dr. Gia Pratama Profile picture
Pengabdi Kemanusiaan.
Hadiwijaya Sasanadi Profile picture Ayu Profile picture Yani Handayani Profile picture Dwie Yulia Profile picture HYD manik Profile picture 38 added to My Authors
30 May
3 bulan ini yang sakit bukan hanya penderita Covid.

Ada pasien thalasemia, ada Ibu melahirkan dengan komplikasi, ada pasien kanker, ada pasien gagal ginjal yg anemia, dan pasien korban kecelakaan.

Kesemuanya membutuhkan Darah, sayangnya jumlah pendonor kita anjlok drastis.
Ini membahayakan buat pasien-pasien yg butuh darah tersebut.

Beberapa hari lalu saya sedekah darah, tepatnya Donor Apheresis, dimana yang diambil adalah Trombosit saya.

Trombosit ini akan diberikan kepada pasien-pasien DBD yang kritis.

Ada yg pernah coba?
Saya ingin mengajak teman2 semua utk ikut sedekah darah, baik darah merah atau trombosit.

Jangan sungkan utk datang ke bank darah rumah sakit atau PMI.

siapa tau dengan membantu hambaNya yang membutuhkan, kita mendapat RidhoNya untuk segera keluar dari masa-masa sulit ini.
Read 3 tweets
2 Mar
Untuk mencegah Virus Corona,

Setiap hari kita hrs,

Mkn Buah dan Sayur.

Tidur yg cukup.

Minum air putih hangat yg cukup.

Olahraga di rumah sampe keringetan.

Usahain kena matahari pagi.

Dan kalo kluar rmh jgn lupa

Cuci Tangan.

Cuci Tangan.

Cuci Tangan.

Jgn pernah bosen.
Dan saya juga ga bakal bosen untuk ngingetin.
Teman2, terdeteksi Positif Virus Corona itu BUKAN vonis mati.

Grafik dan Statistiknya Jelas. Lebih dari 53% sembuh sendiri.

Dan kalau kita berusia dibawah 50 tahun,
Anak2 atau remaja. Fatality Ratenya hanya 0,2%. Sgt kecil.

Jadi Ayo, kita kurangi Panik dan khawatir berlebih. Image
Read 11 tweets
26 Feb
Saya akan dedikasikan Utas ini untuk terus update perkembangan COVID-19 di Dunia termasuk di Indonesia.
karena perkembangannya selalu berubah secara harian.

Saya berdoa semoga Utas ini tidak menjadi utas Tahunan.
Tanggal 26 Februari 2020,

Ini 10 besar (negara + kapal pesiar) dengan jumlah penderita terbanyak.

Dengan Total 41 Negara dan 81.012 penderita.

9 WNI di Diamond Princess positif COVID19.

Jadi ini mematahkan opini bahwa DNA Indonesia kebal terhadap virus ini. Image
Tanggal 27 Februari 2020,

Arab Saudi resmi menutup jalur umroh dari seluruh negara, ratusan jamaah umroh tertahan di bandara soekarno hatta.

Pasien di Korea Selatan melonjak menjadi 1766, Pasien di Itali melonjak menjadi 528, dan Pasien di Iran juga naik menjadi 245 org. Image
Read 16 tweets
19 Feb
Definisi meninggal mendadak menurut medis adalah kematian dgn gejala penyakit yg muncul hanya dlm hitungan menit hingga jam dgn penyebab selain kekerasan fisik (c/ditusuk/ditembak).

Nah penyebab meninggal mendadak itu bukan hanya "Serangan Jantung".

Ada beberapa penyebab.
Bahkan pada Jantung sendiri ada banyak penyebab meninggal mendadak.

Bukan hanya penyumbatan arteri koroner. (75%)

bisa karena Virus (viral myocarditis),
bisa karena kerusakan katup jantung,
bisa karena Aritmia (gangguan irama listrik jantung), dan bisa karena Kardiomiopati.
Penyebab selain di Jantung paling sering itu hanya masalah di dua organ utama yang lain yaitu Otak dan Paru2.

