Profile picture
Tim Kardashian ™ @timothylumare
, 14 tweets, 2 min read Read on Twitter
Ga semua orang punya ketahanan panjang sabar melayani orang sakit dan orang tua. Bukan soal durhaka. Memang ga semua bisa.
Jangan terus menghakimi yg gw retweet di video barusan itu durhaka jahat.
Membesarkan anak sendiri aja ga semua bisa sabar. Anak yg normal, diajarin tumbuh, jadi bisa mandiri. Beda dg melayani orang tua, makin lama makin mundur kemampuannya. Ini bikin frustasi.
Makanya ga semua bisa mengatasi ini. Bukan gw membenarkan kekerasan yg dilakukan mereka yg di video retweetan itu. Tapi gw bisa mengerti.
Yang tertangkap kamera mereka bukan orang kaya. Bebam pikiran utk bertahan hidup saja sudah bikin stres ditambah harus menghadapi kondisi disable, jompo yg fungsinya makin menurun, tidak semua manusia punya kemampuan itu.
Kalau belum pernah mengalami sampai harus jual semua demi pengobatan, tapi harus menghadapi kenyataan kondisi yg makin menurun memang mudah untuk mikir soal balas budi bentuk ketidakdurhakaan.
Percaya deh. Ga semudah itu kalau sudah mengalami sendiri. Putus asa krn menghadapi kenyataan kondisi ortu yg makin menurun. Mau kerja tapi ga dapat2 dan dapat tawaran kerja bingung siapa yg jaga orang tua yg lagi sekarat kalau kita kerja.
Mau bayar suster? Gajinya aja lebih besar dr tawaran kerja. Putus asa, frustasi, bertanya2 kapan semua penderitaan berakhir. Ga semua bisa hadapi ini. Kalau keluarga kalian masih sehat. Bersyukur.
Bukan berarti melakukan kekerasan itu dibenarkan. Yg gw maksud gw mengerti kenapa mereka bisa kelepasan melakukan itu. Tingkat stress merawat orang tua/disable dg kemampuan yg terus menurun itu memang tinggi.
Belum resiko cederanya. Yg patah tangan krn harus menahan ortu yg akan jatuh, patah tulang panggul krn jatuh bersamaan dg yg dirawat.
Kalau cuma pakai ukuran2 moral sih gampang banget ya. Praktek yg susah
Beban, stres, masalah kesehatan yg harus dihadapi mrk yg harus merawat orang sakit dg kecenderungan menurun kualitas hidupnya. ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/P…
Gw ga membenarkan ini, tapi gw bisa mengerti kalau sampai ada yg kelepasan melakukan kekerasan spt ini krn stres dan depresi merawat orang tua, orang sakit, disable.
Dalam kasus2 di luar sana, ada perawat lansia yg sengaja memberikan obat tidur, yg berlaku kasar, sampai yg menimbulkan kematian pun ada. Pada tahap ini memang perawat lansia butuh terapi untuk dapat terus melakukan pekerjaannya.
Missing some Tweet in this thread?
You can try to force a refresh.

Like this thread? Get email updates or save it to PDF!

Subscribe to Tim Kardashian ™
Profile picture

Get real-time email alerts when new unrolls are available from this author!

This content may be removed anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member and get exclusive features!

Premium member ($30.00/year)

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!