My Authors
Read all threads
Kesurupan masal, resiko membawa wanita yang sedang haid naik gunung.
-A Thread-
Cerita ini terjadi waktu gue diklat organisasi pecinta alam pas sma. Waktu itu gue masih kelas 10, dan lagi penerimaan anggota baru di organisasi itu
Jadi sistem diklatnya itu kaya napaktilas. Buat kalian yang ga tau apa itu napaktilas, napaktilas itu kaya semacam kita dikasih tantangan buat ngelakuin sesuatu. Biasanya kaya ngomong sama orang gila, ke mall pake baju sobek sobek gitu gitu deh
Nah waktu itu, gue napaktilasnya jalan dari sekolah gue ke gunung papandayan. Kita dibagi beberapa kelompok, 1 kelompok kalo ga salah isinya 5-7 orang dengan 1 orang pemimpin kelompok. Kita jalan cuma dikasih bekel 20k perorang tapi....
Tapi ketika kita sampe di Base camp papandayan kita harus megang uang 100k per orang gimana pun caranya.
Nah berhubung kelompok gue ini temen gue semua, gue gampang ngaturnya. Gue start dari sekolah gue sekitar jam 7 pagi. Gue jalan ke jalan raya buat nyari tebengan ke arah Bogor buat menghemat keuangan kita. Kita dikasih waktu sekitar 2 hari buat nyari duit 100k
Untungnya, ada 1 mobil pick up yang kebetulan lagi ngarah ke Garut dan ngebolehin kita buat numpang. Tanpa pikir panjang lagi, kita semua numpang di mobil itu. Perjalanan kita abisin dengan istirahat karena nantinya kita harus berusaha nyari duit 100k itu.
Kelompok gue 7 orang termasuk gue, isinya itu 4 cowo 3 cewe. Sekitar 4-5 jam perjalanan akhirnya kita sampe di kota Garut. Gue bilang sama si supir buat nurunin kita di pasar, gue lupa nama pasarnya, dipasar ini nantinya kita berusaha nyari uang
2 orang temen gue, cewe sama cowo, milih nyari uang dengan ngamen di angkot, gue sama 2 orang temen gue jadi kuli panggul di pasar itu. Dan 3 temen gue, 1 cowo 2 cewe, nyari uang dengan jadi pelayan di salah satu ampera yang lumayan rame.
Sumpah pekerjaan jadi kuli panggul di pasar itu luar biasa berat. Dari siang sampe malem gue kerja ngangkat barang ke toko cuma dikasi upah 35k perorang, gila kan? Tapi temen gue yang ngamen itu lumayan juga dapetnya.
Karena udah malem dan badan kita udah cape semua, kita mutusin buat lanjut kerja besoknya aja. Kita semua makan dulu di ampera tempat temen gue kerja, abis itu kita semua nyari masjid buat istirahat.
Setelah subuh dan bersih bersih, kita semua siap siap buat langsung menuju pasar tadi buat nyari sisaan uang yang harus kita bawa ke Base camp besok harinya. Jam 5 subuh pasar ini udah lumayan rame ternyata, gue ngeliat ini sebagai peluang langsung nawarin bantuan.
Gue kerja lagi sama temen gue kaya kemaren, angkat angkat barang, istirahat pas zuhur, lanjut lagi sampe malem. Kali ini upah gue lumayan banyak walaupun tetep ga manusiawi sekitar 150k, jadi total gue megang uang 205k. Masih ada 105k gue pake buat foya foya sebelum diklat hehe
Besoknya uang gue masih sisa 140k+ berapa gitu lupa, akhirnya gue pake buat naik angkutan yang ngarah ke depan Base camp.
Sekitar jam 10 pagi kita akhirnya sampe ke depan Base camp. Gue pikir, kita kelompok pertama yang dateng soalnya disana cuma ada senior yang tetep dengan muka sok (maap yaa seniorku jika kalian baca ini hehe) sama beberapa alumni yang langsung ngebarisin kita.
