Social media strategist
Social media specialist
Content specialist
Content writer
Copywriter

Apa bedanya?

(a mini thread)
Memang banyak perusahaan di Indonesia yang suka mencampuradukkan role-role ini. Padahal scope of work setiap role masing-masing berbeda. Yuk kita bahas.
Social media strategist tanggung jawabnya merancang strategi, seperti yang kita bahas di thread sebelumnya. Dia nggak bikin konten harian apa, tapi arah social medianya mau diapain dan evaluasi strategi bulanan.
Ini contoh job description Social Media Strategy Manager dari Gojek, diambil dari Linkedin.

linkedin.com/jobs/view/2291…
Social media specialist tanggung jawabnya di social media platform.

Gimana cara memaksimalkan fitur tiap platform, menentukan konten apa yang works, berinteraksi dengan followers, menaikkan engagement, meningkatkan followers, membawa traffic ke website, bikin report.
Ini contoh job description dari social media specialist. Diambil dari lowongannya Gojek di LinkedIn.
Content specialist urusannya lebih luas dari social media. Dia bisa merencanakan dan membuat konten dalam bentuk video, infografik, podcast, artikel, e-book, dan masih banyak lagi.

Dia akan kerja bareng fotografer, videografer, illustrator, designer.
Ini contoh job description dari content specialist / content creator. Diambil dari lowongannya SuperIndo di LinkedIn.

linkedin.com/jobs/view/2259…
Kalau content writer, sesuai namanya, maka lebih fokus berbasis tulisan.

Dia yang akan bikin tulisan panjang berupa artikel / konten di website atau di media lainnya. Ada juga yang spesialisasinya SEO Content Writer.

Kadang digabung, content specialist diminta nulis juga.
Ini contoh job description dari content writer di Zenius.
linkedin.com/jobs/view/2329…
Nah kalau copywriter, justru lebih sulit karena dia harus bikin kata-kata yang lebih pendek dan catchy.

Dia akan bermain kata untuk membuat tagline, key message, headline copy buat iklan, judul / isi e-mail marketing yang bisa menarik perhatian audiens.
Ini contoh job description dari copywriter di Shopee.
linkedin.com/jobs/view/2291…
Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang akan berkarir di dunia digital marketing / marketing communication. Terima kasih sudah menyimak.
Tambahan.
Karena banyak perusahaan yang masih nggak paham bedanya apa, kadang 1 orang bisa handle semua jobdesc diatas. Untuk yang mengalaminya, harap bersabar dan tetap semangat!
Cc : @hrdbacot

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh
 

Keep Current with (Mas) Andin Rahmana

(Mas) Andin Rahmana Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

  2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @andinrahmana

30 Nov
Cara membuat social media strategy.

(a long thread, 3 SKS)
Sesuai definisi dari kamus besar Oxford, strategy adalah a plan of action or policy designed to achieve a major or overall aim.

Berarti social media strategy harus menyelesaikan sebuah masalah dan mencapai sebuah tujuan.
Masalah apa yang mau dipecahkan?
- bos minta followers naik 2x lipat
- kita launch produk baru
- nggak ada yang respon (engagement rate rendah)
- produk kita udah lama ada tapi perlu lebih dikenal lagi
- bawa traffic lebih banyak ke website
Read 22 tweets
28 Nov
Besok Senin mau bahas yang agak serius, caranya bikin Social Media Strategy. Yang tertarik silakan ninggalin sandal di tweet ini ya.
Anak Twitter ini bener-bener ya. Diminta ninggalin sandal ada yang sandalnya ilang, nitip kocheng, bubur, kopi, kurma, dimsum, Do San, anak tetangga 😂
Mau bilang bengeeeekkkk tapi nanti bengek beneran.
Read 4 tweets
28 Nov
Tools ajaib untuk bikin konten social media.
(a mini thread)
Anak socmed nggak harus bisa photoshop atau illustrator. Kalau bisa sih, lebih baik. Tapi kalau nggak bisa, ada banyak kok tools lainnya yang bisa bantu.
Yang pertama dan jadi jagoanku adalah PowerPoint / Keynote. Gampang banget buat bikin desain. Tumpukin aja foto, shape sama teks. Coba ambil template dari slidesgo.com atau foto dari unsplash. Tinggal export jadi JPG atau bahkan MP4 kalau direkam animasinya.
Read 9 tweets
11 Nov
Memilih objective yang tepat untuk Facebook / Instagram Ads.

(a thread) Image
Aku coba jelaskan satu per satu dari setiap menu ya. Kita mulai dari yang paling kiri : Awareness.

Namanya juga awareness, berarti masih tahap kenalan. Yang penting orang lihat aja dulu, kita nggak berharap mereka klik ke web / beli.

Kita akan bayar dengan CPM.
Yang pertama di Awareness adalah Brand Awareness.
Tujuannya biar orangnya inget dengan brand kita.

Bedanya dengan reach, FB / IG akan menampilkan iklan ke orang-orang terpilih yang interestnya lebih sesuai.

Secara kuantitas lebih sedikit, tapi secara kualitas lebih baik. Image
Read 16 tweets
14 Oct
Tools andalan untuk social media analytics, dari yang basic sampai advance.

(a thread)
1. Facebook Insights.
Ini fitur bawaan, gratis, tapi lengkap. Hanya untuk fanpages, nggak bisa buat profile.

Menu paling kepake : pages to watch di bagian bawah overview, fans, reach, posts, people.
2. Twitter Insights.
Buat tahu performances akun dan tweet kita. Dulu lebih lengkap lagi buat tahu profil audiens, tapi sekarang sudah nggak ada. Klik di menu sebelah kiri layar Twitter Web.
Read 14 tweets
13 Oct
Rumus-rumus (formula) penting di digital marketing.

(a thread)
CTR (Click Through Rate)
Persentase dari berapa kali dilihat ke berapa kali diklik.

Rumus : (Clicks dibagi impressions) * 100.

Diketahui : sebuah iklan dilihat 10.000 kali, diklik 100 kali.
Ditanya : CTR = ?
Dijawab : (100/10.000) * 100 = (1/100)*100 = 1%
CVR / CR (Conversion Rate)
Persentase dari berapa kali diklik ke berapa kali konversi.

Rumus : (Conversion dibagi clicks) * 100.

Diketahui : Ada 10.000 kunjungan ke website, tapi beli produk cuma 100.
Ditanya : CVR = ?
Dijawab : (100/10.000) * 100 = (1/100)*100 = 1%
Read 15 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!

Follow Us on Twitter!