, 41 tweets, 15 min read
Nunggu agak malem ya..

#malamselasakliwon
Masih dalam lingkup "Mbah bongkok" ya, ini kejadian tahun 2018 akhir, sekitar pertengahan bulan desember, saya denger langsung dari orang yang mengalaminnya, Sebut saja mas "Ranto" #mbahbongkok
Ranto (30th) nama disamarkan, adalah penduduk di desa tsb, singkat cerita, karena terjerat kasus kriminal, di tahun 2015 Ranto harus menjalani hukuman penjara selama 3 tahun. Sampe akhrinya Ranto bebas di akhir bulan november 2018 #mbahbongkok
Setelah bebas & pulang ke desa, Ranto memilih untuk bekerja di ladang peninggalan orang tuanya, btw Ranto belum nikah & dia hidup dengan kakeknya, kedua orang tuannya bekerja di malaysia #mbahbongkok
Karena 3thn di penjara, otomatis Ranto ketinggalan informasi dong, tentang apa yg terjadi di desanya, & emang dia orangnya acuh, gak suka nanya2 sih #mbahbongkok
Walaupun Ranto bisa dibilang urakan, tapi dia mudah iba terhadap keadaan orang lain, terbukti dia punya kedekatan emosional dengan mbah rusman (mbah bongkok) #mbahbongkok
3 tahun yg lalu, sebelum Ranto masuk bui, dia sering sekali menyempatkan diri ke rumah mbah rusman, sekedar tegur sapa atau memberi makanan setiap dia pergi ke ladang, kebetulan jalan terdekat menuju ladangnya melewati rumah mbah rusman #mbahbongkok
Singkat cerita, sepulang dari bui, di hari pertamanya dia pergi ke ladang, jam 6 pagi, di perjalanan dia melewati rumah mbah rusman dia terhenti, dia lihat tidak ada yg berubah, hanya pintu masih tertutup, " ah mungkin mbah rus masih tidur"- #mbahbongkok
Dia pun mengurungkan niatnya untuk mampir, "Nanti saja habis dari sawah" batinya, diapun ke sawah melakukan aktivitasnya, di jam 9 pagi, dia terhenti, karena perut mulai keroncongan, diapun berjalan pulang untuk sarapan #mbahbongkok
Ketika perjalanan pulang, dia melihat mbah bongkok sedang duduk "Kekaring" ( berjemur)di kursi depan rumahnya, karena lama tak bertemu, Ranto menyapa " Mbah rus.. Pripun kabare sehat to?" sambil dia berjalan mendekatinya #mbahbongkok
Seperti orang pikun pada umumnya, mbah rus cuma mengerutkan dahi dan berkata "Sopo le?" (siapa km nak), kulo Ranto mbah sembari dia memajukan tangannya untuk berjabat tangan #mbahbongkok
Rantopun mengulangi kalimatnya sambil menjabat tangan, "Pripun mbah rus Kabaripun?" sehat to?, sosok itu menjawab "yo ngene iki le, narimo ing pandum" (ya begini ini nak, menerima kenyataan) #mbahbongkok
"Estu sehat mbah?(beneran sehat mbh?" ranto bertanya lagi, "kok astane asrep sanget" (kok tanganya dingin banget) sosok itu menjawab, wes rapopo!! Sambil melepaskan jabatan tangannya secara tiba2 #mbahbongkok
👨: Ranto
👴: Mbah Rusman (mbah bongkok)
#mbahbongkok

👨: Sampun sarapan mbah?(Sudah sarapan mbah?)

👴: Wes, uwes Gampang, rene2 njagong (Sudang, sante aja sini duduk *basa basinya orang jawa*) #mbahbongkok
👨: Mboten mbah, kulo tak wangsul riyin, mangkih tak dugekke sekul purun nggih mbah.. (nggak mbah, saya mau pulang dulu, nanti tak kasih nasi mau ya mbah)

👴:YOHHH KONO!!!!

Dengan nada meninggi, rantopun senyum, karena sudah maklum dengan tabiat mbah rus #mbahbongkok
Kelarin ini malam nggak nih #mbahbongkok
--Bersambung dulu ya--
Rantopun pulang dan sarapan, setelahnya dibawalah beberapa ketela rebus, nasi, sayur, kopi dan gula.. Untuk di berikan ke mbah rusman pikirnya.. #mbahbongkok
Ranto berangkat lagi ke ladang, sembari membawa bekal yg sudah di kemas tadi..bakal mbah rusman, sesampainya di rumah mbah rus, ranto sedikit heran #mbahbongkok
Pasalnya rumah mbah rus tampak sepi pintu terkunci, akhirnya makanan itu dia letakkan saja di depan pintu gubug mbah rusman itu dan berjalan ke ladang untuk melanjutkan perkerjaannya #mbahbongkok
Hari sudah mulai siang, adzan dzuhur terdengar, ranto bergegas pergi ke "mbelik" (kamar mandi umum yg biasanya ada di desa) untuk mandi dan berwudhu. #mbahbongkok
Setelah itu ranto mengeluarkan sarung dan sajadah, tidak seperti dulu, karena setelah keluar dari penjara Ranto agak sedikit malu untuk salat berjama'h di masjid #mbahbongkok
Rantopun memilih untuk salat di gubuk semi permanen yg ada di dekat ladangnya, dia mencoba salat dengan kusyuk, sampe akhirnya di raka'at ke 3, dia merasa ada seseorang di belakangnya #mbahbongkok
Diapun mencoba menyelesaikan salatnya dulu, setelah selesai.. Benar saja ada mbah rus sedang duduk dengan membelakangi,

