KISAH MISTIS PENDAKIAN
GUNUNG PAPANDAYAN

@bacahorror #bacahorror
Oke dulur kali ini Thread tentang pendakian gunung lagi hehe, seperti biasa sambil nunggu rame aku mulai abis magrib ya
Yuu mulai
Cerita ini kiriman dari Anik januarti. Akun instagramnya ; (@anikjanuarti)
Saya lupa itu tanggal berapa yg pasti itu bulan juli tahun kemarin 2019. Saya dan ketiga teman saya sebut saja SM, M, dan S, awalnya kami mau mendaki ke gunung merbabu sudah simaksi online juga karna beruhubung waktu dan biaya kami pas²an maklum namanya juga mahasiswa.
Awalnya saya mengusulkan ke gunung Cikuray saja tapi teman saya SM dan M (sepasang kekasih) sudah mendaki kesana jadi kami ganti gunung saja, berhubung si S temen saya belum pernah sama sekali naik gunung si SM mengusulkan ke gn Papandayan saja,
selain treknya enak banyak bonus bagus juga buat S karna kami fikir dia baru pertama kali naik gunung, takutnya kalau dibawa ke gunung yg trek nya lumayan susah dia bakal kaget, makannya kami pilih gn papandayan ini sekalian niat kami latihan mau ke semeru (tapi gajadi wkwk).
Setalah fix tujuan kami ke gn Papandayan kami persiapkanlah dari mulai logisitik peralatan pribadi dan kelompok semuanya sudah beres tinggal dipacking.
Pas hari H nya sudah ada kejanggalan kami ketinggalan bis Arah Serang-garut, akhirnya kami nunggu sampe jam tujuhan yang targetnya jam 4 sudah berangkat malah jam setengah 8 baru berangkat,
pas di tol cikarangnya macet total lagi sekitar 3jam kejebak macet karna waktu itu mungkin ada proyek perjalanan juga, yang seharusnya kami tiba jam 1 atau jam 2 malem akhirnya tiba di terminal Garut jam 6,
kami mandi bersih² dan sarapan dulu dari sini saya mulai ada yang aneh gatau kenapa tiba² mood berubah sampe ngerasa males banget buat naek gunung gatau kenapa tapi memang aga kesel juga sih karna pacar saya (skrg dah jadi mantan) gajadi ikut mungkin karna itu juga wkwk.
Akhirnya kami naik mobil semacem mobil elf atau apa gitu lupa lagi barengan sama anak jakarta juga sampe ke bc, saya gatau lupa lagi sama yang barengan sama saya dan temen²,
namanya yg pasti mereka sering nyebut nama wulan mungkin nama wulan itu gadis pujaan mereka wkwk btw yang barengan sama saya itu semuanya laki² ber6.
Sampailah kami di pasar cisurupan kami sewa mobil pickup ber10 Sama orang² jakarta itu, dalam perjalanan kami ketawa² seneng² karna emang mereka lucu sih,
buat abang² yang ngerasa pernah barengan sama saya dan temen² saya naik kepapandayan semoga kalian dalam keadaan baik yaa salam dari saya.
Pas dalam perjalanan ke bc pemandangannya bagus, jalanannya tikungan tajam mana menanjak terus disitu perasaan saya sudah gakaruan lagi ada hawa ga enak juga sih, akhirnya kami tiba di bc lalu kami simaksi packing ulang beli air buat bekal diperjalanan.
Setelah packing kami ber4 melanjutkan pendakian karna abang² dari jakarta itu masih sebat sama santuy malah ada yang tidur dulu, kami mulai pendakian skitar jam 10an lah,
tak lupa baca doa terlebih dahulu dan saya dalam hati berdoa dan meminta izin " saya disini cuma mau mendaki tidak ada niatan apapun" dalam hati saya bicara begitu.
Baru saja mendaki digerbang nya saya sudah merasa berat sekali carier saya, kaya bawa orang dewasa aja padahal cuma bawa alat, bekal pribadi, tenda dan 3 botol air yang gede itu.
