Tentang Belajar Otodidak vs Belajar di Institusi Pendidikan Formal

Ini suatu penyederhanaan ya. Tapi biasanya, institusionalisasi atau ngeformalin sesuatu itu ada untuk menjaga/melanggengkan standar/nilai2 tertentu. Termasuk untuk belajar dan pendidikan.
Pertanyaan 1.

Bedanya belajar otodidak vs di lembaga formal.

Pertama. Esensi.
Kalo otodidak tuh bergantung pada disiplin diri, kemampuan kita untuk jadi resourceful dalam mempelajari sesuatu.

Kemampuan kita untuk mendesain pembelajaran, cara kita ngelakuin deliberate practice.
Itu nggak mudah. Belajar tanpa guru/mentor itu butuh usaha ekstra untuk melakukan self-correction, untuk ngevaluasi apakah yang kita pelajari sudah benar atau belum.

Kalo ada gurunya kan bisa dikoreksi.

Untuk bidang tertentu ada yang sangat mungkin dilakukan sendiri.
Ngoding misalnya, untuk melakukan evaluasi tentang codingannya fungsional ato nggak, ya bisa dibantu compiler, bisa di-run di server.

Tapi aspek2 lain tentang desain algoritma, clean code, mungkin butuh effort ekstra bagi kita dalam mengevaluasi.
Nah tapi kalo kita mau belajar dan praktek ilmu kedokteran, coba dibayangkan apakah bisa dilakukan otodidak?

Makanya, masuk ke poin berikutnya. Dalam menerapkan ilmu2 tersebut, kita berinteraksi dengan orang lain.

Jaman dulu sebelum terinstitusionalisasi mungkin ya sebatas
Kita belajar sama guru yang ahli dan dipercaya di masyarakat. Gurunya bilang ke orang2, "ni murid saya udah ahli", setelah si murid menjalani latihan dan dianggap sudah capable.

Lalu yaudah masyarakat terus percaya deh sama si orang ini (terlepas dari bidang/profesinya).
Makanya di agama2 juga ada proses semacam ini ada istilah silsilah keilmuan gitu kan. Orang berguru kepada seorang guru yang dulunya belajar dari seorang guru yang adalah muridnya seorang guru, dst. Dan ini guru2 yang dipercaya.

Cmn kondisi masyarakat berkembang.
Akhirnya dibikin supaya lebih standar. Jaman dulu kurikulum mungkin suka2 guru, disesuaikan dengan murid, sesuai kebutuhannya juga. Tapi ya skrg2 ini ada kurikulum, ada standar ujiannya.

Mekanisme jaminan bahwa ini orang ahli ya dikasih ijazah, sertifikasi profesi.
Nanti kalo ternyata kenapa2, ini orang terbukti gak capable, bisa aja ijazah/izin praktik dicabut.

Yang ngeluarin ijazah/izinnya sebuah institusi yang juga punya standar tertentu dalam menyeleksi guru2/mentor/dosennya. Institusi ini diatur negara juga. Jadi ada check & balance
Pertanyaan 1b. Apakah belajar secara otodidak bisa diperhitungkan?

Ya balik lagi, skillnya apa? Bidangnya apa? Bisa achieve level seberapa? Kalo orangnya pembelajar yang serius. Punya framework dalam belajar yang canggih, disiplin, dan bisa menunjukkan kompetensinya.
Balik lagi ke siapa yang menilainya nanti. Kalau kita mau kerja ya tergantung gimana cara calon tempat kerjanya nanti apa nilai2 dan standar yang dianut.

Gimana cara ngujinya? Open sama self-learner nggak, bisa ngujinya nggak?

Eh sori, itu udah pertanyaan kedua ya. Mirip2 sama 1b.

Intinya bisa diperhitungkan atau nggak adalah soal mengevaluasi hasil belajar otodidaknya ya.

Cmn tentunya ga semua ilmu bisa dievaluasi sendiri. Dan ga semua orang bs percaya dengan hasil evaluasi yg dilakukan sendiri.
Misalnya saya, struggling dengan mental health. Gak mungkin ujuk2 minta nasihat serius terkait kesehatan ke orang yang bukan psikiater/psikolog. Meskipun dia mau sejago/sejenius apa belajar sendiri juga pasti risikonya tinggi.

Ya standar ijazah/sertifikasi di bidang2 ilmu jg
Bukan jaminan, tapi memang tentunya ya meminimalisasi risiko bahwa orang ini gak capable untuk get the jobs done.

So, kaitannya dgn dunia kerja ya tergantung bidang profesinya dan tergantung standar yang dipunya perusahaan/institusi yang mempekerjakan.
Waktu saya habis resign S3, balik ke Indo.

