Cara membuat social media strategy.

(a long thread, 3 SKS)
Sesuai definisi dari kamus besar Oxford, strategy adalah a plan of action or policy designed to achieve a major or overall aim.

Berarti social media strategy harus menyelesaikan sebuah masalah dan mencapai sebuah tujuan.
Masalah apa yang mau dipecahkan?
- bos minta followers naik 2x lipat
- kita launch produk baru
- nggak ada yang respon (engagement rate rendah)
- produk kita udah lama ada tapi perlu lebih dikenal lagi
- bawa traffic lebih banyak ke website
Goals apa yang ingin dicapai. Goals harus terukur dan jelas dalam waktu berapa lama.

Misalnya :
- Engagement rate naik dari 0.5% jadi 1% dalam waktu 1 bulan.
- Pertumbuhan followers 5% dalam waktu 1 bulan.
- 1.000.000 impressions dalam waktu 1 bulan.
Nah berarti kita perlu audit dulu, situasi sekarang seperti apa. Kita bisa tarik data dulu pakai social media analytics :
- followers growth bulanan kita vs kompetitor
- engagement rate bulanan kita vs kompetitor
- traffic ke website dari social media
- konsistensi posting kita
- posting yang bagus vs nggak bagus
- reach & impresisons
- topik yang paling banyak dibicarakan
- sentimennya positif / negatif / netral
Narik datanya pakai apa? Pakai social media analytics, monitoring dan listening tools yang pernah kita bahas sebelumnya ya.

Data ini kita tambahkan dengan situasi industri yang sedang terjadi. Misalnya kita e-commerce otomotif, berarti harus tahu trend dan data consumer behavior di bidang ini.

Cara nyarinya, googling aja dengan kata kunci :
- white paper
- pdf
- research
Nah kalau kita sudah tahu tentang :
- masalah / goals yang ingin dicapai
- situasi saat ini
- trends yang ada

Maka lanjutannya adalah memahami siapa yang mau kita ajak ngobrol atau menentukan target audiens.
"Target kita semua orang, Mas". Nah ini yang sering terjadi, padahal kita harus persempit target audiens kita biar jelas.

- geografi
- demografi
- psikografi

Biar lebih enak, coba pakai tools ini :
socialbakers.com/free-social-to…
Misalnya. Samsung Galaxy Note 20 Ultra.
Namanya kira-kira yang punya Bryan atau Heru?
Usianya 18-25 atau 25-34 atau 35-44?
Tinggalnya kira-kira di Karawang atau Jakarta Barat?
Tontonannya Dangdut Academy atau Netflix?
Musiknya Reggae atau Jazz?
Level kerja staff atau manager?
Kalau kita sudah tahu siapa target audiens kita, baru nanti akan mengikuti :
- masalah apa yang mereka alami dan gimana produk kita bisa membantu mereka
- gaya bahasa dan pendekatan kita
- channel yang akan kita gunakan
- konten apa yang relevan buat mereka
Dari masalah dan target audiens kita, kita bisa menentukan message apa yang mau dibawa.

Rumusnya adalah :

Karena ada benefit / product dari brand ini, maka _____________________________________

Misal :
#MulaiAjaDulu
#PastiAdaJalan
#JadiAndalan
Dari target audiens juga kita akan tahu channel apa yang akan digunakan.

Bryan nggak main Facebook dan TikTok. Berarti kita nggak usah terlalu fokus di channel itu. Fokus aja ke Instagram dan LinkedIn, misalnya.
Buat frekuensinya, lebih baik kualitas daripada kuantitas ya.

IG : 1x / hari
IG Stories : 1x/hari
TikTok : 1x / hari
TW : 3-5x / hari
FB & LI : 3x / minggu
YT : 1x / bulan
Nah dari channel, baru kita buat contentnya seperti apa. Namanya content pillar. Jangan jualan terus ya, harus dipisah antara konten dan promosi. Konten berarti yang bisa bermanfaat buat user. Misalnya kayak gini :
Biar kontennya bener-bener ngena, pastikan :
- Relevan dengan kehidupan target audiensnya
- Interaktif, ngajak ngobrol
- Pilih mau entertaining atau educative
- Adminnya ngobrol secara personal
- Angkat sesuatu yang nggak banyak orang tahu
Lebih baik lagi kalau kontennya punya gaya persona yang kuat. Apakah kita gaya komunikasinya kocak, serius, semangat, atau sendu.