Ternyata kita ga dikasih waktu istirahat, kelompok sebelum kita usah start jalan duluan. Duit 100k yang kita cari susah payah itu di tuker sama barang kelompok (3 kompas, 3 piso lipet, sama 2 korek api. Sama dia juga ngasih beberapa peraturan yang gaboleh kita lakuin
Peraturan yang paling gue inget adalah gue gaboleh bawa barang lain selain barang yang dikasih sama senior, gue juga harus masuk hutan dan gaboleh lewat jalan setapak (jalur pendakian). Jadi intinya mereka nyuruh kita buat survival
Sebenernya perjalanan tanpa carrier ini enteng karena ga bawa beban sama sekali, tapi kalo ga lewat jalur pendakian itu yang bikin ribet karena kita harus pinter pinter biar ga nyasar.
Makan dulu bentar ye hehe
Lanjut, karena kita ga lewat jalur resmi jadi kita ga ketemu orang sama sekali di jalur ini. Jalur yang kita lewatin mayoritas berbatu dan karena emang ga resmi jadinya curam banget. Tenang, gue udah dapet izin buat melakukan survival jadi ga melanggar aturan
Selama perjalanan ini cuma 3 benda itu aja yang gue bawa, tanpa hp, tanpa makanan dan minuman. Kenapa dikasih piso sama korek? Buat masak bahan makanan apapun yang kita temuin disana dan masak air.
Tapi karena gue bawa cewe yang ga mungkin gue kasih kadal atau bekocot, akhirnya pas nyampe di sungai sumber air gue melakukan pekerjaan yang sangat membosankan, memancing. Sekitar jam 1 siang, dengan peralatan seadanya kita mencoba keberuntungan kita mancing buat makan siang
Kita dapet 3 ikan sama 2 udang hasil mancing kita tadi buat dimakan 7 orang dan harus cukup. Ya ini lah pelajaran yang bisa kita ambil dari sebuah perjalanan, entah kenapa, makanan yang kita dapetin itu cukup buat ganjel laper kita. Mungkin karena bersyukur kali ya
Setelah makan, kita rehat sebentar buat nurunin makanan. Tiba-tiba temen gue yang cewe ngeluh sakit, gue ga ngerti dia sakit apaan. Trus dia izin mau ke semak semak di anter sama temen gue yang cewe juga. Gue pikir dia alergi makanan laut awalnya.
Pas balik lagi ke kita, gue tanya lah dia sakit apaan dan ga dijawab. Dia bilang cuma rada cape aja, tapi kok ke semak semak? Yaudahlah gue positif thinking aja mungkin bener kecapean
Kita lanjut jalan lagi nembus belantara sunyi yang sangat sangat menguras tenaga. Gue gatau kita udah nyampe mana, pokoknya kita cuma ngikutin arah matahari dan harus udah nyampe shelter sebelum malem biar ga nyasar.
Sekitar jam setengah 6 kita sampe di daerah hutan mati/kawah mati. Konon katanya daerah ini rawan banget longsor, makanya kita harus hati-hati banget disini gaboleh lewatin batas aman yang udah ditentukan
Hutan mati ini jelas udah ga ada pohonnya, tumbuhan yang ada disini udah mati semua karena letusan gunung papandayan tahun berapa gitu gue lupa. Akhirnya kita melipir ke selatan buat sampe ke check point kita, Tegal alun.
