Sabda PS 🇮🇩 Profile picture
Sep 26, 2020 46 tweets 8 min read Read on X
Nah gue mulai dari sini dulu deh. Gue di tahun kedua ngajar di zeni punya murid yang IQnya 85 terus sekitar 9 bulan belajar full akhirnya diterima di STEI ITB. Gue mau bahas ini dari sisi tutor dan muridnya ya, karena bagi gue ini formative years yg ngebentuk gue sbg guru juga.
Gue jelasin beberapa konteks penting and what I believe as a teacher.
Pertama, ini tahun kedua gue ngajar, katanya sih 3 tahun pertama guru ngajar itu akan ngebentuk seperti apa dia kualitas dia sbg guru.
.......
Kedua, murid gue ini sebut aja R (karena gue lost contact, jadi gue gabisa minta ijin bisa disebut ga namanya hehe), dia itu gapyear, jadi punya waktu 100% untuk belajar di zeni.
Ketiga, tenet gue terpenting sbg guru ya bahwa manusia itu bisa berubah di banyak hal.
Yak mari mulai. Jadi pas dia dateng ke gue, dia bilang dan nanya blak2xan ke gue "Da, gue IQ 85 tapi pengen banget jadi programmer masuk STEI ITB, elo bisa bantu gue ga?". Gue bilang "Ya, so far sih gue ngerasa bisa, cuma elo bener2x mesti kerja keras banget, klo mau ya hayuk!?"
Gue bilang juga sama dia bahwa kemungkinan besar yang susah tuh bukan actual belajarnya, tapi yang paling susah banget2x tuh mengubah sesuatu yg udah ngeleket di otak, ngubah kebiasaan, cara mikir, pandangan, dll. Btw tagline Zenius-X jaman itu tuh "Xtreme Transformation" hehe.
Gue selipin dasar teori dikit yak, dulu ini belom ada tapi, gue baru belajarnya belakangan. Daniel Kahneman di bukunya "Thinking fast and slow" memodelkan berpikir jadi 2 mode, yg pertama sistem 1 dimana itu dari insting & udah intuitive (fast) dan sistem 2 yg relatif baru.
Sistem 2 ini, maksudnya relatif baru dalam evolusi manusia. Termasuk berpikir rasional, saintifik, dll. Jadi ketika kita mikir pake sistem 2 ini ya relatif slow, karena butuh lebih fokus/serius dll.
Jadi kalo kita belajar suatu cara bernalar yang baru buat kita, ya awalnya kita lambat mikirnya, TAPI kalo ini terus2xan dilatih scr efektif, ya akhirnya bisa jadi natural buat kita, & pindah ke sistem 1. Banyak hal lah contohnya termasuk hal2 kyk naik sepeda, renang, dll.
So, dlm penanganan sang pasien R ini, pertama yg gue lakuin ya cari tau dulu, apa yg diukur sama tes IQnya dia. Ternyata, standard lah (gue bukan psikolog ya, jd klo ada yg lebih tau pls ikut komen hehe) numeric skills, analitik/logic, inductive , spatial, verbal, & sejenisnya.
Nah tapi ada satu elemen dalam tes2 begini yang lupa di "taken into account" yaitu variable waktu pengerjaan. Si R ini tuh mikir lama banget emang hehe, jadi kalo test beginian pake waktu ya ngerti banget gue, kenapa dia bakal scorenya segitu.
So pendeknya, IQ ini ngetes seberapa efektif dan cepet seseorang dalam mengerti hal baru, baca pola dan memprediksi berdasarkan pola tsb, dan mungkin kreativitas dalam memproduksi new "knowledge" yg diuji di ranah numerik, logic, verbal, & spatial.
Berdasarkan pengamatan gue sendiri, si R ini secara numerik akurat tp lambat, spatial udah oke lah, verbal ancur hehe, dan logikanya belibet. Btw kalo dia baca ini, gue yakin dia setuju dan ketawa2 bacanya hehe.
So, gue mulai lah dengan treatment awal, yaitu bagian penalaran quantitativenya dia. Dimulai dari aritmatika dasar. Gue liat cara beraritmatikanya sangat2x mekanistik, apa2x ya kalo ga pake penjumlahan/pengarangan/perkalian bersusun atau pembagian panjang. Ya lama sih.
Di sini gue mulai deh bikin "kurikulum" untuk benerin nalar matematisnya. Kebetulan di thn ini ada anak gap year juga yg UNnya nilainya 2 dr 10, jadi treatmentnya mirip. Gue mulai jembrengin skills untuk bermatematis yg bener, fun, DAN paling cepet jd intuitive gimana.
Trik beraritmatika yg beginian banyak banget sih, tp mostly semua dateng dari konsep yg itu2x aja tentang bilangan. Contoh nih kalo ada perkalian 16 x 25 bisa aja kan mikir ini jadi 16 x 100 / 4 = 16/4 x 100. Jadi kita bisa lebih kreatif pake konsep2x yg ada, biasanya lebih fun.
Once udah dilatih di bagian situ, ya akhirnya jadi cepet banget lah beraritmatikanya. Lanjut ke matematis yg lebih abstrak kyk aljabar dan temen2xnya. Mental paling penting sih approach ke matematika ini ya sbg alat melatih mikir, jd bukan soal apal rumus dll.
