Monopoly market merupakan situasi dimana hanya ada SATU unit perusahaan yg beroperasi di suatu market share.
Sedangkan menurut data @StatistaCharts di taun 2019 aja market share industri market global cukup merata seperti ini. Sehingga belum bisa dikategorikan sbg monopoli.
Sejauh yg kupahami, setidaknya ada dua cara sebuah perusahaan biar bisa jadi pelaku monopoli :
1. Hak eksklusif pemerintah 2. Merger dan Akuisisi
1. Hak eksklusif pemerintah
Pemerintah memberikan hak ekslusif kepada sebuah badan usaha tertentu untuk mengelola suatu barang dan jasa. Biasanya yg menyangkut hajat orang banyak.
Ini yg sering kita temui dalam BUMN, seperti : PLN, Pertamina, atau PT. KAI
2. Merger & akuisisi
Perusahaan A punya market share 40%.
Perusahaan B market share 30%.
Perusahaan C market share 20%.
Bayangkan kalo ketiga perusahaan itu merger jadi satu. Otomatis market share mereka jadi 90%. Hanya menyisakan 10% market share buat kompetitor saja.
Untuk menghabisi sisa 10% tersebut, perusahaan merger ini kemudian mulai perang harga.
Kasih promo besar-besaran sampe akhirnya kompetitor gulung tikar semua krna gak kuat bersaing modalnya. Resmi deh jadi pasar monopoli.
But wait... Is it really allowed??
Di Amerika, ada hukum yang disebut antitrust law. Hukum ini mengatur agar bisnis bisa berjalan dan bersaing dengan fair di open market.
Meski menolak praktek usaha ndak sehat, tapi ndak semua praktek monopoli dianggap illegal oleh hukum ini.
Maksudnya gimana?
Ketika sebuah perusahaan punya market share dominan karna kualitas produk mereka bagus dan diminati pasar, serta pada prakteknya ndak terlibat kolusi atau perjanjian tertentu, maka praktek ini legal.
Monopoli tercipta secara "alami" karna perusahaan unggul dlm persaingan bisnis.
Yang menjadi sorotan Free Trade Commision disana adalah ketika monopoli market dilakukan dengan sengaja. Seperti mergers dengan direct competitor misalnya.
Ini tentu akan berpengaruh pada perubahan market dan kemampuan persaingan diantara kompetitor yg tersisa.
Praktek seperti ini yang kemudian membuat persyaratan mergers gak bisa di acc sembarangan. Pihak pemerintah harus memastikan bahwa mergers itu tidak langsung mematikan persaingan di pasar.
Makanya saat Hybe akuisisi pledis dulu, itu harus dapet acc komisi free trade Korea juga.
Sehingga ini kemudian membuat praktek monopoli ndak semudah itu direalisasikan.
Salah satu legacy besar pak Habibie adalah saat beliau mengesahkan UU no. 5 tahun 1999 ttg larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.
Iklim bisnis idealnya emg harus fair.
Jadi kalo misal Hybe dianggap berupaya melakukan monopoli pasar gegara akuisisi Itacha Holdings, menurutku itu kekhawatiran yg berlebihan.
Kompetitor lain di market share industri musikgak kalah gede kok. Bahkan lebih kuat. Jadi masih sangat jauh buat dibilang monopoli pasar.
• • •
Missing some Tweet in this thread? You can try to
force a refresh
Aku bingung sama so called perusahaan gede yg mampu jor-joran bakar duit, mampu bikin acara eksklusif di TV, hingga kontrak brand ambassador artis korea, tapi gak bisa sediain fasilitas dan gaji layak buat karyawannya.
Mungkin lupa ada istilah yg disebut internal marketing.
INFRASTRUCTURE STIMULUS – Is It Playing An Important Role During Economic’s Recessions?
Thread ini kubuat menyikapi pro kontra project pemindahan ibu kota yg terus berjalan.
Disini aku pengen jelasin opiniku kenapa kok pemerintah bersikeras melanjutkan itu. 🍵
DISCLAIMER :
Sebelum thread ini dipelintir macem-macem sama si tangan jahil, aku perlu menegaskan sikapku menolak pemindahan ibu kota baru – setidaknya buat saat ini.
Aku melihat masih banyak sektor lain yg perlu perbaikan – seperti pemerataan fasilitas pendidikan di pelosok.
Lalu kenapa pemerintah bersikeras melanjutkan project ini meskipun kita masih dihantam krisis? Baik resesi ekonomi ataupun pandemi covid.
Disini kita akan ulas apa yg disebut dgn stimulus infrastruktur. Namun sebelum itu kita bedah dikit apa itu kebijakan moneter dan fiskal.
Quick tips khususnya buat yg baru pertamakali masuk dunia kerja.
Mungkin pada suatu titik Anda akan ketemu sama masalah yg bikin Anda pusing luar biasa. Hanya saja, ndak semua masalah itu bisa Anda ambil keputusan sendiri.
Ini yg kemudian menjadikan komunikasi sangat penting.
Beberapa orang takut ngasih laporan atau minta masukan ke atasan karna takut salah, misalnya. Takut dimarahi. Takut digoblok-goblokin krna gak bisa mikir sendiri.
Sehingga kemudian milih menyimpan rapat-rapat masalah itu dan ngambil keputusan sendiri.
Persoalannya adalah...... Biasanya itu ntar bikin masalah baru di kemudian hari.
Sebab gak semua hal bisa kita putuskan sendiri. Terlebih kalo persoalan itu menyangkut koordinasi dengan departemen lain.
Sehingga atasan perlu tau agar tidak terjadi miskomunikasi.
Dari kemarin rame soal Atuy Galon, sampai gak tau pemerintah Mesir mulai itung-itungan ganti rugi terkait insiden kapal Ever Given yg memblokade Terusan Suez.
Setelah kurang lebih seminggu, akhirnya kapal tersebut berhasil dibebaskan dan jalur mulai perlahan kembali normal.
Pihak pemerintah Mesir, Letjen Osama Rabie, kepada @AP mengatakan mereka akan melakukan negoisasi terkait financial settlement dengan Shoei Kisen Kaisha, owner dari kapal Ever Given.
Dia berharap negoisasi itu berjalan lancar tanpa harus ada gugatan ke pengadilan.
Rabie berpendapat kalo kasus ini sampe dibawa ke pengadilan, itu justru akan bikin perusahaan babak belur dibandingkan dengan penyelesaian baik-baik dengan pihak manajemen Terusan Suez.
Minggu lalu, Rabie mengatakan dia berharap kompensasi lebih dari $1 milliar dollar.