Profile picture
Muhammad Said Didu @saididu
, 42 tweets, 14 min read Read on Twitter
1. #inrfastruktur. Pengertian umum infrastruktur adalah fasilitas fisik dan sosial sebagai sarana dasar utk kegiatan ekonomi dan kehidupan oleh struktur sistem yang menggerakkan ekonomi dan kehidupan masyakat baik untuk publik/umum maupun swasta/privat
2. #infrastruktur. Berdasarkan fungsinya, infrastruktur dapat dibagi dalam 3 (tiga) kelompok, yaitu : 1) infrastruktur dasar, 2) infrastruktur perekonomian Negara, dan 3) infrastruktur komersial. Pemisahan tersebut berbeda-beda antara satu Negara dg Negara lain.
3. #infrastruktur. Infrastruktur dasar adalah infrastruktur yg umumnya dibutuhkan oleh rakyat paling bawah dalam kehidupan dan bekerja mencari nafkah seperti jalan desa, irigasi, puskesmas, pasar traditional dll.
4. #infrastruktur. Infrastruktur ekonomi adalah infrastruktur yg fungsinya sebagai sarana distribusi dan pergerakan manusia utk kegiatan ekonomi seperti jalan umum, pelabuhan non komersial, Bandara perintis non komersial, listrik, rumah sakit, sekolah dll
Termasuk listrik pedesaan
5. #infrastruktur. Bagi Negara berkembang, Pembangunan infrastruktur dasar dan infrastruktur ekonomi menjadi tanggung jawab penuh pemerintah, sementara untuk infrastruktur komersial dilaksanakan oleh badan usaha (BUMN atau swasta) dengan basis perhitungan komersial.
6. #infrastruktur. Makin kuat Keuangan suatu Negara maka makin sedikit jumlah infrastruktur komersial krn sebagian besar dibiayai oleh Negara. Sebaliknya bagi Negara yg keuangan pemerintahnya terbatas akan menyerahkan sebagian besar infrastruktur kepada badan usaha
7. #infrastruktur. Di banyak Negara yg kekuatan Keuangan negaranya kuat, kita menemukan banyak inftastruktur yg kualitasnya sangat bagus tetapi tidak berbayar. Sebaliknya bagi Negara yg ingin pembangunan infrastruktur cepat tapi tdk punya cukup dana maka diberikan ke badan usaha
8. #infrastrukstur. Bagi Negara Yang basis ekonominya adalah Industri manufaktur dan perdagangan strategi pembangunan infratrukturnya berbeda dengan Negara seperti Indonesia yg basis ekonominya adalah pertanian
9. #infrastrutur. Pembangunan infrastruktur komersial tantangannya tidak sebesar dg Pembangunan infrastruktur dasar dan infrastruktur ekonomi seperti jalan Tol, Bandara Komersial, Pelabuhan komersial, pembangkit listrik komersial, pasar modern/mall, rumah sakit komersial dll
10. #infrastruktur. Pembangunan infrastruktur komersial yg umumnya diserahkan kepada badan usaha, peran utama pemerintah hanya pada kebijakan - tdk tmsk dana. Sementara kalau utk infrastruktur dasar dan infrastruktur ekonomi selain kebijakan juga harus menyediakan dana.
11. #infrastruktur. Untuk meningkatkan daya Tarik badan usaha membangun infrastruktur komersial agar menjadi cepat maka cukup pemerintah memperlonggar kebijakan tarif agar menjadi layak maka investor akan masuk - tapi akan meningkatkan beban rakyat jika tarifnya mahal
12. #infrastruktur. Cara lain untuk mempercepat Pembangunan infrastruktur komersial adalah meningkatkan subsidi atau “menugaskan” ke BUMN untuk membangun dan resiko kerugiaanya ditanggung oleh BUMN di kemudian hari dan akan menjadi beban pemerintahan berikutnya
13. #infrastruktur. Jika dilihat bobot beratnya tantangan dalam membangun infrastruktur maka yg memiliki bobot keberhasilan tertinggi adalah yg berhasil membangun infrastruktur dasar, diikuti oleh infrastruktur ekonomi dan yg terendah adalah infrastruktur komersial
14. #infrastruktur. Hal yang terpenting dalam menentukan strategi Pembangunan infrastruktur adalah sumber pembiayaan. Jika sumber pembiayaan salah maka infrastruktur yang diharapkan meningkatkan efesiensi dan daya saing justru bisa terjadi sebaliknya - akan menjadi beban