👨: Walah tak kiro sinten mbah... (saya kira siapa), sampun dangu mbah ? (Udah lama mbah)

👴: Ho.o iki nang (iya ini nak)
#mbahbongkok
👴: Suwun ya nang pakanane, (makasih ya nak makananya)

👨: Halah mbah sante mawon, namung sekedik kok (halah santai aja mbah, hanya sedikit kok)

👴: yowis aku tak mulih sek yo nang (yaudah aku pulang dulu ya nak)

👨: nggih mbah, ngatos-atos (ya mbah hati-hati)
#mbahbongkok
Mbah rus pun berjalan pelan, membungkuk dengan tongkat di tangan kanannya.. dan hilang di rimbun pohon bambu #mbahbongkok
Rantopun melanjutkan pekerjaannya, hingga sore hari tiba sekitar jam 4an, dia berkemas dan berjalan pulang, pas sampe di depan rumah mbah rus, ranto bingung #mbahbongkok
Melihat plastik makanannya masih ada di depan pintu rumah mbah rus, dan yg lebih mengagetkan lagi, tadi Gubug yg terlihat tertutup dan bersih, berubah menjadi rangka2 bambu, tanpa atap, dan penuh ilalang #mbahbongkok
Dia seperti tidak percaya, dia mencoba untuk mendekat, dan memang itu rumah mbah rusman tapi dengan tampilan yg berbeda, perasaan ranto mulai tak enak #mbahbongkok
Dia takut, dengan setengah berlari dia berjalan pulang kerumahnya, sesampainya di rumah, ranto langsung bertanya kpd neneknya.. "Mbah,.... Mbah rus ki saiki manggon ningdi to?" (sekarang mbah rus tinggal dimana?) #mbahbongkok
Hussss... Nenek ranto memotong pembicaraan, "Rusman kui wes mati, 2 taun kepungkur, ngendat ning omahe" (Rusman itu sudah mati 2 th yg lalu, gantung diri di rumahnya) #mbahbongkok
Rantopun linglung mendengar jawaban itu, tapi dia mencoba tidak menceritakannya, dengan gugup dia menjawab "Oohh ngggononya mbah" (oh gitu ya mbah) #mbahbongkok
Ranto tak bisa tidur malam itu, dan bertanya2 dalam hati, siapa tadi yg ngobrol di rumah mbah rus, siapa tadi yg ngucapin terimakasih sehabis salat.. Kalo mbah bongkok (mbah rusman) sudah meninggal gantung diri 2 tahun yang lalu?? #mbahbongkok
Waktu menunjukkan jam 01 dini hari, Ranto masih tak bisa tidur, sambil mendengarkan radio, Ranto mencoba menalar kejadian siang tadi, jujur baru pertama kali dalam seumur hidupnya mengalami kejadian yg tidak bisa di terima akal sehat #mbahbongkok
Tiba2 di luar terdengar suara langkah kaki, langkahnya pelan.. Sedikit di seret "Srekkk...Srekk...Srekkk" dia mengecilkan volume radio.. Suara itu hilang.. Saat dia besarkan lagi.. Suara itu muncul lagi.. "Srekkk...srekkk...srekkk" #mbahbongkok
Suaranya semakin jelas dekat Jendela.. Rantopun mencoba memberanikan diri mengintip dengan menyingkap tirai jendelanya seukuran satu matanya.. Dia lihat.. #mbahbongkok
Seperti ada sesosok yg berjalan di jalan setapak samping rumahnya.. Sosok itu semakin mendekat..semakin jelass... Sekitar 5 meter dari jarak pandangnya.. Ranto benar2 kaget.. Sosok itu adalah mbah rusman.. Alias mbah bongkok.. #mbahbongkok #malamjumat
Semakin dekat, seakan tidak menyadari bahwa Ranto sedang mengintipnya.. Semakin dekat.. Sampai tepat depan jendela... Sosok mbah bongkok itu berhenti #mbahbongkok #malamjumat
Seakan tau ada ranto di balik jendela, sosok itu menoleh, melebarkan matanya dengan senyum menyeringai..ranto terhentak ke lantai.. Dan pingsan #mbahbongkok #malamjumat
Baru keesokan harinya dia sadar tidur di lantai.. SELESAI

Ini kejadian nyata yg di alami Oleh mas "Ranto" (nama samaran) tentang teror dari Sosok yg menyerupai mbah rusman atau mbah bongkok.. #mbahbongkok #malamjumat
Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh.

Enjoying this thread?

Keep Current with 👁

Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Follow Us on Twitter!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!


This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!