Sebenarnya saya malas memberikan kronologi kasar sejarah China, karena itu menyederhanakan masalah. Tetapi untuk urusan menonton film sejarah, supaya gampang, saya kasih daftar kronologi sbb:->
0. Era Paleolithic & Neolithic ( - 1500 BCE) 1. Era Monarki Kuno (Sebelum Unifikasi)
= Xia (2070-1600 BCE)
= Shang (1600-1046 BCE)
= Zhou Barat (1046-771BCE)
= Era Chunqiu (Spring Autumn 770-476 BCE)
= Era Zhanguo (Warring States 475-221 BCE)
2. Era Imperial Awal
= Qin (221-206 BCE)
= Han (206 BCE - 220 CE)
= Tiga Negara / Samkok 220 - 265
= Jin4 晉 265-420
= 16 Negara (304 - 439) - chaos
= Nanbeichao (Dinasti Utara-Selatan 420 - 581)
3. Era Imperial Klasik
= Sui 581 - 618
= Tang & sekitarnya 618 - 907
= Song & sekitarnya 907 - 1279
Sekitarnya artinya banyak negara2 berubah pada era tsb, terutama era Song, ada banyak benar negara saling bertikai.
4. Era Imperial Akhir (Modern).
= Yuan 1206 - 1368
= Ming 1368 - 1644
= Qing 1644 - 1911
5. Era Republik
= ROC (Republik of China) 1911-1949 (Mainland & Taiwan)
1949-kini (Taiwan, Kinmen dsb)
= PRC (People Republic of China) 1949 - kini.
Catatan: Daftar tsb di atas cuma penyederhanaan. Sejarahnya rumit saling bertaut. Misalnya di wilayah selatan di Guangdong ada Dinasti Nanzhao yg didirikan oleh pembesar2 Dinasti Han, ada kerajaan Min, dsb.
Tetapi daftar diatas adalah kira2 daftar sejarah makro peradaban.
Penemuan/Peristiwa penting dalam sejarah China: 1. Sejarah dgn tulisan penemuan paling awal adalah pada era Dinasti Shang (1600 - 1046 BCE) dalam bentuk tulisan di tulang2. 2. Proses pembentukan statecraft yg canggih dan diteruskan pada genarasi sesudahnya terjadi pd Dinasti Zhou
3. Era Chunqiu (770-476 BCE) adalah era dimana terjadi ledakan pemikiran2 penting China. Confucianism, Daoism, Legalism, Mohism, pendebat logika, dsb semua dari era ini, walaupun buah pikirnya bisa saja sudah ada sejak Zhou Barat.
4. Kerumitan statecraft dan teori2 diplomasi awal diterapkan pada era Chunqiu dan klimax pada era sesudahnya yaitu Zhanguo (475-221 BCE), berakhir pada penyatuan China secara administratif & mundurnya feodalisme.
5. China mengalami jaman keemasan (golden age) beberapa kali. Umumnya jaman keemasan ditandai dgn negara yg damai di bawah dinasti yg kuat. Jaman keemasan pertama adalah Dinasti Han yg mewarisi sistem negara kesatuan yg diperjuangkan oleh dinasti sebelumnya (Qin).
6. Dinasti Sui punya kemiripan dgn dinasti Qin, dia yg menyatukan kembali China, tetapi harganya tinggi sehingga usia Dinasti singkat. Dinasti Tang yg mewarisi hasil kerja dinasti Sui menjadi jaman keemasan kedua.
7. Pengentalan "tionghoa" atau ciri chinese terjadi pada era dinasti Song. Itu dilakukan secara sadar karena pada jaman Song dan sesudahnya, China dikelilingi kekuatan2 besar. Misalnya Song dikelilingi oleh kekuatan2 nomaden, misalnya Mongol, yg akhirnya menggulingkan Song.
8. Era akhir Qing & era ROC adalah era mencoba mencari kembali jatidiri dalam hegemoni peradaban Barat. Pada era inilah muncul banyak pemikir2 liberal China, termasuk pelopor ROC Dr. Sun Yat Sen sendiri.
Arus makro sejarah China menarik untuk dipelajari, itu seperti laboratorium perkembangan peradaban disana. Lebih menarik lagi karena lebih berfokus pada filsafat dan budaya. Bukan spt sejarah Eropa lebih 1000 thn dipengaruhi ajaran & institusi agama secara ketat.
Statecraft (kemahiran bernegara) di China sdh terasah secara evolusioner sejak jaman Dinasti Zhou. Di dalam setiap era, selalu dipelajari dan didiskusikan oleh sarjana2 pada masanya apa yg bisa dipelajari dari era yg terdahulu. Dan proses itu terjadi sampai saat ini.
Jika benar2 mempelajari sejarah China, maka tidak akan kaget melihat melejitnya China dgn cepat selama dekade2 terakhir. Bukan hanya kebijakan2 mereka tepat, tetapi sebenarnya mereka masih menyimpan asset2 perpektif dan budaya golden ages jaman dulu. Mereka maju tanpa terkaget2.
Mereka belajar dari sejarah, dan tahu lebih jelas mana yg bisa sukses diterapkan di masyarakatnya, mana yg tidak akan sukses. Tidak heran kalau pimpinan2 China banyak mengutip kisah2 kejadian era2 silam. Mereka mewarisi statecraft dari sejarah2 terdahulu.
