(1) To train the minds of the students to think rationally, logically, sequentially, methodologically, scientifically, and critically.
(2) To broaden the horizons of knowledge of the students in an integrated and systematic ways.
Sumber gambar 1:
Ronald Kalifungwa. 2018. The Importance of Critical Thinking in Africa. 2 Mei. <URL: sola5.org/the-importance…>. Diakses pada 4 Januari 2020.
Sumber gambar 2:
Robert Half. 2016. How to Highlight Your Critical Thinking Skills on the Job Hunt. 5 September. <URL: roberthalf.jp/en/blog/jobsee…>. Diakses pada 4 Januari 2020.
Ini tadi abis diskusi sama temen tentang tujuan ideal pendidikan tinggi.
Terus buka arsip lama, salah satunya tulisan Eleanor Duckworth (1964) di Journal of Research in Science Teaching tentang Pemikiran Jean Piaget mengenai tujuan pendidikan.
Jean Piaget adalah filsuf, ilmuwan, dan psikolog perkembangan dari Swiss, yang terkenal karena hasil penelitiannya tentang anak-anak dan teori perkembangan kognitifnya.
Menurut Piaget, tujuan utama pendidikan itu ada 2, yaitu
(1) To create men who are capable of doing new things, not simply repeating what other generations have done.
(2) To form minds which can be critical, can verify, and do not accept everything they are offered.
Pandangan Piaget tersebut (terutama poin 2, yakni to form mind which can be critical, can verify ...) senada dengan apa yang disampaikan oleh Einstein:
"The value of an education is not the learning of many facts, but the training of the mind to think.”
Pandangan Einstein mengenai pendidikan tersebut dapat dipelajari di buku "Einstein: His Life and Times" yang merupakan kumpulan kuliah, orasi, tulisan, dan wawancara Einstein.
Untuk bagian spesifik yang dikutip tadi, bisa dibaca di halaman 185.
Buku "Einstein: His Life and Times"-nya dapat diakses melalui tautan berikut 👇:
Tujuan penelitian (dalam skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah lainnya) itu sesederhana menjawab/menyelesaikan masalah. That's it and that's all.
Yang membedakan suatu penelitian dengan penelitian yang lain itu hanyalah masalah yang diupayakan untuk terjawab/terselesaikan.
Twit ini merupakan arsip kumpulan twit mengenai perencanaan, perancangan, pelaksanaan, pengawasan, pengoperasian, dan perawatan suatu konstruksi ketekniksipilan di bidang rekayasa struktur, geoteknik, hidroteknik, transportasi, dan manajemen konstruksi.
Sebelumnya, cuitan-cuitan seputar dunia ketekniksipilan yang terbentang mulai dari bidang rekayasa struktur, geoteknik, hidroteknik, transportasi, hingga manajemen konstruksi telah terarsip dalam utas "Civil Engineering" berikut:
Cuitan-cuitan selanjutnya mengenai perencanaan, perancangan, pelaksanaan, pengawasan, pengoperasian, dan perawatan konstruksi ketekniksipilan (struktur, geoteknik, hidroteknik, transportasi, dan manajemen konstruksi) tidak lagi diarsip pada utas "Civil Engineering" tersebut.
Q: "Apakah kalo kita ngambil keahlian spesifik hidroteknik, kita bisa kerja di pekerjaan desain gedung?"
A: "Sangat bisa. Yang penting mampu mendesain gedung sesuai dengan standard/code perancangan gedung dan mampu menuangkannya ke dalam laporan perhitungan dan gambar kerja."
Jadi, kita mesti pelajarin laporan perhitungan dan pada saat yang bersamaan juga pelajarin gambar kerjanya.
Jadi, kuliah-kuliah yang akan kita pelajari pada saat pendidikan ketekniksipilan itu terdiri dari 3 kategori, yaitu (1) Kuliah penunjang (2) Kuliah keahlian (3) Kuliah keahlian spesifik
Sederhananya, konsep dalam mendesain struktur bangunan tuh dapat diringkas ke dalam 4 langkah, yaitu (1) Tentukan beban struktur. (2) Tentukan desain struktur. (3) Analisis kekuatan desain struktur terhadap beban struktur. (4) Jika desain strukturnya gagal, ubah sampai berhasil.
Intinya sederhana, kok.
(1) Jika suatu desain struktur kuat dalam menerima beban-bebannya, maka desain tersebut layak untuk direalisasikan.
(2) Jika suatu desain struktur tidak kuat dalam menerima beban-bebannya, maka desain tersebut tidak layak untuk direalisasikan.
✨ Design of Systematical and Methodological Framework for Scientific and Engineering Research Programmes & Scientific Writing Techniques ✨
Twit ini merupakan arsip kumpulan twit mengenai desain kerangka sistematis dan metodologis pada perancangan riset ilmiah dan keteknikan.
Sebelumnya, kumpulan cuitan yang membahas mengenai desain dan model kerangka sistematis dan metodologis pada perencanaan, perancangan, penyusunan, dan penulisan riset ilmiah dan keteknikan sudah terarsip dalam utas "Design & Research" berikut:
Jadi untuk selanjut-selanjutnya, cuitan-cuitan yang berhubungan dengan desain dan model kerangka riset ilmiah dan keteknikan, baik dalam hal perencanaan, perancangan, penyusunan, maupun penulisannya, tidak akan diarsip dalam utas "Design & Research" lagi, melainkan pada utas ini.