GusNadjb Profile picture
12 Oct, 10 tweets, 2 min read
Al-Qur’an tidak boleh dipahami secara tekstual dan harfiah, melainkan harus dipahami konteks sosial ketika ayat tersebut diturunkan.

Lalu ada yg bertanya, " bukankah di ayat Al Qur'an dan hadits Nabi itu ada soal seks dan bidadari di surga? Bgm memahaminya?

Sedikit Utas...
Di sinilah perlunya memahami konteks sosial.
Memahami ayat hanya dari terjemahan harfiah akan membawa kita pada pemahaman zahir akan kenikmatan surga yg dikisahkan dalam Nash,

Contoh 3 kenikmatan surga: bidadari, sungai dan kebun, serta khamr. Ketiganya jgn dipahami secara zahir
Iming2 kenikmatan ketiganya adalah strategi dakwah Islam sesuai konteks sosio-historis masyarakat Arab jahiliyah saat itu.

Sebelum Islam datang, orang Arab istrinya gak terbatas. Islam dtg bawa aturan maksimal 4. Rugi dong kalau masuk Islam?

Begitu kira kira mereka bertanya.
Maka Islam tawarkan kalau kalian buat baik di dunia akan ada bidadari cantik menunggu di surga. Ini kompensasi sesuai konteks saat itu.
Lalu bertanya lagi...

Bidadarinya jumlahnya berapa? Banyak, kata Islam.
Cantik gak? Cantik, santun, montok, bergelang emas, selalu perawan, jawab Qur'an.

Jadi ini jawaban Qur'an pada konteks masyarakat yg masih jahiliyah, gila wanita dan merasa rugi kalau masuk Islam.

Next..
Gak cuma itu, Qur'an kasih iming2 lain soal surga. Dulu itu org kaya adalah mrk yg punya kebun kurma banyak. Di surga gimana nanti? Ada!

Akan ada kebun yg indah, dimana akan mengalir air di bawahnya. Jgn lupa arab itu tandus dan gersang, maka surga yg diprojeksikan spt itu.
Kalau utk masyarakat Jawa yg subur, banyak kebun dan sungai tentu projeksi surga spt itu gak akan menarik lha wong udah ada hehehe.
Itu sebabnya memahami penggambaran surga jgn zahir saja. Rugi nanti kalau surga isinya cuma kebun doang. Pahami ayat secara sosiologis.
Orang arab tukang minum khamr. Eh diharamkan. Rugi dong masuk Islam. Maka Islam harus memberi jawaban kompensasi kelak di surga.

Maka dalam sebuah riwayat dikatakan di surga nanti ada sungai isinya khamr. Kamu minum sambil menyelam gak bakal mabuk. Puas deh.
Begitulah cara Islam berdakwah dg memprojeksikan ukuran kesenangan dan kebahagiaan masyarakat Arab pada saat itu.

Anak sekarang nanyanya:  di surga ada wifi gak? Boleh jadi kalau Qur'an masih turun skr jawabannya: "ada wifi dg kecepatan tak terbatas".
Padahal sejatinya surga itu adalah yg tak terbayangkan oleh kata dan mata serta rasa. Beyond our imagination.

Pelajaran yg kita ambil dari kasus "surga yg diributkan" ini adalah: pahami ayat sesuai konteksnya dan pahami manhaj dakwah Qur'an.

🙏

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh
 

Keep Current with GusNadjb

GusNadjb Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

  2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @GusNadjb

12 Oct
Ziarah kubur merupakan sesuatu yang dilarang oleh agama, namun kemudian hukum tersebut di-naskh (diubah atau diganti) dari haram menjadi mubah sebagaimana dinyatakan dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

Next..
وَعَنْ بُرَيْدَةَ بْنِ الْحَصِيبِ الْأَسْلَمِيِّ - رضي الله عنه - قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - - نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا - رَوَاهُ مُسْلِم ٌ .زَادَ اَلتِّرْمِذِيُّ: - فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الْآخِرَةَ
- .زَادَ ابْنُ مَاجَهْ مِنْ حَدِيثِ ابْنِ مَسْعُودٍ: - وَتُزَهِّدُ فِي الدُّنْيَا -  .

Artinya: Dari Buraidah bin al-Khashib Al-Aslami ra berkata: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, namun sekarang berziarahlah kalian.’” (HR. Muslim).
Read 19 tweets
8 Oct
Pendapat Ulama’ 4 Mazhab tentang Pendiri Wahabi..