Untuk masalah paru2 masih bisa terlihat jelas gejalanya yaitu sesak nafas dan batuk2.

Bahkan msh bisa minta tolong.

Tapi bila "Serangan Otak" ini benar2 silent killer.
Read 5 tweets
11 Feb
Bebas mau Indonesia tanpa pacaran atau pakai pacaran.

Yang penting tahu bahwa Nikah itu gampang, mempertahankan pernikahan itu yang susah.

Isinya itu keringat, darah, dan air mata

jangan polos2 bgt.
Kalau dilihat dari grafik ini.
Angka perceraian meningkat setiap tahunnya.

Dgn perbandingan mencapai 1:5.

Setiap 5 pernikahan ada 1 perceraian.
Utk mencegah perceraian di pernikahan kita masing2, ya kita bisa belajar dari penyebab2 perceraian.

KDRT salah satu penyebabnya dgn 1,6%,

Tapi penyebab terbesar adalah pertengkaran krna perbedaan prinsip hidup 43,5%

Lalu diikuti masalah keuangan 36,6%

dan perselingkuhan 15%
Read 7 tweets
25 Jan
Penyebarannya gila.

Hanya dlm rentang waktu beberapa hari aja kayak gini, Never seen like this before.

Teman2, biasain kalau bersin atau batuk tutup pakai lengan atas bagian dlm, jgn pakai telapak tgn.

Trus biasain cuci tgn yg bener atau pakai hand sanitizer tiap sbelum mkn.
Ini Info edukasi dari Perhimpunan dokter Paru Indonesia.
Wuhan bener2 diisolasi.
Read 3 tweets
18 Jan
Dari temanku, manager HRD salah 1 perusahaan nasional.

Saat wawancara, kalau ditanya 'tell me about yourself'.

jgn bener2 dijawab dgn cerita ttg kamu, masa kecil km, hobi km, atau cita2 km.

Tapi jawab dengan background yg terkait dan apa yg bisa kamu berikan ke perusahaan.
Berikutnya, jadi diri km tapi versi terbaik kamu.
afalin 3K. Afalin smpe km ngomongnya natural banget.
1. Kesuksesan kamu sebelumnya (di kampus, di tmpt magang, atau karya km).
2. Kekuatan kamu (daya konsentrasi km, endurance kerja kamu).
3. Keadaan (masalah) yg bisa km bantu.
Kelanjutan dari dia,

Kalau ditanya, "Apa kelemahan dan kekuranganmu?"

Jangan pernah jawab,
"Ooh saya ga ada, saya ga punya kelemahan", atau "Ooh saya blm kepikiran sih, blm pernah ada yg nanya"
Krn ini ga jujur.

Jgn juga jwb spin positif,
"Saya ini terlalu pekerja keras"
Read 5 tweets
23 Dec 19
Tentang Tulang.

Kalau kita berpikir Tulang itu hanya benda mati yang berfungsi sebagai Tiang Pancang tubuh,

Kita salah.

Karena sebenarnya Tulang itu kumpulan trilliunan sel hidup yang tertanam dalam mineral organik yang dihancurkan dan dibangun kembali oleh mereka sendiri.
Kita memiliki 206 Tulang yang hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, tapi dengan pilihan warna yang terbatas.

Tidak ada Space Grey, Silver, Gold, dan Midnight Green.

Sebagian bisa kita rasakan dibawah kulit, sebagian besar engga.
Tulang kita mirip tumblr yang diisi sama sponge cuci piring.

Yang teman2 rasakan di bawah kulit itu adalah bagian luar tulang bagian kerasnya,
yang sering tidak diketahui adalah bagian dalamnya. Spongenya.

Bagian terindah tulang.
Read 8 tweets
20 Dec 19
Pasangan yg kita pilih utk kita nikahi dgn niatan selamanya itu, ya perlu kita analisa sikapnya trhdap bbrp hal.

