Discover and read the best of Twitter Threads about #JumatBerkah

Most recents (24)

Adi Hidayat dan Rumah Proklamasi yang ter-"arabkan"

Oleh: Baskoro A

(1)Ustadz Adi Hidayat (UAH) seharusnya lebih hati hati dengan narasi sejarah yang dia tidak pahami, sehingga tidak terjebak pada glorifikasi buta yang sangat 'politis'
#Jumatberkah
(2)Tidak sekali ini saja UAH berkomentar asal tentang sejarah Indonesia yang sebenarnya bukan bidang dia. #Jumatberkah
(3)Dalam bahasa Islam, UAH ini semacam tidak memiliki sanad riwayat kesejarahan Indonesia yang berarti ia tidak punya kapabilitas untuk berbicara, apalagi menjadi rujukan sejarah. #Jumatberkah
Read 28 tweets
#JumatBerkah
#Repost
✍Gus @na_dirs
Gestur santri ketika menghadap para Kiai itu lebih powerfull dari sekian kata-kata.  Kepala ditundukkan, badan membungkuk, pandangan ke bawah tak berani mengangkat wajah dan diam menyimak nasehat, atau bahkan teguran, para Kiai.
Tak ada perdebatan. Tak ada suara meninggi. Tak ada kata-kata merendahkan apalagi mencemooh. Semuanya dilandasi kasih sayang. Para Kiai adalah guru dan sekaligus orang tua kita.
Anda boleh seorang penceramah terkenal, atau seorang guru besar sekalipun, atau pengusaha dan penguasa, namun saat sowan kepada para masyayikh, gestur anda menunjukkan siapa jati diri sebenarnya.
Read 4 tweets
IDUL ADHA IKUT YANG MANA?
Oleh: KH Irsyad Syafar

- sebuah UTAS -

#JumatBerkah Image
Idul Adha tahun 2022 ini kembali terjadi perbedaan hari. Pemerintah Arab Saudi sudah mengumumkan jatuhnya pada tanggal 9 Juli. Dan tanggal 8 Julinya adalah wukuf di Arafah.

Sedangkan Pemerintah Indonesia menyatakan tgl 10 Juli setelah tidak ada rukyah hilal pada 29 Juni kemarin
Muhammadiyah, dengan metode hisab sudah jauh hari menetapkan Idul Adha pada tanggal 9 Juli.

Lalu, kita mau ikut yang mana? Ikut hasil rukyah Indonesia atau hasil rukyah Saudi? Atau ikut hasil hisab saja? Kalau ikut hasil rukyah Indonesia, puasa Arafahnya bagaimana?
Read 18 tweets
#JumahMubarak
#JumatBerkah

✍Syaikh @muhnurjabir
Direktur Rumi Institute

Jumah Mubarak

Dan mereka bertanya kepadamu
apa yang mereka nafkahkan.
Katakanlah: "Pengampunan (al-afwū)".
[Q.S 2:219]
Tiap kali kita merasa berat, mulailah memberi.
entah kita memberi sesuatu atau memaafkan seseorang.
Ketika hati tertawan oleh sesuatu dan kita melewatinya
dengan kebaikan, beban yang luar biasa itu akan
terangkat dari hati.
Ujilah! Beban itu segera sirna dari hati. Memasuki wilayah
kebahagiaan, amat memungkinkan dengan memberi.

Al-afwū yakni memberi tanpa menuntut balasan,
tanpa menyulitkan, dan tanpa pujian. Al-afwū adalah
kesadaran yang akan mengisi setiap relung-relung
kehidupan manusia.
Read 6 tweets
Batuan di #Kebumen memang unik jika kita tidak paham dengan karakter batuan #karangsambung, pastilah jika berburu batu pulang dengan tangan hampa.