Bener² rasanya pundak saya sakit sekali padahal sebelum²nya saya mendaki gapernah begini bawa bebannya perasaan ini gaterlalu berat tapi ini bener² berat sekali, sampe² setiap jalan 10 menit 5menitnya istirahat seperrti itu terus.
Cuaca panas matahri bener2 cerahnya dan banyak juga pendaki dan orang² yang berlibur kegunung ini memang waktu itu weekend juga sih.
Pas nyampe pos berapa saya lupa yang pasti warung sebelum jembatan yang bawahnya sumber air itu, kami makan dulu dan minum karna bener2 lapar juga hehe, setelah selesai makan saya bawa lagi carier saya disini mulai kejadian yg bener² aneh buat saya,
tiba² saya mual pusing bgt sampe pucat, carier semakin berat karna saya sudah gakuat akhirnya si SM ini bawain carier saya. Isitrahat sbentar lalu lanjut lagi, ternyata pundak saya masih berat bgt rasanya tapi saya langsung baca² doa,
setlah baca doa pundak dan mual saya sudah mereda, saya dan temen² lanjut lagi jalan pas udah nyampe jembatan itu hawanya beda dingin anginnya beda Tapi saya bilang kediri saya mungkin itu cuma perasaan saya saja.
Pas arah jalur pendakian aga sedikir turun, itu ke bawah lalu ada tanjakan disitu saya merasa sperti ada yang memperhatikan kami dibalik popohonan tapi saya abaikan.
Karna saya lambat jalannya saya dan S ditinggal duluan sama SM dan M mereka duluan, selama dijalur pendakian kami sempat bertemu dengan beberapa pendaki yang turun tapi setelah itu suasana sepi bgt cuma kedenger suara burung doang.
Pas sampe di jalan bebatuan itu yang mau arah camp apa yah saya lupa lagi hehe pokonya jalannya yg ngeliling gitu terus disitu sambil isitrahat, pokonya udah lambat jalannya banyak istirahat pula saya ini,
lalu saya tanya ke mas² yang mau turun "mas camp seladah masih jauh ga" dia jawab " ga mbak bentar lagi 10 menit lagi 2 belokan lagi lah" iyaah dua belokan kanan sama kiri ternnyata masih aga jauh 😩,
akhirnya nyampe dicamp pertama katanya disitu bagus sunrise nya kita berunding mau lanjut atau mau camp disitu, kita sepakat buat Ke camp seladah. Nah disini mau menuju puncak seremnya hehe, pas mau kecamp seladah kan lewatin hutan itu kan gelap juga,
karna temen saya yg pacaran ini udh duluan jalannya dan saya sama si S ini lambat jalannya banyak istirhatnya, kita istirahat lah disitu duduk ada beberapa pendaki yang lewat juga sih,
sekitar ashar kalau ga salah kita lanjut lagi, terus istirahat lagi saya duduk menghadap kekiri, kalau dari arah pendakian dibelakannya ini hutan gelap bgt sumpah.
Saya lagi mau ambil madu dicarier tiba² ada suara ketawa percis dibelakang saya suara ketawa wanita, melengking pula. Lalu saya ajaklah temen saya buat lanjut jalan lagi,
saya bilang "yu lanjut lagi keburu sore" padahal karna takut doang saya gabilang ketemen saya takut nanti dia malah takut juga. Nah pas saya berdiri liat langit tiba² gelap bgt kek mau ujan kabut juga ada didepan aneh padahal sebelum duduk cuacanya cerah bgt dari bc juga,
kenapa pas saya dnger suara itu dan pas berdiri mau lanjut lagi malah mendung ada kabut pula. Akhirnya saya sampe dicamp seladah dan ketemu temen saya mereka ternyata nungguin kita katanya kenapa lama amat pdahal kita galama² bgt tapi yaudahlah mungkin itu cuma perasaan.
