orang nya ga ada.

Trus ortu lapor pihak berwenang. Di urus deh. Kesimpulan mereka kejebak di goa.
Nah pihak kepolisian udah nyoba masuk ke goa sejauh mereka mencari masih ga Nemu, di tambah hujan dan banjir di dalam goa buat polisi sulit masuk lebih dalam.

Btw, ini udah 2 hari mereka hilang.
Besok nya polisi beserta tentara berusaha masuk ke dalam goa menunggu banjir surut.
Di hari ke 3 pencarian cuma sampe 50 meter ke dalam goa karena akses dan kondisi hujan serta banjir menyulitkan para pencari kesulitan.

Tapi mereka percaya anak² itu ada di dalam goa.

Hari ke 4, polisi dan tim terkait mencoba menguras banjir itu kali aja bisa di sedot.
Hari ke 5 keluarga makin panik pihak berwenang makin gila dgn meminta semua pihak berwenang.

Sampe akhirnya. Tim penyelam tentara memberanikan diri untuk terus melangkah maju dengan hadangan yg amat gila.

Tapi masih nihil.
Tapi mereka tetap berusaha di hari ke 6, sedikit demi sedikit tanda tanda ada kehidupan di dalam sana membuat mereka bekerja tanpa henti.

Dari nyedot air banjir, sampe ngundang ahli penjelajah goa dari Amrik.

Tapi tetep nihil kendala banjir.
Hingga hari ke 9 tim penyelam berhasil menemui lokasi korban terjebak. Menurut perkiraan sekitar +-3KM di dalam goa.
Mereka di temukan selamat.
Penyelam balik lagi dong biar bisa kasih gambaran ke tim basecamp.

Begini gambaran peta yg di lalui mereka hingga ketemu tu bocah
Gambar tampak samping begini...

Keteguhan dan kegigihan tim berhasil menemukan tu bocah. Mungkin megang prinsip tentara
"Klo ga ketemu orang nya mayat nya jadilah"

Warna biru menunjukkan air banjir di dlm goa. Kebetulan hujan hampir seminggu ga reda.
Dalam usaha tim untuk ngasih oxygen bahan makanan dll tim penyelam menjadi korban karena kehabisan oksigen.

Karena Medan nya selain banjir dan nyelam juga sangat amat sempit guys.

Awal kesedihan utk awal kebahagiaan.
Perjuangan butuh pengorbanan. Bahkan nyawa sekalipun.
Ada video yg harus gue hapus karena ga bener video nya.. ini lanjutan trhead nya yg di atas

#ThaiCaveRescue

Missing some Tweet in this thread?
You can try to force a refresh.

Like this thread? Get email updates or save it to PDF!

Subscribe to topi merah
Profile picture

Get real-time email alerts when new unrolls are available from this author!

This content may be removed anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member and get exclusive features!

Premium member ($3.00/month or $30.00/year)

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!