, 87 tweets, 13 min read Read on Twitter
Misteri pasar setan, bertemu wanita berparas cantik dari Belanda. Peringatan dari "mereka" di gunung sindoro.
- A Thread-
Sebelumnya gue mau ngucapin terimakasih buat kalian :) kalian luar biasa! Semoga yang ini bisa lebih pecah dari sebelumnya. Enjoy the thread! 🙏
Kejadian ini terjadi sekitar tahun 2017, atau satu hari sebelum pengumuman kelulusan sma. Pas itu, temen gue dari tasik kebetulan lagi main ke rumah, karena ga ada yang asik di jakarta, yaudah gue ajalah dia naik gunung. Kebetulan dia juga suka naik gunung.
Karena ini dadakan dan ga megang duit banyak juga, akhirnya gue nyaranin buat ke gunung sindoro. Kenapa sindoro? Selain karena letaknya di Jawa Tengah yang mayoritas semua muanya murah dibandingkan Jawa Barat. Gue juga penasaran sama triple s, yang salah satunya ya sindoro ini
Setelah packing rapih, gue berangkat ke terminal pulo gebang Jakarta Timur dengan modal nekat. Karena ini dadakan, gue belom punya tiket. Feeling gue sih bakalan dapet soalnya waktu itu bukan hari libur (gue doang yang meliburkan diri). Dan alhamdulillah dapet.
Gue berangkat dari terminal pulo gebang sekitar jam 9 malem. Karena bisnya sepi banget, gue ngabisin waktu gue buat tidur. Ya namanya jalan malem apa yang mau diliat kan? Kita ngabisin waktu sekitar 6-7 jam perjalanan sebelum sampe di terminal Wonosobo.
Gue sampe di terminal Wonosobo sekitar jam 3 subuh, disana sepi banget belum keliatan aktifitas warga. Namanya masih subuh, dan suasana juga dingin banget, ngapain juga ke terminal. Gue niatnya mau langsung ke Base camp naik angkutan umum, tapi ga ada
Akhirnya kita mutusin buat nunggu aja di terminal, kebetulan ada 1 warung yang buka. Yang jaga ibu-ibu udah lumayan tua dan baik banget, beliau nyaranin kita buat naik bus tiga per empat, karena selain murah, bus itu juga nurunin kita di depan Base camp.
Tapi tai nya itu bis datengnya abis subuh dan kita harus nunggu disana. Yaudah daripada jalan kaki, kita akhirnya mutusin buat nunggu aja sambil makan bubur.
Setelah 1 setengah jam gue nunggu, ada bapak bapak pake kupluk trus sarungan datengin kita nawarin mobil ke Base camp. Karena udah cape banget nunggu, kota akhirnya ikut bapak itu.
Ga sampe 15 menit kita akhirnya sampe di Base camp sindoro via desa kledung. Base campnya lumayan asik, letaknya di pinggir jalan raya gitu. Dari Base camp ini, keliatan banget gunung sumbing lagi gagah gagahnya.
Disana ga terlalu banyak pendaki yang dateng dan mayoritas semuanya lagi tidur. Gue akhirnya ngobrol lah sama bapak penjaga Base camp. Kata si bapak, selama seminggu ini, cuaca lagi bagus bagusnya. Jadi aman lah kalo mau mendaki hari ini.
Jam 6 pagi kita mulai mendaki, sebenernya bisa naik ojek, tapi karena gue ga megang duit banyak, kita mutusin buat jalan kaki. perjalanan dari Base camp ke pos 1 masih sama, lewat perkampungan warga dan ladang penduduk. Mayoritas dari mereka udah mulai beraktifitas.
Sambil nikmatin pagi yang lumayan dingin, sambil dengerin lagu dan ngobrol santai. Gue tiba-tiba disapa sama bapak bapak petani situ. Dia bilang, nanti kalo ada yang jualan di atas di beli aja mas, takut gabisa pulang.
Gue sedikit takut, bukan karena mikir macem macem, gue disitu mikir, masa iya sih di Jawa tengah ada preman? Si bapak masih natap kita serius, karena gamau lama-lama akhirnya kita iyain aja sambil nerusin perjalanan.