So, kita ngabisin waktu sekitar 8-10 minggu untuk benerin mathematical thinkingnya. Jauh banget kerasa upgradenya pas matematisnya mulai bener. Inget ya, gue ngajar matematik itu ga pake apalan rumus samsek, lebih ke tebak2xan definisi, dan dapetin definisi yg akurat.
Jadi di 4-5 minggu pertama, dia ngabisin bisa 6-10jam sehari deh untuk upgrade matematisnya aja, jadi total ga nyentuh apa2x lagi selain deliberate practice di mathematical thinking. Baru di minggu ke 6 lah gue masukin materi lain yaitu logika dasar.
Ohya, hal yg gue latih dalam bermatematis itu ada bbrp hal:
1. Cara bisa apa pun, asal ada justifikasi matematisnya
2. Pake mat di segala hal tmsk untuk bikin decision, istilah gue "bikin matriks pas bikin decision"
3. Pake math thinking ini kapan pun dimana pun spy ngeleket.
OK, lanjut masuk ke logika. Logika tuh sbenernya diajarin di sekolah, dalam bab logika matematika, himpunan & diagram venn, plus bonus di metode ilmiah. TAPI, sayang banget banyak yg nggak ngeh ini bisa/harus dipake dimana pun.
Nah, kesalahan umum yg terjadi tuh gini, sebenernya ranah logika ini hanya berurusan dengan proses/struktur penalaran, jadi bukan isi dari yg dinalar itu sendiri (premis2x). Jadi ilmu berlogika ini dikit banget2x, sehari juga kelar semua bisa diajarin hehehe...
Yang susah adalah gimana caranya ngelatih penalaran ini jadi core thinking platform dari seseorang. Gue biasanya mulai dari latihan dasar2x diagram venn, dan simbolik logic dulu yang pake ->, <=>, DAN, ATAU, Semua, Ada, dll sampe lancar.
Abis itu masuk ke cara pemodelan logika. Gimana dr simbol bisa terbahasakan, dan dari bahasa kita jadi model2x logikanya. Ini seru banget sih, sampe tiap hari jokesnya pun urusan logika, efek sampingnya si R, & temennya, si H (yg nilai UNnya 2) tumbuh jadi pribadi yg sengklek :)
Btw buat gue sendiri, banyak banget pencerahan yg gue dapet pas ngajar logika. Ternyata berlogika tuh ga umum, banyak yg mikir yaudah gue mikir aja, tapi tanpa tau bahwa ternyata mikir tuh ada aturannya supaya bisa akurat hehe. Akhirnya gue iseng dong bikin tes logika kecil2an.
Gue tes ke siapa pun yang mau ngerjain, sekitar 20soal doang, dasar2x berlogika. Gue set standard lulus kalo score di atas 60%, ternyata cuma 1% yg lulus tes hehehe. Gue tes ke anak2x, ke karyawan dan sesama guru, dan ke ortu siswa yang mau :).
Nah udah sekitar 10 minggu into math dan 5 minggu into logic, kerasa banget dia makin akurat dan cepet mikirnya, termasuk beberapa temen2xnya di kelas yg kelasnya emang khusus gapyear. Masuk lah mulai ke verbal skills.
Selingan hiburan dikit, pas awal oktober ada anak gap year baru masuk, as usual gue diagnosis dulu skills dia, gue tanya 3/akar 3 tuh brp, dia coret 3nya trus bingung :) but he’s now one of the smartest people I know. Diterima di STEI juga angkatan yg sama. True story hehe.
Nah masuk lah ke bagian verbal skills. Bagian ini agak susah biasanya ngajarinnya. Tebakan gue karena:
1. Bahasa punya fungsi bukan cuma untuk mendeskripsikan realitas dan abstraksi, tapi juga bisa untuk mengekspresikan "feeling/emotions" dll.
2. ....
2. Bahasa kita tuh evolved di masyarakat selama ribuan tahun, jadi bisa aja kurang akurat untuk memodelkan realitas, karena ada konotasi2x tertentu dari istilah2x
3. Butuh waktu cukup panjang untuk akuisisi grammar & vocab, apalagi kalo butuh 2 bahasa Indo & English.
So gue fokus untuk ngajarin berbahasa secara literal, karena sebenernya yg bikin kusut itu ketika kita berkomunikasi, banyak banget asumsi tentang arti kata, banyak kandungan "emosi" juga di dalem kata2x tersebut. Bisa jadi arti kata tertentu beda di otak tiap orang.
Plus gue terus ngelatih untuk bisa bolak balik dari model bahasa ke model logika atau model matematis, dan sebaliknya. Latihan ini penting banget supaya di otak kita tanpa sadar berpikir rasional dan logis ini jadi pindah ke ranah intuisi (sistem 1).
Contoh2xnya ngajarin verball skills ini banyak bisa di interaksi sehari2x, agak garing sih hehe, tapi ya mesti ada effort sadar untuk ngelakuin ini.