Contoh batu Jasper atau bahasa pasaran nagasui/giok Jawa luarnya burik tetapi bagian dalam berwarna hijau

#JumatBerkah ImageImageImageImage
Akar Jati Kapur di sepanjang sungai Lukulo Kebumen

Menurut ahlinya para ahli komposisi dan seratnya yang sama dengan fosil perahu Nabi Nuh di Pegunungan Ararat .. dan di Kebumen ada Bukit Paras

Konon disitu juga perahu dibuat
#kebumen #karangsambung #jumatberkah Image
Gunung Paras #Kebumen

Ditempat inilah Nabi Nuh membuat bahtera untuk membawa bermacam2 makhluk hidup berpasangananeka tumbuhan .

Puncak gunung di bagian atas datar sepanjang 800 m lebih. Dahulu hanya ada pohon jati kapur yg bisa tumbuh di tempat ini.

Image
Read 4 tweets
Setelah dengan kawan-kawan pondok, giliran, giliran #AhadCeria bersama anak-anak yatim.
Materi Bahasa Inggris sore ini "describing yourself". Anak-anak yatim perlu diajari Bahasa Inggris biar pede. Bahasa Arab setelah materi Bahasa Inggris sekalian belajar tajwid.

#AhadCeria.
Makan-makaaaaaan #AhadCeria bersama anak-anak yatim.
Read 4 tweets
#JumatBerkah anak-anak sebelum santunan main di empang, samping rumah.
Alhamdulillah acara santunan rutin #JumatBerkah sudah selesai. Terima kasih para sahabat yang ikut berpartisipasi untuk anak-anak yatim di sekitar rumah saya. Moga Allah melipat gandakan rezeki para sahabat dan moga Allah ridho. Image
Saya wanti-wanti ke anak-anak yatim. Meski kita gak punya beras, gak punya uang, jangan menggadaikan Iman Islam kita.

Di sekitar rumah, ada orang Non Islam (aparat), yang mulai beri iming-iming santunan. Ini jebakan.
Read 5 tweets
Ini Bisnis Kami ya. Bisnis untuk ambil keuntungan . Apa itu keuntungannya ? Insyallah keuntungannya pahala ..Cuma Allah yg tau keuntungan itu.
Di dunia nyata Bisnis ini berat. Kenapa ? Kami bukan Pemodal kecil apalagi Pemodal besar. Modal kami hanya niat.
Kami sadar, yg kami lakukan itu sangat beresiko, resiko operasional resiko perawatan. Kerusakan
Ganti part2 mobil itu gak murah . Tapi Alhamdulillah banyak dermawan yg bantu kami . Kami bisnis dgn dermawan Bisnis akherat .
Insyallah di Ijabah ku Gusti Allah . Amin.
Kami jalani bisnis ini. Bisnis titipan hamba Allah.
Semoga pemberi kedua Ambulan ini selalu diberikan kesehatan keselamatan&rejeki yg berlimpah.
Demikian pula para dermawan yg banyak bantu utk perawatan hingga saat di bengkel semoga selalu diberika. Perlindungan oleh Allah SWT
Read 4 tweets
4 Kisah Agung dan Pesan Moralnya dalam Surat Al Kahfi

Masing-masing kisah ini ternyata menyembunyikan pelajaran yang jarang diketahui banyak Muslim.

#RepublikaThread
#KhazanahRepublika #JumatBerkah
Kisah pertama, ada di dalam ayat 9-20 yang dikenal dengan kisah Ashabul Kahfi. Kisah ini menceritakan tentang tujuh pemuda yang berserah diri kepada Allah SWT untuk menyelamatkan agamanya.
Kisah kedua, adalah tentang pemilik dua kebun dan sahabatnya. Dikisahkan bahwa pemilik dua kebun itu diberikan keberlimpahan harta, sedangkan sahabatnya hidup dalam kemiskinan. Namun meski miskin, dia mendapat nikmat iman kepada Allah SWT.
Read 8 tweets
Saya smlm dpt pic ini cm lupa dr akun mana.
Dari sekian nama yg mgkn biasa2 aja namanya jabatan mah rejeki mereka.
Tp fokus di satu nama FIRDAUS DJAELANI.
Cc @pinjollaknat @EdiMahaMG @panca66
FIRDAUS DJAELANI, Penasihat UANGTEMAN.

Jabatan publik sebelumnya sbg Kepala Eksekutif OJK.

