My Authors
Read all threads
kurangkum aja pertanyaan klen ya, lesgo
1. bahaya gak ngab kalo video pelonco itu kesebar?

bahaya, bagi yang ngupload, tapi lebi bahaya lagi dari pihak isilopnya, kenapa di dalam sel hempon bisa lewat? nah itu tanggung jawab isilop piket kan, tapi gatau juga kalo misalnya ada peraturan lain
2. gimana kalo FP melawan?

tamat idupnya, mending tunduk aja
3. di dalam sel lumrah gak kejadian perpeloncoan?

lumrah lah, penjahat dengan ego masing-masing dikumpulin di satu tempat yakali gak muasin batin, udahlah ketekan kali karna ketangkap, singkatnya ada frasa "kami juga butuh mainan"
4. kalo dari awal dia udah nyerah, gak kabur, minta maaf, nasibnya bakal kek gitu gak?

enggak, orang respek kalo kau salah dan kau nyerahkan diri ke isilop, aku kek gitu dulu, udah naek laporan aku langsung nelpon kantor dan bilang mau nyerahkan diri, isilop juga welcome
5. ditusbol gak dia di sana?

kecil kemungkinan, gadak itu agenda-agenda pertusbolan, kalo ada pasti konsen
6. dibalsemi gak dia bang?

kecil juga kemungkinan, karna bukan kasus tali air, coli pake balsem itu budaya nyiksa kasus asusila, tergantung palkamnya juga sih, kalo sor sor palkamnya ya lanjut
7. kok gak manusiawi gitu perlakuannya?

taik kucing sama perspektifmu soal kemanusiaan, mengurung orang yang bersalah aja udah gak manusiawi, kalo mau protes soal kemanusiaan, protes sama hukum yang memberlakukan pemenjaraan
8. bisa sakit mental gak dia ngab?

bisa iya, bisa enggak
perspektifku soal pergeseran mentalitas dan omong kosong kemanusiaan klen nanti kubahas di trit yang lain, karna panjang
9. bang vanesa engel kenapa dipenjara?

aneh kali pertanyaannya, dia gak kenak kasus pelacuran, dia kenak kasus psikotropika karna punya xanax
10. bang pernah jumpa kasus pembunuhan atau serial killer?

pernah, palakam di dittahti dulu kasus pembunuhan, di rutan jumpa juga, pernah w bahas di trit hidden bosses
11. bang dulu kau salah apa enggak?

samaku kalo udah gol udah salah itungannya, gak mau aku ngelak ngelak
12. paleka sahur pertama di sel pake apa bang?

w dulu pas di sel isilop makannya pake nasi bungkus, w suka bat waktu di sel isilop karna tiap hari mam nasi ikan terus, sumpah w gemuk di sana, pas di rutan sahurnya pake nasi lauknya kadang ikan asin atau sayur kol
13. kalo tapol di pesantren hukumannya kek mana?

hadeh tapol itu tahanan polisi, artinya belum naik berkas P21 pengadilan, atau dia belum bisa disidang, kalo udah naek berkas udah jadi tahanan jaksa, perlakuannya sama aja
14. napi koruptor diospek gak?

sepengetahuan aku enggak, karna mereka berprivilej, udah pernah kubilang kasus pidana yang dilawan manusia, kasus korupsi yg dilawan negara, jadi perlakuan gak manusiawi orangtu gak kena karna bisa dibilang orangtu gak merugikan manusia tapi negara
15. proses hukum gak sama ya sama yang diajarin di bangku kuliah?

bakar aja buku klen kalo klen anggap sama
16. jadiin novel bang?

gak
17. bang kau kok ngerti pasal? anak hukum dulu?

gak, w anak pertanian dan masih bangga sama status pertanian walopun gak tamat uwu, nanti w ceritain kenapa w jadi pinter soal pasal pasal
kalo ada lagi yang mau klen tanya ato pertanyaan klen belum tejawab, tanya di twit ini, capek aku nyarinya mencar-mencar
oiya satu lagi itu yang begadoh di trit aku tahapa hapa tingkah klen bah
18. Bolehlah, tapi ada cacatnya, ada keterangan pernah ditahan berapa lama dari tahun brapa ke tahun brapa