Contoh: Kalo gue tanya "Elo tau nggak skrg jam brp?" jawaban efisiennya seharusnya apa?
Contoh lagi (Pemodelan verbal-logic), kalo ada larangan "Dilarang makan & minum di ruangan ini". Kalo gue makan doang boleh ngga?

Dan buanyak lagi yg mirip2x gini supaya kelatih mikir literal dulu (bukan berarti berpikir in context itu salah, tapi penting dilatih satu2x dulu).
Gue break bentar yak, ada COD paket yang mesti dicoba :)
Lanjoot.. Ohya kalo soal verbal, sering juga gue latih untuk breakdown kata2 itu datengnya dari mana, sejarahnya gimana, dll... Trus kalo ada "nuansa" dari kata yang bikin dia jadi melenceng dari makna awal tuh sejarahnya gimana, pada betah sih kalo bahas ginian.
Berdasarkan pengalaman gue, ini ningkatin banget verbal accuracy anak2x. Jadi pas ngomong, jadi lebih mikir dalam milih2 kata yg pas. Efeknya juga kalo baca jadi lebih tinggi tingkat pemahamannya, karena jadi lebih merhatiin makna, bukan sekadar "feeling" dari kalimat hehe.
Nah ketiga bagian tadi tuh kita biasanya sebutnya di zeni tuh Zenius Fundamentals atau basic skills. Intinya bagian sini tuh untuk ngupgrade dulu operating system otak. Kalo ininya udah oke, kemampuan untuk nerima informasi, ngolah info, dan communicating info jauh meningkat.
So, konsekuensinya, IQ bisa aja meningkat kalo ditest ulang, atau bisa jadi IQ awal ngga relevan kalo drill ini sukses masuk ke sistem 1. Btw, si R ini dr keluarga g mampu, jadi tadinya mau gue gratisin, tapi dia kekeuh mau bayar. Cara dia cari duit? Ngajar prifat hehe.
Sekitar bulan desember, udah mulai gue bisa masuk ke domain sainsnya, baru deh mulai belajar fisika, kimia, bio, dan mat advanced. Tapi as usual pembukaannya gue ajar dulu dasar filsafat & sejarah, biar ngerti nature dari tiap2x ranah dan konteks perkembangannya gimana.
Di area itu sih udah tipikal gaya zenius ya, prinsip pentingnya ya pake pola pikir fundamentals tadi ke ranah sains, jadinya belajarnya kerasa punya efek untuk menginternalisasi (masukin ke sistem 1) framework/prinsip2x penting di sains.
Pembukaan paling penting, biasanya gue kasih the big picture of sciences yang nge-shift paradigma dia dalam melihat realitas sih. Jadi konsep2x dasar metode ilmiah, physical sciences (fisika & kimia) harus terinternalisasi, konsep evolusi, konteks sejarah, dll.
So, yaudah dapet lah dia STEI ITB, temennya yg baru masuk oktober juga dapet STEI. Temennya yg nilai UN matematikanya 2 (si H) juga dapet ITB. Si H ini btw akhirnya nerusin master di amrik bidang financial math dan jadi asdos matdas di sana, skrg jadi financial analyst hehe.
Nah buat guenya sendiri, gue belajar bahwa sebenernya skills2x yg kayaknya kompleks itu bisa banget di broken down into element2 dasarnya, dan elemen2x dasar ini ajarable and latihable, sehingga ningkatin performance mikirnya. Asal tau mecah2x skillsnya aja sih hehe.
Semua yang gue omongin ini sebagian besar materinya udah ada di zenius ya. Bisa diakses semua orang juga, ada bagian yang gratis, berbayar murah (aktiva), atau yg premium live bareng gue juga hehe. Maap numpang iklan dikit :)
Ohya, ada juga anak yang masuk2x di angkatan ini otak hardwarenya tuh gokil parah dah, lebih kenceng dibanding gue processornya. Tapi dalam 3-4 bulan akhirnya kesalib sama si R, nah kenapa masalahnya? dan gimana solusinya, mungkin di thread lain kali ya hehe.
Ohya, yang nanya materi2x begini di zenius ada di bagian apa, silakan cek di bagian UTBK zenius learning & TPS. Maap sementara ini masih dimasukin ke bagian UTBK, nanti2 dipisahin deh jadi section terpisah.

