Discover and read the best of Twitter Threads about #EmotionalHealingBarengAdjie

Most recents (11)

Hatimu Capek? Mungkin Kamu Mengalami Ini (Ego Depletion)

Berpikir positif, menekan memendam melawan perasaan negatif, ternyata menguras banyak energi. Bikin hati jadi capek.

Ada yang mau baca? Kalau banyak yang mau, saya akan tulis threadnya #EmotionalHealingBarengAdjie
Memperhatikan gejolak rasa di dalam dengan didasari kesadaran diri berarti memperhatikan tanpa menghakimi.

Seringkali, perasaan seperti sedih atau khawatir, otomatis kita hakimi sebagai sesuatu yang “buruk”, “tidak pantas”, atau “tidak kita inginkan.”
Ketika kita menghakimi suatu perasaan (“Saya sedih. Perasaan sedih ini buruk. Tdk ingin merasakan ini”), kita otomatis menciptakan konflik

Konflik perasaan yg sedang kita rasakan (yaitu sedih, yg kita hakimi: buruk), dgn yg ingin kita rasakan (mis gembira, yg kita hakimi: baik).
Read 8 tweets
Selama ini kamu memendam marah sama siapa?

Yuk berbagi cerita soal marah. Saling menopang, saling menguatkan. Tidak perlu merasa sendirian ya ❤️

Thread #EmotionalHealingBarengAdjie - “Setidaknya Kita Tidak Memperbesar Api Kemarahan”
Setiap kali bertemu masalah, saya & Indri akan berusaha sebisa mungkin punya momen buat ngobrol santai, bertukar sudut pandang. Seringkali momen itu tjd malam saat rebahan sebelum kami tidur.

Dan, larut malam itu, kami ngobrol soal gimana caranya biar kami bisa memulihkan marah.
“Kita tidak bisa mengendalikan sepenuhnya orang lain,” Indri memulai pendapatnya, ia menarik selimut.

“Kita perlu sadar diri, orang lain pun punya hak untuk menjalani hidup sesuai keinginannya,” sambungnya.
Read 15 tweets
Kamu pernah merasa sulit menerima dirimu sendiri apa adanya? Suka membenci dirimu sendiri? Dan seringkali itu bikin batinmu tidak tenang, mudah tersinggung, marah-marah?

Kalau saya nulis thread #EmotionalHealingBarengAdjie bahas soal latihan SELF ACCEPTANCE gitu kamu mau baca?
Saya percaya bahwa saya akan lebih bisa memiliki hubungan cinta yang indah dan hidup yang dipenuhi berkah, kalau saya mampu menerima diri saya sendiri apa adanya.

Tentu menerima diri yang saya maksud di sini bukan berarti terus pasif, dan tak mau berbenah diri.
Gimana caranya agar bisa menerima diri sendiri?

Secara rutin dan disiplin, saya berlatih untuk melakukan 7 hal berikut ini. Oiya, saya tidak terus langsung melakukan semuanya sekaligus dalam sekali waktu. Tapi satu per satu aja. Latihannya pelan-pelan.
Read 17 tweets
Terjebak konsumerisme, berlebihan beli ini bayar itu, lalu hidup tak sehat & tak bahagia. Cobalah belajar hidup minimalis. Mengikhlaskan keinginan

Diundang salah satu perusahaan, ngomongin soal ini. Kalau saya bagikan di sini, kamu mau baca?

Thread #EmotionalHealingBarengAdjie
Kalau kita mau menengok ke dalam diri, kita akan menyadari ada keinginan yang menggebu untuk membeli barang yang kita anggap bagus, makanan yang kita anggap enak, sesuatu yang kita anggap menyenangkan.

Menurutmu, apa sih sumber penyebab keinginan-keinginan ini?
Saya rasa, sumber penyebabnya adalah rasa takut dan insecure di dalam diri kita.

Tapi iya sih, rasa takut dan insecure kita ini kian menjadi-jadi karena dikompori sebagian perusahaan, media, dan iklan. Menggiring kita agar keinginan kita membesar untuk membeli, membeli, membeli.
Read 15 tweets
Cara Mengolah Rasa Marah Agar Tak Berujung Musibah.

Dalam membina hubungan, dikunjungi rasa marah itu hal yang lumrah terjadi. Langkah indahnya, bekali diri dengan kemampuan mengolah marah. Termasuk kemampuan yang menyelamatkan jiwa.

Thread #EmotionalHealingBarengAdjie
Cukup familier dengan situasi: Marah, lalu:
1. diam memendam marah, atau
2. melampiaskan marah membabi buta, atau
3. melarikan diri dari rasa marah dan mengalihkan ke hal-hal yang menyenangkan?

Secara umum kira-kira ketika marah, seolah kita hanya punya 3 “jurus” itu.
Padahal ada “jurus” lain yang lebih sehat dan selamat dalam mengolah rasa marah.

Sebelum saya kasih tau “jurus”nya, saya mau tanya dulu ... Kita marah itu sebenarnya penyebab utamanya apa ya?
Read 19 tweets
Menyembuhkan Pikiran Berlebihan (Overthinking)

Beberapa hari yang lalu, saya kewalahan sendiri dengan banyaknya pikiran di kepala. Dan karenanya, tingkat stres saya tiba-tiba naik tak terkendali.

Thread #EmotionalHealingBarengAdjie
Lalu saya sadar, di saat diri ini overthinking, adalah kesempatan yang indah untuk berlatih menyembuhkannya.