Kita sampe di pos 1 sekitar jam 7 kurang. Disana ga ada orang, mungkin masih pagi. Setelah istirahat sebentar, kita lanjutin perjalanan ke pos 2.
Perjalanan ke pos 2 mulai masuk ke hutan, treknya tanah dan berkerikil kecil. Menurut gue sih masih lumayan lah ga terlalu ribet. Entah karena masih terlalu pagi atau karena bukan hari libur, gue sama sekali ga nemu satu pendaki pun sampe pos 2.
Di pos 2 temen gue mulai ngeluh cape, gue mutusin buat berenti sebentar. Dia bilang carrier yang dia pake itu berat banget, ga kaya pas pertama kita packing. Akhirnya gue suruh tuh dia nurunin carrier, gue coba angkat, ternyata biasa aja, masih normal.
Gue ga mau bilang apa-apa ke dia, takut dianya nanti ga semangat lagi. Gue diem sambil terus terusan mikirin yang macem-macem. Setelah sekitar 20 menit kita istirahat, kita lanjutin perjalanan ke pos 3.
Dari pos 2 ke pos 3, perjalanan mulai naik dan semakin sakit. Banyak batu gede dan jalan juga semakin menyempit. Ga sampe 15 menit gue jalan, temen gue kumat lagi. Gue liat mukanya pucet dan matanya sayu gitu. Karena udah pengen masuk jam makan siang, gue berenti sebentar
Gue bongkar carrier dan masak buat temen gue. Gue liat dia duduk di pohon sambil bengong ngeliatin hutan. Disitu gue takut banget dia kesurupan, akhirnya gue ajak dia buat deketan sama gue. Pertama gue masakin dia air jahe, baru gue kasi indomie buat ganjel.
Karena emang belom laper, gue cuma nungguin dia makan sambil ngerokok di batang pohon yang udah rubuh. Tapi entah kenapa gue tiba-tiba ngerasa ngantuk, ngantuk banget, sampe mata gue kiyep kiyep. Ga lama gue ketiduran dengan rokok yang masih nyala di tangan.
Entah masih di alam mimpi atau setengah sadar, gue ngerasa pala gue pusing banget. Gue buka mata pelan-pelan dan coba gerakin badan gue. Dan ternyata gabisa, badan gue kaya lagi ditahan sama 10 orang, bahkan buat ngeluarin suara aja gue gabisa.
Disitu gue cuma bisa gerakin bola mata gue tanpa bisa ngelakuin apapun. Gue liat sekeliling, gue liat juga ternyata temen gue lagi tidur persis disamping gue. Keringet dingin mulai keluar, pikiran gue disitu cuma satu. Gue takut kena hipotermia walaupun gue gatau gejala ya apa
Gak lama, gue samar samar ngeliat ada cewe muncul dari bawah (pas itu kebetulan gue istirahat pas setelah tanjakan). Gue mulai lega dong, seenggaknya ada orang yang bisa nolongin gue keluar dari situasi gue sekarang.
Si cewe mulai nampakin seluruh tubuhnya, cantik ini cewe. Pake rambut pirang dikuncir dua dan badannya lumayan tinggi. Yang bikin gue aneh, ini cewe mukanya pucet, jalannya nunduk, dan bajunya kaya model baju bangsawan jaman dulu gitu.
Gue mulai ngerasa ini cewe ga beres, gue mulai berontak supaya badan gue bisa bergerak normal. Tapi hasilnya tetep nihil. Seberapa kuat gue berusaha, badan gue kaya makin keiket gitu, dan bangsatnya si cewe ini kaya sadar gue bisa ngeliat doi. Doi kaya mulai natap gue gitu.
Kita berdua tatap tatapan, gue ngeliat matanya kaya ga ada kehidupan sama sekali, tapi pancaran matanya nunjukin kalo dia takut sama gue tapi tetep jalan mendekat kearah gue. Dada gue mulai naik turun.
Sampe tiba-tiba dia ada sekitar satu meter disamping gue, gue ngerasa dada gue kaya mau meledak. Gue takut banget pas itu, gue merem dan tiba-tiba gue ngerasa ada yang nyentuh bahu gue. Gue kaget langsung loncat, dan ternyata itu temen gue.
