miw. Profile picture
28 Feb, 21 tweets, 5 min read
Tau gak sih, berdasarkan Hadits riwayat muslim,

“Barang siapa yg mati dlm keadaan tidak pernah sedikitpun berpikiran utk pergi jihad, maka dia mati dlm keadaan munafiq”

Hayoloh yg muslim/ah tau gak tentang ini?

- A THREAD -
Jadi, dlm bab jihad kitab Subulus Salam hal 188, disebutkan bahwa siapapun muslim yg selama hidupnya tidak pernah kepikiran ttg jihad, maka dia bisa jd mati dlm keadaan munafiq

Tau kan adzab kaum munafiq apa? Bahan bakar neraka 😥
Yap, hukum jihad memang fardhu kifayah. Jd bila sudah ada yg melaksanakannya, yg lain tidak terkena wajib

Tapi jika tidak ada yg melaksanakan samsek, artinya jd fardhu ain alias jd kewajiban semua org

Tapi, gue disini bakal bahas khusus hadits ini aja 🤗
Karena kalo bahas bab jihad seluruhnya bakal puanjang buangeet.

Nah dlm hadits ini menunjukkan kalo berazam utk jihad itu WAJIB BAGI TIAP MUSLIM. Titik. No debat.

Berazam ga cuma sekedar niat, tp bener2 kepikiran utk beneran berjihad, beneran ikut perang di jalan Allah✨
Nah jihad itu banyak bentuknya. Perang di jalan Allah adalah yg pokok.

Dan kalo gapernah kepikiran samsek ke arah jihad, ga pernah niat, gapernah ada keinginan membela Allah, meninggikan kalimat Allah, maka dia bisa dianggap mati dlm keadaan nifaq/munafiq.

:(
Nah tentunya perang ga selalu dgn kekerasan fisik. Apalagi jaman skrg, memerangi propaganda melawan islam seperti liberal jg termasuk, krn skrg zamannya perang pemikiran

Sesuai hadits ke-2 bab jihad di kitab yg sama, berjihad bisa dgn harta, fisik, ataupun lisan🤗
Adapun utk wanita, jihadnya adalah dgn haji dan umroh. Kenapa?

Karena jihad secara bahasa adalah mengerahkan kemampuan/kekuatan. Dan fitrah wanita adalah menutup diri (aurat) dan menjaga dirinya.

“Kok bisa disebut jihad sih miw? Kan cuma umroh ama haji?”
Karena ketika haji dan umroh itu bener2 sulit bagi wanita. Harus campur baur dgn laki2, ketika bermalam di mina dan arofah harus ttp menutup auratnya, gaboleh keliatan aurat kecuali muka dan telapak tangan BAHKAN KE SESAMA WANITA

Gimana? Berat kan? Bener2 ekstra usaha
Makanya disebut jihad.

“Cewe gaboleh ikut perang dong miw?”

Nah, boleh2 aja kalo dirasa dibutuhkan utk membela diri. Dlm penjelasan di bawah, banyak kok shahabiyah yg sejarahnya tercatat sbg pahlawan di medan perang..

Ga harus dgn ikut adu senjata. Tp dgn jadi tim medis,
-memberikan makanan dan minuman utk para peserta jihad, menyiapkan senjata, membersihkan tenda perang dll.

Tp boleh boleh aja kalo ada yg mau berjihad dgn adu senjata. Dan toh berjihad dgn lisan dan tulisan di zaman skrg dlm menegakkan dalil dan hujjah dlm berdakwah jg bisa✨
Jd semua dr kita harus bener2 berniat dan kepikiran utk berjihad dgn apapun bentuknya dan sebutuhnya.

Kalo di zaman skrg, jihad dgn tulisan kita atau lisan ketika meluruskan hal yg salah dr syariat, jg termasuk loh. Karena tujuannya sama2 menegakkan kalimat Allah dan berdakwah💕
OHIYA ADA CATATAN YA!

Khusus keadaan jihad dgn fisik/terjun lgsg di medan perang, WAJIB DGN IZIN ORTU bagi yg ortunya masih hidup dan muslim

Jd sebelum keluar jihad, harus izin dulu. Karena ortu lebih berhak utk mendapatkan jihad (yaitu dgn diurusin, dirawat, dinafkahi, dll)
Sesuai hadits ke-4 dan 5 yg gue ss di atas, kalo ga diizinkan ortunya, ya gaboleh ikut jihad. Harus tetep di rumah dan merawat ortunya, maka itu udh dihiting sebagai jihad dan dpet pahala jihad🤗

Jd kalo dilarang, justru jd haram. Karena berbakti sama ortu itu fardhu ain-
Sedangkan jihad fardhu kifayah. Jd harus diutamakan berbaktinya.