Misalnya, akun kita gaya ngomongnya mirip sama Dian Sastro.
Dari situ, coba bikin content calendar. Hari apa, mau posting apa. Kontennya gimana. Templatenya bisa didownload disini :
hootsuite.com/resources/blog…
Terakhir, apa aja yang akan kita ukur? Sudah pernah dijelaskan disini. Tarik semua datanya dan jadikan sebuah report. Pernah dibahas disini.

Done. Semoga bermanfaat dan menjawab 20.000 orang lebih yang sudah ninggalin sandal dan dagangan di tweet sebelumnya. Thank you teman-teman antusiasmenya.
Oh iya tambahan, ini baru untuk yang organic ya teman-teman, belum melibatkan paid ads. Untuk Facebook & Instagram Ads, threadnya ada disini :

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh
 

Keep Current with (Mas) Andin Rahmana

(Mas) Andin Rahmana Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

  2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @andinrahmana

28 Nov
Besok Senin mau bahas yang agak serius, caranya bikin Social Media Strategy. Yang tertarik silakan ninggalin sandal di tweet ini ya.
Anak Twitter ini bener-bener ya. Diminta ninggalin sandal ada yang sandalnya ilang, nitip kocheng, bubur, kopi, kurma, dimsum, Do San, anak tetangga 😂
Mau bilang bengeeeekkkk tapi nanti bengek beneran.
Read 4 tweets
28 Nov
Tools ajaib untuk bikin konten social media.
(a mini thread)
Anak socmed nggak harus bisa photoshop atau illustrator. Kalau bisa sih, lebih baik. Tapi kalau nggak bisa, ada banyak kok tools lainnya yang bisa bantu.
Yang pertama dan jadi jagoanku adalah PowerPoint / Keynote. Gampang banget buat bikin desain. Tumpukin aja foto, shape sama teks. Coba ambil template dari slidesgo.com atau foto dari unsplash. Tinggal export jadi JPG atau bahkan MP4 kalau direkam animasinya.
Read 9 tweets
11 Nov
Memilih objective yang tepat untuk Facebook / Instagram Ads.

(a thread) Image
Aku coba jelaskan satu per satu dari setiap menu ya. Kita mulai dari yang paling kiri : Awareness.

Namanya juga awareness, berarti masih tahap kenalan. Yang penting orang lihat aja dulu, kita nggak berharap mereka klik ke web / beli.

Kita akan bayar dengan CPM.
Yang pertama di Awareness adalah Brand Awareness.
Tujuannya biar orangnya inget dengan brand kita.

Bedanya dengan reach, FB / IG akan menampilkan iklan ke orang-orang terpilih yang interestnya lebih sesuai.

Secara kuantitas lebih sedikit, tapi secara kualitas lebih baik. Image
Read 16 tweets
14 Oct
Tools andalan untuk social media analytics, dari yang basic sampai advance.

(a thread)
1. Facebook Insights.
Ini fitur bawaan, gratis, tapi lengkap. Hanya untuk fanpages, nggak bisa buat profile.

Menu paling kepake : pages to watch di bagian bawah overview, fans, reach, posts, people.
2. Twitter Insights.
Buat tahu performances akun dan tweet kita. Dulu lebih lengkap lagi buat tahu profil audiens, tapi sekarang sudah nggak ada. Klik di menu sebelah kiri layar Twitter Web.
Read 14 tweets
13 Oct
Rumus-rumus (formula) penting di digital marketing.

(a thread)
CTR (Click Through Rate)
Persentase dari berapa kali dilihat ke berapa kali diklik.

Rumus : (Clicks dibagi impressions) * 100.

Diketahui : sebuah iklan dilihat 10.000 kali, diklik 100 kali.
Ditanya : CTR = ?
Dijawab : (100/10.000) * 100 = (1/100)*100 = 1%
CVR / CR (Conversion Rate)
Persentase dari berapa kali diklik ke berapa kali konversi.

Rumus : (Conversion dibagi clicks) * 100.

Diketahui : Ada 10.000 kunjungan ke website, tapi beli produk cuma 100.
Ditanya : CVR = ?
Dijawab : (100/10.000) * 100 = (1/100)*100 = 1%
Read 15 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!

Follow Us on Twitter!