Jalur ke Tegal alun ini ketutup rapet banget dan ga ada jalan setapak buat sampe kesana (waktu itu). Jalurnya juga curam banget bikin paha lumayan amsyong, sebelum akhirnya kita disambut sama ladang edelweis yang luas
Nah ladang itu lah yang dinamakan Tegal alun, disana kita udah ditunggu sama beberapa senior dan alumni tetap dengan tampang yang ngeselin, sama beberapa kelompok yang kebetulan udah nyampe duluan sebelum kita. Kita disuruh duduk dan dikasih makan sama mereka
Setelah makan sekitar jam 9 malem, salah satu alumni ada yang maju buat ngasih materi ke kita sama sharing sharing pengalaman dia. Menyenangkan sih acara ini, jam 11an kita dikasih waktu 3 jam buat tidur, sebelum lanjut materi lagi tengah malem nanti
Pas gue tidur, gue mimpi lagi ada di tengah hutan gelap dan berkabut. Ga ada orang sama sekali disana, cuma ada suara suara aneh dan suara binatang liar. Tiba-tiba di mimpi gue, gue denger sesuatu atau seseorang dateng mendekat ke gue dari belakang cepet banget
Gue denger jelas suara itu semakin deket, semakin deket, deket, tiba-tiba makhluk itu ngeluarin suara "WHOAAA.." yang kenceng banget, gue kaget langsung bangun dari tidur gue
Pas gue buka mata, napas gue ga beraturan. Gue kaget, kaki gue ke angkat secara alami setinggi 1 meter. Bukan, gue gamungkin ngangkat kaki pas lagi tidur dan gue emang ga nyenderin kaki dibarang apapun. Gue ngerasa kaki gue ada yang ngangkat. Ada tangan yang pegang kaki gue
Entah kenapa pandangan gue tertuju sama sebuah pohon yang jaraknya 5 meter dari tenda gue. Karena pas itu gue pake tenda pleton yang buat orang ngungsi, gue bisa liat jelas sekeliling gue. Gue kaya ngeliat siluet orang lagi ngeliatin tenda gue.
Gue pikir awalnya itu monyet, tapi engga cuy, tatapan dia ke gue itu beda, ga kaya hewan liatin manusia tapi kaya manusia liatin manusia.
Kalian pernah ga sih pas bangun tidur dan ngerasa ada yang lain langsung fokus ke satu titik tergelap kamar kalian, dan kalian ngerasa ada sesuatu atau seseorang yang lagi liatin kalian tidur? Nah kaya gitu kurang lebih rasanya
Siluet itu tiba-tiba buang muka dan jalan pelan ke arah tenda tempat temen cewe gue. Siluet itu tinggi gede, pake jubah putih, dan bawa tingkat. Dia jalan pelan ke arah tenda cewek cewe
Dalem hati gue pengen teriak buat bangunin semua orang, tapi gabisa. Tubuh gue kaya ketahan sama seseorang yang lagi nahan kaki gue. Gue mulai berontak berusaha sadarin diri yang udah mulai ngaco sambil merem
Tiba-tiba gue denger suara sirine tanda waktunya untuk bangun. Gue buka mata dan ngerasa kaya baru bangun tidur. Gue liat sekeliling udah rame banget senior pada bacot. Gue langsung aja buang pikiran gue tadi dan siap siap karena cuma dikasi waktu 10 menit.
Kita di barisin lagi kaya tadi buat di kerjain. Mula mula ada senior dateng ke depan gue nanya nama gue siapa, gue jawab pelan kan, trus gue di gampar kenceng banget. Bangsat, kaget dong gue langsung melotot, eh di gampar lagi gue
Dia bilang "jawab yang keras!" pake nada tinggi. Gue jawab lah teriak, eh di gampar lagi, katanya "kamu bentak saya?" emang senior selalu benar.
Ga lama setelah peristiwa gampar gamparan itu, salah satu senior gue ada yang teriak. Katanya ada satu diantara temen gue ada yang kesurupan. Kesurupannya ga tanggung tanggung, ketawanya mirip banget sama kuntilanak
Gue ngeliat dia udah berantakan parah sih, kaya kepanasan gitu. Akhirnya salah satu seniornya ada yang bacain yasin tapi ga mempan. Si setan malah teriak "BACA AJA YANG KENCENG" sambil ketawa
Ga lama setelah si setan bentak bentak, satu persatu temen gue pada kesurupan sampe total ada 30an orang yang kesurupan termasuk senior dan semuanya cewe.