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh
 

Keep Current with Sabda PS 🇮🇩

Sabda PS 🇮🇩 Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

  2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @sabdaps

Jan 5, 2024
Gue dari kemaren ada rencana utk bikin thread cerita sejarah panjang zeni, sekalian sharing lessons learned selama 20thn. Nah karena ada ini, gue sekalian deh klarifikasi beberapa hal yg perlu.

Gue mulai dari soal gitar dulu ya. Gue minta maaf banget sih soal ini, sorry gue agak lupa kejadian tepatnya gimana. Tapi yg gue inget beberapa kali gue diminta shooting main gitar, tp karena mendadak jadinya gue mesti siapin gitarnya sambil dibriefing shootingnya mesti gimana. Jadi ada technical presentation lah intinya, dan gitar gue belom siap, jd harus sambil nyetem, karena shooting in 5-10minutes gitu. Jadi kalo perilaku gue ini offending, gue beneran sorry banget ya 🙏🏻

Tweet2 selanjutnya baru gue akan mulai soal sejarah, strategi, lessons learned, dll yg semoga berguna 🙏🏻
Gagasan & nama zenius

Sebagai gagasan yg bernama zenius, itu lahir di bulan januari 2004 tp gue lupa tanggalnya. Jadi ya tepat 20tahun lalu sih.

