akun kotak □ Profile picture
visioner dengan cita rasa kearifan lokal #chaniagofamily #minangpride #rossoneri #pengamatlayartancap #kadangnyinyir #kadangsatir #kadangoramikir
13 Mar
Seberapa produktif sabtumu?
Gw hari ini bersihin ac mobil.

Tutorial bersihkan ac mobil
#acmobilsegar

-a thread-
#acmobilsegar adalah piranti yg nyaris selalu ada pada mobil saat ini.

Kenapa nyaris? Pada beberapa mobil tertentu, masih ada tipe yg tidak menyertakan ac mobil.

Walau mayoritas user memilih mobil dengan ac, apalagi dikota besar yg rawan macet, ac dapat beri kesejukan.
Namanya sistem mesin, ya pastilah perlu perawatan.

Dan sebenarnya mudah2 aja kok melakukan perawatan #acmobilsegar sederhana.

Tujuannya jelas agar ac mobil tetap berasa bersih, dan hawa yg dihembuskan segar.
Read 22 tweets
11 Mar
Jadi ceritanya gw gi benerin rem belakang yang bunyi tektek.

#servisrem

-a thred-
Udah 2-3 minggu ini rem belakang si neng aya bunyi tektek jika diinjak.

Ga selalu bunyi, tapi jika diinjak kecepatan >70 kmpj atau turunan yg curam, barulah bunyi.

Emang sih sejak gw adopsi si neng, gw belum #servisrem. Baru garap kaki2 dan bagian engine/transmisi aja.
Karena rem adalah piranti penting dalam kendaraan, maka harus segera #servisrem.

Jadi pas rehat siang, gw bawalah si neng ke bengkel. Bukan Beres, mana ada di pulau kecil behini. Jadi ke bengkel yang mekaniknya udah gw kenal dan cukup lihai triknya.
Read 19 tweets
21 Feb
Gw bervendevat sedikit sahaja sualan isu velakor artis muda yg lgi ngehits yes.

1. Sualan hosiv, issue atau berita tyda sedav itu konsekuensi dr vovularitas. Pens akan memuja saat bervrestasi, dan mencaci saat bikin sala.

Kalo nda kuat ya nda usa jadi artis, ngarit aja.
2. Sualan busana, verlu dibedakan soalan syariat dan akhlak.

Syariat sual hijab ga bisa ditawar, mesti lu kerjakan krn itu tuntunan agama.

Akhlak itu vroses vembentukan verilaku.

Tavi meski akhlak baik tetap sahaja bisa khilaf. Bahkan sahabat nabi pun mengalami nya.
Jadi ya nda usa generalisir, vakaian sahaja berjilbab, kelakuan velakor. Semuwa berjilbab bangsat, nda usa jilbaban, levas sahaja. Ini salah.

Lha..Itu vartij koruv yg kadernya langganan vasien kaveka, lu berani nyebut smua trmsk mamak adala koruvtor?

Ga berani kan?
Read 11 tweets
20 Feb
Akhirnya sang legenda pamit.

Ketangguhan dan keiritan diesel panther adalah yg terbaik di kelasnya. Gw pernah bawa Sub-Jkt-Pandeglang pp cm habis sobus 800 rebu

Posisi duduk panther yg tinggi ini bikin driver leluasa lihat jalan, Tapi tetap cukup nyaman buat nyetir jauh. Image
Isu panther bakalan off sebenarnya sudah mencuat lama.

Selain minor vengembangan, t soal mesin, hal emisi juga jadi vertimbangan. Panther masih euro2. Vdhl mesin modern hrs standar euro4.
Sub itu surabaya gaes, bukan Subang.

2016, gw gantian ama temen nyetir bertiga, 6 jam ganti. Via pantura, masuk tol semarang, balik pantura, baru masuk tol Brexit lagi sampe jkt. Total 2100 km, habis solar busuk 800 rebu pp.

Diesel lain mungkin sudah diatas 1 juta 😁😁
Read 5 tweets
25 Sep 20
Bismillah

Memilih AC untuk kebutuhan Rumah.

