Rumus-rumus (formula) penting di digital marketing.

(a thread)
CTR (Click Through Rate)
Persentase dari berapa kali dilihat ke berapa kali diklik.

Rumus : (Clicks dibagi impressions) * 100.

Diketahui : sebuah iklan dilihat 10.000 kali, diklik 100 kali.
Ditanya : CTR = ?
Dijawab : (100/10.000) * 100 = (1/100)*100 = 1%
CVR / CR (Conversion Rate)
Persentase dari berapa kali diklik ke berapa kali konversi.

Rumus : (Conversion dibagi clicks) * 100.

Diketahui : Ada 10.000 kunjungan ke website, tapi beli produk cuma 100.
Ditanya : CVR = ?
Dijawab : (100/10.000) * 100 = (1/100)*100 = 1%
CPC (Cost Per Click)
Harga per satu klik iklan.

Rumus : Nilai belanja iklan dibagi clicks

Diketahui : Realisasi budget seminggu beriklan = Rp 1.000.000, dengan clicks 1.000
Ditanya : CPC = ?
Dijawab : 1.000.000 / 1000 = Rp 1000

Ini bisa dibalik juga ya di tweet selanjutnya.
CPC

Diketahui dari keyword research tools atau historical performance, CPC sebuah keyword harganya Rp 5.000 per klik.

Target klik yang ingin dicapai = 10.000 klik

Budget = CPC x target

Ditanya : Budget = ?
Dijawab : 5.000 x 10.000 = Rp 50.000.000
CPM (Cost Per Mille / 1.000 Impressions)
Harga per 1.000 impressions.

Rumus : (Nilai belanja iklan dibagi impresi) * 1000

Diketahui : Realisasi budget iklan = Rp 1.000.000, dengan 1.000.000 impressions

Ditanya : CPM = ?
Dijawab : (1.000.000/1.000.000) * 1000 = Rp 1.000
Diketahui dari historical performance, CPM harganya Rp 10.000 per 1.000 kali dilihat.

Target yang ingin dicapai = 1.000.000 impressions

Budget = (CPM x target) / 1000

Dijawab : (10.000x1.000.000)/1000 = Rp 10.000.000
Segini dulu deh, kalau ramai nanti dilanjutin.
Oke karena kemarin rame, kita lanjutin ya.
Engagement rate : Persentase engagement dari satu post dibanding followers kita.

Rumus : (Like + Comment + Share + Save) atau (replies + retweet + likes) dibagi followers di hari itu.
Khusus untuk engagement rate, ada yang nggak dibagi sama followers tapi dibagi sama reach. Bisa juga, tapi disarankan dibagi sama followers biar bisa kita compare sama akun tetangga (kompetitor).

Kalau mau dihitung sebulan, tinggal dirata-rata dari semua post.
Followers Growth : Persentase pertumbuhan followers dalam satu periode.

Rumus : ((Followers akhir periode - awal periode) dibagi awal periode) x 100

Diketahui :
1 Sep = 10.000
30 Sep = 12.000

Dijawab :
= ((12.000 - 10.000) / 10.000) x 100
= (2.000 / 10.000) x 100
= 20 %
Bounce Rate : persentase kunjungan ke website yang cuma buka 1 halaman itu aja dibanding total kunjungan.

Diketahui :
Ada total 10.000 kunjungan.
5.000 kunjungan cuma di halaman depan aja, nggak lanjut ke halaman lain.

Dijawab :
= (5.000 / 10.000) x 100
= 0.5 x 100
= 50%
Di Google Analytics :
Users = pengunjung
Sessions = kunjungan.

Number of sessions per user : sessions dibagi users.

Satu orang berkunjung berapa kali. Lebih sering, lebih baik.

Diketahui :
Users = 10.000
Sessions = 30.000

Dijawab :
300 / 100 = 3 kunjungan / user
Ada lagi namanya pages per sessions.
Satu kali kunjungan, berapa halaman yang dibuka.
Pageviews = total berapa halaman yang dibuka

Pages per sessions : pageviews dibagi sessions.

Diketahui :
Pageviews = 60.000
Sessions = 30.000

Dijawab :
60.000 / 30.000 = 2 halaman / kunjungan
Bahasan selanjutnya tentang tools Social Media Analytics ada disini ->

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh
 

Keep Current with (Mas) Andin Rahmana

(Mas) Andin Rahmana Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

  2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @andinrahmana

14 Oct
Tools andalan untuk social media analytics, dari yang basic sampai advance.

(a thread)
1. Facebook Insights.
Ini fitur bawaan, gratis, tapi lengkap. Hanya untuk fanpages, nggak bisa buat profile.

Menu paling kepake : pages to watch di bagian bawah overview, fans, reach, posts, people. Image
2. Twitter Insights.
Buat tahu performances akun dan tweet kita. Dulu lebih lengkap lagi buat tahu profil audiens, tapi sekarang sudah nggak ada. Klik di menu sebelah kiri layar Twitter Web. Image
Read 14 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!

Follow Us on Twitter!