15. #infrastruktur. Idealnya infrastruktur tidak dibebani target pengembalian modal secara langsung, tetap dikembalikan melalui pajak dari hasil aktivitas ekonomi yg menggunakan infrastruktur tersebut - kecuali infrastruktur yg memang dirancang secara komersial
16. #infrastruktur. Semakin banyak infrastruktur komersial di suatu Negara akan memiliki daya saing yg lebih rendah dibandingkan dengan Negara yg sebagian besar infrastrukturnya non komersial. Artinya kita harus berhati-hati membangun infrastruktur komersial agar tdk jadi beban
17. #infrastruktur. Penentuan pilihan Pembangujab infrastruktur selalu bagaikan membahas mana duluan ayam dengan telur. Ada pihak yg katakan bangun dulu infrastruktur maka investor akan datang, sebaliknya ada yg katakan undang dulu investor baru kita bangun infrastruktur
18. #infrastruktur. Semua pendapat tersebut punya alasan. Tapi bagi perumus kebijakan akan melihat kasus per kasus, apalagi Negara seperti Indonesia yg karakteristiknya berbeda-beda maka akan dibutuhkan kebijakan yang berbeda-beda.
19. #infrastruktur. Untuk meningkatkan daya saing dari pembangunan infrastruktur maka sejauh mungkin menghindari sumber pembiayaan Yang murni komersial dan jangka pendek krn pengembalian modal dari bisnis infrastruktur umumnya marjin kecil yg konstan dan jangka panjang
20. #infrastruktur. Untuk infrastruktur dasar sebaiknya menggunakan sumber dana APBN murni kalaupun pinjaman harus dg pinjaman lunak berbungan sangat rendah. Sumber dana seperti inilah yg digunakan saat thn 70 - 80 an membangun irigasi, puskesmas, Sekolah dll
21. #infrastruktur. Sumber pembiayaan untuk infrastruktur ekonomi sebaiknya dari sumber APBN atau pinjaman berbunga rendah dengan waktu pengembalian Yang panjang
22. #infrastruktur. Sumber pembiayaan infrastruktur komersial harus berasal dari dana komersial berbunga rendah dengan waktu pengembalian yg lama. Jika tidak maka infrastruktur tersebut akan menjadi beban ekonomi - bukan meningkatkan daya saing
23. #infrastruktur. Indikator kebijakan yang digunakan dalam menentukan kapan infrastruktur dibangun. Untuk infrastruktur dasar, di mana ada manusia hidup atau utk keamanan Negara maka infrastruktur dasar harus dibangun. Infrastruktur ekonomi dibangun utk gerakkan ekonomi rakyat
24. #infrastruktur. Untuk infrastruktuk komersial spt jalan Tol, Bandara dan Pelabuhan komersial, Kereta api kemersial, maka faktor penentunya adalah study kelayakan masing-masing infrastruktur tersebut. Jika menyimpang dari study kelayakan tapi dipaksakan maka bisa jadi beban
25. #infrastruktur. Kelayakan infrastruktur komersial sangat ditentukan oleh : 1) besaran investasi, 2) sumber pembiayaan, 3) waktu konsesi, 4) jumlah pengguna/konsumen, dan 5) besarnya tarif yg dibayar konsumen. Butir 3 dan 5 merupakan kebijakan pemerintah
26. #infrastruktur. Cara mempercepat pembangunan infrastruktur ekonomi adalah : 1) buat kebijakan agar infrastruktur tersebut menarik bagi investor dg perpanjang waktu konsesi dan menaikkan tarif, atau 2) “tugaskan” ke BUMN walaupun tidak layak. Sepertinya cara 2) banyak dipilih
27. #infrastruktur. Memaksakan infrastruktur komersial atau infrastruktur ekonomi diselesaikan secara cepat adalah tidak salah selama bisa dipastikan bhw percepatan tersebut tidak menyebabkan naiknya beban Yang harus dibayar. Sekali lagi kelayakan harus jadi pertimbangan
28. #infrastruktur. Jika dilihat dari sisi Kewenangan dan kepemilikan, infrastruktur yg dimiliki dan dikuasai oleh pemerintah adlh infrastruktur dasar dan infrastruktur ekonomi. Sementara infrastruktur komersial menjadi “milik” investor yg menang tender sampai habis masa konsesi
