@jokowi 1.Alhamdulillah, Indonesia mendptkn apresiasi sbg slh satu negara yg berhasil mengatasi pandemi & memulihkn ekonomi dgn cepat. Pemulihn ekonomi dlm tren yg terus menguat, tumbuh 5,01% Triwulan I, dan menguat signifikan menjd 5,44% Triwulan II 2022 #RAPBN2023#PulihLebihCepat
@jokowi 2.Sektor2 strategis spt manufaktur & perdagangan tumbuh ekspansif didukung konsumsi masyarakat yg mulai pulih, serta solidnya kinerja ekspor. Neraca perdagangan mengalami surplus 27 bulan berturut2. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
@jokowi 3.Sektor manufaktur menopang tingginya kinerja ekspor nasional, mencerminkan keberhasilan hilirisasi industri yg kita jalankan sejak 2015. Tingginya kinerja ekspor juga didukung sektor pertambangan seiring meningkatnya harga komoditas global. #RAPBN2023#PulihLebihCepat
@jokowi 4.Sektor transportasi & akomodasi yg plg terdampak pandemi jg mulai pulih, masing2 tumbuh 21,3% & 9,8% pd Triwulan II ’22. Indikator Purchasing Managers’ Index Juli‘22 meningkat mjd 51,3%, mencerminkn arah pemulihan yg makin kuat pd Semester II. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
5.Laju inflasi Indonesia jauh lbh moderat dibanding negara lain. Per Juli tingkat inflasi Indonesia 4,9% (YoY), ditopang peran APBN mnjaga stabilitas hrg energi&pangan. Konsekuensinya, subsidi & kompensasi energi 2022 meningkat jd Rp502 triliun. #RAPBN2023#PulihLebihCepat
6.Ke depan, kita harus terus waspada. Risiko gejolak ekonomi global masih tinggi. Perlambatan ekonomi dunia tetap berpotensi memengaruhi laju pertumbuhan ekonomi domestik dalam jangka pendek. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
7.Konflik geopolitik dan perang di Ukraina telah menyebabkan eskalasi gangguan sisi suplai yang memicu lonjakan harga-harga komoditas global dan mendorong kenaikan laju inflasi di banyak negara, tidak terkecuali Indonesia. #RAPBN2023#PulihLebihCepat
8. Bank Sentral di byk negara mengetatkan kebijakan moneter secara agresif, menyebabkan guncangan pada pasar keuangan di banyak negara berkembang. Konsekuensinya, nilai tukar mata uang sebagian besar negara berkembang mengalami pelemahan. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
9. Dengan berbagai tekanan tersebut, IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi global melambat signifikan dari 6,1 persen di tahun 2021 menjadi 3,2 persen di tahun 2022 dan 2,9 persen di tahun 2023. #RAPBN2023#PulihLebihCepat
10.Ketidakpastian global tidak boleh membuat kita pesimistis. Dalam delapan tahun terakhir, kita telah memupuk modal penting untuk menciptakan ekosistem pembangunan yang lebih kondusif. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
11.Pembangunan infrastruktur secara masif, perbaikan kualitas sumber daya manusia, serta penyederhanaan aturan berusaha dan berinvestasi merupakan upaya-upaya kunci untuk memperkuat fondasi perekonomian nasional menghadapi tantangan masa depan. #RAPBN2023#PulihLebihCepat
12.Transformasi struktural terus kita pacu untuk membangun mesin pertumbuhan ekonomi yang lebih solid dan berkelanjutan. Hilirisasi industri untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi harus kita perkuat. Ekonomi hijau terus kita dorong. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
13.Penggunaan produk dalam negeri harus diprioritaskan, guna mengurangi ketergantungan impor. Ekonomi digital juga kita fasilitasi agar UMKM naik kelas dan melahirkan decacorn-decacorn baru kelas dunia di masa depan. #RAPBN2023#PulihLebihCepat
14.Keseimbangan kebijakan makro-fiskal juga terus dijaga. Konsolidasi fiskal menjadi sangat krusial. Kesehatan APBN ditingkatkan agar adaptif dan responsif dalam jangka menengah dan panjang. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