Gue yang yang masih ngos ngosan di kasih minum biar tenang sama temen gue yang juga mulai keliatan panik. Temen gue nanya ada apa, tapi gue gamau jawab. Dalem hati gue bersyukur itu cuma mimpi. Kampret padahal masih siang
Setelah gue ngerasa enakan, gue ngajak temen gue buat lanjutin perjalanan karena takut temen gue juga bakal kena.
Sekitar 2 jam setelah tempat kejadian tadi, kita akhirnya sampe di pos 4. Dan ternyata rame banget, gue ga dapet tempat disana. Karena lumayan cape juga ketampol trek ke pos 3 yang lumayan ngehe, gue istirahat mampir ke tenda salah satu pendaki.
Disana gue nanya nanya tuh, kok pos 3 rame banget padahal di jalur itu gue ga nemu siapa siapa. Dia cerita kalo tadi jam 11 siang, pendakian ke sindoro ditutup sementara. Alasannya ada warga kledung yang lagi meninggal.
Gue kaget, pas jam 11 itu gue lagi istirahat di jalur. Kata dia emang gaboleh ada aktivitas naik atau turun dulu seharian ini. Dia juga harusnya udah turun tapi ga dibolehin sama porternya. Dia juga katanya kaget kenapa gue bisa sampe sini padahal pendakian itu lagi ditutup.
Gue cerita lah kalo sebenernya gue start dari Base camp jam 6, jadi gue gatau kalo pendakian itu lagi ditutup sementara. Si masnya akhirnya nawarin gue buat gabung aja di tendanya dia buat sementara karena emang ga ada tempat lagi disana. Penuh banget sumpah.
Kalo pas itu gue jalan sendiri, gue pasti langsung nerima tawaran si masnya. Tapi diliat dari mukanya temen gue, dia kaya gamau gitu nerima tawaran si masnya. Karena ini pendakian yang ngusulin dia, gue gabisa maksa. Akhirnya kita mutusin buat lanjut ke sunrise camp.
Sekitar jam 4an gue pamit sama si masnya sekalian bilang terima kasih. Si masnya itu natap kita mesra gitu, lama banget. Dari mukanya gue udah paham dia seolah ngomong "udahlah mas disini aja sama kita", tapi mau gamau gue tetep harus lanjutin perjalanan.
Perjalanan ke sunrise camp ga terlalu curam dan lumayan bersahabat. Pemandangannya langsung gunung sumbing yang pas itu kebetulan lagi bagus bagusnya. Gue nikmatin banget perjalanan ini sambil berharap ga ada kejadian ngaco lagi.
Sekitar 1 jam kita akhirnya sampe di sunrise camp. Tempatnya kaya lapangan gede gitu dan jarang ada pohonnya. Pemandangannya langsung ngarah ke gunung sumbing dan kota Wonosobo. Ini tempat cakep banget, mungkin kalo malem bakal keliatan city light yang bagus banget.
Di sunrise camp ini ga terlalu banyak pendaki yang ngecamp, karena tempatnya yang terlalu terbuka yang memungkinkan angin berhembus kenceng dan bisa ngerusak tenda. Cuma ada 4 tenda disitu dan semua penghuninya lagi ada di dalem. Mungkin mereka kedinginan.
Gue bagi tugas sama temen gue. Gue bangun tenda, dan temen gue masak buat makan malem. Setelah itu kita mutusin buat langsung tidur karena emang nanti niatnya mau summit sebelum sunrise. Jam 8 malem kita udah masuk ke sb masing masing.
Mungkin karena capek banget, ga sampe 5 menit gue udah pules di dekap angin malam dan suasana sendu gunung sindoro. Sampe tiba-tiba gue kebangun jam 12 malem.
Gue ngerasa kaya ada suara berisik banget, mirip kaya suara orang yang lagi siap siap mau summit. Gue masih belom sadar kalo itu masih tengah malem, gue buka mata samar sama gue liat langit warnanya merah dan ada kilat kilat gitu, gue mulai curiga disitu.
Gue ngecek hp, dan ternyata masih jam 12 lewat. Orang bodoh macam apa yang summit tengah malem? Mau liat apa diatas sementara langit lagi banyak kilat. Tapi gue mulai tenang pas liat senter mereka nyorot ke tenda kita. Gue pikir ah mungkin pengen tek tok.