Pernah maen ke sebuah startup, ketemu CEOnya (org luar), ngobrol2 bentar, dia nanya "Can you code?"

Terus tiba2 saya ditawarin pekerjaan jadi Machine Learning Engineer aja gt

Gitu doang. Baru kenal. Gak pake CV, tes, nunjukin ijazah.
Kayak di dunia bisnis juga, kan banyak pengusaha yang gak kuliah bisnis/manajemen.

Tapi ya biasanya orang percaya sama mereka karena ada semacam jaminan dari orang yang mereka percaya juga dan/atau si orang ini sudah nunjukin dia bisa nge-run bisnis.

Belajar bisnis itu jg kalo
mau serius rumit banget sih. Cmn kalo di dunia bisnis, belajar otodidak ini malah yang jadi kunci banget terlepas dari punya bekal business school atau nggak.

Belajarnya dari mentor2, buku2, jurnal ngeriset, dan eksperimen dalam bisnis untuk ngembangin teori ttg usahanya.
Ya jadi jgn dikira itu para business leader yang udah top, gak pusing buat belajar dan keep up dengan jaman.

Ya again, pertanyaan 2 tergantung kualitas dan level bermain juga. Tp suka ada gap juga antara yang ideal dan realita ya. Mungkin bisa tanya @hrdbacot utk realitasnya.
Pertanyaan 3.

Cerita intro singkat dulu. Salah satu peraih Nobel di bidang Fisika, Jack Kilby ikut menemukan IC chip pas dia baru awal masuk kerja di Texas Instrument. Jadi dia bukan profesor gitu ya.

(Cerita detailnya bs panjang soal ini sih)

nobelprize.org/prizes/physics…
Tapi memang Jack Kilby know how to do things. Punya gelar master. Juga.

Dia punya 50-an paten. Satu paten yang akhirnya mengantar ke Nobel Prize.

Dari invensi yg dia lakukan di dunia kerja ini, pernah juga Texas A&M Uni mempercayakan jg dia buat jadi Distinguished Professor.
Thomas Kuhn, itu terkenal sebagai filsuf. Karya fenomenalnya The Structure of Scientific Revolutions memperkenalkan istilah pergeseran paradigma (paradigm shift)

Pendidikan formal dia sebenernya di bidang fisika, tapi pas awal2 kerja di Harvard, dia punya kebebasan akademik
Hingga akhirnya mulai mengeksplor sejarah dan filsafat ilmu. Ya itu juga sebuah pergantian karir ya buat dia. Meski masih berkaitan.

Dan bisa dibilang karena sudah S3, Thomas Kuhn memang ngerti gimana metode mengarungi samudera pengetahuan yg luas

Kalo mau bikin postulat, teorema, hukum, dll yang bener ya harus diakui juga sama masyarakat ilmiah/komunitas akademik. Harus ada pertanggungjawabannya, metodenya.

Gak bisa saya asal2an bikin "teori Rousyan". Siapa yang mau pake? Ngeriset dan nulis jurnal/buku bisa dilakukan sih
Tapi, ukuran impact-nya sih dinilai dari apakah komunitas ilmiah akan menggunakan teori kita? Apakah postulat kita akan digunakan sebagai landasan teori bagi riset2 ilmuwan lainnya?

Kalo kita bikin teori2an di kehidupan sehari atau ngaku2 nemuin suatu rumus gitu bisa aja
Tapi kan gak real. Paling yang dukung ya fans2/follower twitter doang. Gak bener2 berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan/wawasan akademik umat manusia gitu.

Cuman selama komunitas ilmiah bisa menerima dan mengacu pada yg kita bikin, meski kita otodidak ya ga masalah
Kayak saya nih, meski S3 saya gak lulus. Saya ngerti cara bikin metode penelitian, cara mengarungi literatur ilmiah. Mau di bidang apapun, metode dasarnya sama.

Kalo one day sekedar mau bikin paper, atau kontribusi bagi perluasan ilmu pengetahuan, saya gak ngerasa butuh gelar.
But the thing is, riset dan inovasi, bikin kebaruan tuh gak semudah itu.

Nulisnya bisa. Tp gmn muatan kontennya?

Paper2 yang saya tulis selama S3 gak diterima oleh kalangan ilmiah gitu kan. Temuannya masih kurang.

Gak semudah itu ngelawan hukum alam dgn pikiran kita.
Ini ada hal2 yg saya catet dari dateng seminar oleh beberapa peraih Nobel Fisika. Mereka yang udah dewa banget aja masih ragu apakah suatu hari ilmu pengetahuan dapat terus berkembang.