1. Caranya menghadapi konflik.

Kata2 kasar, kekerasan fisik, dan kekerasan mental terhadap org lain oleh dirinya, tidak menutup kemungkinan akan terjadi pd dirimu.
2. Caranya memperlakukan kesuksesanmu.

Apakah mereka malah membuat kamu merasa itu bukan sebuah pencapaian? Apakah kamu itu dianggap kompetitornya?

Dia ingin kamu jadi bumi yg mengorbit dirinya yg dia anggap matahari, atau ikut merayakan kesuksesan dan kebahagiaanmu.
3. Caranya saat tidak sedang bersamamu.

Kita mengerti cinta tdk buta, yg ada cemburu yang buta. Kita butuh wkt sendiri seberkualitas wkt saat brsama.

Tapi saat tdk bersama, apakah dia membiarkan kita dalam kebingungan tentang dimana keberadaannya?
Apakah terlalu byk rahasia?
Read 6 tweets
17 Dec 19
Terima kasih banyak. Sebuah kebahagiaan malam ini bisa membacakan salah satu nominasi #GembritAwards2019 yaitu akun-akun thread maker.

Akun-akun yg sering berbagi byk hal, dari yang lucu-lucu, informatif sampai inspiratif.
Dan 4 akun Nominasi dari calon peraih award ini adalah...

1. @vctrkmng
2. @glrhn
3. @sangpisank
4. @MrsEuscha
Cara vote:
#GembritAwards2019 + mention @gembrit + nama kategori + nama jagoannya + kenapa pilih jagoan itu.

Selamat untuk para nominator.

Selamat memilih teman2.
Read 4 tweets
4 Dec 19
Sore itu, ada surat masuk yang memberikan keterangan bahwa telah ditemukan jenazah seorang perempuan yang diduga meninggal bunuh diri di kamarnya, diikuti permohonan bantuan pemeriksaan.

Konsulen Forensik, yang juga sepupu saya, melihat saya lalu bilang, "Gia, kamu ikut."
Saya gelagapan tapi beliau langsung memasang wajah kerasnya berdiri dan mengambil peralatannya.

Saya ikut berlarian mengejar beliau.

Di dlm mobil menuju TKP, beliau berpesan,
“Gia,you Shut Up, Watch and learn.” sambil menyerahkan sebuah kamera SLR.
Sampai lokasi ternyata sebuah kos-kosan yang cukup bagus, dengan kamar mandi di dalam, dua orang polisi menyambut kami,

"Selamat datang dokter," sambut seorang polisi yang cukup senior. “Silakan masuk, Dok, almarhumah adalah anak kuliah usia 19 tahun meninggal di kamar mandi."
Read 15 tweets
27 Oct 19
Tentang Autoimun.

Kalau kita bayangkan tubuh itu sebuah negara, maka Autoimun itu bukanlah 1 penyakit, tapi sebuah kondisi yg diakibatkan oleh tentara negara itu menyerang rakyat negara itu sendiri.

Oleh krna itu gejala yang timbul tergantung organ mana yang terkena serangan.
Pencetus utamanya adalah Stress.

Menurut saya pribadi penggunaan handphone secara berlebih, terutama candu media sosial mungkin tanpa kita sadari sangat berperan meningkatkan stress.

Craving gossip, Comparison with others, and unintentionally Absorbing negativity.
Saya tidak menyarankan ke teman2 semua, tapi mungkin saya akan coba ke diri saya sendiri dulu, saya akan melakukan detoksifikasi media sosial, dengan cara puasa melihat, baca, dan posting apapun di segala platform seminggu ke depan dimulai dari postingan ini.

See you next week.
Read 3 tweets
26 Oct 19
Mantaaappp.

Aku juga bakal ikut Pak Menteri, nyumbang BPJS di luar iuran.