Nah tapi sampe mengerucut idenya jadi zenius itu gue butuh diskusi 3 tahun sejak 2001an sama para edukator yg gue respect (dan punya aksesnya) di jaman itu termasuk mendiang Pak Fuad Hasan (mantan mendikbud).

Ide dasarnya yg kita sepakati adalah bahwa pendidikan paling penting itu ya berfokus ke fundamental skills, karena skills ini lah yg bisa berdampak membentuk pola pikir kuat yg semoga bisa memudahkan belajar hal2 lainnya. Kalo skrg di zeni kita nyebutnya CCA (Cerdas Cerah Asik). Fast forward, pas kita tau ada PISA test sekitar tahun 2009 kalo ga salah, kita seneng banget karena ternyata udah nyambung nih apa yg mau kita fokusin dan apa yg jadi standard di international.

Selain itu, semua juga sepakat kalo deliverynya mesti pake teknologi, supaya aksesnya jauh lebih luas dan murah.

Yasudah, mulai lah niatan utk wujudin hal ini sejak January 2004, terus Pak Medy (salah satu founders) yg mencetuskan nama Zenius. Zen itu lambang “kecerdasan” timur yg holistik & berkesan wisdom, sedangkan Jenius lambang “kecerdasan” barat yg fokus pada rasionalitas, scientific mindset, critical thinking, and creative imagination :)
Pembabakan zenius

2004-2011
Ini era awal banget zenius berdiri. As a founder gue menjabat juga jadi ceo. Kita mulai tanpa modal, altho pake kartu kredit sih untuk beli2 barang. Karena ga ada modal, ya mulainya dr bimbel offline dulu. Kita numpang di SSC cabang tebet sebagai program khusus Zenius. Dari bimbel offline ini kita jadi punya income, dan bisa ngerekrut tutor dan animator.

Jadi ini era awal di mana kita produksi konten pembelajaran digital pake animasi or corat coret, terus dijual versi cd. Awalnya jualan ke network bimbel ssc, terus tahun 2008 mulai jualan pake website, lanjut lagi 21 April 2010 kita bisa launching yg bisa belajar di web tanpa cd.

Ini era yg profitable tp masih tipis2 belom gede. Nah di akhir era ini pembajakan cd zenius mulai marak, jd revenue kita drop 35% di 2011 kalo dibandingin 2010. Karena hal ini gue mengundurkan diri dari jabatan ceo dan fokus utk ngajar, coaching, & bikin konten.

Hasil dari era ini kita jadi punya CD, paket Xpedia, , zenius modul (pdf soal dengan pembahasan di znet), dan zenius blog.

2011-2018
Hasil shareholders meeting menunjuk Wisnu jadi the new ceo. Nah di era inilah Wisnu sukses utk membuat zenius tumbuh dan hampir tiap tahun profitable. Doi doing a really good job dalam optimising semua hal yg kita punya by doing gradual data driven improvements di semua lini. Karyawan berkembang jadi sekitar 100an kalo ga salah.

Selain itu Wisnu banyak bikin dokumen2 yg jadi landasan visi misi values, dll.

Nah tapi sejak 2017an lah, landscape edtech emang mulai berubah. We need to do something about it, mungkin butuh strategi baru utk tumbuh lebih gede.

2018-2019
Sekitar 1.5thn gue balik lagi jadi ceo, tugas utama gue adalah bikin strategi baru utk growth yg lebih gede, dan mulai cari investors to fund this growth. Tapi carinya ya ga gede2 bgt, saat itu kita ngerasa sangat cukup dengan $1.5-2m.

