Barry Cavin 👨🏻‍🏫 Profile picture
Feb 17, 2022 32 tweets 8 min read Read on X
Sering banget gemes ngeliat banyak pengajar matematika yg masih ngandelin rote memorization, bahkan di proses belajar yang early bgt. Jd banyak fakta2 yg mesti diapalin padahal gaperlu.

Nah ini, beberapa di antaranya. Ala 5 mathematical facts I wish I knew earlier:
1. Luas segitiga itu basically setengahnya persegi panjang. Kesannya panjang kali lebar dan 1/2 alas kali tinggi itu dua rumus yg gak berhubungan padahal mah tinggal belah dua aja.
1a. Rumus bangun datar lain tinggal manipulasi dari segitiga dan persegi panjang aja. Gaperlu ngapalin rumus banyak2 kayak gini, apalagi sampe ke bangun turunan kayak belahketupat, layang2, dll, dinalar aja dari segitiga. Paling lingkaran yang agak tricky.
2. Mekanisme pindah ruas itu sering banget diajarin dengan informasi yg tidak lengkap dan rawan miskonsepsi. Kesannya bisa magic pindah minus jadi plus, kiri ke kanan, atas ke bawah. Matematika gak arbitrary kayak gini.
2a. Pindah ruas sebenernya konsekuensi dari melakukan operasi yg sama ke kedua ruas dalam suatu kesamaan. Karena kiri nilainya sama dengan kanan jadi kalau kedua ruas kita beri perlakuan yang sama maka kesamaan tetap berlaku.
2b. Ini paling gemes sih. Pengajar2 kita mesti berhenti bilang “pindah ruas” dan mulai membiasakan diri dengan “jumlahkan/kurangi/kalikan/bagi kedua ruas dengan (sesuatu)”.
2c. Lalu sering juga dibilangin “ini dicoret jadi habis ya”, matematika makin jadi kayak sulap. “Habis” itu biasanya artinya 0 kalo dlm penjumlahan atau 1 dlm perkalian, keduanya identitas dlm operasi masing2 jadi kesannya hilang/habis. Pdhl ada langkah nalar yg dilewat di sini.
3. Pembagian 1/0 itu hasilnya tak terdefinisi, bukan tak hingga. Ini miskonsepsi yang masih umum banget dimiliki, bahkan di kalangan pendidik matematika. Gue masih sering ngeinterview calon guru ngasih jawaban tak hingga.
3a. Dan bukan, tidak terdefinisi artinya bukan karena para ahli males mikir atau kurang bersemangat gitu wkwk tapi emang there is no sensible way to define it. Sebagai apapun 1/0 didefinisikan selalu bikin struktur operasi jadi berantakan.
3b. Umumnya didemonstrasikan

“kalau 1/0 itu x, apapun x itu, maka

1=0.x=0.

Jadinya 1=0. Dan kalau gitu,

2 = 2.1 = 2.0 = 0.

Dan begitu seterusnya hingga semua bilangan jadinya bernilai sama dan hancurlah sistem bilangan kita”.
3c. Jadi mari berpuas diri dengan bilang bahwa gada cara yang masuk akal untuk mendefinisikan 1/0, alias 1/0 tidak terdefinisi.
Bentar meeting dulu wkwkwk
Lanjut yuk
4. Soal trigonometri. Ngajarin langsung ke definisi fungsi2 trigonometri sebagai rasio antar sisi segitiga (demi sami desa), secara umum, itu red flagggg 🚩🚩🚩

Ini materi formulanya buanyakk, harus bangun intuisi from very early phase.
4a. Kalau pakai ilmu geometri dasar soal segitiga, apa yang kita bahas dikit, paling luas, keliling, kesebangunan, dll. Trigonometri itu bahasa yg kita ciptain untuk bisa ngeh sama koneksi2 dan keterhubungan yang lebih deep.
4b. Segitiga muncul di lingkaran, dan semua tentang lingkaran itu terhubung dengan semua proses/pola yang berulang. Jadi semakin dalam kita belajar tentang segitiga, semakin banyak yg kita bisa obrolin, deskripsiin, dan manipulasi dari proses2 yg berulang.
4c. Pola yg berulang kayak apa? Banyak: dari waktu yang disusun berperiode: jam, hari, bulan, lalu gelombang laut yang naik turun berulang, juga misalnya posisi planet terhadap bintangnya yang juga berulang.
4d. Bahkan perilaku sosial manusia juga punya pola berulang: belanja ya biasanya deket tanggal gajian, lahiran banyak di agustus september karena berulang tahun baruan banyak yg bikin anak, perilaku politik juga berulang 5 tahunan. Semuanya terhubung sama segitiga? Wah! Amazing!
4e. Ini saatnya bersama kita nyanyi lagu “Akulah Segitiga”!