Semoga petinggi BPJS ikutan.
Anak koas :

"Kami sebagai koas juga akan menyerahkan seluruh gaji saya selama saya koas."
Untuk teman-teman yang belum daftar BPJS.
Read 3 tweets
14 Oct 19
Saya turut bersedih atas kabar ini. Iya sekarang usia gagal ginjal terus makin muda. Hipertensinya bisa karena gagal ginjalnya.
Iya baiknya rutin hemodialisa.
Kalau memungkinkan transplantasi ginjal.
Menurut riskesdas 2018, dlm waktu 5 tahun terakhir. jumlah penderita gagal ginjal melonjak di hampir seluruh propinsi Indonesia. Salah satu yg lonjakannya tertinggi adalah Jakarta.
80% pasien yang sedang hemodialisa di rs saya itu menderita diabetes.

Menurut Riskesdas 2018 lagi, angka diabetes melonjak juga di hampir seluruh propinsi.

Saya yakin ini berkaitan. Gula darah tinggi adalah salah satu yg merusak Ginjal.
Read 3 tweets
8 Oct 19
Angka kesakitan di Indonesia rata-rata 10% dari populasi.
Kalau 100% penduduk bayar BPJS, artinya 90% yg sehat membantu 10% yg sakit, dan agak ga mungkin defisit.

Masalahnya baru 79,4% yg ikut dan blm semua bayar rutin. Padahal angka kesakitan tidak byk berubah.
Menaikkan tarif BPJS harus jadi langkah terakhir. Yg perlu dilakukan adalah memaksimalkan jumlah kepesertaan. Entah dengan mendaftarkan PBI / promosi BPJS mandiri.

Sdh hampir semua dokter ikhlas dgn BPJS, byk pasien jasa sedikit, tinggal BPJS
Profesional layaknya asuransi lain.
Asuransi swasta mahal, tapi asuransi negara yg murah juga ga mau.

Kita pengennya ga usah bayar iuran apa-apa, pengen semua-semua gratis, termasuk berobat, termasuk operasi besar, termasuk cuci darah, termasuk kemoterapi.

Tapi jajan makanan sebebas-bebasnya, merokok sepuasnya.
Read 12 tweets
7 Oct 19
Jumlah bakteri di usus besarmu lebih banyak daripada jumlah manusia yang pernah hidup dimuka bumi.

You are not alone, you are never alone.
Gimana kalau saya bilang,

"Bayangkan ususmu seperti taman, pilihan makananmu menentukan bakteri mana yg paling tumbuh subur, jadi yang membuat kamu ingin makan makanan tertentu (misalnya: bobba) di saat tertentu itu bukan kamu, tapi milyaran bakteri kamu."😊

#serisayangidirimu
Udah cukup ah bahas BPJSnya, Teman2 yg follow saya dari dulu jg tau saya anti keributan.

Semoga bahasan saya cukup untuk jadi masukan dan pertimbangan teman2.

Mending saya lanjut bahas ini. Organ terpanjang yang kita punya. The Elastic Organ, Usus.
Read 3 tweets
5 Sep 19
Listen to me closely.

Don't let friends, familiy, or anybody rush you into relationship.

Don't let loneliness rush you into relationship.

Don't let anybody pressure you.

Coz the worst thing in life is not being alone, but ending up with someone that makes you feel alone.
Don't wait for anybody to make you happy,
Coz that's a guaranteed way to end up sad.

When you are unhappy, relationship wont improve it, it will expose it.

You gotta make you happy first.

And in the end, Don't try to find 'The One', the truth is you are 'The One'.
Don't believe someone that says, you need somebody to complete you.

Coz ain't nobody gonna complete you.

Only self love gonna complete you.
Read 3 tweets
28 Aug 19
BRAKK!! Pintu IGD terbuka.

Seorang pria berkacamata dibopong 3 orang laki2.

Saya berdiri menyambutnya untuk mengarahkan ke triage, "kenapa mas nya?" Saya bertanya ke salah satu yang bopong sambil saya pegang nadi di lehernya.