Alam semesta penuh dengan misteri. Dan yang bisa kita lakukan adalah nyari model yg efektif.
Jadi kalo soal akademisi itu memang ada 2 hal:
1. Kita ngerti cara kerja riset dan perluasan wawasan akademik nggak?
2. Kita punya konten alias solusi dan problem yang ingin kits pecahkan ato nggak?

Nomer 1 tuh mungkin dipelajarin secara otodidak, tapi lagi2 gmn kualitasnya?
Kalo kita S3 tuh bener2 ditraining dengan detail soal metode penelitian, pola pikir, cara nulis.

Gak bisa asal2an nulis atau kayak debat kusir di twitter. Macem2 hal bener2 diulik sampe referensinya dengan detail.

Tpai ya again, kalo kita nemu cara ngelatih itu. Bukan ga mgkn.
Nah, nomer 2 ini yg susah. Yang butuh dedikasi serius di suatu bidang ilmu dan juga butuh inspirasi.

Inspirasi ini adalah pareto alias 80% dari dampak penelitian/inovasi kita.

Tapi inspirasi munculnya dari 99% perspirasi yang kita lakukan.

Dari kerja keras mendalami bidang ttt
Kalo kamu emang mau jadi akademisi ya ini justru praktek paling serius yg hrs dilakukan.

Gelar doktor tuh ibaratnya ya dapet SIM sebagai jaminan dia bisa nyetir kendaraan bernama riset.

Tapi ya belom tentu jago juga di bidangnya kl ga praktek. Praktek ini yg ngasilin penemuan.
Intinya sih bisa2 aja kita jadi akademisi di bidang yg kita geluti otodidak JIKa emang nanti bs meyakinkan komunitas akademik bahwa apa yang kita tawarkan itu bernilai.

Ini ada beberapa esai kalo kamu seriously consider untuk jadi peneliti.

Kalo saya sih buat saya pribadi skrg mikirnya esensinya aja.

Kalo nanti ada bidang yang saya suka banget dan memang menurut idealisme saya, apa yang saya temukan di situ bisa bernilai buat masyarakat. Pasti juga saya bakal nulis paper dan cari cara supaya itu barang diadopsi sih
Tapi saya gak menjadikan itu sebagai tujuan atau milestone.

Sekarang ini saya lagi fokus nyari aja, masalah apa yang sangat menarik buat saya, bermanfaat bagi masyarakat, dan saya punya senjata untuk mengatasinya.

Dan saya gak mau terpaku sama formalitas akademik dan gelar.
Saya ingin punya kebebasan berpikir seperti yang dialami Thomas Kuhn.

Jadi menurut saya fokus sama apa yang ingin kamu kerjakan aja sih nanti. Cari caranya. Belajar sungguh2. Berguru sungguh2 ke guru yang jago.

Gak harus formal. Tapi ya jalur formal tentunya lebih mudah.
Oh iya kalo sekedar buku ilmiah populer sih sangat mungkin ya. Saya juga kan nulis buku populer aja. Dari referensi2 yg udah ada ngemas frameworknya supaya mudah dicerna masyarakat umum.

Kalo ini genrenya lebih ke komunikasi sains bukan yg penelitian.

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh
 

Keep Current with CEO Pahamify

CEO Pahamify Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

  2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @inspirousyan

13 Feb
Sering.

Saya pernah IP semesternya satu koma.

Ngulang lebih dari 20 sks.

Habis itu ngejar lagi.

Sebenernya masih bs lulus 4 taun.

Tapi terus teledor, lupa ngurus kuliah tugas akhir.

Ngulang lagi deh, nambah 1 semester ambil matkul Tugas Akhir. Image
Cuman ya akhirnya IPK akhir saya masih di atas 3.2. Kalo di convert masih setara 2nd upper class sehingga masih bisa lanjut S3 tanpa S2.

Jadi pertama prinsipnya harus percaya dulu bahwa mau ketinggalan kayak apa, kalo kamu serius ngejar dengan strategi yang benar.. bakal bisa!
Cara saya ngejar. Paling gampang adalah, minta diajarin temen yang lebih pinter.

Problema saya waktu itu lebih ke males belajar banget dan belom ngerti cara belajar saya.

Gampang kedistrak kalo diajak nongkrong atau main game.
Read 11 tweets
9 Feb
CARA MENGEMBANGKAN MINDSET SUPAYA MAU TERUS BELAJAR

SUPAYA TERUS PENASARAN

SUPAYA STAY HUNGRY STAY FOOLISH
Mulai dari kesimpulan saya berdasarkan pengalaman pribadi dulu ya.

