Profile picture
, 40 tweets, 8 min read Read on Twitter
KERUNTUHAN ANTIBIOTIK

--- A THREAD

ingatkah kalian pd jaman perang dunia ketika satu luka gores bs sangat mematikan? satu bakteri remeh sj bs membunuh manusia dlm sekejap, zaman sblm kehadiran antibiotik.

dn kita justru sdng mengarah kmbali ke jaman itu, tnpa kita sadari!

RT!
ngomongin tentang bakteri nih, mereka ada dimana2!

di sekitarmu, di tanganmu, di mejamu, di bajumu, di tanah, air, bahkan yang melayang2 di udara

jgn jauh2 deh. ditubuhmu bahkan ada sekitar sekian TRILIUN bakteri dan semuanya hidup!
yap! di dalam tubuhmu. mereka hidup dan beraktivitas disana

dan fakta lainnya, mereka adalah satu2nya organisme pertama yg hidup di muka bumi. itu artinya, mereka sudah ahli dalam hal survival atau bertahan hidup

sebagian bahkan berevolusi mnjd tahan pada suhu2 ekstrim
tapi tenang dulu, meskipun bakteri yg tinggal di dalam tubuh kita itu banyak, sekitar 10 kali lebih banyak daripada sel2 normalmu

namun sebagian bsr dari mereka mah baik2. gak pada gigit

hnya segelintir saja dari mereka yg jahat dan merusak

sebut saja mereka, si Bakteri Jahat
1. Salmonella
2. Staphylococcus Aureus
dan yang baru saja kita bahas, penyebab kematian paling menyakitkan
The Clostridium Tetani
serangan bakteri tersebut pada masa sekarang mungkin bisa kita tangkas

namun tidak dengan apa yang terjadi pada era 1930 dan 1920, The Infection Horror
pada masa itu, kau berjalan di kebon dan memetik mawar lalu jarimu kegores durinya dan berdarah. maka kau akan lgsg dilarikan ke rumah sakit. dan dokter disana tdk bs melakukan apapun utk menyelamatkan nyawamu. hidup dan matimu hanya bergantung pada keberuntungan
bayangkan apa yang terjadi pada veteran perang pada masa itu? no hope

infeksi merajalela, hingga Penisilin ditemukan. The First Antibiotic
bersama dg Vaksinasi, Antibiotik menciptakan revolusi baru pada dunia kesehatan yang menyelamatkan ribuan orang kala itu, hingga sekarang

eits, tunggu dulu. jangan kalian senang dulu. Antibiotik kini tidak sehebat dulu. mereka dikadalin dan dilemahkan oleh kita sendiri

what!?
kok bisa? apa salah kita??

untuk bisa memahami apa yang terjadi pada antibiotik, kita perlu tau dulu gimana kerja antibiotik
ANTIBIOTIK bekerja dgn menghancurkan dinding sel bakteri sehingga segala isi perutnya keluar.

sama mematikannya ketika perut kita disabet oleh celurit dan isi perut kita berhamburan keluar

ada lagi cara kerja lainnya, namun mari kita abaikan hal itu
nah ceritanya nih, bakteri kita itu pintar. saking pintarnya sampe bisa mengelabui sistem imun kita! (baca thread ttg imunisasi utk memahami alasannya)

nah krn alasan ini ditambah dg jumlah mereka yg sangat sangat sangat banyak, maka antibiotik harus MENUNTAS HABIS mereka semua
itu adalah aturan pertama. ANTIBIOTIK harus MENGHABISI SEMUA bakteri jahat yang menyerang. tanpa menyisakan satupun

dan, gmn kalau ada satu dua bakteri saja yang lolos dari perlawanan antibiotik? apa yg terjadi?
di awal saya sudah bilang kalo bakteri ini RAJA nya dan AHLI nya survival, maka ketika dia lolos dari serangan balik sang antibiotik, maka mereka akan bermutasi. seleksi alam membuat mereka menjadi lebih kuat dan KEBAL
dengan meminjamkan informasi genetiknya pada teman-bakterinya yg lain, maka dia berhasil merubah temannya menjadi sama kebalnya dengan dirinya

satu bakteri KEBAL akan membuat kebal jutaan bakteri lain dalam sekejap!
bakteri itu, kini berubah menjadi The Super Bacteria

antibiotik yang tadinya diresepkan untukmu, menjadi tidak mempan lagi utk membunuh bakteri tsb

sehingga dokter meresepkan antibiotik lain, yg lebih kuat dosisnya
the higher dosis you get, the higher risk will follow

obat itu adalah racun yang ditakar, sehingga memberikanmu efek terapeutik yg diinginkan

efek terapeutik adalah efek utk mendapatkan kesembuhan

tapi, RACUN tetaplah RACUN
Antibiotik dosis tinggi yang diresepkan untukmu, mungkin bisa membunuh THE SUPER BACTERIA tadi, namun konsekuensinya, kamu harus meminumnya selama bertahun2

superbacteria tdk bs mati semudah itu hanya dgn diberikan antibiotik dosis tinggi