Karena suasana mulai masuk akal, gue kembali tidur lagi tanpa mikir yang aneh aneh.
Sekitar jam 4 pagi, temen gue bangunin gue buat siap-siap summit. Gue ga sarapan dulu karena emang perjalanan masih lumayan panjang dan takut ga dapet sunrise. Setelah packing tipis tipis, gue mulai masuk ke belantara sunyi membelah gelap.
Sebelum ke puncak, kita harus lewatin pos 4 dulu. Jalan ke pos 4 lebih sakit dari trek sebelumnya. Semua berbatu dan sangat miring. Lumayan ngurus tenaga disitu. Karena masih gelap, dan pencahayaan yang sangat minim. Gue bahu membahu buat sampe ke pos 4.
Sebelum tanjakan terkahir pos 4, samar samar gue liat ada cahaya dan suara rame banget. Awalnya gue pikir mungkin itu pendaki yang lagi camp di pos 4. Gue mulai tenang, dan semangat buat sampe kesana. Tapi ternyata bukan...
Gue sempet bengong dan lemes pas ngeliat itu, gue gatau pas itu lagi mimpi apa engga. Yang gue liat pas itu kaya pasar dan banyak banget orang. Mereka mayoritas mukanya pucet dan tatapannya kosong, tapi tetep bertransaksi layaknya orang jual beli di pasar.
Semuanya pake baju adat jawa. Walaupun ini tempat berisik banget, tapi dari mulut mereka tidak menunjukkan bahwa mereka lagi ngomong. Gue sama temen gue tatap tatapan, bimbang antara mau lanjut atau turun lagi.
Tiba-tiba gue inget pesen bapak bapak petani tadi, bahwa kalo ada yang jualan harus di beli. Akhirnya dengan nyali seadanya kita maju pelan pelan masuk ke pasar yang entah kenapa bisa ada disana. Semuanya masih tetap sama seperti ga peduli ada dua kelinci yang bisa liat mereka
Gue mulai ngerasa salah satu dari mereka sadar kalo kita bisa liat mereka dan mulai natap kita tajem. Gue ngodein temen gue buat beraniin diri mampir ke salah satu warung buat beli barangnya. Gue milih ke warung kelontong.
Disitu yang jaga mbak mbak, tetep dengan tatapan kosong dan mata sayu. Karena yang dijual super aneh, dan gamungkin juga gue beli makanan, akhirnya kita beli tisu. Gue tanya harganya berapa dan dia ga jawab, dia cuma nunjukin angka lima pake tangan.
Gue paham, goceng nih berati. Karena gue ga megang gocengan, akhirnya gue kasih lah dia 20k. Tapi di tolak dong, udah mati masih aja belagu :(
Dia cuma geleng geleng kepala dan nunjukin angka lima pake tangannya. Gue tetep kekeuh ngasih 20k karena emang ga ada uang lagi, akhirnya dia mulai kesel kali dan melototin gue serem banget.
Akhirnya temen gue ngasih duit goceng ke dia dan diterima. Bangsat juga temen gue, bukannya dari tadi ngasihnya. Abis itu gue ngelanjutin perjalanan lagi. Pas gue muter badan, gue ngeliat kaya seluruh isi pasar itu ngeliat kearah kita. Mampus, gue gabisa gerak disitu
Gue ngerasa aliran darah ke otak gue langsung buntu. Gue gatau harus ngapain lagi, akhirnya temen gue inisiatif buat jalan duluan. Karena gue gamau jalan di belakang, gue imbangin jalan disampingnya.
Entah kenapa gue ngerasa semua penghuni pasar itu mulai ngikutin gue dari belakang, penasaran banget gue pengen nengok tapi takut. Akhirnya gue cuma fokus sama jalan gue dan gaberani liat sekeliling. Gue jalan sambil nunduk.
Sekitar 15 menit gue jalan, akhirnya gue keluar dari tempat itu. Pemandangan selanjutnya mulai hutan normal dan suara pasar mulai berangsur ilang. Gue sempet pengen nangis pas berhasil keluar dari tempat itu. Gue tatap tatapan sambil ketawa sama temen gue
Gue lanjutin jalan ke puncak. Jalannya mulai gokil, ada sekitar 6 tanjakan dan semuanya terjal. Gue gatau itu tanjakan beneran apa engga, yang pernah kesana bisa komen. Tapi yang gue rasain saat itu, ini tanjakan kurang masuk akal. Lumayan nyiksa dengkul juga.