15.Dgn mempertimbangkan dinamika perekonomian nasional terkini, agenda pembangunan yg akan kita capai, serta potensi risiko dan tantangan yg kita hadapi, maka asumsi dasar ekonomi makro sbg landasan penyusunan RAPBN 2023 adlh sbg berikut: #RAPBN2023#PulihLebihCepat
16.Pertumbuhan ekonomi 2023 diperkirakan sebesar 5,3 persen. Kita akan berupaya maksimal dalam menjaga keberlanjutan penguatan ekonomi nasional. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
17.Ekspansi produksi yang konsisten akan terus didorong untuk membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Berbagai sumber pertumbuhan baru harus segera diwujudkan. #RAPBN2023#PulihLebihCepat
18.Pelaksanaan berbagai agenda reformasi struktural terus diakselerasi untuk transformasi perekonomian. Investasi harus dipacu serta daya saing produk manufaktur nasional di pasar global, harus ditingkatkan. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
19.Dgn makin kuatnya sektor swasta sbg motor pertumbuhn, manajemen kebijakan fiskal lbh diarahkn utk menciptakan keseimbangan antara produktivitas & daya saing dgn menjaga kesehatan dan keberlanjutan fiskal menghadapi risiko dan gejolak masa depan. #RAPBN2023#PulihLebihCepat
20.Bauran kebijakan yg tepat, serta sinergi dan koordinasi yg semkn erat antara otoritas fiskal, moneter, dan sektor keuangan akn mjd modal kuat dalam rangka akselerasi pemulihan ekonomi nasional serta penguatan stabilitas sistem keuangan. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
21.Inflasi akn ttp dijaga kisaran 3,3%. APBN ttp diarahkn utk antisipasi tekanan inflasi dr eksternal, terutama inflasi energi&pangan. Asumsi inflasi level ini jg m’gambarkan kberlanjutn pemulihn sisi prmintaan, terutama akibat perbaikn daya beli. #RAPBN2023#PulihLebihCepat
22.Rata-rata nilai tukar Rupiah diperkirakan bergerak di sekitar Rp14.750 per US Dolar dan rata-rata suku bunga Surat Utang Negara 10 tahun diprediksi pada level 7,85 persen. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
23.Selanjutnya, hrg minyak mentah Indonesia (ICP) diperkirakan akn berkisar 90 US Dolar per barel. Di sisi lain, lifting minyak dan gas bumi diperkirakan masing2 mencapai 660 ribu barel per hari dan 1,05 juta barel setara minyak per hari. #RAPBN2023#PulihLebihCepat
24.Arsitektur APBN tahun 2023 harus mampu meredam keraguan, membangkitkan optimisme, dan mendukung pencapaian target pembangunan, namun tetap dengan kewaspadaan yang tinggi. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
26.Desain APBN 2023 harus senantiasa ”Waspada, Antisipatif, dan Responsif” terhadap berbagai kemungkinan skenario yang bergerak sangat dinamis dan berpotensi menimbulkan gejolak. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
27.Desain belanja dan pendapatan serta pembiayaan hrs fleksibel, menyediakan ruang fiskal yg memadai agr mempunyai daya redam yg efektif utk mengantisipasi ketdkpastian. APBN 2023 adlh APBN yg suportif dan terukur dlm menghadapi berbagai kemungkinan #RAPBN2023#PulihLebihCepat
28.Arsitektur fiskal 2023 jg dirancang memprkokoh fondasi perekonomian mnghadapi tantangn saat ini maupun masa akn dtg, maka kebijakan fiskal 2023 diarahkn mdukung “Peningkatan Produktivitas utk Transformasi Ekonomi yg Inklusif & Berkelanjutan”. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
30.Satu, penguatan kualitas SDM unggul yg produktif, inovatif, berdaya saing melalui peningkatn kualitas pndidikan dan sistem kesehatan, serta akselerasi reformasi sistem perlindungan sosial; #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
31.Dua, akselerasi infrastrktur pndukung transfrmasi eknomi,khususny pmbngunan infrastrktur bidng energi,pangan, konektvitas, srta Teknologi Informasi & Komunikasi; Tiga, pemantapn efektvitas implemntasi reformsi birokrasi dan pnyedrhanaan regulasi; #RAPBN2023#PulihLebihCepat