19. kalo udah alumni aman dari perpeloncoan, tapi ya tetap harus ada yang nampung, atau yang kenal, kalo gadak yang kenal sama aja itungannya bebek baru, makanya kubilang koneksi di dalam itu penting

is bandal kali klen, kalo ada pertanyaan balas di twit yang 2 sebelum ini, biar gak mencar
20. udah pernah w bahas, uu tipikor termasuk krimsus dan di pasalnya selalu dibilang "yang merugikan negara dan perekonomian negara", korbannya negara di sini, statement korban rakyat cuma imbas yang gak dibicarakan dalam pasal

21. Lapas itu lembaga permasyarakatan, biasanya hukuman di atas 2 tahun sampe hukuman mati

Rutan itu rumah tahanan, tempat nyinggahin tapol, tajak dan napi 2 tahun ke bawah

Lapas dan rutan sama-sama jenis penjara

22. Tergantung tempat, di rutan w dulu cina idupnya aman-aman aja karna disentralisasi di blok G jadi sesama cina bisa berbaur jg sesama cina, di rutan isu rasial gak kuat, orang gak mandang dari warna kulit, tapi dari jumlah uang karna cuan adalah kunci

23. Betul sekali, akan ada masanya ini si paleka udah gak akan disiksa lagi, dan dia udah teritung senior, jadi dia punya hak untuk 'balas dendam'

24. lebih ke arah gak peduli sih, karna kalo ditanya samaku dimana tempat paling toleran beragama ya jawabannya di penjara, karna orang gak peduli agamamu apa atau cara ibadahmu cemana, yang penting jangan ganggu orang

25. nah yang di berita kan dia kena pasal compound tuh, yang pasal 36 dan 51(2), bisa jadi yang masuk di bap pasal itu, kalo dia mau protes kan bisa nanti pas eksepsi, atau dia bisa protes dari awal kaya kejadianku melalui ph

26. astaga pertanyaan dan usernamenya sama sama gadak akhlak, itu udah masalah konsen, kami suka baku hantam tapi urusan seksual kami masih tau privasi

27. normal, apalagi kalo keluarga yang kena

28. untuk sobat-sobat susaid skwad alias tero setau w langsung masuk lapas gak masuk rutan, dulu w di rutan, nah di lapas mereka udah ada blok tersendiri yang isinya tero semua, lebih ke arah disentralisasi aja ini golongan yang sama

29. kalo kau udah terlanjur ada nama di luar, artis kah atau pemuka agama kah, yang kasusnya bukan asusila, majorly dapat rispek sama sobat napi, karna suda jelas, public figur = banyak cuan

30. soal setoran itu udah budaya, udah tau sama tau istilahnya, ini setoran juga fungsinya biar si palkam mau backup kalo ada masalah, atau bisa juga untuk keperluan kamar, lebih kurang balik lagi ke kita

31. rasaku belum sampe rutan dia itu, napi dikirim ke rutan setelah 21 hari di sel polisi atau bisa dikirim secepatnya kalo berkas P21nya udah keluar, atau dia udah siap disidang

32. jelas ada perbedaan, yang sama ya tetap agenda kekerasannya, di rutan dulu yang ngasih impact besar ya soal serangan fisik, kalo cuma bentakan udah kebal, pure blood batak soalnya, dibentak = disapa

33. belum pernah ada jumpa, tapi yang ngebunuh aparat ada and WE FUCKING LOVE 'EM

34. jan panggil min napa, panggil bang aja, ngejek tetangga karna personal kena pasal 27 tentang penghinaan kalo melalui medsos kena pasal 45A(1) dan hukumannya maksimal 6 tahun, biasanya kasus ini dianggap sepele lebih bagus diselesaikan kekeluargaan

35. yang pastinya gini, tersangka atau terdakwa sebenarnya punya hak untuk hidup aman ketika ditahan, semuanya diatur dalam KUHAP, di bawah perlindungan aparat, tapi gak semuanya dapat hak itu ...

