Discover and read the best of Twitter Threads about #serisayangidirimu

Most recents (13)

BRAKK!! Pintu IGD terbuka.

Seorang pria berkacamata dibopong 3 orang laki2.

Saya berdiri menyambutnya untuk mengarahkan ke triage, "kenapa mas nya?" Saya bertanya ke salah satu yang bopong sambil saya pegang nadi di lehernya.

#serisayangidirimu
"Kita lagi kumpul keluarga dok, dia lagi main game di hpnya, tiba- tiba kesakitan dadanya sampe susah bicara, tangan kirinya jg sakit sampe susah digerakin, kita bawa kesini trus tadi di mobol pas udah mau sampe sini dia ga sadar".

Tidak ada nadi yang teraba. "Kode Biru!!"
Saya menarik brankar triage sendirian untuk memindahkannya ke ruang resusitasi. 4 perawat saya yang sedang memegang pasien lain pun lgs berlarian menuju ruang resus.

"Pindah bed! hitungan ketiga, satu, dua, TIGA!" Tubuh pasien terangkat dan pindah dengan mudahnya.
Read 36 tweets
Tentang Prostat.

#serisayangidirimu kali ini saya akan membahas organ yg mgkn byk teman2 yg blm tau.

Organ ini hanya dimiliki oleh Pria, jadi untuk teman2 yg ingin mengetahui lebih byk ttg fungsi dan penyakitnya, dan khususnya yg memiliki ayah berusia > 50 thn, silahkan RT.
Secara anatomis kita, wanita dan pria, memiliki perbedaan yg signifikan pada alat kelamin yaitu pd jumlah salurannya.

Wanita memiliki 2, saluran dari kandung kemih dan saluran dari rahim. Terpisah.

Tidak saling ganggu. Berdiri sendiri.
*urethra
*vaginal orifice
Pada Pria. Saluran dari kandung kemih yang berisi urin dan saluran dari buah zakar yang berisi sperma keluarnya di Satu saluran yang sama!

Tidak terpisah. Saling membutuhkan. Ga bisa berdiri sendiri.

2 sistem yg berbeda, tapi memiliki muara yg sama.
Read 14 tweets
Tentang Donor Trombosit.

#serisayangidirimu kali ini saya akan membahas tentang turunan donor darah yang mungkin banyak teman2 yg belum tahu.

Bantu RT ya teman2, biar byk yg ikut donor untuk saudara2 kita yg terkena wabah demam berdarah dengan jumlah trombosit sangat kritis.
Sebelum kita mau donor, kita perlu kenal sama trombosit dulu.

Saya butuh imajinasi teman2 nih, kalau membayangkan darah, jgn bayangin darah seperti sirup merah polos.

Tp bayangkan sperti sop buah yg mengalir dlm selang besar pemadam kebakaran.

Dgn komposisi kuahnya diatas 50%
Ada bberapa Fungsi trombosit, slh satu yg utama adalah bayangkan fungsi trombosit itu seperti aquaproof atau no drop, pelapis anti bocor.

Bocor dimana? Di selang tadi.

Jd dia memastikan darah tetap berada dalam pembuluh darah.

Sekarang gmn klo pelapis ini berkurang jumlahnya?
Read 11 tweets
Tentang keseimbangan tubuh,

Ini adalah salah satu berkah yg sering lupa kita syukuri, Teman2.

#serisayangidirimu kali ini saya akan bahas organ tubuh penjaga keseimbangan kita dan salah satu pnyebab Vertigo, silahkan RT yg prnah vertigo atau punya tmn/keluarga yg mengalami ini.
Coba sekarang teman2 berdiri, trus angkat 1 kaki selama bberapa detik,

ga jatuh kan? nah apa yg kira2 bikin kita ga jatuh? Ada 2 hal,
pertama sdg tdk ada dorongan tenaga lain selain gravitasi,
kedua sistem 'tripod' kita, mata, telinga, dan cerebellum (otak kecil) berjalan baik.
Ini yg membuat kita tau mana atas, mana bawah, mana depan, mana belakang, mana kanan, dan mana kiri kita.

Skrg coba tutup mata trus angkat 1 kaki, selama 30 detik. Masih bisa? Bisa, tapi mulai jauh lebih susah karena kita mengambil 1 kaki dari tripod kita yaitu penglihatan mata.
Read 12 tweets
Ibu 19 th dtg dgn panik bawa bayi 9 bln, "Dok, tolongin dok, anak saya demam tinggi", "udah diminumin obat apa?", "belum dok", "udah dikompres?", "belum jg dok, tp sy udah dinginin ac kmr saya smp pol dan kipas angin saya arahin ke dia biar hilang panasnya"

😨Skrg saya yg panik.
Dan yg saya khawatirkan trjadi, saat saya periksa, anak ini Kejang.

