MathGyver Profile picture
Jul 6, 2021 9 tweets 3 min read Read on X
Menjawab pertanyaan dari Puzzle segitiga ini.

-sebuah utas.-
mengapa bisa membentuk lubang segi empat ditengah segitiga?
perhatikan ada 3 buah ∆
secara sepintas ∆ tersebut seperti sama dan sebangun ( kongruen)

namun bila kita perhatikan perbandingan sisi alas : sisi tegak maka :
∆ kecil = 2:5
∆ medium = 3 : 8
∆ merah = 5 : 13
dengan perbandingan tangen didapat sudut ketiga segitiga

maka sudut segitiga kecil = 21,80°
sudut ∆ medium = 20,56°
sudut ∆ merah = 21,04°
bila ketiga ∆ tersebut memiliki sudut yang berbeda maka derajat/ tingkat kemiringan (gradien) dari sisi miring segitiga pun berbeda.

ini berarti setelah puzzle berubah bentuk maka sisi miring tidak secara presisi memenuhi bentuk awal dari ∆ merah.

ada selisih spt pd gambar
berapa besat selisih / ketidak presisiannya?

bila ketidak presisian tersebut digabungkan maka akan berukuran sama luasnya dengan kotak yang ada pada segitiga akhir...

🙏🙏🙏
jadi bila ada yang tanya pada adik adik, untuk apa kita belajar trigonometri...

ya setidaknya kita bisa menjawab teka teki seperti ini..

😁😁

matenatika itu menyenagkan selama kita gak stress belajarnya...

selamat berlibur adik adik.
🙏🙏🙏😁

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh
 

Keep Current with MathGyver

MathGyver Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

  2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @MathGyver4U

Feb 7, 2022
apa itu π ( dibaca : pi)?
-sebuah utas-

pemahaman sederhananya begini.

1. cari beberapa benda yg memiliki bentuk lingkaran sempurna di sekitar kita (misal gelas)
2. ambil tali kemudian lilitkan tali tersebut pada bagian benda yg melingkar tadi, hingga pas membentuk 1 lilitan Image
3. tali itu menunjukan keliling lingkaran. (k)

4. ukurlah diameter lingkaran tadi.

5. lalu hitunglah dengan kalkulator pembagian Keliling ÷ Diameter tadi pasti hasilnya 3,..(tiga koma sekian)

6. cobalah pada benda lingkaran yg lain, pasti hasilnya sama.

benarkan ? Image
sebenarnya bila diukur dengan alat ukur yang memiliki tingkat ketelitian tinggi seperti jangka sorong maka hasil yg di dapat adalah

3,14159265358979323846 = π Image
Read 6 tweets
Oct 17, 2021
sering banyak yang DM
"takut salah Bang..."

salah kok takut...?
salah kok dimarahin..?
salah kok ditertawakan...?

- Sebuah Utas -
dalam belajar Matematika, sangatlah jarang ditemukan orang yg tidak pernah salah, salah menghitung, salah mengerti, salah mengoperasikan.

salah adalah hal yang biasa dalam belajar Matematika.
sebenarnya dalam belajar Matematika malah sebaiknya kita bersahabat dengan kesalahan.
dari kesalahan kita tahu apa yg lemah yg mesti kita latih lagi.
dari kesalahan kita tahu di bagian mana kita harus berhati hati.
Read 7 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Don't want to be a Premium member but still want to support us?

Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal

Or Donate anonymously using crypto!

Ethereum

0xfe58350B80634f60Fa6Dc149a72b4DFbc17D341E copy

Bitcoin

3ATGMxNzCUFzxpMCHL5sWSt4DVtS8UqXpi copy

Thank you for your support!

Follow Us!

:(