Profile picture
, 37 tweets, 7 min read Read on Twitter
SUDDENT INFANT DEATH SYNDROM - Sindrom Kematian Bayi Mendadak

-- A THREAD

ini ada kaitan dg kebiasaan masy kita dlm merawat bayi baru lahir. Gamau kan ketika malam bayi sehat2 saja pas tidur, lalu tbtb meninggal tanpa sebab di pagi harinya. Apa penyebab dn gmn mencegahnya?

RT!
Masih ingatkah dengan kasus youtuber Yulia Baltschun yang bayinya meninggal mendadak beberapa waktu yg lalu?

Diketahui bahwa bayinya terkena SIDS atau SUDDENT INFANT DEATH SYNDROM
SIDS ini menyerang bayi yg berumur < 1 tahun. Beberapa kasus bahkan lebih menyedihkan.

Setelah dirasa cukup tenang setelah menyusui, sang Ibu pergi ke dapur sebentar untuk mengambil sesuatu lalu pada saat kembali, sang bayi sudah tidak bernyawa

Mendadak dan tak bisa dihindari
Kok serem ya?

Penyebabnya tau nggak apa?

Idiopatik atau masih belum diketahui pasti oleh ilmu kedokteran saat ini

Yep, penyebab pastinya belum ada. Sehingga sindrom ini menjadi lebih mengerikan lagi
Namun, ada yang menghubungkannya dengan kelainan di bagian otak yang mengatur pernapasan bayi, kondisi tidur bayi yang menghambat pernapasannya, dan hal lain

Nah, kebanyakan SIDS disebabkan oleh tidak patennya jalan nafas bayi pada saat tidur

Gimana bisa gitu??
Disini akan dipaparkan beberapa faktor risiko yang menyebabkan bayi terkena sindrom SIDS

bagi yg kerabatnya punya bayi, silakan dicek dgn faktor-faktor risiko berikut
1. Keterlambatan perkembangan bayi

Ada bayi yg lahir normal dan sempurna ada juga yg tidak. Ketidaksempurnaan perkembangan bayi sebenarnya bisa dideteksi sejak awal kelahiran, terutama apabila menyangkut sistem pernapasannya.
Ini penting! Orang tua harus aktif berkonsultasi dgn dokter ataupun bidan yg membantu persalinan

Salah satunya adalah reflek bernafasnya. Pada saat bayi merasa jalan nafasnya terganggu saat tidur, ia akan reflek berpindah posisi utk membebaskan jalan nafasnya.
Pada bayi yg terlambat perkembangannya, reflek ini tidak ada. Tentu saja berbahaya dan akan meningkatkan risiko SIDS di kemudian hari

Konsultasi diperlukan sejak awal kelahiran ya mama papa 😊
2. Bayi tidur tengkurap

Penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa bayi yg tidur tengkurap sebelum usia 1 tahun atau bahkan 6 bulan, meningkatkan SIDS
Pada usia segitu, bayi blm kuat buat memposisikan dironya, sehingga ketika ia sesak akibat telungkup saat tidur, kebanyakan refleknya tdk banyak membantu sehingga kepatenan jalan nafas terganggu dan eventually SIDS bisa saja terjadi
3. Tidur bersama dengan bayi

Nah, inilah salah satu kebiasaan kita ketika merawat bayi baru lahir. Tidur bersama dg bayi akan membatasi gerak bayi

Gerak bayi yg terbatas akan menghambat usaha bayi dalam menyelematkan diri ketika terjadi sesuatu terhadapnya
Seperti contoh kesalahan posisi di atas

Sebagian juga yg menempatkan banyak sekali bantal di kanan kiri bayi, atau menyusui sambil tidur (sangat tdk dianjurkan) atau meniduri bayi satu sofa dgn ibu

Risiko tergencet tinggi
Prinsipnya adalah, pada bayi di bawah 1 tahun, beri space dan jangan membatasi gerak bayi

Jika ingin tidur seranjang, akali dgn memberikan pembatas. Bisa dg tudung anti nyamuk atau apapun yg tdk melanggar prinsip ruang gerak di atas
4. Bayi dg berat badan lahir rendah
biasanya terjadi pada bayi yg lahir prematur atau bayi kembar. Bayi dg kondisi ini cenderung punya otak yang belum matang, shgg bayi kurang memiliki kendali atas pernapasan dan detak jantungnya.
5. Hipertermia

Jgn pernah memakaikan bayi pakaian atau membedong dgn terlalu ketat, apalagi gurita/gerito/gurito atau apapun itu namanya
DILARANG!

Pakaian bayi yang terlalu tebal dan tertutup, atau suhu ruangan yang panas dapat meningkatkan metabolisme bayi,
Shgg bayi dapat kehilangan kontrol pernapasan.

Mengapa memakaikan gurito bayi dilarang?