kau kini menjadi RESISTEN
parahnya lagi, bakteri yang kebal itu, tidak hanya menularkan kekebalan terhadap antibiotik ke sesama jenis bakterinya saja. namun ke beberapa jenis bakteria lain yg kebetulan join bareng buat nyerang dirimu
The Super Bacteria kini menjadi sangat sangat sangat kuat dan menjadi kebal dengan berbagai macam antibiotik

membuat dirimu harus berhadapan dengan masalah lebih besar, The Multiple Antibiotics Resistance

kini, mau pake antibiotik apa buat membunuh mereka?
dari sekian banyak bakteri di dunia ini, 10 diantara mereka sudah menjadi KEBAL

beberapa mungkin pernah kalian dengar
E.Coli
Micobakterium TB
dan Staphylococcus aureus

ketiga bakteri familiar ini, kini telah kebal dan selamat! kitalah yang menyebabkannya
WHY??? apa salah kita???

saya pernah menemukan sebagian emak2 yang habis dari warung utk membeli obat. dan ketika saya tanya obat apa yg mereka beli. jawabannya

AMOXICILLIN

itu adalah antibiotik! dan ketika sy tanya emg apa yg dikeluhkan

dia jawab "masuk angin"

wtf
masuk angin minum antibiotik where is the logic?

Antibiotik seharusnya dijadikan sebagai pilihan terakhir dari pengobatan. bukan ketika kamu pusing demam atau masuk angin, minumnya antibiotik

padahal dikasih air lemon hangat pun juga sudah mendingan
ada lagi, saat sakit kalian pasti dikasih obat buat diminum di rumah dan obat itu banyak sekali kan?

dan inget apa pesan dokternya? "obat ini harus habis!"

kalian sadar obat apa itu yg harus habis? jawabannya Antibiotik

kenapa kok harus habis? ya biar mati semua bakterinya!
kadang saat semua gejala penyakit kita sudah hilang, seperti demam pusing mual sdh hilang, tp obat laknat ini masih aja ada dan banyak dan kita harus menghabiskannya

kenapa? muak? yap sebagian besar dari kita memilih menghentikan menelan antibiotik tsb krn alasan 'sudah enakan'
padahal kalian malah membuat diri kalian menjadi resisten!

dan jgn bilang jika kalian resisten maka tidak berpengaruh thd orang lain

bakteri resisten itu, akan menyebar begitu mudah

dan ketika mereka bebas di alam terbuka, bs bayangin apa efeknya?
kalian justru membiarkan bakteri2 jahat itu membangun dan membentuk pasukan2 kebal yg lain, sehingga pada suatu titik di masa depan, semua bakteri akan kebal

well, thats horrifying and it happens RIGHT NOW
dan lebih parahnya lagi, para penjual daging2 di pabrik2 daging, menggunakan antibiotik utk membunuh bakteri pada dagingnya sehingga daging produksinya menjadi lebih awet dn tdk cepat busuk

bayangin apa yg diakibatkan dari tindakan ini?
antibiotik yg mereka gunakan, sudah jelas tdk bs membunuh seluruh bakteri. kemudian menciptakan super bakteri
super bakteri ini kemudian dimakan olehmu, oleh orang lain, oleh orang satu negara bahkan satu dunia

imagine the horror, super bakteri ini menyebar begitu mudahnya
ilmuwan tdk putus asa. mereka akhirnya menciptakan antibiotik terakhir yg menjadi satu2nya langkah akhir jika semua antibiotik sudah tidak lagi mempan (kita berharap itu tdk terjadi)

namun, berita mengejutkan datang pada tahun 2015
Colistin, super antibiotik yang dibuat untuk melawan superbakteri multiresisten jenis gram negatif,

antibiotik ini dpt mempengaruhi kerja liver, sehingga penggunaannya dikontrol sangat ketat

1. agar tdk membunuh pasien
2. agar tdk sampe menciptakan MEGA SUPER BAKTERIA
namun, sedihnya, colistin yg menjadi salah satu harapan terakhir antibiotik utk melawan berbagai macam superbakteri yg telah kebal dari berbagai antibiotik, malah dipakai oleh peternak babi utk mengawetkan daging babi mereka
dan itu terjadi sudah beberapa tahun yang lalu

apa yang terjadi jika sampai bakteri2 menjadi kebal terhadap Colistin?
bersiap2lah dengan RUNTUHNYA ANTIBIOTIK dan terulangnya malapetaka infeksi sebelum antibiotik ditemukan pada era 20'-30'

kita tentunya tdk ingin itu terjadi
this is the end of ANTIBIOTIC thread. stop being dumb and use antibiotic only from doctor prescribtion!

jika ada tambahan dan pertanyaan, silakan reply dan jangan quote krn tdk akan terlihat. stay safe!
- fin
Baca nih, anak 8 tahun udh resisten semua antibiotik. Cm gara2 emaknya demen minumin antibiotik

Bayangin nasib sang anak kedepan gimana tuh

Missing some Tweet in this thread?
You can try to force a refresh.

Like this thread? Get email updates or save it to PDF!

Subscribe to rizal do
Profile picture

Get real-time email alerts when new unrolls are available from this author!

This content may be removed anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Follow Us on Twitter!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!