Entar dilanjut agak siangan.

Sekarang2 ini saya berkesimpulan bahwa ilmu tuh terlalu luas. Udah baca2 buku kayaknya masih kurang.

Satu kehidupan kayaknya gak cukup untuk mengarungi samudera ilmu pengetahuan.
Pertama, kita harus menyadari di era kita, informasi berkembang dengan eksponensial

Setiap menitnya ada 300-500 jam video diupload ke youtube.

Makanya orang yang gak bisa belajar, belajar melupakan, dan belajar kembali itu ibarat orang yang buta huruf

Read 26 tweets
9 Feb
Strugglingnya orang introvert.

Saya pun sampe sekarang kalo habis ngobrol sama orang

mau seseru apapun topiknya

nanti habis ngobrol bakal capek, pas kondisi mental lagi kurang fit, bahkan langsung butuh tidur.

Tapi ya sebagai pegiat startup itu hal yang gak terhindarkan.
Dulu mentor saya pernah bilang.

Ketika seseorang punya tujuan yang sangat penting, dia akan melakukan hal2 yang nggak dia banget.

Kekuatan tujuan bisa membuat kita keluar dari zona nyaman dan melakukan hal2 yang tidak sesuai dengan karakter kita.

Jadi akhirnya, saya pun
melatih otot sosial ini.

Awalnya canggung banget mau nginterview orang aja grogi. Apalagi kadang yang diinterview lebih tua, awal2 Pahamify berdiri pernah ada senior ITB yang beda angkatan 24 tahun bahkan.

Dateng ke acara2 investor atau event startup, saya ngerasa asing banget.
Read 14 tweets
5 Feb
Beragam mental block yang saya alami waktu dulu kelas XII SMA dan pola pikir/keyakinan yang saya install untuk menembusnya

hingga akhirnya diterima di STEI ITB dan Teknik Elektro UGM

A thread.
1. Ngerasa ga bisa masuk ITB karena berasal dari SMA yang minim sejarah masuk ITB

Taun sebelumnya dari SMA saya hanya ada 3 yang masuk ITB. 2 dari USM, 1 dari UTBK-nya.

Di sini adalah fokus bahwa ada kakak kelas yang pernah masuk ITB. Meskipun dikit.
Lalu ngelihat lagi cerita2 mereka yang dari SMA lebih terpencil dan berhasil juga masuk ITB.

Dulu ada istilah BTL. Batak Tembak Langsung. Orang2 yg nekat aja ngerantau ke Bandung padahal ga punya siapa2 di situ.

Kuncinya sih bukan tentang kita dari SMA mana, tapi upaya kita
Read 17 tweets
2 Feb
Beberapa hari ini twitter dan tiktok cukup ramai dengan seorang selebriti “yang terlihat grogi” saat memandu sebuah acara award di salah satu stasiun TV.

Sebenarnya wajar nggaksih kita grogi saat harus bicara di depan banyak orang?
Jawabannya adalah wajar banget kalo kita ngerasa grogi. Masalahnya kadang kita ga tau panggung kita bakalan besar atau nggak.

Selain itu, besar kecilnya panggung juga relatif ya

Jaman saya sekolah, presentasi di depan teman sekelas juga grogi kok.
Kalau saya rangkum, ada 3 prinsip yang bisa kita pakai ketika kita akan berkomunikasi di depan publik.

Menurut Bill McGowan dalam bukunya yang judulnya Pitch Perfect.

Buku ini selalu ikut sama saya ketika saya harus pitching ke berbagai macam orang. Image
Read 11 tweets
14 Jan
Kunci Manajemen Waktu:

1. Petakan waktumu selama ini buat apa aja
2. Analisis dan evaluasi
3. Bikin jadwal yang baru
4. Balik lagi ke 1

Ini contoh time mapping saya

Saya review The Effective Executive (Peter Drucker) bagian Know Thy Time: ImageImageImageImage
Memetakan waktu, berbeda dengan membuat jadwal ya.

Dengan memetakan waktu, kita bisa tau perbedaan waktu yang kita rencanakan vs realisasinya.

Jadi fokus di langkah nomer 1 ini lebih ke backtracking your time, bukan planning your time/scheduling

ImageImage
Pembagian 15 menit hanyalah pemodelan supaya lebih sederhana. Bisa jadi ada poin2 aktivitas yang tersebar. Tapi kita asumsikan saja total 1 menit, lalu kita taruh di slot

Kalau mau unit-nya 30 menit juga boleh. Intinya sih lebih baik dilakukan drpd tidak

Read 5 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!

Follow Us on Twitter!