Dgn Suhu lbh dari 40 drjt dan frekuensi nadi jauh dari normal.
Saya dan tim lgs mnjlankan prosedur penanganan. Saya tatap ibunya, "Bu, mohon tunggu di depan, tp jgn jauh2, abis ini byk yg mesti kita bicarakan."
Setelah saya menyadari ada yg blm mengerti seperti sang ibu muda tersebut, jadi untuk #serisayangidirimu kali ini saya akan bahas tentang Demam,

Krn sedikit saja pengertian akan mengurangi kejadian2 dan hal2 yg tdk kita inginkan,
Khususnya trhadap anak2.
#serisayangianakmujuga
Read 16 tweets
Thread tentang makhluk yang ada jauh sebelum kita ada.

Bakteri dan Virus.

Teman2,Saya sudah baca semua jawaban tentang kedua makhluk halus itu.

Jawaban2nya bagus2, ya ada jwbn2 lucu juga. He2.

#JumatBerkah Kali ini saya mau bahas keduanya di
#serisayangidirimu
Bantu RT yah.
Jumlah kedua makhluk ini berkali2 lipat jumlah gabungan seluruh organisme di muka bumi.

jadi kalo kita hitung jumlah kucing ditambah jumlah gajah ditambah jumlah lumba2 ditambah jumlah kupu2 ditambah jumlah manusia dan ditambah jumlah semua makhluk hidup. Kita tetep terkepung.
Definisi Bakteri sudah byk yg menjawab, intinya makhluk sel 1 yang bisa membelah diri.

Definisi Virus jg sdh byk yg jwb, tp byk yg lucu2.

Teman2 tau kan kalau di dlm inti sel kita ada DNA dan RNA berisi job desk sel dan umur sel?

Nah virus juga berisi potongan DNA dan RNA itu
Read 17 tweets
Bukan thread #BerhentiDiKamu
Ini #SeriSayangiDirimu
Jadi jangan #BerhentiDiKamu ya, RT biar bisa berbagi kpd yg mungkin butuh tahu.

Teman2, Ini Otak kita. Organ luar biasa yang Allah hadiahkan untuk Manusia. "Raja" dari seluruh organ tubuh kita, sang pemimpin yang menggerakkan..
Karena Organ inilah kita bisa merasakan kesenangan, tawa, dukacita, kesedihan, ketegangan dan ratapan..

Dengan Organ ini pula kita bisa marah, takut, bermimpi, melamun, membayangkan yg tidak2, dan peduli sama banyak hal.

Dan yg paling pnting, Ini tmpat kita menyimpan kenangan.
Jenis sel utama di Otak adalah neuron, dan jumlahnya dahsyat, 100 Milyar sel.

exponentially increasing the brain's memory storage capacity to something closer to around 2.5 Petabytes (or a Million Gigabytes)!!

bandingin sama memory hp kita.
Read 13 tweets
Teman2, malam minggu ini saya mau sharing salah satu cara yang bisa membantu teman2 menjaga asupan makanan dengan efektif, yaitu membaca tabel nutrisi dengan profesional setiap beli makanan.

Sebelumnya saya mau tanya dulu, sudah taukah cara baca tabel nutrisi?
#serisayangidirimu
Banyak yg belum tau ternyata, oke, jadi gini ceritanya teman2, sejak tahun 1960an makanan kaleng, makanan dalam kemasan, cemilan langsung mkn tanpa masak, dan segala jenis minuman dlm botol produksinya meningkat terus, masyarakat dunia butuh kepastian apa yg terkandung di dlmnya.
Akhirnya semua sepakat, produsen harus mencantumkan apa saja kandungan, komposisi bahan beserta kuantitas nutrisinya dalam satuan baku dan standard yg bisa dipahami oleh semua org.

Jadi apapun yg teman2 beli di mart2 itu ada tabelnya, bisa kita pilih mana yg baik mana yg engga.
Read 11 tweets
Teman2, coba skrg usap2 perut kiri atas, Siapa aja yg Prnh mrasakan nyeri, rasa ditusuk, rasa kebakar, rasa dicengkram, di daerah itu?

Kita diskusi ya, Pagi ini saya akn bhs Organ disitu, Sang Pusat Logistik kita, Lambung.