-a thread-
Hampir semua rumah modern di perkotaan memiliki Air Conditioner (AC) di beberapa bagian dalam rumahnya.

Hal yg umum kita temui, selain harga AC yg terbilang terjangkau, juga makin naiknya rata2 suhu udara harian di Indonesia.
Bahkan di daerah yg dulunya dingin, seiring pembangunan gedung dan pengurangan lahan hutan membuat suhu rata2 harian jadi lebih tinggi dibanding 10-15 tahun lalu.
Read 36 tweets
20 Sep 20
Bismillah.....

Ngakalin bemper depan mobil yang lepas dari dudukannya

-a thread-
Pernah ngalamin mobil nyundul sesuatu, yg akibatkan bemper (depan) lepas dari dudukannya?

Well... Nyetir itu resikonya senggolan (secara pelan, sedang atau bahkan kencang).

Resiko lecet baret dst pasti ada, makanya insurance car laris (skb)
Gw beberapa kali miara mobil. Ya tentu saja berusaha hati2.

Tapi namanya musibah, ya bisa terjadi kapan saja meski handle with care.

Nah, kalo misalnya terjadi senggolan pelan, biasanya hanya menyebabkan lecet dan baret di body/bemper. Bisa di kompon, agar baret hilang
Read 22 tweets
7 Sep 20
Daerah kamu masuk zona apa??

"SEMANGKA"

Maksudnya adalah, keliatan dari luar hijau, dalamnya merah, lalu ada bintik hitam nya

#LawanCovidiot
Sejak 29 agustus atau selesainya masa darurat covid, maka tugas gustu propinsi dan kabupaten/kota berakhir.

Untuk pemda yang kepala daerahnya good awareness, masih sigap mengawasi protokol covid.

Daerah yang gagap, sebodo teuing, apalagi kalo petahana siap2 ikut pilkada lagi
Di tempat gw, orang2 udah lalu lalang ga pake masker. Udah ga ada razia lagi. Gustu pun udah ga pernah keliatan keliling sambil mengingatkan soal masker.

Ga ada lagi tes (rapid/swab) massal. Makanya ga ada lagi apdet data soal korona ke pusat.

SEMANGKA?? wallahua'lam
Read 4 tweets
7 Sep 20
Kerja sambil ngemil.

Boleh tho?? Image
duluk, pas gw pertama injak kaki ke tanah moluku kie raha, gw bonek.
Masa2 perjuangan yang butuh kesabaran. Belum lama nikah, masih penyesuaian dengan pribadai dan karakter.

Skrg, kembali lagi kesini, gw pernah bilang ke binik mo jadi bakul peyek aja lah 😂
Gw balik kesini, tadinya mo keluar dari kantor. Alhamdulillah, ternyata ada penyesuaian, makanya gw batal jadi bakul peyek atau bakul makanan.

Dan bini juga ngelarang gw mbakul peyek. Simpel aja sik alasannya.
Read 6 tweets
5 Sep 20
GANTI OLI MESIN plus GURAH MESIN MOBIL METIC

-a thread-
Jadi gini, kemaren gw lakukan kuras oli transmisi metik tanpa alat flush.

Sebenarnya gw juga ganti oli mesin dan gurah mesin mobil metic gw

Trit kuras oli transmisi tanpa alqt flush ada disini

Nah, di trit kuras oli itu gw udah jelasin, kenapa gw ga percaya kondisi mesin mobil sini. Salah satunya karena salah penggunaan oli.

Lcgc sesuai manual book menggunakan oli mesin yg lebih cair. 5w30 atau bahkan 0w20.
Read 28 tweets
4 Sep 20
Oke gaes, jadi ceritanya gw ngadopsi lcgc metik. Setjara bantu sodara juga dan nyari yg memudahkan binik nyetir.

Biasanya gw yg bawa mobil, manual, semakin lama kesibukan lumayan padat, makanya bini gw suru bawa sendiri.

Biar nda susah, adopsilah yg metik.

