Profile picture
, 37 tweets, 4 min read Read on Twitter
ALASAN KENAPA KITA DIUJI OLEH ALLAH? IS ALLAH HAVING FUN WITH US?

--- A THREAD

Knp kita perlu diuji? Apa untungnya bagi Allah smpai2 kita hrs diuji sebegitu beratnya? Apa bedanya kita dg malaikat jin hewan dn iblis? Apa dg beribadah sebanyak2nya kita pasti masuk surga?

RT&LIKE
Sebelum baca ini
Baca thread pendahuluannya terlebih dahulu disini

Jadi kita perlu mengingat dulu tujuan penciptaan manusia itu apa sih sebenernya?
Buka Al Baqoroh ayat 30 sampai seterusnya, yg menceritakan kisah penciptaan Adam dan peristiwa buah khuldi, sampai turunnya beliau ke Bumi

Silakan cek di Al Quran terjemahan kalian masing2 yaa
Oke, disana dijelaskan toh, jika Allah bermaksud ingin menjadikan manusia sebagai Khalifah di muka bumi. Artinya buminya sudah ada duluan. Sudah ada tapi belum ada khalifahnya.
Khalifah disini, bahasa gampangannya adalah pengelola. Bumi saat itu bagaikan Gudang yang penuh bahan mentah. Bahkan ga hanya bahan mentah aja, benar2 mentah.
Menurut kalian jika dibiarkan, apa yang akan terjadi?
Oke, jadi Adam dijadikan Allah sebagai manusia untuk menjadi Khalifah di muka Bumi. Disini indahnya Al Quran, Allah menggunakan kata “MENJADIKAN” alih-alih “MENCIPTAKAN”, so? Apa maksudnya?
Beberapa pendapat ulama mengatakan, pilihan kata tersebut, menjawab alasan mengapa malaikat tau kalau manusia akan menciptakan kerusakan di muka bumi. Padahal penciptaan manusia, saat disampaikan Allah kepada malaikat aja masih rencana bukan?
Kemungkinan (Allah knows the best), manusia memang sudah ada di bumi sebelum Adam, namun hanya Adam dan keturunannya lah yang DIJADIKAN Allah sebagai Khalifah di muka bumi. Lihatlah perkembangan peradaban manusia saat ini
Well, kita kembali ke poin. Untuk menjadi pengelola. Unsur2 apa sih yang harus dimiliki?

Oke, kita geledah satu persatu.
Bumi yang kita kenal, adalah benda yang eksis dalam bentuk fisik. BENTUK FISIK means perlu disentuh agar bisa dikelola. Maka calon Khalifah, harus berbentuk FISIK juga. Sehingga manusia ditakdirkan memiliki JASAD
Untuk bisa hidup, jelas dong punya RUH dan JIWA

Oke dua unsur sudah terpenuhi

Kita lanjut ke unsur berikutnya
Semisal dalam mengelola bahan mentah untuk dijadikan bahan jadi yang lebih berguna. Kira2 butuh target gak? Kira2 butuh motivasi nggak? Kira2 butuh dorongan gak untuk semangat menyelesaikan? Perlu desire kan?
Nah disinilah NAFSU diperlukan bro. nafsu untuk selalu menyelesaikan semua pekerjaan dengan cepat dan benar, serta nafsu2 yang lain.
Nah NAFSU, tidak bisa berdiri sendiri. Nafsu harus dikendalikan. Jika nafsu tidak dikendalikan, maka akan kacau

Tidak perlu dijelaskan lah ya nafsu yang tak terkendali tuh contohnya bagaimana hehe
Disinilah calon Khalifah perlu unsur tambahan, yaitu AKAL
Dengan AKAL, mereka bisa membedakan mana benar dan mana salah. Sehingga nafsupun bisa dikendalikan.
Oke disini manusia memiliki 4 unsur makhluk nih. RUH, JASAD, NAFSU, dan AKAL. Lengkap!
Malaikat hanya punya ruh dan akal
Jin punya ruh, nafsu, dan akal
Hewan hanya punya ruh, jasad, dan nafsu

