Halo temen-temen semua apakabar kalian? Semoga sehat-sehat aja ya ditengah pandemi ini. Nah kali ini mimin marsel, mau menceritakan pembahasan horror kita yaitu merajuk kesebuah tempat ziarah di kabupaten Cilacap. Yuk dari pada penasaran dengan kisah mistis apa sih
yang ada disana, kita langsung simak ke cerita aja ya, tanpa berlama-lama..~
Goa masigit sela adalah tempat berziarah umat muslim. Namun ada sesuatu yang unik disini, ternyata tidak jauh dari goa masigit sela adalah goa maria tempat berziarah bagi umat Katholik. Sedikit simpang siur kabar mengenai sejarah goa masigit sela adalah jika dahulu
Nabi Ayub As, pernah bersembunyi di goa masigit sela ketika beliau sedang di cobai oleh Allah. Sempat dikatakan pula di dalam goa tersebut masih tersimpan batu berbentuk cekungan tempat penyimpanan belatung Nabi Ayub As ketika beliau hendak menunaikan sholat. Sesaat beliau
sudah menunaikan sholat, belatung-belatung yang tadi disimpannya diatas batu kemudian dimasukkan lagi kedalam daging nya yang terluka dan membusuk. Sungguh mulia kisah hidup Nabi Ayub As, didalam percobaan nya yg berat ia tak pernah putus beribadah kepada sang maha kuasa dan
tetap berserah diri serta bersyukur. Terlepas dari simpang siur kabar tentang nabi ayub as yang berkaitan dengan sejarah tempat masigit sela cilacap, faktanya goa tempat berziarah antara umat muslim dan umat Nasrani ini dari dahulu berdampingan tanpa pernah ada keributan
dari dua belah pihak. Jika kita bisa melihat, dan mencontoh dari sudut pandang ini aku sangat yakin pasti NKRI akan terus makmur selaras dengan keberagaman suku , ras , dan agama tanpa adanya pertikaian satu sama lain. Fakta berikut nya, Goa Masigit sela ditemukan
oleh tentara Belanda dan Fakta yang terakhir nama masigit sela berarti Masjid yg berada didalam goa. Sebenarnya masjid di dalam goa ini mnurut ku pribadi adalah sebuah "kiasan makna" yang mana orang sekitar mempercayai tempat itu dahulunya dipakai untuk berdoa, bersemedi dan
mendekatkan diri kepada sang maha pencipta. Konon katanya diantara sekian banyak peziarah yang datang, namun sayang, ada pula segelintir orang yg memang hatinya sudah bengkok. Mereka dengan sengaja mengambil batuan kecil yg berada di dalam goa tersebut untuk dijadikan jimat, atau
membawa sesajen yang ujung-ujungnya meminta jalan cepat pesugihan. Niscaya, orang-orang memiliki tujuan buruk tersebut, maka akan ada peristiwa kesurupan massal atau kesialan yang menimpa mereka selama di dalam perjalan. --
Selain itu ada hal unik lain di sekitar goa Masigit sela, yaitu tentang adanya pohon tua angker berumur ratusan tahun, yang ditunggui oleh Jin. Aku sangat meyakini hidup di dunia akan selalu berdampingan. Ada yang hitam, adapula yang putih sebagai penyeimbang sirklus kehidupan.
Nah sedikit ulasan diatas tadi, kurang lebih aku membahas asal-usul dan gambaran bagaimana tempat goa masigit sela yang terkenal mistik, ya temen-temen. Dan sekarang, aku akan menceritakan bagaimana pengalaman mistis Mama ku saat berziarah di goa masigit sela tersebut.
Berlatar tahun 1993 saat mama sedang mengandung ku, ia mempunyai keinginan ( atau mungkin bisa dibilang semacam ngidam ) untuk berziarah ke tempat-tempat makam para wali, atau mengunjungi petilasan-petilasan para pemuka agama.
Papaku yang memang menyukai perjalanan touring, dengan senang hati mau memenuhi keinginan mama untuk berziarah dan menyarankan titik awal perziarahan dimulai dari jawabarat sampai berakhir ke jawa timur. Saat itu papa mengajak pula kakek ku ( dari mama ) yang memang lebih paham