32.Empat, pelaksanaan revitalisasi industri, dengan mendorong hilirisasi untuk meningkatkan aktivitas ekonomi yang bernilai tambah tinggi dan berbasis ekspor, dan Lima, mendorong pembangunan dan pengembangan ekonomi hijau. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
33.Kedua, tahun 2023 merupakan momentum untuk melaksanakan konsolidasi fiskal yang berkualitas agar pengelolaan fiskal tetap menjaga keseimbangan antara kemampuan kontra siklus dengan upaya pengendalian risiko pembiayaan. #RAPBN2023#PulihLebihCepat
34.Konsolidasi dan reformasi fiskal harus terus dilakukan secara menyeluruh, bertahap, dan terukur. Dimulai dari penguatan sisi penerimaan negara, perbaikan sisi belanja, dan pengelolaan pembiayaan yang pruden, #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
35.Reformasi fiskal di sisi penerimaan dijalankan melalui optimalisasi pendapatan yang ditempuh dengan: penggalian potensi, perluasan basis perpajakan, peningkatan kepatuhan wajib pajak, dan optimalisasi pengelolaan aset, serta inovasi layanan. #RAPBN2023#PulihLebihCepat
36.Dengan demikian, rasio perpajakan dapat meningkat dan memperkuat ruang fiskal, dengan tetap menjaga iklim investasi, keberlanjutan dunia usaha, dan melindungi daya beli masyarakat. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
38.Inovasi sisi pmbiayaan dfokuskn mendorng pmbiayaan fleksibel dg kehati2an, mlalui Kerja Sama Pemerintah& Badan Usaha yg lbh terintegrsi dlm pmbiayaan infrastrktur, penguatn peran Lembaga Pengelola Investasi,srta pndalaman pasar obligasi negara #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
39.Gambaran besar arsitektur RAPBN 2023 adlh sbg berikut. Belanja Negara dlm RAPBN 2023 direncanakan sebesar Rp3.041,7 triliun yg meliputi, belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp2.230,0 triliun, serta Transfer ke Daerah sebesar Rp811,7 triliun #RAPBN2023#PulihLebihCepat
40.Anggaran kesehatan direncanakan sebesar Rp169,8 triliun, atau 5,6% dr belanja negara. Anggaran tsb diarahkan utk melanjutkn pnanganan pandemi, reformasi sistem kesehatan, percepatan penurunan stunting, srta kesinambungn program JKN #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
41.Percepatn pnurunan stunting dilakukan melalui perluasan cakupan kab/kota di Indonesia, dgn penguatan sinergi berbagai institusi #RAPBN2023#PulihLebihCepat
42.Anggaran perlindungan sosial dialokasikan sebesar Rp479,1 triliun untuk membantu masyarakat miskin dan rentan memenuhi kebutuhan dasarnya, dan dalam jangka panjang diharapkan akan mampu memotong rantai kemiskinan. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
43.Reformasi program prlindungn sosial diarahkn pd prbaikan data pnerima mlalui pmbangunan data Registrasi Sosial Eknomi,pnyempurnaan perlinsos spanjang hayat& adaptif,subsidi tepat sasarn brbasis pnerima mnfaat,srta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem #RAPBN2023
44.Untuk peningkatan produktivitas dan kualitas SDM, disiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp608,3 triliun. Kita harus mampu memanfaatkan bonus demografi dan siap menghadapi disrupsi teknologi #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
45.Kita harus menyiapkan sumber daya manusia yang produktif, inovatif, dan berdaya saing global dengan tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila, berakhlak mulia, dan menjaga jati diri budaya bangsa #RAPBN2023#PulihLebihCepat
46.Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia ditekankan pada lima hal, yaitu: peningkatan akses pendidikan pada seluruh jenjang pendidikan; #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
47.peningkatan kualitas sarana prasarana penunjang kegiatan pendidikan, terutama di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T); penguatan link and match dengan pasar kerja; pemerataan kualitas pendidikan; serta penguatan kualitas layanan PAUD #RAPBN2023#PulihLebihCepat