Sekitar 1 setengah jam gue lewatin tanjakan itu sampe akhirnya puncak terpampang jelas di depan mata gue. Walaupun ga dapet sunrise, gue tetep bersyukur gue bisa selamat tanpa nyasar di pasar setan tadi.
Seperti suasana puncak dipagi hari pada umumnya. Matahari muncul malu malu dari bali awan, menyiratkan horizon oranye yang membuat langit kian elok. Burung burung mulai keluar dari sayangnya sambil bernyanyi. Baru kali ini gue nyampe puncak seneng banget.
Di puncak ga terlalu banyak pendaki, Karena emang pendakian lagi ditutup. Jadi gue ngerasa gunung ini milik gue, sambil ngopi dan cerita cerita kejadian yang kaya mimpi tadi sama temen gue. Gue ngerasa hidup ini tentram adanya.
Sekitar jam 8 pagi, matahari udah mulai naik dan puncak terasa lumayan panas. Karena kita juga udah laper banget, kita mutusin buat turun. Ga ada masalah apa apa waktu perjalanan turun, bedanya pasar yang kita temuin subuh tadi menjelma jurang lebat belantara.
Jam 9 kita nyampe di shelter, gue liat 4 tenda tadi udah ga ada di tempatnya. Gue ga mikir macem macem lagi, mungkin emang itu orang udah turun duluan. Karena capek banget, gue ga langsung masak. Gue mutusin buat rebahan sebentar. Temen gue di depan yang masak
Pas lagi asik leyeh leyeh, gue liat temen gue mulai ngaco lagi. Dia terus terusan mandangin rumput yang ngarah langsung ke jurang. Gue deketin lah biar ga makin tolol, trus tiba-tiba dia kaya nunjuk gitu ke arah ilalang. Disitu gue liat kaya ada mata gede banget dan nyala
Temen gue mulai ngeracau "bang liat deh, itu mata kan?", gue sebenernya ngeliat pura pura ga liat sambil nurunin tangannya "bukan, itu plakat mungkin, udah jangan nunjuk nunjuk ah gasopan". Tapi temen gue tetep keras "iya bang itu mata, abang liat kan itu mata bang".
Gue mulai males ngadepin yang beginian "mungkin kunang kali, udah gausah ditunjuk lagi, gasopan!", kata gue mulai keras. Dia kaya takut gitu sama gue, gue sebenernya juga takut dan kasian liat mukanya. Cuma gua ga pengen sesuatu yang aneh aneh terjadi lagi. Tiba-tiba...
Yang punya mata keluar. Muncullah seekor anak macan kumbang, bulunya item banget jalan pelan mendekat ke kita. Gue panik seada adanya. Biar cuma anakan, logikanya ga jauh jauh pasti ada induknya. Si anak macan ini mulai ngeluarin suaranya rrrrhhhh
Gue yang ga pernah ketemu ginian mendadak diem kaya batu, berharap dia ga sadar kalo kita ini manusia. Entah pemikiran primitif darimana, cuma setau gue kalo kita diem aja pas ketemu binatang buas, dia akan nganggep kita itu benda mati. Makanya gue diem.
Ga lama ada pendaki yang abis muncak turun dan langsung nyalain api. Alhamdulillah si anak macan itu kabur. Dia mastiin kita gapapa. Dia pesen katanya kalo ketemu sama beginian lagi, nyalain api aja. Mereka takut sama api. Gue mulai bisa bernapas lega.
Karena suasana mulai ga jelas, abis makan gue langsung beberes buat turun. Kabut mulai naik, dan di sunrise camp kita bener bener sendirian. Karena ga mau temen gue ngaco lagi, gue inisiatif buat bawa barang lebih berat Dan back up dia.