#serisayangidirimu
"Kita lagi kumpul keluarga dok, dia lagi main game di hpnya, tiba- tiba kesakitan dadanya sampe susah bicara, tangan kirinya jg sakit sampe susah digerakin, kita bawa kesini trus tadi di mobol pas udah mau sampe sini dia ga sadar".

Tidak ada nadi yang teraba. "Kode Biru!!"
Saya menarik brankar triage sendirian untuk memindahkannya ke ruang resusitasi. 4 perawat saya yang sedang memegang pasien lain pun lgs berlarian menuju ruang resus.

"Pindah bed! hitungan ketiga, satu, dua, TIGA!" Tubuh pasien terangkat dan pindah dengan mudahnya.
Read 36 tweets
18 Apr 19
Tentang Prostat.

#serisayangidirimu kali ini saya akan membahas organ yg mgkn byk teman2 yg blm tau.

Organ ini hanya dimiliki oleh Pria, jadi untuk teman2 yg ingin mengetahui lebih byk ttg fungsi dan penyakitnya, dan khususnya yg memiliki ayah berusia > 50 thn, silahkan RT.
Secara anatomis kita, wanita dan pria, memiliki perbedaan yg signifikan pada alat kelamin yaitu pd jumlah salurannya.

Wanita memiliki 2, saluran dari kandung kemih dan saluran dari rahim. Terpisah.

Tidak saling ganggu. Berdiri sendiri.
*urethra
*vaginal orifice
Pada Pria. Saluran dari kandung kemih yang berisi urin dan saluran dari buah zakar yang berisi sperma keluarnya di Satu saluran yang sama!

Tidak terpisah. Saling membutuhkan. Ga bisa berdiri sendiri.

2 sistem yg berbeda, tapi memiliki muara yg sama.
Read 14 tweets
22 Feb 19
Tentang Donor Trombosit.

#serisayangidirimu kali ini saya akan membahas tentang turunan donor darah yang mungkin banyak teman2 yg belum tahu.

Bantu RT ya teman2, biar byk yg ikut donor untuk saudara2 kita yg terkena wabah demam berdarah dengan jumlah trombosit sangat kritis.
Sebelum kita mau donor, kita perlu kenal sama trombosit dulu.

Saya butuh imajinasi teman2 nih, kalau membayangkan darah, jgn bayangin darah seperti sirup merah polos.

Tp bayangkan sperti sop buah yg mengalir dlm selang besar pemadam kebakaran.

Dgn komposisi kuahnya diatas 50%
Ada bberapa Fungsi trombosit, slh satu yg utama adalah bayangkan fungsi trombosit itu seperti aquaproof atau no drop, pelapis anti bocor.

Bocor dimana? Di selang tadi.

Jd dia memastikan darah tetap berada dalam pembuluh darah.

Sekarang gmn klo pelapis ini berkurang jumlahnya?
Read 11 tweets
29 Jan 19
Tentang keseimbangan tubuh,

Ini adalah salah satu berkah yg sering lupa kita syukuri, Teman2.

#serisayangidirimu kali ini saya akan bahas organ tubuh penjaga keseimbangan kita dan salah satu pnyebab Vertigo, silahkan RT yg prnah vertigo atau punya tmn/keluarga yg mengalami ini.
Coba sekarang teman2 berdiri, trus angkat 1 kaki selama bberapa detik,

ga jatuh kan? nah apa yg kira2 bikin kita ga jatuh? Ada 2 hal,
pertama sdg tdk ada dorongan tenaga lain selain gravitasi,
kedua sistem 'tripod' kita, mata, telinga, dan cerebellum (otak kecil) berjalan baik.
Ini yg membuat kita tau mana atas, mana bawah, mana depan, mana belakang, mana kanan, dan mana kiri kita.

Skrg coba tutup mata trus angkat 1 kaki, selama 30 detik. Masih bisa? Bisa, tapi mulai jauh lebih susah karena kita mengambil 1 kaki dari tripod kita yaitu penglihatan mata.
Read 12 tweets