Tp syaratnya ortunya harus muslim ya! Kalo kafir ya jgn diturutin✨

Sekian dulu! Nanti kapan kapan dilanjut lagi. Ini sekalian gue ngulang materi ujian hadits besok, jd kalian ikut belajar hehehehehe🤗
Nah kalo di jaman skrg tentu ga kaya jaman dulu yg cuma ngandelin lisan, harta sama fisik yaa!

Ghozwul fikr (perang pemikiran) jaman skrg jg bisa kita sebut dgn jihad, krn kita membantah pemikiran yg menentang syariat. Kayak liberalism, sekulerism, dll

Jd harus sesuai sikon✨
Selama tujuannya meninggikan kalimat Allah, menegakkan hujjah bagi org kafir/penentang islam, bisa disebut jihad karena ya kita tau jihad banyak bgt macamnya :)

Dan of course kita tau islam itu mudah, lembut, tp tegas. Jd ga cuma dakwah marah2, kasar dll. Tentu ada tahapnya😚
Dan yg pasti, teroris2 yg bom bom mengatasnamakan jihad jg ga disebut jihad sebenernya, karena islam pun ga ngajarin itu.

Jihad banyak cara dan bentuknya. Dan bakal panjang bgt pembahasannya, kalo dibahas mungkin gaakan cukup 1 thread 😃

Intinya stiap dr kita harus-
-ada keinginan berjihad yaa!

Udh inti haditsnya itu. Utk pembahasan lanjutannya gue lanjut pankapan yaa in syaa Allah

Atau kalau kalian mau, baca aja di kitab subulus salam versi terjemahan indo. Di syopi or tokp3d jg ada kayanya. Toko buku lain jg banyak

See uu!!✨ nightt
Ohiya ini ga otomatis mati dlm keadaan nifaq ya

Ini sebagai pengingat, sebagai peringatan biar ga menyepelekan ttg jihad. Dan itupun bukan beneran munafiq mutlak, tp mati dlm keadaan cabang2 kemunafiqan. (Munafiq kan jg banyak cabangnya)

Paham kan yaa in syaa Allah💕
Intinya jihad banyak bentuknya. Menuntut ilmu agama, berbakti ama ortu, mencari nafkah dll oke oke

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh
 

Keep Current with miw.

miw. Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

  2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @lilaccountz

28 Feb
Enak bener nyuruhnya bahas sampe tuntas 😂

Ya gue jg mau tp gabisa langsung blek. Liat sikon, liat keterbatasan kemampuan medianya, liat keterbatasan guenya 😂

Gue aja kuliah 4 taun dulu baru kelar yarabb itupun ga tuntas2 banget
Gih kuliah di kampus gue kalo mau minta tuntas mah 😂 atau di kampus lain yg jg bahas ini

Ini mah sama aja kaya minta dokter bahas tentang reproduksi secara tuntas via twitter 😂

Yo angel, mbok kira aku waktunya luang buanget po 😂 *lah jd bahasa jawa*
Dikit2, bertahap, ga bisa langsung sekaligus brek bab jihad tuntas dlm 1 waktu

Gue jg mau bgt kok bagi2 ilmu, belajar bareng. Tp mbok ya sabar. Oke?
Read 4 tweets
28 Feb
Sebagai yg pernah dirujak pdhl ga salah apa2 dan ga ngusik siapa2, tiap ada yg lewat di tl lg marah2 krn diusik duluan, gue bisa maklum.

Gue tau rasanya dan emg itu tuh nyebelin bgt. Jd gue skrg kalo lg ada yg marah2 krn diusik, gue milih diem. Ga komen “udah jgn diladenin” dll.
Karena apa ya, emg sih niatnya bagus ya ngademin kita. Cuma kdg kalo lg kesel bgt trus pas kita bereaksi malah dibilang “udh jgn marah2. Gausah diladenin”, itu malah bikin tambah kesel kalo gue 😂

Kayak ngerasa diatur, pdhl toh yg diusik kita, bukan org lain. Let them be
Gue suka cara om widas nenangin gue tempo lalu. Ga terkesan ngatur, tp bikin gue nurut. Om widas bilang “miw, ayo main cantik dulu. Kdg ada saatnya kita ngerem blablabla”

Intinya sama, nenangin gue. Tp kata2nya lebih enak. Dan bikin gue tenang beneran 😬
Read 5 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!

Follow Us on Twitter!