#tipsoto
Gw ambil seken dari Jawa. Karena:

1. Gw nda lama di sini, rugi beli baru kalo ntr 2-3 tahun dijual krn moving.
2. Mobil seken di Jawa lebih murah. Selisih harga mencapai 15-20 juta (satu merk dan tipe)
3. Gw ga percaya kondisi mobil sini. (Nanti gw jelasin)

#tipsoto
Lho, kalo beli mobil di Jawa kan berarti kena biaya kirim? Jatuhnya mahal ga?

Selisih harga mobil 15-20 juta. Kalo lu bisa cari shipping yg tepat, lu ga akan rugi.

Gw kemaren kena shipping dibawah 14 juta. #untung

#tipsoto
Read 34 tweets
25 Aug 20
Seperti yang pernah saya sebut, jatim ranking 1 dalam hal kematian dokter Image
Jika di komparasikan dengan data jumlah kasus dan kematian, ini menjadi warning karena jumlah kasus di jatim nomor 2 secara nasional. Meskipun jumlah tes di jatim masih terbilang kecil dibandingkan dengan DKI, dilihat dari rasio penduduk dan jumlah tes.
Read 6 tweets
22 Aug 20
Duka cita mendalam untuk plt bupati Sidoarjo yg meninggal karena kopid.

Ingfonya, beliau tanpa gejala. Tidak mau di rapid, baru di swab saat kondisi beliau sudah parah.

google.com/amp/s/m.liputa…
Ini penting untuk diketahui, OTG adalah orang yang tidak menunjukkan gejala umum kopid, namun dia sudah terpapar.

Tidak menutup kemungkinan OTG dapat menyebarkan kopid ke orang2 yg berinteraksi dengannya, terlebih jika salah satu atau keduanya tidak pake masker.
Tentu saja saya berharap kemaren2 almarhum tetap menggunakan masker tatkala beraktifitas. Namun tidak ada salahnya keluarga dekat dan yg pernah berinteraksi dengan beliau untuk tes kopid.

Terlebih, kabarnya saat 17 agustusan kemaren ada tasyakuran di tempat beliau.
Read 4 tweets
22 Aug 20
Diingetin soal jilbab dan aurat, tensi naik, ngegas.. Bilang soal adab. Dan bangga karena udah ngegas org lain.

Kalo sayyidina Ali masih hidup mungkin bisa ngelus dada. Lihatlah apa yang dikatakan, bukan melihat siapa yang mengatakan.
Bilang aja emang ego lu yg gede.

Kalo lu ga suka diingetin, y diemin aja. Namanya juga medsos, kalo nda lu respon juga ndak rame

😂😂
Gw paham namanya PF pastik banyak yg komenin kelakuan. Ga semua komen positif, gw yg akun rempeyek gini aja kerap menerima koment bullyan mbah2 binal, gw sabar setjara mereka semua usianya jauh diatas gw yg masih 23 thn ini.

Tapi ya biasa aja.. Kalo ga suka gw diemin aja
Read 4 tweets
22 Aug 20
Gw ingatnya terakhir baku hantam pas jaman smp, setjara smp gw emang sekolah womg ndugal.

Gw juga pernah tawuran massal ama smp sebela, ya namanya juga kenakalan remaja.

Gw nda bangga sama sekali.
Pas sma gw pernah ditantang duel sama preman sekolah. Biasalah pemadat otaknya nda bisa diajak berpikir.

Soal sepele aja, krn gw ngeritik kegiatan grup pecinta alam.

Tapi ndak jadi, pas gw dah mo siap2 duel, tuh preman dirangkul ketua PA, sambil dibisikin sesuatu
Gw sik ndak nanya dibisikin apa, tp kata temen, si preman dibisikin gw satu komplek ama salah satu "penguasa" disitu. Akhirnya nda jadi dah duel.

Vadahal gw udah kesal. Nih orang emang cuman gede bacot doang. Soal teknik berkelahi? Apa yg mau di lakuin oleh org mabok?
Read 7 tweets