30. #infrastruktur. Karena infrastruktur komersial adalah “milik” badan usaha maka jika pemerintah meresmikan infrastruktur komersial seperti jalan Tol itu adalah sekedar kehadiran pemerintah pada peresmian proyek badan usaha - bukan peresmian proyek pemerintah
31. #infrastruktur. Adalah tdk salah kebijakan pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur selama kemampuan pembiayaan mencukupi sesuai dengan Yang ditargetkal dalam RPJMN
32. #infrastruktur. Ada 3 hal yang meleset dari rencana sehingga terjadi gangguan pembiayaan infrastruktur, yaitu : 1) melesetnya pertumbuhan ekonomi, 2) melesetnya target penerimaan Negara, dan 3) kurang tertariknya investor berinvestasi ke sektor infrastruktur.
33. #infrastruktur. Akibat melesetnya rencana tersebut maka sebagian besar infrastruktur ekonomi dialihkan menjadi “penugasan” ke BUMN. Kebijakan tsb tdk salah asal tdk membebani BUMN ke depan krn tidak layak. Kalau tdk layak maka pemerintah hrs tunduk pada UU BUMN (pasal 66)
34. #infrastruktur. Kebijakan menugaskan ke BUMN utk menangani infrastruktur komersial yang tidak layak secara ekonomi bisa saja dilakukan dg cara memberikan insentif agar menjadi layak, seperti pada Awal pemerintahan dg memberikan penyertaan modal Negara - tp kbjkn tsb berhenti
35. #infrastruktur. Terhadap infrastruktur yang sudah jadi tapi diperkirakan akan menghadapi kesulitan untuk bisa beroperasi berlanjut seperti Kereta api Bandara, LRT di Palembang dll agar dicarikan Kebijakan dan insentif agar ke depan tdk menjadi mangkrak
36. #infrastuktur. Terhadap proyek Yang belum terlalu dibutuhkan seperti Kereta api Makassar - Pare2, kereta api lintas Kalimantan dan Kereta Api Papua hendaknya ditunda saja dulu krn keterbatasan kemampuan Keuangan Negara.
37. #infrastruktur. Sambil mempercepat pembangunan infrstruktur komersial hendaknya tdk dilupakan infrastruktur dasar dan infrastruktur ekonomi. Karena infrastruktur ini yg akan langsung mendorong ekonomi rakyat dan berdampak ganda
38. #infrastruktur. Semua pihak sepakat bawah untuk memajukan suatu Negara maka dibutuhkan infrastruktur yang handal-masalahnya hanyalah pada pilihan prioritas dibalik keterbatasan kemampuan pembiayaan. Prioritas manapun yg dipilih adalah sah tapi publiklah yg menilai hasilnya
39. #infrastruktur. Setiap pemerintahan punya prioritas yg bisa saja berbeda. Dalam hal infrastruktur tujuannya harus sama yaitu menaikkan daya saing ekonomi lewat efesiensi dlm banyak hal serta meningkatkan kenyamanan. Tapi jika strateginya tidak tepat maka bisa tjd sebaliknya
50. #infrastruktur. Demikian kultwit saya sebagai bahan diskusi krn saya blm tentu benar.
Jika ingin belajar bagaimana membangun infrastruktur scr tepat daranglah ke Markas ManCity di Etihad dan hasilnya terlihat nyata City makin hebat.
Selamat malam
Maaf tertulis infrastruktur ekonomi. Maksudnya infrastruktur komersial
#infrastruktur koreksi nomor 33
33. #infrastruktur. Akibat melesetnya rencana tersebut maka sebagian besar infrastruktur komersial menjadi “penugasan” ke BUMN. Kebijakan tsb tdk salah asal tdk membebani BUMN ke depan krn tidak layak. Kalau tdk layak maka hrs sesuai dg UU BUMN
Missing some Tweet in this thread?
You can try to force a refresh.

Like this thread? Get email updates or save it to PDF!

Subscribe to Muhammad Said Didu
Profile picture

Get real-time email alerts when new unrolls are available from this author!

This content may be removed anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member and get exclusive features!

Premium member ($30.00/year)

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!