Memilih objective yang tepat untuk Facebook / Instagram Ads.

(a thread) Image
Aku coba jelaskan satu per satu dari setiap menu ya. Kita mulai dari yang paling kiri : Awareness.

Namanya juga awareness, berarti masih tahap kenalan. Yang penting orang lihat aja dulu, kita nggak berharap mereka klik ke web / beli.

Kita akan bayar dengan CPM.
Yang pertama di Awareness adalah Brand Awareness.
Tujuannya biar orangnya inget dengan brand kita.

Bedanya dengan reach, FB / IG akan menampilkan iklan ke orang-orang terpilih yang interestnya lebih sesuai.

Secara kuantitas lebih sedikit, tapi secara kualitas lebih baik. Image
Kalau reach, tujuannya biar kita menjangkau segmen yang luas.

FB / IG akan menampilkan ke lebih banyak orang asal masih masuk dalam target audiens yang kita tentukan.

Jadi dibandingkan Brand Awareness, jumlahnya akan lebih banyak, tapi kualitas orangnya ya lebih biasa aja. Image
Geser ke menu di sebelah kanan : Consideration.
Yang pertama ada traffic.

Sesuai namanya, tujuan kita sudah bukan lagi kenalan, tapi sudah mengarahkan orang ke website atau asset lainnya. Disarankan sudah melewati fase awareness.

Kita bayarnya dengan CPC (cost per click). Image
Setelah itu ada post engagement, yang punya 3 pilihan :
1. Membuat orang jadi ngelike / comment postingan kita
2. Membuat orang ngelike fanpages kita (cuma bisa di FB, di IG nggak bisa)
3. Melihat detail event kita di FB (ini jarang di Indonesia) Image
Dan selanjutnya adalah App Install. Cukup jelas sesuai namanya, mengajak orang-orang menginstall aplikasi kita di Playstore / AppStore.

Nanti kita akan hitung dengan CPI (Cost Per Install). Image
Oke segitu dulu, kalau ramai nanti dilanjutkan sisanya.
Intinya dalam memilih objective, tergantung kebutuhan kita ya.

Apakah kita masih mau kenalan dulu, atau ngajak main ke rumah. Jangan sampai belum kenal udah langsung gas ajak ke rumah aja.
Kalau teman-teman merasa thread ini atau thread lainnya bermanfaat, selain dilike, bisa diretweet juga untuk membagikan ke teman lainnya. Terima kasih. 🙏
Oke kita lanjutkan lagi pembahasan tentang objective di Facebook Business Manager ya.

Setelah App Install ada Video Views. Sesuai namanya, kita pilih objective ini kalau memang tujuan kita adalah orang melihat iklan video kita. Image
Untuk yang tujuannya ngumpulin data leads (nama, email, no HP) untuk di follow up lagi, cocok banget pakai Lead Generation.

Iklannya akan menampilkan form tanpa harus diarahkan ke website lagi. Biasanya yang pakai ini perbankan / asuransi / properti / otomotif. Image
Kalau kita pengen ngobrol lebih banyak sama calon customer kita, disarankan kita pilih objectives Messages. Setelah iklan dilihat dan diklik, akan diarahkan ke Messenger / WhatsApp. Image
Selesai di tahap Consideration, kita geser ke Conversion.

Yang pertama adalah Conversions, yaitu orang-orang melakukan konversi seperti sales, subscribe, registration dan sejenisnya.

Untuk bisa mengukur ini, harus pasang Facebook Pixel dulu di website kita. Image
Kalau kita punya banyak pilihan produk, oke juga untuk pakai objective Catalog Sales. Setiap produk akan diarahkan langsung ke halaman pembelian produknya.

Memang agak sedikit lebih ribet setupnya daripada objective lainnya. Image
Dan yang terakhir adalah store traffic, dengan tujuan bawa orang datang ke physical store. Objective ini kurang populer di Indonesia karena ada ada journey yang putus dari online ke offline dan karakteristik usernya cukup unik. Image
Untuk merangkum semuanya, step pertama untuk memasang iklan adalah memilih objective yang tepat. Pilihan yang benar akan membuat hasil yang didapat lebih sesuai dan budget lebih efektif.

Terima kasih sudah mengikuti thread ini.
Semoga lancar semua hari ini. Sehat-sehat selalu.

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh
 

Keep Current with (Mas) Andin Rahmana

(Mas) Andin Rahmana Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

  2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @andinrahmana

30 Nov
Cara membuat social media strategy.

(a long thread, 3 SKS) Image
Sesuai definisi dari kamus besar Oxford, strategy adalah a plan of action or policy designed to achieve a major or overall aim.

Berarti social media strategy harus menyelesaikan sebuah masalah dan mencapai sebuah tujuan.
Masalah apa yang mau dipecahkan?
- bos minta followers naik 2x lipat
- kita launch produk baru
- nggak ada yang respon (engagement rate rendah)
- produk kita udah lama ada tapi perlu lebih dikenal lagi
- bawa traffic lebih banyak ke website
Read 22 tweets
28 Nov
Besok Senin mau bahas yang agak serius, caranya bikin Social Media Strategy. Yang tertarik silakan ninggalin sandal di tweet ini ya.
Anak Twitter ini bener-bener ya. Diminta ninggalin sandal ada yang sandalnya ilang, nitip kocheng, bubur, kopi, kurma, dimsum, Do San, anak tetangga 😂
Mau bilang bengeeeekkkk tapi nanti bengek beneran.
Read 4 tweets
28 Nov
Tools ajaib untuk bikin konten social media.
(a mini thread)
Anak socmed nggak harus bisa photoshop atau illustrator. Kalau bisa sih, lebih baik. Tapi kalau nggak bisa, ada banyak kok tools lainnya yang bisa bantu.
Yang pertama dan jadi jagoanku adalah PowerPoint / Keynote. Gampang banget buat bikin desain. Tumpukin aja foto, shape sama teks. Coba ambil template dari slidesgo.com atau foto dari unsplash. Tinggal export jadi JPG atau bahkan MP4 kalau direkam animasinya.
Read 9 tweets
14 Oct
Tools andalan untuk social media analytics, dari yang basic sampai advance.

(a thread)
1. Facebook Insights.
Ini fitur bawaan, gratis, tapi lengkap. Hanya untuk fanpages, nggak bisa buat profile.

Menu paling kepake : pages to watch di bagian bawah overview, fans, reach, posts, people.
2. Twitter Insights.
Buat tahu performances akun dan tweet kita. Dulu lebih lengkap lagi buat tahu profil audiens, tapi sekarang sudah nggak ada. Klik di menu sebelah kiri layar Twitter Web.
Read 14 tweets
13 Oct
Rumus-rumus (formula) penting di digital marketing.

(a thread)
CTR (Click Through Rate)
Persentase dari berapa kali dilihat ke berapa kali diklik.

Rumus : (Clicks dibagi impressions) * 100.

Diketahui : sebuah iklan dilihat 10.000 kali, diklik 100 kali.
Ditanya : CTR = ?
Dijawab : (100/10.000) * 100 = (1/100)*100 = 1%
CVR / CR (Conversion Rate)
Persentase dari berapa kali diklik ke berapa kali konversi.

Rumus : (Conversion dibagi clicks) * 100.

Diketahui : Ada 10.000 kunjungan ke website, tapi beli produk cuma 100.
Ditanya : CVR = ?
Dijawab : (100/10.000) * 100 = (1/100)*100 = 1%
Read 15 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!

Follow Us on Twitter!