Mhn RT ya biar sy tau udh pd bgn/blm
#serisayangidirimu
Lambung itu organ dgn rongga kosong yg diselimuti otot2 kuat berlapis2 yg tdk sejajar di tiap lapisnya. Volume rongganya kira-kira 1 liter tapi bisa membesar mengikuti jumlah makanan yg kita mkn. Kira2 2 botol sedang. Dialah yg memungkinkan kita merasakan nikmatnya rasa kenyang.
Ada tiga bagian lambung yang krusial dan mungkin banyak teman2 yg ga tau, hari ini mau saya kenalin.

Pertama Isinya, hasil produksi dirinya sendiri, cairan penghancur yg asam sekali, pH nya 1,5. Bandingin sm Cuka yg "cuma" 2 koma. Cairan inilah yg teman2 kenal dgn Asam Lambung.
Read 16 tweets
Teman2, sejujurnya buat teman2 mana yang PALING susah dihindari dalam makanan sehari2?

#serisayangidirimu
Pilihan berikutnya, yang PALING ga bisa ketahan klo lagi kepingin
Sekarang, Final question..

Saya ambil dari 2 pilihan terbanyak sebelumnya.

Jika, demi kesehatanmu ke 4 makanan ini akan dieliminasi dari muka bumi, km boleh milih satu aja untuk tetap ada, km milih yang mana?
Read 4 tweets
Tentang Keikhlasan Hati.

Teman2, ini Hati,
Yg terpaksa diganti,
Krn dipaksa kerja rodi,
Utk trus mnerus regenerasi,
Sampai kehilangan inti,
Oleh diri,
Yang tdk memahami,
Bahwa kalau dia mati,
Maka kita tinggal menghitung hari.
#serisayangidirimu
RT yah tmn2 yg mau diskusiin ini
Hati, adalah Organ dalam terbesar kita. Saking besarnya sampai menutupi separuh lambung, separuh usus 12 jari dan separuh ginjal kanan. Bahkan dengan warnanya yg mirip, bila dilihat dari punggung, Hati dan Ginjal seperti Ibu yg sedang menggendong balitanya.
Hati adalah organ dengan fungsi terbanyak di tubuh manusia. Bandingkan dengan Jantung, penting, tp fungsi utamanya 1, memompa darah. Hati? 500.

Mnrt sy bhs indonesia benar menggunakan Hati utk kata sifat, baik hati, rendah hati dll 😊
beda sama Inggris yg pake heart (jantung)..
Read 16 tweets
Teman2, ini adalah Ginjal yang terpaksa harus diangkat dari rongga perut karna sudah penuh sama Batu.

Skrg kita bahas bareng2 ya tentang penyakit ini, gejalanya, pengobatannya dan yg terpenting pencegahannya.

Apakah boleh RT dulu biar aku tau ada yg baca?
#serisayangidirimu
Ginjal, itu salah satu Organ tercanggih yang kita punya,

Sekarang coba teman2 kepalkan tangan, nah sebesar itulah kira2 ginjal kita,

bayangkan, untuk menggantikan salah satu tugasnya yaitu mencuci darah, mesin penggantinya itu sebesar Kulkas.
Saya butuh imajinasi teman2 nih, teman2 lagi di dapur di depan bak cuci piring yang penuh sama piring2, panci2, gelas berbeda2 ukuran yang kotor semua isinya bekas makanan dan minuman, apa yg akan pertama2 teman2 lakukan? Pasti nyalain air kan? Trus apalagi?
Read 19 tweets
Teman2, Ini adalah kantung empedu yang penuh sama batu empedu.

Yg beresiko terkena kondisi ini adalah 4 F,
female,
fertile,
fatty,
fourty years and above.
Lokasi kantung empedu itu ngumpet diblkng hati kita, sebelahan sm ginjal kanan dan muara salurannya brsatu dgn slran pankreas di usus 12 jari.

Fungsinya ada belasan, tp ingat 1 aja, tiap kamu mkn gorengan, ingat dialah yg paling kerja keras biar km ga sakit.
#serisayangidirimu
Andai saya jadi presiden, biar rakyat pada sehat, saya bukan hanya koar2 "ayo makan buah", tapi saya akan turunkan harga buah2 kaya vitamin jadi setara gorengan.

Sampe rakyat mesen kiwi kyk mesen bakwan, "bang kiwinya 5 bang,nih lima rebu". 😊
#serisayangidirimu
Read 3 tweets

Related hashtags

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!