Jam setengah satuan gue mulai turun pelan pelan membelah kabut yang mulai nutupin jalan. Lama kelamaan gue ngerasa ini carrier emang tambah berat, ga kaya biasanya. Kaki gue mendadak kram dan sering kepeleset. Tapi tetep gue tahan, gue berusaha tenang biar temen gue ga takut lagi
Tiba-tiba kabut berubah jadi hujan medium-deres. Apes nya pas itu carrier gue ga ada rain cover nya dn gue cuma bawa 1 ponco. Karena gue lebih khawatir alat gue rusak dibandingkan badan gue, gue selimutin dah tuh carrier dengan kasih sayang. Abis itu gue lanjutin perjalanan lagi
Sampe pos 3 udah lumayan sepi, cuma ada beberapa tenda yang masih menetap disana. Hujan tetep turun lumayan lebat, gue tetep lanjutin perjalanan turun. Perjalanan terasa cukup berbahaya mengingat trek yang dilalui curam dan berbatu yang bikin jalan jadi lumayan licin
Gue terus turun diiringi suara rintik hujan menyentuh dedaunan dan bau petrichor yang menguap dari tanah digaung udara. Gue ga nyetel musik pas itu karena emang ga akan kedengeran juga kalo ujan begini.
Di pos 2 gue berenti karena kaki gue udah mati rasa dan gemeter hebat, gue gamau duduk karena takut nanti gabisa berdiri lagi karena kram. Gue senderan di batang pohon yang lumayan gede sambil istirahatin kaki gue. Dan disitu temen gue mulai ngaco lagi, dia mulai bengong lagi
Gue timpuk pake batu biar dia sadar, bukannya sadar dia malah mulai nunjuk lagi ke arah hutan yang lumayan lebat. "bang ada cewe lagi liatin kita", sumpah disitu gue kesel banget sama dia "GAUSAH DITUNJUK BABI, NTAR AJA LO CERITA DI BASE CAMP"
Akhirnya gue mutusin buat lanjutin jalan lagi biar si bangsat ini ga tambah kumat. Dua langkah gue jalan gue baru inget, ga jauh dari tempat tadi adalah tempat dimana gue mimpi tentang si cewe.
Gue mulai maksain temen gue buat terus jalan tanpa break, karena jujur badan gue udah mulai kerasa beku. Jadi harus banyak bergerak walau kaki rasanya mau ancur biar ga kena hipo. Dan alhamdulillah ga nyampe 2 jam kita sampe di Base camp dengan selamat.
Abis mandi dan ganti baju, gue ngobrol lah sama si penjaga Base camp tentang kejadian kemaren. Katanya emang kemarin ada yang meninggal di desa dan pendakian sempet ditutup. Katanya juga pas itu di puncak sindoro keliatan awan item banget
Katanya biasanya kalo udah kaya gitu emang gaboleh lanjutin perjalanan sama penghuninya. Kalo tetep lanjut khawatir malah ilang. Udah banyak katanya korban dari si awan item tadi. Dia juga bersyukur kita bisa balik lagi ke Base camp dengan selamat.
Perihal wanita berparas cantik tadi, kata si bapak, dia emang sering muncul dalam situasi tertentu mengingat sindoro ini dijuluki gunung bidadari atau apalah itu gue lupa dia ngomong apa, pokoknya bidadari gitu deh. Dia cuma ingetin buat ga lanjutin perjalanan
Dan tisu yang gue beli di pasar tadi, pas gue cek di Base camp udah berubah jadi 3 lembar daun. Gue juga bingung kenapa, tapi yaudahlah uang penting kita turun dengan selamat.
Pesan moralnya, selalu ikutin feeling! Patuhi peraturan dan jangan bandel kalo lagi di tempat orang. Kalo hati kita bilang engga yaudah engga, gausah maksa! Masih ada hari esok.
Cerita ini bukan untuk menakut nakuti kalian. Ini cerita buat dijadiin pelajaran, bahwa "mereka" ada dan nyata di sekitar kita. Tugas kita adalah tetep jaga sopan santun, karena kita gatau "mereka" bakal seneng atau engga sama kehadiran kita.
Next trit mungkin penyegaran? Atau tetep horor? Oh iya buat perjalanan ke sindoro ini gue gabisa lampirin foto karena ga ke back up dari hp yang lama :(
Missing some Tweet in this thread?
You can try to force a refresh.

Like this thread? Get email updates or save it to PDF!

Subscribe to pidi tidak baiq
Profile picture

Get real-time email alerts when new unrolls are available from this author!

This content may be removed anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Follow Us on Twitter!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!

This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!