akan kebudayaan-kebudayaan islam di bumi Nusantara untuk memandu mereka saat mengunjungi situs-situs bersejarah tersebut. Singkat cerita setelah papa, mama, kakek, beserta 2 orang kakak ku telah mengunjungi petilasan-petilasan yang berada di banten - cirebon, perjalanan akan
dilanjutkan ke goa masigit sela cilacap. Pemilihan tempat itu pun atas rekomendasi dari kakek ku, dan memang kebetulan perjalanan goa masigit sela ini tidak begitu jauh dari kampung halaman ku yang ada di daerah Pangandaran. Disuatu pagi dengan mengendarai mobil panther tua,
kami melanjutkan perjalan ziarah ke daerah kampung laut cilacap menuju masigit sela. Setibanya di pelabuhan kecil Majingklak, kami kemudian menaiki perahu boat berukuran kecil. Perjalanan laut itu kurang lebih memakan waktu sekitar 45 menit melewati aliran sungai yg deras.
Ditengah perjalanan laut, ada sebuah kendala besar saat motor mesin penarik perahu itu tiba-tiba mati! Awalnya kami mencoba untuk tidak panik, namun karena setelah lama ditunggu-tunggu tidak ada satupun perahu yang datang. Diatas rasa khawatir dan takut karena
aliran sungai mulai naik dan deras, kami semua memanjatkan doa kepada yang kuasa untuk meminta pertolongan. Tak lama kemudian terlihat ada perahu rakit bambu yang lewat. rakit bambu itu terlihat cukup besar dan mungkin cukup untuk menampung kami ber5 beserta 2 orang
pengemudi perahu. Sempat ada rasa khawatir di dalam diri mama jika menaiki rakit itu tak ubahnya seperti ingin bunuh diri, karena takutnya kelebihan muatan. Belum sempat mama berucap kekhawatiran nya, salah satu penumpang dari rakit mengarahkan rakitnya mendekati perahu kami yang
perlahan sudah mulai terombang-ambing arus sungai. " Ayo cepatlah naik rakit kami! kami tau tujuan kalian menuju goa masigit sela kan? " ucap si penumpang yang setelah dekat terlihat jelas penampilan nya memakai baju jubah putih dengan sorban dililitkan di kepalanya, serta--
tangannya tak henti menguntai tasbih. di sisinya terdapat 3 orang lainnya yang sedang bersila dengan raut wajah yang ramah seolah menyambut kehadiran kami. 4 orang penumpang itu berumur mungkin sekitar 40 tahun dan sangat bersahaja. Kakek sempat berbincang dengan mereka,
dan bertanya akan maksud kedatangan mereka ke goa masigit tersebut. Satu persatu dari mereka memang tidak memperkenalkan diri, namun mereka semua kompak memberi tahu maksud dan tujuannya yaitu bertawasul kepada sang maha pencipta. Romobongan itu memberi kami sedikit wejangan
untuk hati dan pikiran kita haruslah selalu sadar dan takut akan Allah Ta'ala yang selalu mengawasi kita dari jarak yang dekat. menjaga hati dan menjaga fikiran adalah sebuah penyaringan utama dari setiap tindakan perilaku maupun ucapan lisan. Oleh sebab itu terkadang,
manusia dengan mudah saling bunuh-membunuh hanya karena masalah sepele, dikarenakan pikiran dan hatinya sudah tidak bisa menyaring dan mengikuti hawa nafsu. Salah satu dari mereka pun menambahkan wejangan kepada kami agar selalu ingat, jika kehidupan di dunia ini
penuh dengan segala macam cobaan yang akan membawa kami dalam kesempurnaan Jannah. Kita tidak bisa berdoa meminta agar Allah tidak memberikan umatnya cobaan, namun berdoalah memohon kemurahan Allah agar senantiasa meneguhkan hati kita disaat kita sedang dicobai.
