Profile picture
, 45 tweets, 6 min read Read on Twitter
ALASAN MENGAPA MANUSIA MAKHLUK SEMPURNA?

--- A Thread

Membedakan TAKDIR dengan KEHENDAK BEBAS

Kenapa orang dg bunuh diri itu dosa? Bukankah kematian itu takdir? Apakah takdir itu hal yg tdk bs diganggu gugat? Apa mksd mendahului takdir? Kok Tuhan bisa didahuluin?

RT&LIKE
Okeoke, daridulu,permasalahan takdir ini memang rumit. Saya sempat menanyakan hal serupa dan dibuat pusing karenanya 🤔🤔😫
Gimana nggak pusing? Pertanyaan liar yang logis namun cukup berbahaya bagi iman, tiba-tiba saja terlontar dari pikiran orang yg belum punya jam terbang tinggi dalam belajar agama
Seperti bagaimana takdir itu sudah ditulis sebelum alam semesta diciptakan..

Lalu tentang daun yang jatuh pada detik sekian, yang mana sudah tertulis di buku takdir Tuhan

Lalu tentang orang yang mati karena bunuh diri. Apakah dia ditakdirkan mati dgn cara bunuh diri?
Artinya apa? Artinya Tuhan tahu segalanya. Tuhan sudah mensetting skenario kejadian demi kejadian yg ada di dunia, tanpa luput satupun. Tuhan pun juga tahu manusia ini akan berbuat apa sejak lahir hingga mati
Itu artinya, Tuhan pun juga tahu ending manusia ini akan masuk surga atau neraka
Kalau gitu Tuhan gak adil dong? Masa Tuhan yang menentukan manusia manusia mana yg akan masuk neraka dan mana yg masuk surga

🤔🤔🤔

Apa benar Tuhan itu gak adil?
Wah wah wah,kalau saya orang yg males baca, pasti bakal langsung ambil asumsi, tarik kesimpulan dan kelar. Tanpa berusaha mencari tau dulu. Bisa ateis dong

Tp alhamdulillah Allah menjaga saya
Oke, kembali ke topik. Saya yakin sebagian dari kalian juga pernah menanyakan hal yang sama. Bahkan tdk mendapatkan jawabannya dari sekarang. So saya akan mencoba menjawabnya menurut pemahaman saya dari hasil membaca sejak beberapa tahun yang lalu
Jika ada salah atau perbedaan pendapat, saya terbuka untuk dikoreksi. Perbedaan pendapat itu rahmat okeee?

Mari berdiskusi secara sehat😊😊
Well, sejak awal penciptaan nabi Adam, Allah sudah menakdirkan beliau sebagai Khalifah bumi, yang mana ditentang oleh malaikat
Perhatikan ayat berikut. Disana tertulis jelas tujuan Allah menciptakan nabi Adam

Malaikat pun dibuat bungkam dengan kalimat Allah yg terakhir
Itulah Takdir nabi Adam. Menjadi Khalifah di Bumi
Dan tentang buah Khuldi, itu merupakan sarana ujian bagi Adam dan Hawa dari Allah, untuk melihat apakah mereka mampu menuruti perintah atau justru kalah dg nafsu dan ingkar
Disinilah Allah memberi pilihan kepada Adam. Dua jalan yang memiliki akhir jelas. Dan inilah kelebihan manusia, Kehendak Bebas. Manusia diberi kebebasan memilih apakah mau patuh atau maksiat. Kedua pilihan tsb memiliki konsekuensinya masing2
Berbeda dg malaikat yang memang diciptakan dan terprogram sedemikian rupa untuk HANYA patuh pada Tuhan
Bagaimana jika seandainya Adam tdk memakan buah Khuldi? Apakah nabi Adam akan tetap berada di surga?
Ya tidak. Itu akan kontradiktif dg tujuan awal penciptaan Adam sbg Khalifah di muka bumi. Makan ataupun tidak makan, Adam akan tetap turun ke Bumi.
Seandainya nabi Adam berhasil patuh utk tdk makan buah Khuldi, Allah mungkin akan memberikan reward atas sabarnya beliau dn Hawa, namun tetap saja Adam harus turun di Bumi

Lalu, bagaimana jika seandainya, Adam memang ditakdirkan utk kalah dg nafsu lalu makan buah Khuldi?
Well, oke mari kita perjelas. Apapun yg terjadi di dunia ini, semuanya sudah tertulis. Maka peristiwa Adam memakan buah Khuldi pun juga tertulis di buku Takdir Tuhan

Apakah Allah sengaja menjebak Adam? No!
Katakanlah Allah menyediakan pilihan kepada Adam, apapun pilihan Adam, Allah tahu. Dan Allah tahu pula konsekuensi dari pilihan tsb

Dg kata lain, semuanya juga sudah tertulis di kitab buku Takdir
Logikanya, jika Allah dari awal menakdirkan Adam memakan buah Khuldi, mengapa Allah repot2 memberikan pilihan kepada mereka berdua?
Kesimpulannya, Allah maha tahu, itu benar

