Discover and read the best of Twitter Threads about #maspsikolog

Most recents (11)

Anu. Attitude Steve Job ke orang yg dia gak suka itu jelek banget menurut orang2 yg pernah kerja sama dia.

Dan orangnya tuh ngeselin banget, semaunya sendiri.
Siapa lagi ya orang yg attitudenya menyebalkan tapi lalu populer dan karyanya diagungkan?

Oh Nikola Tesla.
Henry Ford.

Oh iya pengarang buku anak, Enyd Blyton.
Kata #MasPsikolog, untuk berkarya itu yang penting SANGGUP BELAJAR.
Bukan sanggup sopan.

Pertanyaannya, kalau kita mau gak sopan, bisa menerima resiko jd public enemy gak?

Toh kita semua ini ya dasarnya menjalin relasi dengan orang yg kita butuhkan, atau kita inginkan.
Read 4 tweets
Sehubungan dengan kisah kasus kehebohan yg terjadi kemarin (YANG MANA TIK?!), daku jadi ingat konsep #MasPsikolog memperlakukan orang ketika lagi "berulah".

Jadi ada 2 dasar penggerak perilaku seseorang.

1. EMOSI
2. STRATEGI.

Gimana taunya?
Dirasa. ^^

Bukan dipikirin. Dirasa.
Kita bahas perilaku yg terjadi karena digerakkan EMOSI dulu ya.

1. Biasanya perilaku itu adlh LETUPAN ENERGI yang menyertai pengalaman emosional. Baik yang menyenangkan maupun yang menyebalkan.

2. Perilaku yg digerakkan emosi ini, terjadi DI LUAR KENDALI PIKIR.
Refleks. Alami.
Karena di luar kendali pikir, ekspresinya akan alami. Atau ya berupa reflek sebagai hasil belajar.

Maksudnya HASIL BELAJAR tuh gimana?

Misal, anak yg sering liat Bapaknya marah-marah dgn banting pintu, kemungkinan besar si anak akan banting pintu jg kalo marah.
Hasil belajar.
Read 18 tweets
Kata #MasPsikolog, ketika kita menghadapi situasi sulit, pilihan kita ada 3.

1. Kuasai
2. Adaptasi
3. Selamatkan diri

Ini daku mau bahas apa kata si Mas soal ADAPTASI.

Karena dlm hidup ya kadang kita gak punya wewenang utk menguasai.
Dan gak punya celah utk selamatkan diri.
Jadi kata si #MasPsikolog, ketika kita gak bisa menguasai keadaan tapi juga gak bisa pergi menyelamatkan diri, berarti satu-satunya pilihan ya BERADAPTASI.

Naaah tantangan paling berat ketika pengen beradaptasi adalah:
BUTUH KESANGGUPAN KITA BUAT MERASAKAN SISI GAK ENAKNYA.
Sanggup itu yg gimana sih?

SANGGUP = MAU + MAMPU.

Kalau mau, tapi gak mampu, berarti ya gak sanggup.
Dan sebaliknya.

Kenapa kok adaptasi itu harus SANGGUP MENGHADAPI rasa gak enak?
Yaa krn kita hrs mengubah diri UTK SELARAS dgn situasi yg gak ngenakin buat kita.
Read 21 tweets
Ku mau cerita tentang obrolan daku dengan #KendraRana beberapa hari lalu.

Obrolan yg bikin kepikiran, gimana cara bercerita yg enak ke anak, bahwa orangtuanya akan meninggal suatu hari nanti ya?

Latar belakang ceritanya begini.
Suatu sore beberapa hari kemarin..

👉👉👉
Suatu sore beberapa hari kemarin, Rana bangun tidur sambil menangis terisak di kasur.

Daku datangi, daku peluk dlm diam.
Memberi ruang dia menyelesaikan sedihnya.
Eh Rana langsung memeluk balik, dan tangisnya makin santer. 😐

Setelah Rana selesai menangis, daku tanya lembut.
👉
Daku: "Aku boleh tau gak kenapa kamu sedih?"

Rana: "Aku mimpi sedih."

Aku: "Waa mimpi apa itu?"

Rana: "Aku mimpi Mama meninggal."

Aw..

Terus kami ngobrol tentang detil mimpinya.
Katanya adiknya #ZoraAlana (yg skrg baru umur 19 bulan) umurnya udah 5 tahun di mimpi dia.

👉👉
Read 26 tweets
Mau cerita.
Obrolan dengan #MasPsikolog lainnya.

Tentang FASILITAS PELINDUNG (FasPel) dan FASILITAS BELAJAR (FasBel) untuk anak.

Bedanya apa?
Gimana caranya?
Apa efeknya?
Dll dsb dkk.
Fasilitas Pelindung (FasPel) itu kodrat orangtua.
Ortu gak perlu susah-susah belajar jd fasilitas pelindung karena emang secara naluriah pasti pengennya melindungi anaknya.

Nah tapi pertanyaannya, sampai kapan orangtua bisa melindungi anaknya?

Anak suatu hari akan besar dan..
Anak suatu hari akan jadi besar dan harus mampu berdiri sendiri.

Anak suatu hari harus jd dewasa.
Harus bisa berpikir sendiri, memutuskan pilihan hidupnya sendiri,
memikirkan solusi hidupnya sendiri,
dan merasakan resiko dari keputusannya sendiri.

Gimana caranya menuju ke situ?
Read 32 tweets
Katanya, kita harus menghindari orang-orang yang toxic.