48.Selanjutnya, Pemerintah juga berkomitmen untuk memperkuat investasi di bidang pendidikan, antara lain: dengan mendukung perluasan program beasiswa, pemajuan kebudayaan, penguatan perguruan tinggi kelas dunia, dan pengembangan riset dan inovasi #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
49.Pembangunan infrastruktur dianggarkan Rp392 triliun, diarahkan untuk: mendukung penguatan penyediaan pelayanan dasar; mendukung peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas; #RAPBN2023#PulihLebihCepat
50.Menyediakan infrastruktur energi dan pangan yang terjangkau, andal, dan memperhatikan aspek lingkungan; serta pemerataan infrastruktur dan akses TIK. #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
52.Pada tahun 2023, anggaran transfer ke daerah direncanakan sebesar Rp811,7 triliun. Kebijakan transfer ke daerah diarahkan: Satu, meningkatkan sinergi kebijakan fiskal pusat dan daerah serta harmonisasi belanja pusat dan daerah; #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
53.Dua, memperkuat kualitas pengelolaan transfer k daerah sejalan dgn implementasi UU No.1/2022 ttg Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah; Tiga, memperkuat penggunaan transfer ke daerah utk mendukung sektor2 prioritas; #RAPBN2023#PulihLebihCepat
54.Empat, meningkatkan kemampuan perpajakan daerah dengan tetap menjaga iklim investasi, kemudahan berusaha, dan kesejahteraan masyarakat; serta Lima, mengoptimalkan pemanfaatan belanja daerah untuk penguatan akses dan kualitas layanan publik #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
55.Utk menjalankn agenda pembangunn tsb, pendapatn negara 2023 dirancang sebsar Rp2.443,6T, terdiri dr penerimaan perpajakn Rp2.016,9T & PNBP Rp426,3T. Mobilisasi pendapatan dilakukan dlm optimalisasi penerimaan pajak maupun reform pengelolaan PNBP #RAPBN2023#PulihLebihCepat
56.Utk memperkuat kemandirian pendanaan pembangunan, kita akn meneruskn reformsi perpajakan, melalui perluasan basis pajak, peningkatan kepatuhan, serta perbaikan tata kelola dan administrasi perpajakan dalam rangka meningkatkan rasio perpajakan #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
57.Selain itu, pemberian berbagai insentif perpajakan yang tepat dan terukur diharapkan mampu mendorong percepatan pemulihan dan peningkatan daya saing investasi nasional, serta memacu transformasi ekonomi #RAPBN2023#PulihLebihCepat
58.Peningkatan PNBP trs dilakukan melalui perbaikan perencanaan dan pelaporan menggunakan teknologi informasi terintegrasi; penguatan tata kelola & pengawasan; optimalisasi pengelolaan aset; #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
59.intensifikasi penagihan dan penyelesaian piutang; serta mendorong inovasi layanan dengan tetap menjaga kualitas dan keterjangkauan layanan #RAPBN2023#PulihLebihCepat
60.Dgn mencermati kebutuhan belanja negara dan optimalisasi pendapatan negara, defisit anggaran 2023 direncanakan sebesar 2,85% thd PDB atau Rp598,2 triliun. Defisit anggaran 2023 merupakan tahun pertama kita kembali ke defisit maksimal 3% thd PDB #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
61.Defisit tsb akn dibiayai dgn sumber2 pembiayaan yg aman dan dikelola secara hati2, dgn menjaga keberlanjutan fiskal. Komitmen utk menjaga keberlanjutan fiskal dilakukan agar risiko utang selalu dlm batas aman melalui pendalaman pasar keuangan #RAPBN2023#PulihLebihCepat
62.Pemerintah terus meningkatkan efektivitas pembiayaan investasi, khususnya kepada BUMN dan BLU yang diarahkan untuk penyelesaian infrastruktur strategis Pusat dan Daerah, pemberdayaan masyarakat, serta sinergi pembiayaan dan belanja #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
63.Pemerintah ttp mendorong pembiayaan inovatif KPBU,termsk penguatan peran BUMN, BLU, Lembaga Pengelola Investasi, Special Mission Vehicle, serta akselerasi pembangunan infrastruktur dn pembiayaan masyarakat penghasilan rendah, UMKM dan Ultra Mikro #RAPBN2023#PulihLebihCepat