Karena sudah sewajarnya didalam dunia ini penuh dengan cucuran air mata dan kesakitan sebagai pelebur dosa. Setelah kurang lebih 15menit rakit kami berlayar, rakit kami akhirnya tiba di kampung laut masigit sela. Kami langsung tak hentinya mengucap syukur ke pada Allah Ta'ala
atas kesempatan hidup yang ia berikan. Entah apa yang terjadi jika kami tidak bertemu dengan rombongan peziarah itu. Kebetulan sesaat setelah kami berlabuh, terdengar sayup-sayup kumandang adzan dhuhur dari sebuah masjid kecil tak jauh dari goa masigit sela.
Salah seorang dari mereka bahkan sempat menawarkan kami untuk sholat berjamaah. Setelah selesai menunaikan sholat, kami langsung pamit untuk berziarah ke dalam gua, dan mereka ber 4 masih duduk bersila di dalam masjid tersebut. Baru saja beberapa langkah kami berjalan,
setelah kakek menengok kebelakang ternyata mereka ber4 sudah hilang! Alangkah terkejutnya kami. Mama, papa, dan kakek saling bertatap penuh keheranan. Kemudian mama bertanya kepada kakek "Pak, masa yang tadi itu rombongan goib pak?!" Kakek hanya terdiam dan mulutnya
membaca doa-doa yang terpanjat untuk mereka yang tak kasat mata. Diantara rasa penasaran kami, kami hampiri kembali tempat pertama kali kami berlabuh. Berharap rakit mereka ber4 masih ada pada tempatnya. Namun setelah ditelusuri, rakit itu pun sudah lenyap !! ternyata bukan hanya
kami yang kebingungan, 2 pengemudi perahu bermotor itupun dibuat terperanjat. setelah kami berlabuh, kami beserta 4 orang rombongan peziarah itu melanjutkan kegiatan untuk sholat, namun 2 pengemudi itu memilih untuk duduk beristirahat dibawah pohon. Tak lama, mereka kemudian
dikagetkan oleh pengemudi perahu bermotor lain yg sudah terlebih dahulu sampai. mereka ber2 sempat berbincang-bincang, dan sesaat mereka menoleh kearah rakit itu, rakit itu sudah lenyap dan malah, kemudian tergantikan oleh perahu mereka yang ditinggal karena mesin motornya mati--
Beberapa saksi disekitar mengatakan jika kami hanya datang ber5 ( mama , papa , kakek , dan dua kakak ku ) beserta 2 orang pengemudi perahu boat. tidak ada lagi orang disana, yang ikut dengan kami. "Sungguh siapa kah rombongan goib itu?!" Tanya mama dalam hati.
kemudian kami mencoba melupakan peristiwa mistis itu dan melanjutkan perjalanan ke dalam goa. Namun, kali ini hanya kakek yang bisa melihat rombongan goib itu sedang bersemedi di dalam goa. Kakek yang penasaran kemudian menanyakan kepada sang kuncen, mengenai rombongan goib
yang membantu kami tadi. Si kuncen menjelaskan jika kami bertepatan datang pas di bulan suro pasaran kliwon. Biasanya di bulan suro banyak dari makhluk yang tak kasat mata memenuhi wilayah ini untuk bersemedi. Hanya orang-orang yang beriman yang diberi kesempatan untuk bertemu
dan berinteraksi dengn mereka. Nah itu lah cerita singkat tentang rombongan goib goa masigit sela ya temen-temen. Dan oleh dari peristiwa mistik itu mama menamaiku dengan Marsela supaya mama selalu mengingat akan wejangan-wejangan rombongan goib yang ada di masigit sela tersebut.
:: pentup :: Okay temen-temen seperti biasa mimin mau mengucapkan terimakasih atas atensi kalian yang sudah meluangkan waktu membaca thread-thread mimin, mimin juga meminta maaf jika ada banyak kesalahan kata ataupun pemilihan kata yang tidak pas dalam penulisan mimin. Buat
temen-temen yang punya unek-unek bisa DM langsung mimin ya, dan kalaupun mau mention tolonglah pergunakan bahasa yang baik. Karena ketikan jari kalian mencerminkan kepribadian kalian sendiri. Akhir kata Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barokatu