Tapi bagaimana kalau ternyata yang toxic buat dirimu itu orangtuamu sendiri?
Bagaimana kalau ternyata orangtuamu yang rajin menanamkan pikiran-pikiran negatif ke dirimu?
Read 16 tweets
Mumpung lg menyepi di Starbuck seorang diri (menyerahkan si bayi+ Mbaknya ke Bapaknya), daku pengen melanjutkan dokumentasi sesi ngobrol dgn si #MasPsikolog soal proses menjadi dewasa mental.

Proses menjadi dewasa mental, menurut versi si Mas tentunya.

Di thread terdahulu soal "DEWASA ITU YANG BAGAIMANA SIH?", si #MasPsikolog menjelaskan,

Syarat jadi dewasa adlh:
• sanggup berpikir (utk mengelola+ mengurus diri sendiri)
• sanggup belajar (utk beradaptasi di segala situasi)
• sanggup peduli (utk bermasyarakat dan bersosial)
SANGGUP, artinya MAU dan MAMPU.
Gak bisa salah satu aja ya.

Kalau MAU tapi TIDAK MAMPU, ya namanya TIDAK SANGGUP.
Kalau MAMPU tapi TIDAK MAU, ya sama juga TIDAK SANGGUP.

(Seperti yang pernah ditulis di thread yang inii..)

Read 24 tweets
Abis baca obrolan ini.

Tanya:
"Pacarku punya banyak mantan. Aku takut dia selingkuh.."

Jawab:
"Takut itu kan selalu muncul bersamaan dengan harapan.
Jadi kalau ada takut, maka di situ ada harapan.
Ada ekspektasi.

Takut jg sebenarnya diperlukan.
Dan itu manusiawi."

👇
"Takut itu wajar.
Kalau dia bisa putusin ceweknya yang dulu, berarti kan dia bisa bikin kamu patah hati juga.
Kondisi itu kan wajar kalau bikin kamu takut.

Masalahnya, kamu punya harapan bahwa dia setia sama kamu.
Kamu punya harapan menjadikan dia pacar terakhirmu.
Lalu.."

👇
"Lalu seiring harapan itu muncul, rasa takut dia meninggalkan kamu jg muncul.
Aplg ada fakta bahwa pacarmu punya banyak mantan."

Tanya: "LHO MASAK GAK BOLEH BERHARAP DIA SETIA?!"

Jawab: "Boleh dong.
Tapi silakan mengukur resiko dari fakta bahwa takut akan menyertai harapan."
Read 17 tweets
Selama hidupnya manusia, katanya, kita akan dihadapkan pada 3 jenis pilihan.

1. Pilihan ENAK vs TIDAK ENAK
2. Pilihan ENAK vs ENAK
3. Pilihan TIDAK ENAK vs TIDAK ENAK

Kata #MasPsikolog, kemampuan memilih utk 3 jenis pilihan ini menentukan seseorang sanggup jd dewasa atau gak.
Naga-naga bakal jd tret panjang 😂
Setelah 4 hari berlalu... mari cerita obrolan dengan #MasPsikolog ini dilanjutkan.
(Halaaaah..)

Jadi kan, kata #MasPsikolog, selama hidup kita akan dihadapkan pada 3 jenis pilihan.
1. ENAK vs TIDAK ENAK
2. ENAK vs ENAK
3. TIDAK ENAK vs TIDAK ENAK
Read 37 tweets
Pagi ini membaca berita ini.

m.detik.com/news/berita/d-…

Seorang Ibu di grup parenting berkata begini:
"Sekolah tidak lagi menyenangkan, tetapi membuat stress bahkan depresi.
Sekolah bukan lagi tempat belajar memperbaiki diri, tapi tempat mengejar kesempurnaan."

:(
Lalu daku jadi ingat obrolanku dengan #MasPsikolog dan 2 orang teman.

Satu teman, sebut saja namanya ABC, meng-homeschooling-kan anaknya.
Satu teman lainnya, sebut saja namanya XYZ, menyekolahkan anaknya di sekolah dekat rumahnya.

Kami berbincang tentang peran & fungsi sekolah.
Ini bakal jd tret yang panjang ini kayaknya hahaha.
Pagi-pagi ndongeng.

Tika: "Mbak ABC, kenapa kok anakmu homeschooling?"

Teman: "Sekolah itu buatku kan tempat belajar keilmuan, Tik.
Ketika ortu memutuskan anaknya masuk ke sekolah, yg butuh sekolah itu ortunya.
Bukan anaknya."
Read 30 tweets
Setelah menikah, punya anak, kumpul sama sesama ibu-ibu lain, dan saling menyimak curhatan mereka, aku baru paham kenapa kok orang Jawa kuno menyarankan pilih pasangan itu liat-liat dulu bibit, bebet dan bobotnya..
Lha ya gimana.

Pola asuh keluarga ke anak itu ya menentukan nanti karakter anak ketika akhirnya punya pasangan itu kyk gimana.

Pola romantisme bapak ibunya pasangan kita (alias mertua kita) nanti ya berpengaruh ke kadar romantisme pasangan kita ke kita.

Walo gak selalu sih ya.
Pola asuh calon mertua kita ke anak mereka (alias calon pasangan kita) ya menentukan visi misi si anak nanti kalau udah punya anak.

Pola kerjasama mengasuh anak dari calon mertua kita itu ya menentukan anak mereka seberapa mau ikut berperan jd partner kita dlm asuh anak.
Read 18 tweets

Related hashtags

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!