... kok gitu bang, ya mungkin karna aparat gak punya waktu ngurusin segitu banyak manusia, kalo koruptor kenapa gak kena bang? karna mereka bisa ngandalin kartu "w punya pengacara", jadi orang gak berani macam-macam sama dia, bisa betambah hukuman awak kalo ganggu dia
37. nah ini yang w lum tau, pelanggaran KUHAP ini ngelaporinnya kemana, w pernah nanya pengacara katanya ke komisi yudisial, tapi w gak pernah nyari tau lebih dalam, KUHAP sama KUHP beda ya

38. biar gak jadi korban super trap isilop, klen nanti kalo misalnya ditengah jalan diberentikan polisi, klen punya hak untuk tidak mau diperiksa dan hak untuk diam, masuk hak miranda ini...

... yang paling utama kalian minta 3 lembar kertas yang isinya: Surat Pengantar Permintaan Izin Penggeledahan, Surat Perintah Penyidikan sama Surat Perintah Penggeledahan, kalo ini gak ada berarti itu mau supertrap, itu yang kutau cara amannya
39. kalo kita mau diperiksa polisi, minta hak miranda kita atau suruh dia ngucapkan miranda warning, w pernah ngelakuin ini waktu pulang malam-malam tetiba diberentiin isilop, karna dia gagap dan kayanya gak hapal, w bacain sendiri abistu disuruh cabut

40. kalo misalnya isilop gak tau hak miranda karna terlalu anglo-saxon, suruh dia mematuhi pasal 18(1) kuhap dan 21 sampe 57 kuhap, itu hak fundamental waktu diperiksa, isinya sama dengan hak miranda

41. pasangan yang tidak menikah tidak bisa dipidanakan dengan dalih apapun yang berbau pasal 284 KUHP, tapi ada kondisi dimana ini pasangan tidak menikah bisa ditangkap karna melanggar 281 KUHP yaitu kalo kau khentu di muka umum...

... warga boleh gak nahan? ya boleh di KUHAP ada diatur soal "tertangkap tangan", w lupa pasal berapa antara 110 atau 111, jadi setiap warga punya hak untuk menahan pelaku zinah, tapi nanti diserahkan ke pihak berwajib, baru diproses isilop...
... kalo soal punya hak gak untuk gak nelpon ortu, ya punya dong, problemnya kan bisa gak ngelawan amuk masa? kalo ada isilop ya bisa dilindungi isilopkan...
... terakhir nih, kalo misalnya ketauan ngewe pranikah, trus diarak warga, malah untung, karna warga yang mengarak dalam keadaan telanjang bisa kena pasal 10 uu pornografi tentang mempertontonkan pornografi, laporkan aja jadi bisa balas dendam ke warga
42. bah ini ilmu w yang paling berharga, karna masih berguna walopun udah diluar, kompleks kali, banyak kondisinya, kalo duduk sama mau w ceritain, ilmunya sampe w brani bilang kalo w gak bakal bisa ditipu lagi sama orang luar

43. bah, apanya pertanyaan ini, kalo ada orang gol karna narkobaan ya makin banyak lah kawannya di penjara, narkobais itu paling enak dikawanin, apalagi kalo dia lagi tinggi, enak kali diajak cakap, w suka bekawan sama sobat narko

44. ya ada lah, di lapas sobat napi cilik juga ada

45. kan tahapa hapa, ya mana tau w, tergantung orangnya, ada yang nyesal trus cari kerja di dalam dan ngasih makan keluarganya, ada yang bodo amat nyabu troooos anak binik telantar

46. ya bisa lah, ada sobat napi cilik yang w kenal kena pasal 127 (pemakai narkoba), pasal 112 (membawa narkoba), pasal 114 (menjualbelikan narkoba)

47. tali air itu artinya lubang keluarnya air, merujuk pada kemaluan, kasus tali air itu kasus pemerkosaan, kalo di rutan kami nyebutnya kasus kitul

48. cuan ya duit, biar bisa beli lauk, alat mandi, dan hal-hal rekreasional lainnya seperti sabu uwu

49. menurutku personal enggak, karna dia public figure, dan kasusnya bukan pemerkosaan, kasusnya kan nge-hap, dan ke sesama lelaki, kasus kek gini kalo bukan kasus sodomi gak kenak siksa, karna ini termasuk kasus lucu