Ibu 😊, bayi yg baru lahir atau di bawah umur 1 tahun, masih bernafas menggunakan perutnya. Bisa diamati sendiri jika tdk percaya
Pernapasan perut akan menjadi susah ketika dipakaikan gurita. Bayi belum bisa melakukan pernapasan dada dgn normal

Risiko kesulitan bernapas pada bayi akan semakin gede. Tentu berkontribusi juga dg SIDS

jangan takut perut bayi menggelembung pas gede. Itu mitos
Disamping itu, pemakaian pakaian yg terlalu ketat, akan menjebak panas pada tubuh bayi. Pada saat suhu ruangan menjadi panas, bayi juga akan merasakan panas. Ini jelas berbahaya

So stop mengenakan bayi anda pakaian2 yg terlalu ketat
6. Terpapar zat berbahaya

Rokok! Inilah pembunuh paling utama

Hindarkan bayi anda sebisa mungkin dari asap rokok

Sudahlah, semua pasti juga setuju kalau rokok itu tidak baik untuk kesehatan bukan?
Oke. Tadi sudah dijelaskan beberapa faktor risikonya

Sekarang bagaimana cara mencegahnya?

Pencegahan ini bertujuan utk mengurangi faktor risiko ya, sehingga SIDS diharapkan tidak terjadi
1. PASTIKAN bayi anda tidur dgn posisi terlentang

Ini sudah jelas ya. Tidak perlu saya jelaskan lagi apa rasionalnya
2. Jangan taruh macam2 benda di atas tempat tidur bayi. Semacam bantal, selimut, boneka, mainan, atau hal lainnya saat bayi tidur, tolong disimpan aja. Benda-benda ini dapat menghalangi mulut dan hidung bayi sebagai jalan napas, sehingga bayi dpt mengalami sesak napas saat tidur
Tapi lucu bang kalau dikasih boneka

Iya lucu buat memuaskanmu doang . Sedangkan bayimu dalam kondisi bahaya

Be wise 😊
3. Kalo bisa, sebaiknya bayi tidur sendiri di tempat tidurnya yang dekat dg orang tua. Pada saat bayi tidur di kasur yang sama dg orangtuanya, ini dapat membatasi ruang gerak bayi dan mungkin juga bisa mengganggu pernapasan bayi.
4. Lakukan kegiatan bersama bayi pada siang hari. Ajak Si Kecil bicara, main, dan bernyanyi. Rangsangan ini dapat membantu tidur bayi lebih nyenyak di malam hari.
5. Apabila bayi bangun di malam hari, gunakan gerakan menenangkan, suara lembut dan cahaya yang minim. Hal ini akan memberitahukan Si Kecil bahwa malam hari adalah bukan saatnya bermain, tetapi waktu yg tepat untuk beristirahat
6. Hindarkan dari paparan asap rokok, suhu bayi yg terlalu tinggi atau rendah

Kalau bisa, bijaklah dalam menggunakan pendingin ruangan. Jaga suhu ruangan agar tdk terlalu panas atau dingin. Mengalahlah
7. ASI EKSKLUSIF

tidak ada alasan apapun bagi ibu utk tidak memberikan bayi nya ASI eksklusif.

Mau asi gak lancar kek
Sibuk kek
Payudara sakit kek
ASI gamau keluar kek

Semua itu ada caranya ada solusinya. Nanti saya buatkan Thread khusus utk penanganan masalah ASI
"tp bang EMG beneran ga keluar bang serius"

Kebanyakan tapi tapi tapi

Males konsultasi dan sebagainya

Tau ngga sih? Kemalasan kalian nih ya para ibu2, yg akhirnya memakai susu formula sebelum usia 6 bulan tuh,
membuat bayi kalian bagaikan orang dewasa yg dicekokin nasi 5 piring sekaligus habis dlm waktu 5 menit. Serius. Itu analogi tepatnya

Begah? Nyiksa?

Nah itu yg dirasakan bayi kalian

Aku tu gabisa ga marah kalau di posyandu nemu kasus ASI yg ibunya banyak alasan hahaha
Lalu, dikasih makan nasi/bubur/pisang halus sebelum usia 6 bulan

Tolong banget tolooooong. Usus bayi masih belum kuat sayang. Itu bs bikin usus bayi saling melilit karena usahanya utk mencerna makanan "halus" -padahal g halus bagi bayi- yg terlalu ekstra
Bisa bikin diare berkepanjangan, dan meninggal mendadak. banyak sekali kasusnya :(
8. Beri bayi Anda imunisasi secara lengkap. Bukti menunjukkan bahwa bayi yang menerima imunisasi sesuai rekomendasi dapat menurunkan risikonya terhadap SIDS sebesar 50% dibandingkan dengan bayi yang tidak menerima imunisasi lengkap.

Ayo diimunisasi bayinya. Ga usah bandel
9. Jangan berikan madu pada bayi di bawah usia 1 tahun. Madu dapat menyebabkan bayi menderita botulisme. Botulisme dan bakteri penyebab botulisme dapat dihubungkan dengan kejadian SIDS pada bayi.
Demikian yg bisa saya sampaikan mengenai SIDS

semoga bermanfaat bagi semuanya. Silakan disebarkan utk kebaikan bersama

Jika ada pertanyaan dan tambahan, silakan komen yaa

Salam sehat!😊
Highlight ttg larangan memberikan madu bagi bayi < 1tahun

Laman berasal dari Ikatan Dokter Anak Indonesia disertai referensi jurnal terkait

Mana nih kaum anti-vaksin yg bilang kalau madu bs sebagai pengganti vaksin?😊
Padahal hadits nabi tuh nyebutnya korma bukan madu ehe
Missing some Tweet in this thread?
You can try to force a refresh.

Like this thread? Get email updates or save it to PDF!

Subscribe to rizal do
Profile picture

Get real-time email alerts when new unrolls are available from this author!

This content may be removed anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Follow Us on Twitter!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!