Rizal do (lg wiken mode)🔥 Profile picture
♂️• A Nurse & Healthy Lifestyle Educator — 🔥 business inq: 089608669375 (Piya) • Kasih tip/baca konten eksklusif klik link ini👇🏻
Yas! 💔 Daydream Profile picture Dik. Profile picture Raa ⁷‧₊✜˚.ᴱᴺ⁻⁷ Profile picture amel Profile picture Anisya Rahayu Profile picture 13 added to My Authors
Jun 28 11 tweets 4 min read
PERHATIKAN!
Kalau ada orang pingsan, posisi mengistirahatkan mereka yang bener tuh:
❌ Menyandarkan korban
❌ Mendudukkan korban
❌ Menidurkan korban dg kepala ditinggikan

✅ Merebahkan korban perlahan2 sambil mengangkat kaki lebih tinggi dari jantung
Jangan sampai keliru! Artinya, posisi kek di bawah nih salah!

Pada umumnya pingsan terjadi ketika suplai oksigen pada otak kurang mencukupi sehingga otak ngambek dan nyuruh otot2 serta organ lain buat mengalah dulu agar asupan oksigen bisa dialihkan sementara buat otak. Pingsan deh tuh orang.
Jun 27 7 tweets 3 min read
Ada yang tau gak ini buah apa? I think i found my new fruit crush 🤣.
Ini bentuknya kayak pear, tapi rasanya macam hybrid antara apel+jambu, aromanya apel banget, tapi teksturnya lembut bergranula kek jambu tp lebih mirip apel kematengan, tp rasanya seger sedikit asem. Bingung 😅 Bukannn. Kalau jambu kristal kan teksturnya renyah crunchy ga sih wkwk. Ini kan gue tulis di atas tuh lembut kek apel kematengan tp tetep seger. Kalau apel kematengan kan agak sepet ya haha
Jun 27 5 tweets 2 min read
Iya kalau memang benar tindakan kriminal, jika ternyata bukan?
Wkwk besok-besok kalau ada orang kecelakaan dg patah tulang terbuka, coba ngomong gini ke korban "Sabar ya, kamu mungkin kurang iman dan taqwa." Apa nggak ditempeleng samean? Kesehatan jiwa dan fisik itu sama! Jika bermasalah, ya diobati dan dirawat, bukan disuruh meningkatkan iman.
Gak ada yg salah dg ajakan meningkatkan iman & taqwa, hanya saja salah target karena tidak dapat menyelesaikan masalah aktual terkini yg sedang dialami.
Jun 27 5 tweets 2 min read
Haechan… I hate him ☺️
Jun 22 11 tweets 4 min read
Singkatnya, penanganan yg bener tuh gini:
1. Demam >38 °C? Pamol
2. Meriang >37,5-38 °C? Bnyk minum air, kompres anget, istirahat
3. Terkilir? RICE
4. Memar? Kompres es
5. Perdarahan? Hentikan perdarahan tutup&tekan luka, angkat luka, balut
6. Luka bakar? Aliri air 10-20 menit 1. Minum air putih yg bnyk
2. Istirahat/tidur
3. Makan
4. Posisikan kepala lebih rendah dari jantung
5. Pergi ke ruangan terbuka
6. Jalan/beraktivitas fisik

Jika dg keenamnya tidak berkurang (g harus semua dilakukan), silakan minum obat pereda nyeri yg dijual bebas.
Jun 22 7 tweets 2 min read
Kalian kalau masih punya cotton bud, mending buang aja. Kecuali dipake buat bersihin airpods wkwk.
Tapi serius, bersihin telingan TIDAK BOLEH pakai cotton buds dan tidak boleh juga sendirian serta HARUS dilakukan oleh orang lain biar bisa liat isi dalem telingamu atau ke THT aja. Harus dilakukan oleh orang lain, ya oleh dokter THT 😅
Sama kayak kesehatan gigi, sebaiknya ngecek telinga juga kudu rutin ke THT tiap 6 bulan sekali sekalian membersihkan telinga di situ.
Kita boleh bersihin sendiri ya utk ngebersihin daun telinga aja
Jun 20 9 tweets 3 min read
Jangan sampai melupakan makan teratur meski sibuk. Ini penting krn ga sedikit yg masuk RS krn lambungnya bermasalah, nyeri perut hebat, hgg perdarahan krn suka menunda makan sampai lambungnya luka2. Jika abai bs parah & berisiko meninggoy. Kalau laper, stop aktivitas, lalu makan. Pada badan orang sehat, tubuh itu ngerti kapan waktunya makan. Jam biologis normal selalu punya waktu makan yang sama tiap harinya. Hence, kapan kamu laper juga sama. Tubuh sudah ngasih sinyal agar kita bisa makan teratur di jam yg sama, setiap hari.
Jun 20 4 tweets 1 min read
Not at Mark praising Renjun in every damn videos like istg he is WHIPPED 🤣🤣🤣 “You did so good today!” 🫠
Jun 15 13 tweets 5 min read
“Lebih baik bolak-balik kencing krn bnyk minum, drpd sakit ginjal!“