Utas..

Nama pendiri aliran Wahabi adalah Muhammad bin Abdul Wahab. Dilahirkan di perkampungan ‘Uyainah di bagian selatan kota Najd (Saudi Arabia) tahun 1703, wafatnya tahun 1792. Ia mengaku sebagai penerus ajaran Ibnu Taimiyah.
Pegikutnya dikenal sebagai golongan Wahabi atau juga Salafi. Nama Wahabi atau al-Wahabiyah kelihatan dihubungkan kepada namanya sendiri, Muhammad bin Abdul Wahab al-Najd.
Pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab mengundang kontroversi luar biasa, apalagi terkait pemurnian ajaran Islam.
Banyak pro dan kontra. Sayangnya, aliran Wahabi ini suka mengafirkan orang lain. Dari sini, bagaimana sesungguhnya pendapat para ulama’ mazhab 4, baik hanafiyah, malikiyah, syafi’iyah, dan hanabilah.
Read 33 tweets
7 Oct
Gesang wonten ing alam dunyo, punopo maleh wonten ing akhir zaman, kitho kedah langkung kiyat lan kenceng anggenipun dzikir dateng Allah SWT. Dzikir dateng Allah ing ateges tansah emut dateng Allah ing kawontenan kados punopo kemawon.
Gusti Allah, wonten pinten-pinten ayatipun, Dawuh:

وَلِتُكَبِّرُوْا  اللهَ  عَلَى  مَا هَدَاكُمْ  وَلَعَلَّكُمْ  تَشْكُرُوْنَ  (البقرة: ۱۸۵

“Lan supaya sira padha ngegungake Allah (kanthi takbir) saka anggone Allah wus paring pituduh marang sira, supaya sira kabeh pada syukur”.
فَإِذَا  قَضَيْتُمْ  مَّنسِكَكُمْ  فَاذْكُرُوا  اللهَ. ﴿ البقرة: ۲۰۰

“Mongko yen ibadah hajiniro iku wis siro estokake,
Read 23 tweets
5 Oct
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Ma'rifatullah

Ma'rifat itu tak bisa dicari atau dipelajari, karena ma'rifat itu mutlak haknya Allah, hanya Allah yg berhak memberi ma'rifat. Bahkan jika alam semesta ini kamu telusuri dan kau pelajari untuk mencari,
Maka kamu tak akan menemukan-Nya, karena Allah bukanlah bagian dari alam namun Allah sang pencipta alam.

Tugas kita bukanlah sebagai pencari atau pelajar, tugas kita adalah sebagai hamba, tugas hamba adalah beribadah kpd Tuhan.
beribadah itu taat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dengan sepenuh hati, jiwa, dan raga tanpa pamrih atau menharap imbalan dan tanpa sedikitpun protes atau mengeluh.
Read 7 tweets
5 Oct
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

ANJURAN MERAYAKAN MAULID
NABI ﷺ

Utas..
Pertanyaan tentang Amalan maulid Nabi terjadi di bulan Rabi’ul Awwal, apa Hukumnya menurut Syari'at ? Apakah itu patut Di Puji atau Di Cela , dan apakah orang yang Melakukannya di Beri Penghargaan atau tidak ?

Dalam Kitab "Al-Hawi Lil Fatawi", sudah sangat jelas..
Imam Suyuthi Menjawab ;
"Aku Mengetahui bahwa Asal Mula Amal Maulid, yaitu Mengumpulkan orang-orang, Membaca Ayat yg tersedia dari Al-Quran dan Meriwayatkan Kisah yg Terkandung dalam Prinsip Sejarah Nabi dan apa yg Terjadi dalam Hari Lahir (Maulid) Terkandung dalam ayat tersebut
Read 6 tweets
3 Oct
Apa Pigai Pernah diperlakukan seperti ini ?

Banyak Dapat Hadiah Noken dari Warga Papua, Ganjar Pranowo : Leher Saya Sampai Berat Image
Antusiasme masyarakat Papua menyambut kehadiran Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sangatlah tinggi. Dalam setiap acara yang dihadiri Ganjar, masyarakat saling berebut untuk memberikan hadiah dan berfoto bersama. Image
Salah satu hadiah yang paling banyak didapat Ganjar adalah Noken. Tas tradisional asal Papua ini menjadi buah tangan yang paling banyak didapat Ganjar dari masyarakat Papua. Image
Read 6 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!

Follow Us on Twitter!

:(