Saya mengalami stres, kewalahan dengan pikiran sendiri, saya bisa aja terus terpenjara dalam keadaan itu dan membiarkannya melumat kebahagiaan saya. Atau ...
Atau saya memilih menggunakan momen overthinking itu untuk berlatih menyembuhkannya. Belajar darinya dan berdamai dengannya.

Berikut beberapa langkah rahasia yang saya lakukan untuk menyembuhkan overthinking yang saya alami:
Read 12 tweets
Hidup enggak bahagia bisa karena KECANDUAN SOCIAL MEDIA. Karenanya saya belajar mengurangi bersocial media & interaksi digital.

Thread #EmotionalHealingBarengAdjie: 4 Latihan yang saya lakukan terkait intisari buku: DIGITAL MINIMALISM - Cal Newport

Silakan RT. Terima kasih 🙏
Bagi kebanyakan orang, social media dan dunia digital tentu menjadi sebuah pengungkit agar lebih mudah mendapatkan berbagai yang diinginkan, dari uang, popularitas, sampai jodoh.

Bagi sebagian orang yang lain, ini adalah tempat hiburan untuk melarikan diri dari penderitaan hidup
Namun bagi yg sadar diri, layaknya segala sesuatu yg berlebihan itu tidak bagus, ini pun bisa mempengaruhi kondisi batin, menjadi serba cemas dan tidak tenang

Jujur, saya sendiri memproklamirkan diri untuk berada dalam barisan yg berlebihan bersocial media & berinteraksi digital
Read 14 tweets
“Penyakit orang modern: SIBUK KERJA SAMPAI LUPA JATUH CINTA”

Sebuah thread #EmotionalHealingBarengAdjie | Tolong RT biar bisa berbagi buat yang membutuhkan. Seperti biasanya, nulisku pelan. Jadi, kamu bacanya jangan tergesa ya ☕️
Sejak kecil, kita dididik berpola pikir: Biar sukses, harus kerja keras. Kita pun terlatih memikirkan masa depan beserta segala impian yang belum kita punya.

Akibatnya, kita menganggap istirahat sebagai sesuatu yang enggak produktif. Bahkan istirahat itu sesuatu yang salah.
Pola pikir: “Hidup adalah perlombaan meraih kekayaan sebanyak mungkin, sehingga tiap detik harus menghasilkan uang”, sepertinya juga udah mendarah daging di diri saya.

Jadi terpenjara dalam sibuk kerja, sibuk mencari untung, sibuk mengincar kuasa, sibuk berburu perhatian, dsb
Read 13 tweets
“SELEBTWEET SYNDROME, dan dampaknya terhadap KESEHATAN MENTAL”

Sebuah thread #EmotionalHealingBarengAdjie | Tolong RT biar bisa berbagi buat yang membutuhkan. Seperti biasanya, nulisku pelan. Jadi, kamu bacanya jangan tergesa ya ☕️
Selebtweet syndrome ini juga berlaku buat selebgram syndrome. Secara umum, syndrome ini disebut dengan star syndrome. Apa itu?

Tanpa sadar punya keinginan untuk terus menjadi pusat perhatian, pingin jadi bintang, merasa paling benar, haus pujian, enggak terima kalau diberi saran
Apa syndrome ini hanya dialami oleh orang yang punya follower atau subscriber banyak?

Enggak. Yang follower atau subscribernya sedikit pun bisa kena syndrome ini. Siapapun yang sering menganggap rendah orang lain, dan merasa dirinya paling keren, berarti terjebak star syndrome.
Read 12 tweets
Gimana biar enggak OVERTHINKING? Berikut beberapa terapi yang selama ini aku lakuin.

Sebuah thread #EmotionalHealingBarengAdjie | Tolong RT biar bisa berbagi buat yang membutuhkan. Seperti biasanya, nulisku pelan. Jadi, kamu bacanya jangan tergesa ya ☕️
1. Terapi hening-mindfulness
Meluangkan waktu sejenak, duduk diam hening, dan hanya fokus menyadari tarikan dan embusan napas.

Terapi ini sederhana dan efektif bikin tenang. Setiap pikiran gaduh sekali, perlahan arahkan perhatian ke napas. Biarkan pikiran2 itu melayang pergi.
2. Terapi single tasking
Multitasking bikin overthinking, menguras abis energi. Malah enggak produktif, enggak bahagia.

Karenanya, sebisa mungkin single tasking, hanya fokus nglakuin 1 hal di 1 waktu. Hal yg lainnya enggak perlu dikerjain dulu. 1 hal selesai, baru 1 hal lainnya.
Read 6 tweets
Nyari pasangan yang tajir melintir? Yang kaya banyak harta? Hati-hati, bisa jadi dia sangatlah miskin.

Sebuah thread #EmotionalHealingBarengAdjie | Tolong RT biar bisa berbagi buat yang membutuhkan.

Seperti biasanya. Nulisku pelan. Jadi, kamu bacanya jangan tergesa ya ☕️
Setelah disalip mobil mewah, sopir taksi online ngomong ke saya, “Kaya enggak dapat diukur dari mobil yang dipunyai ya Pak. Enggak dapat diukur dari banyak hartanya”.
.
“Maksudnya gimana Pak?”
.
“Ya belum tentu orang yang punya banyak harta dapat dikatakan kaya ...
Bisa saja orang yang tajir melintir gitu, dia malah orang termiskin di dunia.”
.
“Kok bisa Pak?” Tanya saya penasaran.
.
“Contohnya temen saya Pak. Dia udah kaya, bisa dikatakan apa-apa dia punya. Istrinya baik, anaknya juga pintar. Kok ya dia masih selingkuh, main perempuan.”
Read 10 tweets

Related hashtags

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!