Luar biasa, bagaimana bisa dari pejabat di OJK tiba2 bekerja di Pinjol pak Jokowi ?
Utk diketahui, apa itu start up UANGTEMAN?

Jelas ya dsitu pinjol yg terdaftar dan diawasi serta berizin OJK.
Read 9 tweets
Depresi(1) #JumatBerkah ImageImage
Semua orang pernah mengalaminya minimal satu kali seumur hidupnya
Depresi(2) #JumatBerkah Image
Seperti apa Depresi itu ?
Seperti ini….terlihat baik, senyum, senang dll….
Depresi(3) #JumatBerkah ImageImageImage
Read 5 tweets
kita tertinggal, di negri2 tetangga, arab, negara2 muslim hampir semua sdh melarang PKS dan alias2nya spt Ikhwan ikhlas dll karena ideologi khawarij takfiri mereka
selagi dekat PKS, jadi punya label radikal baik dslam atau luar negri
Ustadz Fahmi Salim UFS bisa sebarkan virus HTI dg pengakuan guru thd aktivis HTI, waspada kolaborasi jamaah masjid tokyo MIT dg pendukung HTI ini
Read 12 tweets
[Thread]

Kalian yg mengira bahwa Hari Perayaan Kelahiran Kristus (Natal 25 Desember) berasal dari tradisi penyembahan Dewa Matahari Sol Invictus WAJIB baca thread ini sampe habis.

Baca tulisan ini sambil Jumatan, biar kebal dari khotbah ngaco soal Natal.

#JumatBerkah

- Rohman
Metode perhitungan Natal secara Alkitabiah sampe ketemu akhir Desember sebagai waktu kelahiran Kristus udah dijelaskan di thread sebelumnya:

Tapi gw liat masi ada pertanyaan kenapa kok bisa tanggal 25 Des.

Liat KTP & Akta Kelahiran kalian. Pikirin baik2.
Kalian lahir pada tgl tertentu karena ibu kalian hamil sejak kurang lbh 9 bulan sebelumnya.

Kapan ibu kalian hamil & kapan kalian lahir adalah "random event" yg harus kalian terima apa adanya.

Kita cuma bisa ngitung kapan hamilnya & kapan lahirnya.

Kenapanya ga bakal kejawab.
Read 23 tweets
khawarij terrorist member hizbu tahrir HT: Thoha Yusuf Zakaria, Prof Suteki, Prof Fahmi Amhar, Ahmad Rusdan PhD, Ptof Dr Aceng Ruhendi Saifullah, Moeflih Hasbullah, Dr Arim Nasim, Rohmat S Labib . international terrorist network of Hizbut Tahreer HTI #JumatBerkah Image
Pesantren HTI: K.H. M.Shiddiq Al Jawi, S. Si, M. SI; Pesantren Hamfara Yogyakarta  
Image
Read 7 tweets
1. Sekarang banyak yang ragu dengan agenda Perlindungan Lahan Pertanian dalam UU Cipta Kerja. Daripada cuma denger katanya, mending kita simak pendapat dari petani langsung.

Seperti apa sih sebenarnya?
#JumatBerkah #PertanianIndonesiaMaju
2. Ketua DPN Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani), Satrio Damardjati, menilai Perlindungan Lahan Pertanian tetap menjadi prioritas dalam Undang-Undang Cipta Kerja.

Lho kok bisa?

liputan6.com/news/read/4410…
3. Satrio tak melihat ada indikasi kalau UU Cipta Kerja ini akan membiarkan alih fungsi lahan pertanian terjadi, apalagi akan menjadi-jadi.

viva.co.id/berita/bisnis/…
Read 11 tweets
Diriwayatkan di dalam Shirah ibn Hisyam, Rasululullah saw hendak berkurban, dan beliau saat itu memilih unta sbg hewan kurban.

Sebagaimana kebiasaan, hewan kalau mau disembelih pasti akan mengamuk jika melihat darah atau melihat temannya di sembelih, Image
mesti ditutup matanya agar tidak melihat.

Maka Rasululullah berkata: “Buka, biarkan mereka melihat”

“Wahai Rasul mereka kalau melihat darah mengamuk”

”Biarkan mereka melihat”, Nabi mengulangi.