64.Pemerintah juga memanfaatkan saldo anggaran lebih (SAL) untuk menjaga stabilitas ekonomi dan antisipasi ketidakpastian, serta meningkatkan pengelolaan manajemen kas yang integratif untuk menjaga bantalan fiskal yang andal dan efisien #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
65.Dengan pengelolaan fiskal yang kuat, disertai dengan efektivitas dalam mendorong transformasi ekonomi dan perbaikan kesejahteraan rakyat, tingkat pengangguran terbuka tahun 2023 diharapkan dapat ditekan dalam kisaran 5,3 persen hingga 6 persen #RAPBN2023#PulihLebihCepat
66.angka kemiskinan dalam rentang 7,5 persen hingga 8,5 persen, rasio gini dalam kisaran 0,375 hingga 0,378, serta Indeks Pembangunan Manusia dalam rentang 73,31 hingga 73,49 #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
67.Selain itu, Nilai Tukar Petani (NTP) dan Nilai Tukar Nelayan (NTN) juga ditingkatkan untuk mencapai kisaran masing-masing 105 sampai dengan 107 dan 107 sampai dengan 108 #RAPBN2023#PulihLebihCepat
68.Demikianlah Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
69.Besar harapan kami, pembahasan RAPBN tahun 2023 dapat dilakukan secara konstruktif demi mewujudkan Indonesia Maju, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 #RAPBN2023#PulihLebihCepat
70.Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan ridho-Nya bagi kita semua dalam melaksanakan tugas dan amanah seluruh rakyat Indonesia #RAPBN2023#BangkitLebihKuat
PIDATO PRESIDEN RI PADA SIDANG TAHUNAN MPR RI DAN SIDANG BERSAMA DPR RI DAN DPD RI DALAM RANGKA HUT KE-77 PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2022
1. Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Semua negara, di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian. Krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit. #PidatoPresiden2022#bangkitlebihkuat
2. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi. 107 negara terdampak krisis, sebagian di antaranya diperkirakan jatuh bangkrut. #PidatoPresiden2022#bangkitlebihkuat
DISKON PAJAK untuk MOBIL baru dan RUMAH baru mulai berlaku hari ini!
Sebelum pilih mobil dan rumah baru, cari tahu informasi lengkapnya di sini.
-sebuah utas-
Diskon pajak berupa PPnBM Ditanggung Pemerintah hanya diberikan untuk mobil baru jenis sedan dan 4x2 sampai 1.500cc.
Bebas pajak 100% bisa Temankeu manfaatkan dalam 3 bulan, dari Maret sampai Mei 2021. Selanjutnya, besaran diskon pajak akan turun bertahap sampai Desember 2021.
Diskon pajak juga bisa Temankeu dapatkan saat membeli rumah. PPN Ditanggung Pemerintah 100% diberikan untuk rumah tapak dan rumah susun baru dg harga s.d. Rp2M.
Rumah dg harga lebih dari Rp2M s.d. Rp5M mendapat diskon pajak sebesar 50%.
Yap, penanggung utang yang pengurusannya telah diserahkan kepada PUPN dan telah diterbitkan Surat Penerimaan Pengurusan Piutang Negara (SP3N) sampai dengan 31 Desember 2020.
🔹Bagaimana mekanismenya?
Keringanan utang diberikan kepada debitur dengan utang kurang dari Rp1 miliar sesuai PMK-15/2021 tentang Penyelesaian Piutang Instansi Pemerintah yang Diurus/Dikelola oleh Panitia Urusan Piutang Negara/@DitjenKN dengan Mekanisme Crash Program TA 2021.
Di masa sulit ini, Temankeu pasti ingin memelihara aset dan menjaga kondisi keuangan pribadi tetap stabil.
Bagaimana caranya? 🤔
-sebuah utas-
Pertama, tanamkan 'mindset' bahwa aset adalah hal yang harus bertambah tiap bulan.
Aset itu tidak hanya dalam bentuk uang, Temankeu. Kesehatan fisik maupun mental, keahlian, serta jaringan pertemanan juga termasuk aset yang penting dijaga.
Kedua, susun rencana jangka panjang walaupun kita tidak tahu apa yang akan terjadi.
Setidaknya, Temankeu telah mempersiapkan pengeluaran yang mungkin dibutuhkan atau potensi pendapatan dalam jangka waktu tersebut.