#KartuTani. Setelah 3 hari saya mempelajari kenapa petani dan penyalur pupuk mengeluh kekurangan pupuk, saya coba uraikan penyebabnya. Thread
#kartutani. Petani
wajib membuat kartu tani lewat Bank yg ditunjuk dg menyimpan uang Rp 100.000 per kartu tani.
Bagi petani yg luas lahan cukup luas, tidak masalah. Tapi petani lahan sempit 0,25 ha jatah pupuk urea sktr Rp
60.000 tapi hrs siapkan uang Rp 100.000.
#kartutani. Di daerah yang banyak kebun rakyat dan empang, banyak sekali yg tdk masuk RDKK sehingga tidak mungkin mendapatkan pupuk sunsidi. Petani menjadi tidak bisa memupuk tanaman kebun, ikan dan udang yg di tambak/empang. Terjadi keluhan masif bagi pekebun dan petambak
#kartutani.
Untung bagi pengecer pupuk hanya Rp 500.000 per 10 ton pupuk sementara harus berikan "fee" kepada pengangkut pupuk - jika terjadi kesalahan timbang krn pupuk dibuka utk ditimbang sesuai dg kuata per petani maka pengecer bisa rugi.
#kartutani. Batasan satu kartu tani adalah 2 ha, bagi petani yg memiliki luas lahan lebih dari 2 ha maka harus buat lebih 1 kartu tani, artinya jika 2 kartu tani maka harus setor uang Rp 200.000 atau lebih.
#kartutani. Pengecer dan distributor menghadapi beban tambahan karena "dipaksa membeli" pupuk non subsidi dan pupuk organik secara proporsional dg jatah pupuk subsidi. Jika pengecer tdk bisa jual pupuk nonsubsidi yg "dipaksa jual" maka menjadi resiko distributor/pengecer.
#kartutani.
Saran solusi. Daripada dana APBN seperti pelatihan prakerja dll, lebih digunakan utk hal-hal yg tdk produktif, lbh baik petani diberikan dana utk mengisi rekening kartu tani demi mengurangi beban petani dan memudahkan petani yg banyak berpendidikan rendah.
#kartutani. Terhadap kekurangan pupuk bagi pekebun dan petambak - sebaiknya segera ditambah saja daripada digunakan utk hal2 yg tdk produktif.
Penambahan pupuk subsidi dpt dipastikan lbh efektif krn meningkatkan produksi petani.
#kartutani.
Ide kartu yg sering dikemukakan akan mempermudah petani - kenyataanya justru yg terjadi adalah sebaliknya - mempersulit petani, distributor, pengecer, dan pabrik pupuk.
#kartutani. Seperti diketahui bahwa pabrik pupuk juga menghadapi persoalan krn pemerintah punya utang subsidi puluhan trilyun kepada pabrik pupuk. Dampaknya adalah pabrik pupuk harus "memaksa" distributor, pengecer, petani, petambak dan pekebun beli pupuk non subsidi.
• • •
Missing some Tweet in this thread? You can try to
force a refresh
Mafia migas sepertinya main lagi shg harga BBM ga bisa turun. Lewat Kepmen ESDM No 62K/MEM/2020, 20 Feb 2020, ternyata formula harga BBM bkn lagi harga dasar spt sebelumnya, tapi berbasis pada harga minyak di Singapura (MOPS).
Dari dulu mafia bermain dari formula berbasis MOPS.
Dari permen tsb harga BBM Indonesia dihitung sbb : 1. Sampai dg RON 92 : harga MOPS + Rp 1.800 + marjin 10 % 2. Di atas RON 92 : harga MOPS + Rp 2.000 + marjin 10 %
Artinya berapapun harga crude turun yg menentukan adalah pedagang minyak di Singapura. Disitulah mafia main
Sebelumnya penetuan harga BBM di Indonsia sejak 2014 bukan berdasarkan harga minyak hasil olahan di singapura (MOPS) tapi berdasarkan harga dasar, thn 2020 lewat Permen Menteri ESDM harga BBM kembali gunakan standar MOPS.
Standar ini selalu diperjuangkan oleh mafia migas
1. #PerppuCorona. Tanggal 31 Maret 2020, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020, tentang "corona". Saya tdk tulis judulnya krn terlalu panjang. Silakan teman2 cari di google. Saya akan buat kultwit singkat trg hal tsb
2. #PerppuCorona. Perppu no 1/2020 sebenarnya mengatur kebijakan keuangan dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan : 1. Menghadapi pandemi Corona 2. Menghadapi ancaman yg membayakan perokonomian nasional dan/atau stambilitas sistem keuangan
3. #Perppucorona. Perppu No 1/2020 sebenarnya mengubah dan/atau membatalkan minimal 12 UU (Omnibus Law) yg terkait antara lain : APBN, keuangan, perpajakan, OJK, BI, dll.
Artinya Perppu No 1/2020 dapat dikatakan sebagai Omnibuslaw sistem Keuangan Negara.
Sesuai pidato Bpk Presiden bhw akan siapkan dana utk atasi dampak corona 2020 Rp 405 t.
Dlm pidato tsb akan naikkan defisit 5,07 % PDB slm 3 thn dan kembali ke 3% 2023/2024. Artinya akan nambah utang sktr Rp. 3.500 t slm 5 thn.
Jadi total tambahan utang slm 2 priode Rp 7.500 t
Jangan terposona dari alokasi anggaran dampak corona sbsr Rp 405 t thn 2020 krn pemerintah akan menambah utang sbsr Rp 800 trilyun dg menaikkan rasio utang dari 3% menjadi 5,07 % PDB dan akan dibuat Perpu ttg hal tsb.
Total tambahan utang yg ditargetkan 2020-2024 sktr Rp 3.500 t
Setiap sampaikan data seoerti ini mereka selalu ngamuk dan bully serang pribadi, padahal itu hasil perhitungan saja dari kebijakan pemerintah.
Apakah memang rakyat semua harus bodoh spt klean ?
1. #sarankeMenBUMN. Sesuai UU, tugas utama MenBUMN adalah RUPS tdhp BUMN shg peran @KemenBUMN adlh "mengorganisasikan" RUPS bukan sebagai kantor CEO holding BUMN. Selain itu kewenangan spt PMN, holdingisasi likuidasi, dan privatisasi BUMN masih kewenangan Menkeu
2. #sarankeMenBUMN. Karena @KemenBUMN "hanya" mengelola proses keputusan RUPS, maka saya yakin pak Menteri @erickthohir sangat paham oralganisasi seperti apa yg cocok untuk @KemenBUMN. Ide pengangkatan 5 Wakil Menteri sebaiknya dikaji lbh dalam lagi sblm diputuskan
3. #sarankeMenBUMN. Pengalaman menunjukkan dg beban pekerjaan @KemenBUMN yg "hanya" mengelolan proses keputusan RUPS maka dengan 5 Deputi dan 1 Sesmen saja sdh banyak "nganggur". Jika pjbt menganggur maka mereka menjadi penikmat jabatan dan bahkan menjadi "pangganggu" BUMN