Maka para unta pun itu melihat. Ketika Nabi sudah mengeluarkan pisaunya,
dan menajamkannya. Apa yang diperbuat oleh unta-unta itu..?

Mereka berdesakan untuk lebih dahulu disembelih oleh tangan mulia Sayyidina Muhammad saw. Roboh satu unta, yang lain menjulurkan kepalanya, satu- satu berdesakan ingin didahului disembelih oleh Nabi saw.
Read 5 tweets
Kabar baik di #JumatBerkah

@Kemenperin_RI dukung perizinan produksi Green Diesel D100. Standar nasional Indonesia katalis karya @pertamina dan ITB segera diproses

Langkah kecil untuk Indonesia Maju...

@Kesit_ @Je_Ly
Inovasi dan kreasi yg dihasilkan Pertamina akan terasa dampak positif nya 50 tahun atau bahkan 100 tahun kedepan. Menciptakan energi baru dan terbarukan adl salah satu ikhtiar utk merawat bumi dari ancaman polusi udara yg kian parah setiap hr nya.

@SheeraKe
@FaGtng
@cece_safitri
Presiden @jokowi secara tegas mengatakan bahwa potensi energi masa depan dunia ada di Indonesia. Inovasi dilakukan dg mengurangi ketergantungan thd BBM fosil dan beralih ke energi ramah lingkungan.

Protes dr Uni Eropa pun tak digubris, tepuk dada tanya selera, siapa lo ngatur2. Image
Read 6 tweets
Ditengah Pandemi BBPBAP Jepara mendistribusikan 200 masker kain garatis kepada pengguna jalan di depan pintu masuk Balai #JumatBerkah #LawanCorona
@Edhy_Prabowo @s_soebjakto @BudidayaKKP @kkpgoid @jeparakabgoid @ILoveJepara @VisitJepara ImageImageImageImage
Sebab, dengan masker yang dibagikan, warga bisa melakukan pencegahan dan antisipasi dari bahaya penularan Coronavirus Disease (COVID-19) #BersamaLawanCorona ImageImage
Mudah-mudahan dengan keseriusan kita bersama
dan setiap warga mau ambil bagian dalam upaya
pencegahan dan antisipasi penyebaran virus corona
akan segera memberikan dampak positif sehingga
kita bisa segera terbebas dari wabah ini #LawanCovid19 ImageImageImage
Read 3 tweets
Ditengah Pandemi BBPBAP Jepara mendistribusikan Benih Nila Salin 200.000 ekor ke Pokdakan Mina Mandiri Gresik #JumatBerkah #SahabatBudidaya @Edhy_Prabowo @s_soebjakto @BudidayaKKP @infoGRESIK ImageImageImage
Diharapkan bisa membantu perekonomian pembudidaya di tengah pandemi Covid 19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia dan penguatan ketahan pangan nasional melalui perikanan budidaya.
Disampaikan juga cara budidaya ikan yang baik (CBIB) kepada pembudidaya supaya benih yang ditebar sukses sampai panen dan tingkat keberhasilanan lebih baik.
Read 3 tweets
Segelas Air Susu di Laut

Syahdan, Mbah Kiai Kholil Bangkalan Madura memanggil tiga santrinya, Mbah Manab, dan dua orang santri lainnya. “Anu Cung, tlg sampean carikan air susu di laut”.

Saling pandang sejenak, ketiganya menjwb kompak, “Enggih, Kiai…!" Image
Setelah pamitan mereka langsung berangkat. Dengan bekal keyakinan bahwa dawuh guru walaupun kelihatan mustahil tetap harus dilaksanakan. Selama tiga hari tiga malam mencari di lautan, ternyata hasilnya nihil.

Di tengah keputusasaan ketiganya bermusyawarah. “Bagaimana ini?”
“Lha iya, kalau kita jwb tdk ada berarti kan sama saja mengatakan guru kita itu bodoh? kayak beli rokok di toko bangunan,” kata yg kedua.