Suasana yang tadinya dingin berubah jadi panas, panas banget. Salah satu setan ada yang ngomong "berisik, pengganggu! Mau sampe jam berapa begini terus?" sambil nangis
Mereka (orang orang yang kesurupan) mulai ngancurin tenda dan teriak teriak. Kayanya sih karena ulah senior kita yang main bentak aja tadi. Akhirnya kita semua cuma bisa nenangin dan ngumpulin mereka satu satu biar ga ada yang ilang atau di culik sama "mereka"
2 jam kita nenangin mereka ga ada yang sanggup. Sampe akhirnya azan subuh berkumandang, satu persatu dari temen kita mulai sadar kembali. Kebanyakan dari mereka yang sadar itu langsung muntah dan ngeluh pusing.
Kita yang cowo cowo yang ga kesurupan akhirnya bantu bopong mereka masuk ke tenda yang udah di berdiriin lagi. Beberapa ada yang masak air buat amgetin badan orang yang tadi kesurupan. Emang dah teh anget obat dari segala penyakit
Jam setengah 6 semuanya udah sadar dan normal kembali, semuanya di kumpulin jadi satu buat berdoa sama sama dan minta maaf karena udah bentak bentak tadi. Ga ada lagi senioritas disitu, semuanya udah kapok buat bentak bentak disana.
Setelah semuanya maap maapan, tiba-tiba temen gue yang ngeluh sakit pas di jalur tadi kesurupan lagi. Senior gue langsung ngelarang temen temen cewe yang lain buat mendekat ke dia karena khawatir nanti kejadian lagi kaya semalem, jadi yang nanganin anak cowo doang.
Pas lagi nanganin si cewe ini, salah satu senior gue kaya nyium bau amis, amis banget, pas di telusuri ternyata baunya dari bekas (maaf) softek si cewe yang dibuang sembarangan tanpa di cuci dulu. Asli ini orang jorok banget :(
Temen temen cewe gue langsung bawa itu sampah softek buat di cuci dan di kumpulin beberapa ada yang nangis. Senior cewe gue ngecek temen cewe gue satu satu buat liat siapa lagi yang lagi datang bulan waktu itu. Total ada 3 cewe termasuk yang kesurupan tadi.
Tapi bedanya 2 cewe yang lain itu bersih, dia ga buang sembarangan bekasnya. Karena pas itu gue ketua kelompoknya, gue di panggil tuh sama kapel buat ditanya tanya tetep dengan nada keras dan gamparan. Sial banget lah gue pas itu :(
Gue udah jelasin kalo dia ga tau apa-apa kalo dia lagi dapet pas itu. Dia cuma ngeluh sakit dan gamau ngaku ke gue kalo dia lagi dapet, tetep aja gue disalahin karena gue miss dan ga tanggung jawab sama kelompok gue. Gue dibilang penyebab dari kesurupan masal itu. Bajingan
Yaudah gue ngalah aja, gue ngaku salah ga perhatian sama kelompok gue. Gue minta maaf sama semuanya karena kekacauan yang, katanya, penyebabnya gue.
Karena keadaan yang ga memungkinkan, napaktilas yang harusnya dilaksanakan seminggu harus berhenti dihari ke 4. Semuanya ga ada yang mau nanggung resiko banyak. Kita semua mutusin buat pulang aja.
Pas gue lagi rubuhin tenda, gue kaya ngeliat siluet lagi persis kaya di mimpi gue di pohon itu juga. Tapi kali ini bukan satu orang, banyak banget gue liat lagi mandangin kita lama banget. Pas gue mau turun mereka udah ilang dimakan kabut.
Pas perjalanan turun ga ada kejadian apa-apa alhamdulillah. Semenjak itu gue ga pernah mau ngajak cewe buat mendaki kecuali kalo buka jadwalnya, dia harus yakinin gue dulu kalo jadwalnya masih lama atau udah lewat baru gue berani bawa dia.
Itu sih pengalaman absurd gue pas bawa cewe lagi dapet ke gunung. Intinya, jangan pernah ngambil resiko, kalo emang dia dapet pas lagi di jalur harus langsung di bawa turun biar ga ada kejadian aneh yang ga ingin kita alamin
Pesan moralnya jangan jorok! Mereka suka sama orang jorok dan kekotoran. Udah itu aja :) terima kasih sudah membaca hehe
Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh.

Keep Current with pidi tidak baiq

Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Follow Us on Twitter!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!

This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!