🤔 Ga gitu juga.
Kbnyakan minum malah dibuang sama ginjal krn tubuh ga butuh air bnyak2. Apalgi yg ga ada elektrolitnya sm sekali.
Warna urine bening justru tanda OVER hidrasi. Normalnya justru kuning jernih 😆 Yang terpenting dari minum bukan sebanyak apa air yg kamu telen, tapi sebanyak apa air yg berhasil diserap oleh sel kamu.
Terlalu bnyk minum bisa menguras elektrolit tubuh kamu lewat kencing dan itu bikin kamu kekurangan elektrolit. Akibatnya jd gampang kram, lemes. Kasian ginjal
Jun 14 10 tweets 3 min read
Fyi, lambung butuh sekitar 3-4 jam utk mengosongkan dirinya dari makanan yg kamu makan. Referensi lain menyebut 2-4 jam. Artinya, JANGAN rebahan/tiduran setidaknya 2-4 jam setelah makan bergantung pada porsi/jenis makanmu.
Inget nih yg lambungnya suka rewel, jangan bandel! Kalau sudah ada penyakit lambung emg sesensitif ini soalnya. Jadi harus diperhartiin bener2 hehe
Jun 13 5 tweets 2 min read
⚠️Perhatiin deh!!!
Wajah kiri bapak supir truk ini lebih berkeriput & kusam gak sih dibanding wajah kanannya? Itu trjadi akibat paparan sinar matahari lgsg tanpa sunscreen. FDA sendiri ngingetin bahwa kulit berisiko penuaan dini bahkan kanker sprti yg terlihat di foto terakhir 🤯 ImageImageImage Pakai sunscreen tuh ga sulit kok, namun mencari yg cocok memang butuh trial & eror. Usahakan batasi paparan sinar matahari dari jam 10 pagi-2 siang. Tp cuaca skrg jam 8 aja udah panas yak.
Saranku sih ukur pake aplikasi UV index aja. Kemaren jam 8 udah merah soalnya. ImageImage
Jun 13 4 tweets 1 min read
And what if i ULT Renjun too 🫠 It’s literally 🤏🏻 this close for me to ULT him hahaha Image
Jun 10 19 tweets 7 min read
⚠️ Sesering apa si kamu minum2an manis dlm seminggu?
Klo km masih terlalu banyak minum manis2/kola/minuman dg kandungan gula yg tinggi, kurangin deh😨
Apalagi kalau dibarengi sama kurang gerak krn duduk/rebahan teros & jarang olahraga. Ga cuma diabet, bisa2 kena gangguan jantung! Itu bener krn bbrp penelitian nemuin korelasi antara minuman2 manis & soft drinks dg risiko serangan jantung serta stroke selain risiko diabetes tipe 2