4f. Berdasarkan pengalaman, again bisa beda2, alih2 via rasio sisi segitiga lebih enak ngobrolin definisi sin cos tan via lingkaran unit (unit circle). Bisa juga pake analogi2 tapi balikin lagi ke unit circle ini.
4g. Misalnya, salah satu analogi, case layar digantung di atap setengah lingkaran gini. Tinggi layar adalah sin, jarak orang ke layar itu cos, perbandingannya itu tan.
4h. Nah ini nerakanya trigonometri wkwk buanyak banget rumusnya. Gue juga dulu ngapalin sih dan buat purpose ujian mgkn emang harus ngapalin, tapi buat pemahaman bangun intuisi penting. Tapi intuisi ini hanya bisa dipelajari bersama kalau udah beres aljabar dan geometri dasarnya.
4i. Intuisi geometri gini penting dibahas bareng. Ini contoh kenapa

p sin A + q cos B = r sin (A + B)

Again, matematika itu ilmu yang dibangunnya ke atas, sangat penting beres aljbar dan geometri dasar untuk bisa seru ngobrolin intuisi ini.
4j. Kalo udah asik ngulik2 gini, makin seru ngobrolin identitas kayak gini. Jadi gacuma ngapalin doang. Ya, paling gak sekali seumur hidup lah nyobain gambar ini dan nurunin formulanya sendiri. Kalo lupa lgi ya gapapa juga wkwkwk
Sekilas iklan pak @AleamsBarra berbagi resources. Gas gengs!!
5. Soal limit. Limit adalah pondasi dasar untuk seluruh materi kalkulus. Kalkulus (barengan sama statistika) bisa dibilang pondasi peradaban modern dan segala teknologi yg kita punya sekarang. Tapi, …..
5a. Limit sering diperkenalkan sebagai nilai fungsi di sekitar suatu titik tapi gak di titik itu. Kalau dipikir2, buat apa? Why does it matter gak di titik cuma boleh di sekitarnya? Nanggung amat kenapa gak sekalian di titiknya?

Ini jarang kebahas.
5b. Hayo kenapa kita butuh konsep yang pengen liat di sekitar titik dan bukan di titik itu juga? Bantu jawab biar seru interaktif dikit dong wkwk
5c. Limit dipelajari, again, untuk punya bahasa lebih akurat menggambarkan sifat2 fungsi yang sedang diteliti. Salah satunya adalah apabila suatu nilai perlu diprediksi atau diaproksimasi karena ketiadaan data.
5d. Kegunaan lain adalah karakterisasi: kita bisa tau fungsinya bolong2 apa gak, naik apa turun, belok apa lurus, beloknya ke mana, mengcover luas seberapa besar semua dari limit. Ini power yang sangat besar dan katanya kan “with great power comes great responsibility”.
5e. Limit dan segala konstruksi formalnya itu jembatan suci menuju dunia matematika yang sering digambarkan para ahli matematika secara puitis. Pelajari dengan sepenuh hati. Eitsgilaaa wkwk
Oke demikian kuliah singkat 3 sks. Semoga bermanfaat. Mari terus melangkah maju menuju masyarakat yang celik Matematika. Anjaeeee~

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh
 

Keep Current with Barry Cavin 👨🏻‍🏫

Barry Cavin 👨🏻‍🏫 Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

  2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @barrysianturi

Sep 14, 2024
Ini bener ya.

Penjumlahan, perkalian, pengurangan, pembagian bersusun harus dibangun di atas konsep nilai tempat dan dekomposisi. Kalo gak cuma jadi hafalan algoritma aja.

Cramped isi otak kalau bahkan dari kelas 1 SD matematika isinya udah hafalan algoritma doang.

Ilmu pendidikan berkembang juga. Jangan terjebak masa lalu, merasa "dulu kayaknya lebih gampang". Padahal dari dulu sampe sekarang ya emang pendidikan matematika publik kita masih jelek. Justru perlu berbenah kita.
1) Belajar bukan hanya untuk ujian
2) Itu cara ngitung bersusun panjang juga sering lebih lama, cobain sesederhana: 21 x 13

Orang yang dibangun pemahamannya dari dekomposisi akan lebih luwes ngitung gituan jadi 260 + 13

Pake bersusun panjang reliabel, memang selalu dapat jawaban benar. Tapi, kalau mistreated banyak abuse verbal accuracy, tidak membangun pemahaman, bikin bingung, dan sering kali lebih lama juga. Harmful.