50. wah berdasarkan konteks ini malah si cowo yang bisa ngelapor bahwa dia diperkosa, tapi ya stigma perkosaan hukum kita keknya gak menganulir, selama konsen si cowo aman kecuali si cewe yang betingkah dan gak ada otaknya mau manfaatin

51. wah itu udah kekerasan namanya, bisa dipidanakan pake pasal 170, pesan w cuma jangan takut salah kalo memang gak salah, lawan aja selama benar, kalo memang ada kesalahan ya lebih bagus nyerah, kalo isilopnya bisa diajak 86 ya silahkan

52. kalo isilop punya legalitas administratif untuk memeriksa, kita harus nurut, kalo dia gak bisa nunjukin surat ya cabut aja

53. gini, jangan dipikir kalo bos narko cuma sebiji ya, masing-masing punya wilayah, gak mungkin bentrok lah, lagian kalo udah di dalam persaingan dagang lebih sehat, lebih hormat satu sama lain karna sama sama paham kalo sama sama nyari makan

kalo ditanya ada gak bos besar narko yang sebenarnya yang ngendalikan pasar di suatu negara, ya ada, kita biasanya menyebut beliau dengan pem....

ah males ah nanti ninuninu gol lagi abis duit
54. kalo istilahnya udah kampung narko, biasanya yang ngendaliin satu orang, tapi bandar kerjanya banyak, setau w gitu sih sistem kampung narko

55. pablo adala panutanku karna dia kartel paling sukses

56. kalo awal awal pastilah diakal-akalin, tapi w udah adaptip dari awal, udah terbiasa menolak dan mau melawan, di penjara jangan kalah mob

57. yang ada duit silahkan sewa psk dari luar, atau panggil istrinya, bisa sewa kamar kok di dalam, rutan/lapas menyediakan RB (ruang biologis), harga beda-beda tiap penjara, kalo gadak duit ya coli aja

58. pasal 27 ayat 3 berkenaan dengan penghinaan terhadap individu

pasal 28 ayat 2 berkenaan dengan perbuatan yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan terhadap individu atau kelompok

59. masuk sensor x-ray, ga boleh bawa logam, alat elektronik, narkoba, yang lain w lupa, 3 itu yang gak boleh bawa masuk

ini checkpoint terakhir, yang mau nanya dan yang pertanyaannya lum dijawab, drop ke reply ini, w mau pergi bukber soalnya, cepat biar rampung
gilaaaak isilop gak buang badan kerad

60. itulah indahnya penjara, ada yang dilarang masuk, tapi selama ada pelicin semuanya bole masuk, mau masukin kulkas atau mesin karoke pun jadi asal ada cuannya

61. tukar kepala ini ada 2 macam, ada tukar kepala cepu, ada tukar kepala yang balek nama, yang cepu maksudnya gini, misal kau ketangkap nih 2 orang, trus kau mau bebasin yang satu, isilop ngasih sarat kau harus nyepuin 1 orang lain buat gantinya...

nah nanti di berkas kau ya nama tunggal, karna kalo makin banyak orangnya makin berat hukumannya, kalo tukar kepala satu lagi, kau bayar sana sini dan nyediakan satu manusia lain buat ngejalanin hukumanmu pake namamu, tapi kau janjalan di luar...
yah yang gantiin kau harus udah ada kesepakatanlah, kalo dipanggil ya harus pake namamu, trus kokasih uang bulanannya, banyaklah nyiramnya kalo ini
62. laki laki dan perempuan itu pisah penjara ya, pisah dinding juga, jadi lakik binik bekasus gak akan jumpa, setau w bisa aja mereka RB tapi jelas lebi mahal, karna harus ngejemput salah satu kan karna mereka gak tinggal di gedung yang sama
63. ada, ada pasti, pasti ada yang stel gilak, bisa jadi karna udah banyak kenalannya di dalam makanya berani dia

64. kaya ngekos, tergantung rutan, nah di rutan tergantung blok lagi, biaya beli kamar beda-beda, bulanan w dari keluarga 500k kadang cukup kadang engga karna apa apa mahal di dalam

abis ya w mau pigi, kalo diberi umur panjang w jawapin lagi, wabilahitopik walhidayah iya itu lah selanjutnya, samlekum
Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh.

Enjoying this thread?

Keep Current with madapi

Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Follow Us on Twitter!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!