Jadi jgn ngerasa aman2 aja. Tren2 minuman di tiktok jgn sembarang dicoba jg
pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27456347/
ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/P…
Jun 9 11 tweets 3 min read
Hayo siapa di sini yg masih mengira kalau resep obat 3x1 = minum obat pagi siang malam? Konsep ini keliru krn sebagian besar masyarakat mempersepsikannya salah. Yg penting obat diminum setelah sarapan & makan siang, lalu sebelum tidur. Itu bikin jarak konsumsi obat ga konsisten! Aturan yang bener dari 3x1 adalah tiap 8 jam yg didapatkan dari 24 jam : 3 = 8 jam. Dg konsep ini, jarak masing2 obat akan sama & konsisten yaitu 8 jam.
Obat yg diminum sembarangan dpt memengaruhi efektivitas obat. Kamu jd ga sembuh2 atau parahnya malah bikin bakteri jd resisten
Jun 9 11 tweets 3 min read
⚠️⚠️⚠️
PERTOLONGAN PERTAMA KESETRUM bukan dg pukul2 telapak kaki ya guys. Ga ada ngaruhnya 😩
Sia2 & bahkan bahaya krn korban berisiko terlambat ditangani.
Nolong korban kesetrum gbs asal krn bs membahayakan penolong jg klo g ati2.
Sini kujelasin caranya!

Selalu INGAT!
Apapun kasus gawat daruratnya, termasuk kesetrum sekalipun, terapkan prosedur DRS terlebih dahulu sebelum menolong. Ini penting agar korban tidak makin parah dan penolong tdk berubah status menjadi korban 🤦🏻‍♂️

Penjelasan lebih lengkap ttg DRS bs kamu baca di sini👇🏻
Jun 8 4 tweets 1 min read
Kalian kalau mandi udelnya dibersihin kaga? 😀 Pada sebagian orang, udel emang sensitif 😄
Jun 8 4 tweets 1 min read
ALBUM BEATBOX GUE SAMPE INDO 😭 Baiklah, tinggal menunggu teriakan kasih sayang aja ini wkwk
Jun 7 18 tweets 8 min read
Lagi rame nih!!! Strok di usia muda emg lagi tren.
Meskipun mekanismenya berbeda dg strok pada usia tua, kurang tidur akibat begadang emg berhubungan dg strok. Bahkan, yg katanya lebih produktif/konsentrasi pas tengah malem tuh sbenernya tubuh lg ketipu

Kok bisa? Sini kujelasin. Sebelum ke sana, gua mau lurusin dulu bahwa begadang bukan penyebab strok.
Penyebab strok tuh bisa krn perdarahan pada pembuluh darah otak seperti yg ada di berita atau sumbatan pembuluh darah otak yg bikin nutrisi & oksigen tersumbat shgg jaringan otak bisa mati.
Jun 7 6 tweets 2 min read
Gini ya gaes, mindset sehatnya kudu dibenerin. Merasa/terlihat baik-baik saja belum tentu sehat beneran krn bbrp penyakit/gangguan kesehatan tertentu tidak memberikan gejala apapun pada penderita kecuali kondisinya sudah parah.
Makanya cek kesehatan rutin tiap 3 bulan sekali! 😁 Jangan sampai nunggu ambruk duluan baru nyadar dirinya ada masalah.
Jun 5 11 tweets 4 min read
“Ah laper, tanggung. Kelarin dulu ah kerjaan gue baru makan.”

Ternyata 2 jam kemudian masih blm makan jg. Kebiasaan kek gini BAHAYA loh!
Pola makan g teratur akibat telat/nunda makan bikin stres lambung & gangguan stabilitas gula darah. Risiko penyakit lambung & diabetes bs naik Bnyk banget yg masuk RS gara2 telat makan kaya gini. Padahal, tubuh udah ngasih tanda2 kayak pusing, lemes, mual tak berkesudahan, muntah sebelum makan, nyeri perut terus, dll.

Kalau sdh lapar, ya sebaiknya hentikan semua aktivitas lalu makan. Jgn ditunda2. Ini peringatan!
May 31 17 tweets 7 min read
PERTOLONGAN PERTAMA DIGIGIT ULAR bukan dg ngisep bisa/racunnya ketika dipatok. Apalagi ngiket kaki yg dipatok kenceng banget, itu juga salah!

⚠️⚠️Inget! Jgn ngelakuin itu, apalagi sampe nyilet lokasi gigitan dg harapan bisanya ngalir keluar. SALAH!
Sini kubisikin cara yg bener! Prinsip PERTOLONGAN PERTAMA GIGITAN ULAR mirip dengan patah tulang, yaitu FIKSASI & IMOBILISASI

Pergerakan mempercepat penyebaran bisa ular sehingga seluruh sendi di atas dan bawah gigitan uler harus dikunci dg bidai seperti pada gambar agar kaki yg kepatok bisa diem!