Hanya manusia yang punya semuanya, karena itulah manusia disebut sempurna-sempurnanya makhluk.
Selain itu, manusia jg diberi KEHENDAK BEBAS

Yaiya dong, kl g dibebasin, manusia kg bs kreatif, ga akan inovatif, kg bakal mampu mengelola bumi. Shgg manusia akan berjuang dan berkelana dln lautan pilihan2 kehidupan yg sdh disediakan Tuhan u/ manusia, sesuai kadar dan jatahnya
Konsekuensinya, kehendak bebas juga harus dikendalikan. Jika tidak dikendalikan, maka akan terlalu bebas. Disinilah manusia memerlukan pedoman dalam hidupnya.
Nah siapa yang berhak memberikan pedoman hidup? Ya yang memberikan kehidupan.
Siapa? Ya jelas Tuhan. Bentuknya adalah Agama dan Kitab Suci

Maka menjadi jelas maksudnya, ketika iblis meminta izin untuk menggoda manusia sampai kiamat, Allah izinkan dengan highlight “Hanya yang mengikuti PetunjukKu, yang tidak akan tersesat”
Oke, disinilah letak ujiannya kawanku
Manusia sudah disediakan jalan-jalannya, dengan konsekuensi masing2 yang sudah diketahui oleh manusia melalui petunjukNya, dan dengan kehendak bebasnya dipengaruhi oleh Akal dan Nafsu, manusia akan memilih jalan mana yang akan mereka tempuh.
Gampangnya, lu sudah dikasih pedoman nih sama guru buat pelajaran selama satu semester. Jalannya sudah jelas, lu mau belajar atau kaga, konsekuensinya juga sudah jelas.
Guru gak akan ikut campur kecuali lu minta tolong diajarin, maka sang Guru akan bersedia menuntun. Kalau lu cuek dan gak peduli, si Guru juga gabakal rugi
Tiba saatnya ujian. Si guru bisa aja bikin seluruh siswa lulus 100%, mudah aja karena sang Guru punya kuasa utk itu. Tinggal nulis nilai doang kan?

Tapi Guru lebih sayang kalian, sehingga Guru tdk akan melakukan itu
Siswa yg dg kehendaknya memilih utk rajin, maka dia akan LULUS
Sebaliknya, yg memilih tdk ngikut pedoman, akan GAGAL

disinilah akan terlihat derajat para siswa
Sang Guru akan memberikan reward kepada siswa yg lulus
Dan Punishment kpd yg gagal
Yg menarik adalah, meskipun siswa sudah merasa dirinya rajin, merasa dirinya belajar banyak dan mengikuti pedoman, dia merasa tdk yakin dia bakal lolos atau tidak. Sehingga dia selalu meminta dan memohon ke Guru utk membimbingnya
Menurut kalian sang Guru akan sayang nggak sama murid modelan begini? Ya Jelas. Segala keputusannya akan dituntun oleh sang Guru sehingga peluang lulus semakin gede
Nah dari analogi panjang ini, seharusnya kita bs memetik banyak hal
Jika Ujian itu, justru meningkatkan derajat kita atau justru menghinakan, tergantung pilihanmu
Tidak ada seorang muslimpun yang pede bahwa dirinya masuk Surga, meski merasa sudah melakukan banyak kewajiban dan sunah. Makanya yg bisa muslim lakukan, hanyalah berdoa berdoa dan berdoa. Berharap agar Allah berkenan memasukkan kita ke Surga
Jadi besok yg dihisap itu, bukan seberapa bnyk amal yg kita punya, tapi seberapa BAGUS amal yg kita punya

Ambil contoh amal sholat deh, apabila sholat hamba baik, maka baik semua amalnya

Bukan apabila sholat sang hamba banyak hehe

Karena kualitas berbanding lurus dg kuantitas
Wallahu 'Alam

Semoga bermanfaat
Selesai.
Missing some Tweet in this thread?
You can try to force a refresh.

Like this thread? Get email updates or save it to PDF!

Subscribe to rizal do
Profile picture

Get real-time email alerts when new unrolls are available from this author!

This content may be removed anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Follow Us on Twitter!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!