“Wah gini saja, bgm kalau kita jawab ‘Kami blm menemukan, Kiai,'” kata yang ketiga. Yang akhirnya jawaban ini disetujui dua orang temannya.
Read 7 tweets
¶Pojok Ustad Ali Yahya¶

PENGALAMAN KH NURUDDIN MUNAWWAR DENGAN MUALIM SYAFI'I HADZAMI

Tanggal 5-9-2017 saya (Ali Yahya) mewawancarai KH Nuruddin Munawwar, Pengasuh Pesantren Tapak Sunan (Condet Balekambang) yang pernah mengaji berdua dgn Mualim Syafi'i Hadzami selama 9 thn. Image
Beliau membaca kitab Tafsir Ibn Katsir, Jam'ul Jawami', dan Bughyatul-Mustarsyidin kpd Mualim.

Saya akan kutip sedikit apa yang beliau ceritakan kpd saya.

Di awal2nya, ketika msh ngaji di rumah Mualim di Kepu, Kemayoran, Kiai Nuruddin kalau mengaji masih ada yang nemenin.. Image
..sekitar dua-tiga orang. Namun, setelah itu beliau hanya sendiri saja, karena yang lain satu per satu berhenti.

Satu waktu, pada tahun 1976/1977, saat ngaji di Kepu, Kiai Nuruddin dtg brsm KH Harun al-Rasyid, putra KH Fathullah Harun, Matraman. KH Harun bawa buku bhs Inggris.
Read 6 tweets
Lathi, Asal-usul Lara Kadita Mobile Legend|Kajian Ilmiah Keberadaan Nyai Roro Kidul

#LathiChallenge

#JumatBerkah
#keciduk
Asal usul Nyai Roro Kidul|Lara Kadita-Serupa Kisah Dewi Lathi

#LathiChallenge

#JumatBerkah
#keciduk
LATHI|Mengungkap Kisah di balik lagu Lathi

#LathiChallenge

#JumatBerkah
#keciduk
Read 3 tweets
Telah menceritakan kepada kami An-Nadlr bin Anas bin Malik dari ayahnya berkata:
Aku meminta Nabi saw agar memberiku syafa'at pada hari Kiamat.

Beliau saw bersabda: "Aku akan melakukannya".

Ia bertanya: "Wahai Rasulullah, ke mana aku mencari Baginda?"
Beliau saw menjawab: "Carilah aku pada saat pertama kali kau mencari di atas Shirath."

Ia bertanya: "Bila aku tidak bertemu dengan Baginda di atas Shirath?"

Beliau saw menjawab: "Carilah aku di dekat Mizan."

Ia bertanya: "Bila aku tidak bertemu dengan Baginda di dekat Mizan?"
Beliau saw menjawab: "Carilah aku di dekat telaga (Haudh), karena aku tidak luput dari tiga tempat itu." (HR. Tirmidzi)

Semoga Allah pertemukan kita dgn Rasulullah saw, krn celaka org yg tdk berjumpa dgnnya di Hari Perhitungan.

Wujudkan ini dgn byk Sholawat.

#JumatBerkah
Read 3 tweets
Rupiah makin menguat.. #NewNormalPulihkanEkonomi mulai terasa, ihsg menguat, target test per hari makin tinggi dari pak @jokowi. APD semakin mudah didapat, ventilator, rapid test kit dan pcr kit juga vaksin on progress #banggabuatanindonesia. Optimis #INDONESIABISA ImageImageImage
Memang ada bahaya laten peningkatan pasca lebaran. Optimis kalau kita #disiplinprotokolnewnormal dan saling mengingatkan org sekitar kita, tidak ada yang harus dikorbankan antara ekonomi dan kesehatan. Edukasi org terdekat n tetangga tntg #Covid_19 @blogdokter @drsyuk_InfoKes
#indonesia yang merupakan negara kepulauan yang bila #PSBB memang sudah efektif dan #flatteningthecurve sdh tercapai hrsny lbh diuntungkan karena isolasi per daerah nya menjadi lebih mudah. Penduduk yg byk bs jadi target produksi n konsumsi sendiri utk #NewNormalPulihkanEkonomi Image
Read 5 tweets

Related hashtags

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!