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh
 

Keep Current with Sang Penulis Malam

Sang Penulis Malam Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

  2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @PenulisMalam94

12 Jun
Halo teman-teman apakabar kalian? semoga sehat-sehat aja ya! Kali ini mimin marsel akan menceritakan lagi sebuah kisah dari Bi Sri nih setelah dia keluar dari pesantren. Nah dari pada penasaran langsung simak kecerita yuk~
Setelah aku keluar dari pondok pesantren, kemudian aku mengabdikan diriku sebagai guru mengaji di kampungku. Walaupun uang yang kudapat tidak seberapa, namun aku tetap mengabdikan diriku untuk mengajarkan ilmu agama kepada anak-anak sekolah dasar. Kegiatan itu aku lakukan
Read 73 tweets
11 Jun
Halo kalian semua apakabar? semoga sehat-sehat aja ya. Di thread kali ini gantian cerita dari salah satu sahabat mimin marsel yang juga pernah dibawain cerita sebelumnya yaitu santet kiriman tetangga . Nah, temen mimin Risno akan kembali menceritakan kisah waktu
ia masih bayi merah. Cuma kali ini cerita akan mimin bawakan dari sudut pandang Ratih kakak perempuan Risno sekaligus saksi dari peristiwa menyeramkan saat Risno bayi dahulu. Nah gimana kelanjutannya langsung simak ke cerita aja yu~
Read 37 tweets
9 Jun
Halo temen-temen semua apa kabar kalian? semoga kalian semua sehat-sehat saja ya di tengah pandemi ini. Anyway, kali ini dalam thread pelet darah haid gantian cerita dari mimin fitri yang kebetulan salah satu temannya menyumbang cerita nih,
buat kalian semua rakyat Twitter tentang kedahsyatan efek dari pelet darah haid tersebut. Nah, daripada berlama-lama langsung kita simak ke cerita nya yuk ~
Read 56 tweets
7 Jun
Halo semua teman-teman mimin, apakabar kalian?! semoga sehat-sehat aja ya dimasa pandemi ini. Nah dithread ini mimin marsel akan bercerita tentang, dahulu mimin tuh pernah punya child fruit atau anak buah waktu kerja di outsourcing parkir Jakarta. Sebut aja namanya Diah,
Diah ini anak baru di perusahaan mimin sebagai Operator cashier ( yang kerjanya di pos bukain palang otomatis pokoknya deh ). Mimin sama Diah ini bisa dibilang deket ( tapi bukan pake tanda kutip ya ) karena mungkin awal Diah masuk kerja, yang training itu mimin.
Read 67 tweets
4 Jun
Halo apakabar semua? semoga kalian dalam keadaan yang baik-baik aja ya! Di cerita kali ini masih dengan kisah mimin marsel yg menjadi saksi bagaimana kedahsyatan pengaruh susuk untuk orang yang mau meninggal. Nah daripada makin penasaran, yuk mending kita langsung ke cerita ya~
Aku Marsel, dan aku akan menceritakan sedikit pengalaman ku bersama Alm. Ayah tiriku, sebut saja Pak Dedi sewaktu beliau masih hidup. Pak Dedi adalah sosok lelaki yang sangat bertanggung jawab. Pak Dedi menikahi mama ku saat aku masih duduk di bangku SMP kelas 1. Karena pembawaan
Read 57 tweets
3 Jun
Halo apa kabar kalian semua? semoga baik-baik aja ya! di bagian cerita kali ini mimin marsel akan menceritakan pengalaman mistis dari Bi Sri, setelah ia mencoba mendalami ilmu agama dan bertanya kepada sang Kiai apakah alam goib itu benar-benar nyata adanya? Semuanya berubah
ketika di suatu hari Bi Sri, dipanggil oleh pak Kiai untuk dibuka mata batin nya dan di bawa berkeliling ke "tempat-tempat" yang ramai. Nahh dari pada penasaran apa maksud tempat yang ramai, dan juga selama Bi sri dibuka mata batinnya apa saja sih penampakan
Read 64 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!

Follow Us on Twitter!

:(