Allah membuat takdir kita sebelum kita diciptakan, itu benar
Bak rancangan desain bangunan, Allah memberi grand desain tsb kepada kita, tinggal kitanya memilih untuk membuatnya lebih baik, mengikuti secara plek desain tsb, atau justru membangkang dan malah menghancurkannya

Manapun yg kita pilih, Allah tahu semuanya
Itulah makna ayat Allah tdk akan merubah takdir suatu kaum, jika kaum tsb tdk mau merubahnya

Bukan berarti Allah plin plan dg Takdirnya sendiri
Itulah kenapa mengikuti grand desain Allah,merupakan pilihan terbaik. Tp kenapa saya dan sebagian dari kita justru terlena dan menghancurkannya? Bodoh banget ya nggak sih?
Inilah maksud mengapa bunuh diri itu dosa, padahal kematian merupakan takdir yg gbs dimajuin/dimundurin waktunya
Oke, takdir manusia utk mati sdh ditentukan. Katakanlah pd hari itu si A ditakdirkan mati. Allah pun sdh menyiapkan caraNya

Namun, entah knp si A justru memilih bundir. Tepat di waktu dia ditakdirkan utk mati. Maka jelas dia berdosa, krn mendahului cara Allah utk mematikannya
Seandainya dia bs menahan diri utk tdk bundir, maka dia akan ttp mati pada hari itu, melalui cara yg Allah sudah siapkan untuknya
"kenapa Allah tidak mencegahnya bunuh diri sih??? Katanya maha penyayang?"

Kalau dicegah, dimana letak ujiannya?

Sama seperti ujian semester. Ada siswa sampai keringetan krn gbs jawab soal, "kasian ih si guru harus bantu ngasih jawabannya!"

Lah?? Dimana letak ujiannya?
Ada org miskin yg butuh duit, didepannya ada tante2 yg bawa dompet tebel sama perhiasan banyak banget

Allah bisa saja mencegah pencopetan terjadi. Tp dimana letak ujiannya? Ini ujian bagi si miskin dan si tante. Bukan berarti Allah tidak lagi Maha Kuasa
Allah tahu jika hamba tsb akan bunuh diri, tapi hamba tsb juga tahu bahwa bunuh diri itu dilarang. Disini Allah tdk lg ikut campur. Pada detik ini, manusia tsb diberi kesempatan utk memilih pilihannya sendiri. Jd mengapa menyalahkan Allah jika org itu justru mati bunuh diri?
Mengapa menyalahkan Allah atas hal yang sebenarnya merupakan konsekuensi dari pilihan2 yg kita buat sendiri?
Allah juga berhak memberi hidayah kepada siapa yg dikehendaki dan menyesatkan siapa yg dikehendaki, itupun tergantung dari pilihan kita sendiri kawan
Kita rajin berdoa agar menjadi lebih baik dan rajin minta hidayah, ya jelas Allah akan bantu kita utk menyempurnakan desain takdir kita sendiri

Kalau kita mengabaikan Allah, ingkar kepada Allah, dan merusak desain yang dibuat Allah utk kita, kira2 Allah marah nggak sama kita
Bayangin lu bikin desain utk seseorang demi kebaikannya, tp org tsb malah ogah2an dan bikin proyek yg dimodif2 gak sesuai petunjuk manual book (Agama&Kitab Suci) sampai hasilnya berantakan, lu marah gak?

Tp org tersebut ttp aja bandel, dn akhirnya lu jadi bodo amat sama dia
"Biarkan saja dia rusak"
Analoginya ya seperti itu. Kita butuh Allah, Allah ga butuh kita. Kita butuh sholat, tp apakah Allah butuh sholat kita? Gak, ente mau sholat gak sholat terserah
Hukuman paling berat di dunia, bukanlah azab atau musibah, dikasih azab maka berhentilah perbuatan dosa tsb/mati, musibah pun sama bikin kita jd ingat Tuhan
Tp hukuman yg paling menyedihkan adalah, ketika Allah membiarkan kita, kita berbuat dosa Allah gak lagi sudi negur, kita maksiat Allah cuek, terserah lu mau rusak bukan urusan Allah lagi.

"Allah benar2 sudah melupakanmu"
Mari kita berlindung dari itu
Meski begitu, setiap pilihan yg kita buat, harus kita serahkan kembali kepada Allah, karena apa?
"Boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu amat buruk bagimu menurut Allah. Boleh jadi pula kamu membenci sesuatu, padahal itu justru sangat baik bagi kita menurut Allah. Allah Maha Mengetahui, sedangkan kita TIDAK." QS. Al Baqoroh 216

Sekian dan semoga bermanfaat😊😊😊
Selesai.
Kadang muncul, knp kita hrs diuji?

Ujian itu konsekuensi dari kehendak bebas. Kl tdk ada ujian, maka kita sm aja kaya hewan. Mereka tidak diuji, tdk ada beban syariat, namun punya kehendak bebas shgg saking bebasnya, mereka jadi liar.

Ujian muncul utk membedakan kita dg mereka
Missing some Tweet in this thread?
You can try to force a refresh.

Like this thread? Get email updates or save it to PDF!

Subscribe to rizal do
Profile picture

Get real-time email alerts when new unrolls are available from this author!

This content may be removed anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Follow Us on Twitter!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!