Akhirnya kita sukses secured seed investment, dan mulai lah planning to execute strategy yg udah kita godok sejak 2017. Di tengah 2019, gue stepped down lg dari posisi ceo dan jadi chief education, jadi bisa fokus ke design kurikulum/pedagogi, ngajar & bikin content, plus sesekali public appearances.zenius.net
zenius.net
Read 5 tweets
Sep 13, 2020
Panggilan utk semua alumni zeni dari segala angkatan, baik yg belajar offline, cd/dvd (tmsk yg pake bajakan hehe), znet, atau app. Gue mau minta tolong nih ke elo2, untuk isi survey singkat aja 2-3menit lah, bantuin ya :)
Ada hadiahnya iphone 11 😁
surveymonkey.com/r/ZenAlumni
Kalo bantu sebar ke wag, line group, etc juga sabi sih. Tengkyu yes!
Ohya yg mahasiswa tulis aja sbg mahasiswa dan univnya
Read 5 tweets
Sep 2, 2020
Saran guru tentang hubungan:

If you can’t find “the one”, nurture one.
Saran anak antropologi untuk hubungan:

Jadilah seperti etnografer, bisa baca realita subyektif pasangan dan berempati dengan cara dia ngeliat dunia.
Saran anak bioantrop untuk hubungan:

Pastiin dia hot for you, really good kissing experience (natural genetic compatibility testing), & body odor cocok.
Read 4 tweets
Aug 28, 2020
Q&A lah kita, gue butuh bahan nih, kasih pertanyaan2 menarik dong tentang apa pun, yg seru2 yak. Reply di sini aja ya, biar gampang ngetracknya.
Btw kalo elo digembok, gue ga bisa baca reply elo :)
Break dulu, makan ayam
Read 4 tweets
May 10, 2020
Ini pertanyaan bagus banget, tapi agak panjang, so coba baca dulu pertanyaannya sebelum gue jawab pake thread :)
Jadi awalnya dulu banget pas sd/smp gue sering diskusi sama temen2x om/tante/bokap/nyokap gue, karena rumah gue tuh tempat nongkrong banyak orang karena bokap kebetulan produser musik + sutradara teater, dan dia hobby ngajak orang diskusi. Trus nge-basenya ya di rumah gue.
Gue liat, banyak dr mreka yang hobby bgt baca macem2x, tapi gue nge-sense kok mikirnya salah ya. Bacaannya belom tentu bener isinya, dan bisa aja bacaan banyak banget tapi ngaco2x kan, dan ya gue ikutan juga liat2 bukunya mereka, dan bagi gue saat itu banyak yg "ga masuk akal".
Read 16 tweets
May 9, 2020
@parasitlajang Hahahaha, gue sih cari pasangan emang yg cocok sama gue dan misi gue. So pertama pastinya harus hot sesuai selera gue (atau kalo dia mau, gue bisa nyaranin arah hot selera gue tuh kemana hehe), ini penting karena menurut gue kalo sex life ga seru ya bisa cepet bosen hehe
@parasitlajang Nah kedua, gue kan orangnya sibuk mikirin hal2 lainnya, jadi ga sempet lah kenal2x cewek, dan si cania ini super inisiatif orangnya, jadi intinya dia bantuin gue kapan pun gue butuh, so she's always there, nah kalo udah lama bareng kan banyak yang akhirnya gue share juga hehe
@parasitlajang Ketiga, during the sharing, ya gue liat lah seberapa dia bisa keep up with my thoughts and ideas, biasanya gue butuh yg logicnya kenceng, karena knowledge is always easily acquired, tapi logic butuh waktu untuk ngelatihnya. She's proven to have such mathematical mind...
Read 4 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Don't want to be a Premium member but still want to support us?

Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal

Or Donate anonymously using crypto!

Ethereum

0xfe58350B80634f60Fa6Dc149a72b4DFbc17D341E copy

Bitcoin

3ATGMxNzCUFzxpMCHL5sWSt4DVtS8UqXpi copy

Thank you for your support!

Follow Us!

:(