x.com/barkey_item/st…
*bersusun pendek
Read 4 tweets
Dec 5, 2023
Karena gatau isi siarannya sama apa beda, udah standby di dua-duanya. Dari website PISA langsung, sama dari Youtubenya @Kemdikbud_RI #PISA2022 #PISAIndonesia

Bakal coba agak live report di thread ini
Image
Image
Mas @ninoaditomo, Kepala BSKAP @Kemdikbud_RI, emphasize pengambilan data PISA 2022 dilakukan di awal 2022, jadi pasti masih diwarnai dampak learning loss pandemi. PISA 2022 kita gunakan sebagai benchmark internasional, tapi tentu banyak keterbatasan, jadi perlu bijak ditanggapi.
PISA 2022 capture level nasional aja, makanya kita lengkapi dengan Asesmen Nasional supaya dapat data yang lebih granular. Kita akan pakai data ini buat evaluasi berbagai kebijakan pendidikan nasional kita.
Read 18 tweets
Nov 7, 2022
buset, padahal udah refresh2 dari jam 11.58 WIB wkwkwk
progres 3 menit berselang #TungguAkuDiJakarta
progres 10 menit berselang, terpantau rate 450 antrian per menit #TungguAkuDiJakarta
Read 4 tweets
Jul 13, 2022
(1/n) Roy gamau terima beasiswa dipertanyakan netizen, @Rafilsafat mengkritik disiplin di sekolah dirujak netizen jg, tapi byk orang tanya ‘kapan trigonometri dipake di kehidupan nyata?’ biasa aja. Apa benang merahnya? Hubungannya sama inovasi & relevansi?
brt.st/8vM
(2/n) Dari ketiga kasus yg disebutkan tadi, walaupun responsnya berbeda, ada benturan diskursus yang sama: Soal bagaimana sekolah publik *menyajikan* dirinya sebagai ruang belajar bagi masyarakat yang datang dari berbagai latar belakang dan kebutuhan yang berbeda.
(3/n) Bagaimana sekolah menyingkapi fenomena Roy dan roy-roy lain di luar sana? Apakah sekolah, dan masyarakat, lalu serta-merta menghakimi dan menganggap Roy gagal untuk melihat dan mempertimbangkan masa depannya sehingga menolak kesempatan mobilisasi sosial melalui sekolah?
Read 19 tweets
Mar 5, 2022
Banyak banget sekarang yang mau jadi data scientist tapi bingung mau mulai belajar dari mana. Gue sempet ngajar beberapa course data science, walaupun basic bgt, tapi mau share aja, ini 5 rekomendasi gue buat yang mau mulai belajar: Image
These recs are for you to go far, bukan cuma bisa replicate atau copas code aja. Langsung cobain is a good thing tapi kalau gak invest waktu buat bangun pondasi dasar yang kuat, you won’t go far. Lower intercept point with higher slope is better than the other way around.
1. BELAJAR ALJABAR LINEAR.

Bukunya Howard Anton, Gilbert Strang, atau Serge Lang bagus. Data digital selalu direpresentasikan dalam bentuk vektor atau matriks, build up profiency dan intuition atas vektor dan matriks. ImageImageImage
Read 22 tweets
Feb 24, 2022
Wahai para pelajar, calon saintis, dan para ilmuwan muda Indonesia. Pelajarilah statistika dengan sepenuh hati karena melalui statistika kita bisa menaklukan ketidakpastian, mengukur, bahkan memanipulasinya.

Nih lima konsep statistika dari angle yang jarang dibahas:
0. Statistika itu ilmunya, statistik itu ukuran yg dipilih untuk mewakili data. Bayangin ada 1000 data. Bacain satu2 pegel, nah statistik itu adalah ukuran yg kita bisa lihat utk paham glimpse of keseluruhan datanya. Key insights gitu.
1. Statistik paling pertama kita kenalan biasanya ukuran pemusatan.

Ukuran pemusatan itu kayak kalo ada 1000 data beda2 tp kita gapunya waktu bacainnya jd kita ambil satu titik yg plg mewakili, bagusnya ambil yg mana?

Nah biasanya di sini kita kenalan sama mean, median, modus.
Read 35 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Don't want to be a Premium member but still want to support us?

Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal

Or Donate anonymously using crypto!

Ethereum

0xfe58350B80634f60Fa6Dc149a72b4DFbc17D341E copy

Bitcoin

3ATGMxNzCUFzxpMCHL5sWSt4DVtS8UqXpi copy

Thank you for your support!

Follow Us!

:(