Sejarah bagi warga China mirip dgn peran kitab suci dalam agama2 samawi. Kalau orang2 beragama samawi gundah gulana, buka kitab suci, ngutip2 ayat. Di China kalau mereka butuh bimbingan, kembali ke sejarah, mengutip kisah dan pemikiran pendahulu mereka dulu.
• • •
Missing some Tweet in this thread? You can try to
force a refresh
Sesudah Dinasti Han runtuh (220) China terpecah2. Sebelum dipersatukan lagi oleh Dinasti Sui (581), China mengalami periode 361 thn yg menarik, penuh pergolakan, diawali oleh pergulatan 3 Negara (Samkok), era 16 Negara, dan era Dinasti Utara & Selatan (Nanbei Chao).
Era itu penuh pergolakan. Salah satu tokoh yg populer adalah Jendral Lanling dari Dinasti Qi Utara (550-577), kuburannya di Handan, Hebei. Jendral ini setia dan selalu menang, juga tampan sekali sehingga kalau ke medan perang pake topeng untuk menyembunyikan wajahnya.
Dia dianugerahi banyak penghargaan, dikenal dgn nama Raja Lanling. Dia mati muda diracun oleh sepupunya yg cemburu.
Serdadunya membuat musik dan tari "Raja Lanling Berangkat Perang".
Apakah Taliban mewakili rakyat Afghanistan? Tidak juga. Ada banyak sekali kelompok di Afghanistan, umumnya bersifat tribal. Kekuatan2 itu terpecah2, masing2 untuk kepentingan sendiri. Taliban adalah kekuatan yg berbasis ajaran radikal agama, yg menakutkan semua kekuatan2 lain.
Taliban adalah kenyataan di Afghanistan. Afghanistan masih terlalu terbelakang untuk mampu membendung Taliban. Amerika selama 20 tahun tidak punya ide sama sekali soal ini, umumnya mereka sangat mengandalkan kekuatan senjata, mereka pikir bakal menang hanya oleh senjata.
Karena itu, untuk negara2 lain menolak Taliban itu usaha sia2. Yg bisa menolak Taliban hanya rakyat Afghan sendiri, dan bukan hanya soal kemauan, tetapi kemampuan dan kesadaran bernegara. Taliban pada dasarnya tidak ingin fokus bernegara, tetapi fokus pada ideologi trans-nasional
Buntut pemboman bus di Dasu, Pakistan, dgn 14 korban, 9 diantaranya engineers dari China.
Penyidik Pakistan menuduh badan intelligence India dan Afghanistan berada di balik pemboman tsb.
Pihak yg ditunjuk hidung oleh Pakistan adalah: Research & Analysis Wing (India) dan National Directorate of Security (Afghanistan).
Dari pihak China, terlihat masih tidak puas dgn hasil penyidikan ini, dan menginginkan penggalian fakta lebih rinci, dan menangkap otak di belakang pemboman ke pengadilan. globaltimes.cn/page/202108/12…
Sesudah kunjungan Wendy Sherman ke Tianjin, sekarang Janet Yellen, Menkeu Amrik mempertimbangkan mengunjungi China. Sudah tentu belum ada kepastian, karena pihak China harus setuju dulu.
Pemerintah Biden ditekan, baik dari segi fundamental ekonomi sehingga Yellen meminta Congress menaikkan batas hutang, sampai kelompok2 bisnis dan petani yg mendesak untuk melakukan dialog dgn China.
China dianggap pihak yg mampu membantu menaikkan kondisi ekonomi Amrik saat ini.
Baru sebulan silam Yellen menyerukan front bersama Eropa dan Amerika menghadapi China (pasti atas desakan Biden), tetapi kelihatannya ditanggapi dingin oleh Eropa, dan membuat China sebel.
Badan antariksa India, ISRO tidak banyak meluncurkan roket setelah pandemi. Ini adalah peluncuran kedua tahun ini. Satelit pencitraan EOS-03 diluncurkan dgn roket GSLV-F10. Sayang barusan setelah tahap 3, roket terlihat kehilangan kendali.. roket dan satelit kemungkinan hilang.
Grafik status terakhir yg ditampilkan broadcaster, perhatikan status terdeteksi (kurva hijau) melenceng dari status yg diinginkan (kurva merah). Artinya roket keluar dari jalurnya, mungkin jatuh kembali ke bawah. Sesudah ini terjadi, broadcaster tidak lagi menampilkan grafik.
Twit dari ISRO, menyimpulkan tahap engine tahap 3 gagal menyala, misi gagal.
Seperti biasa di India, ada saja yg menuduh China yg menggagalkan misi antariksa India tsb. Bahkan kegagalan India mendarat di Bulan juga dibebankan ke China. 😆😆
China benar2 serius menghentikan pelajaran tambahan berbasis kurikulum diluar sekolah, dgn mengharuskan setiap propinsi melaporkan perkembangan setiap 15 hari.
Sebenarnya apa yg ingin dicapai dgn kebijakan ini? ==>
Saya duga, pertama2 kebijakan ini u/ menurunkan biaya pendidikan anak yg ditanggung keluarga. Tujuan pemerintah China saat ini adalah meningkatkan pertumbuhan penduduk, tetapi warganya mengeluh biaya anak tambahan itu berat.
Gimana ga berat kalau sepulang sekolah pada les macem2
Kedua, pendidikan usai sekolah berbasis kurikulum sudah menjadi industri besar, dgn banyak perusahaan raksasa yg masuk ikut serta. Anak2 sekolah dijadikan target industri jasa pendidikan. Ortu tidak berani untuk tidak ikut karena khawatir anaknya akan tertinggal dlm pelajaran.