Sebelum bikin tenda kita foto² dulu hehe, bikin tenda udah beres tiba² rombongan dari jakarta itu yang bareng kami nyampe, mereka bikin tenda nya sebelahan terus saya lupa mereka minta apa yah ke kelompok,
kami itu tapi gatau lupa terus dikasih karna ngerasa kalau digunung itu semuanya sodara wkwk
Udah gitu kita masak² makan galupa nawarin ke abang² rombongan yg bareng kami malah kita aga maksa gitu ajak makan wkwk tapi mereka nolak.
Nah saya dan M ini mau mandi bersih² juga jam stngah 6 berisih² juga karna bajunya pasti keringetan takut kena hipo, si M ini lagi haid gaes tapi kenapa saya yg diganggu wkwk, salahnya saya ga ambil wudhu lupa mau balik lagi sumeh euy wkwk waktu itu yah,
akhirnya saya ga sholat magrib, salahnya lagi saya malah tidur magrib² karna capek juga, tiba2 saya kebagun jam 8 dan bangunin temen saya buat minta kerok maklum orang indonesia kalau gadikerok pas sakit gimana gitu wkwk,
saya tidur lagi karna badan bener² ga enak ngerasa dingin banget, saya pake lagi baju doble 4 malah kaos kaki 3 doble, pake sb juga pokonya kedinginan bgt bener² mau hypo itumah padahal saya gapernah gini sebelum²nya kalau naek gunung.
lalu temen saya gatidud buat jagain saya karna takut saya kenapa² malah mau bawa saya ke bale disitu, saya nolak tapi bener² dingin kaya dikutub padahal saya belum pernah ke kutub sih hehe,
pokonya saya gatau tidur gatau engga, setengah sadar gitu saya mimpi mau kekamar mandi tapi sendiri ga di anter, jalan lah saya ke belakang tenda, disitu rame bgt pendaki tapi anehnya wajah mereka pucat gangomong apa2,
tapi ada banyak suara riuh orang² gitu, terus saya liat ada wanita pake baju putih selutut senyum kesaya mukanya pucat dia senyum kaya yg bahagia gitu, tapi anehnya senyumannya sayu gitu tatapannya kesaya cuma kosong tatapannya,
dia ngelambai-lambain tangan ke saya suruh saya ikut dia bilang sini sinii suaranya lirih kebawa angin pas saya mau ngelangkah tiba² pundak saya ditepuk sama si SM dia bilang " mau kemana Jangan ikut dia hayu ke tenda lagi".
Nah pas udah gitu saya bangun liat temen saya tidur trus saya bangunin gatau kenapa pokonya saya takut aja makannua saya bangunin temen saya juga yg didepan karna kita bikin 2 tenda, disitu saya emg masih ngerasa dingin tapi gaseparah yg tadi,
gasmpe disitu keanehannya pas buat air hangat mau buat teh tiba² airnya tumpah gatau kenapa, akhirnya saya tidur saya berfikir kenapa yah ko tadi mimpi gitu ada apa terus saya sblum tidur lagi bilang dihati saya "klau saya ada salah saya minta maaf tolong jangan ganggu saya"
galupa juga saya baca surat² pendek dan ayatkursi akhirnya saya bisa tidur juga. Ga sampe situ juga kejadian aneh lainnya masih neror saya pas paginya mau summit eh malah kebablasan jam 8 baru summit ke hutan mati niatnya mau liat sunrise malah tidur wkwk,
nah pas summit kita foto2 dulu di hutan mati pokonya foto2 lah ceria lagi padahal semalem kata temen saya, saya banyak ngelamun dan diam hehe, nah pas dijalan mau balik ke tenda karna saya jalan duluan sendirian sambil nunggu temen2 saya sambil duduk.
duduk tiba² saya liat orang dari kejauhan pendaki mungkin masuk ke hutan yang udah dibatesin itu, saya heran kok dia berani masuk situ tapi anehnya pendaki itu cepet bgt lewatnya ah mungkin itu halusinasi saya,
setelah itu tiba² ada bapak2 pendaki juga sama anak sama istrinya juga dia nepuk pundak saya bilang "mbak jangan melamun ga baik" padahal saya lagi merhatiin orang tadi kemana gitu, terus saya nanya ke bapak² itu "pak itu tali buat apa yah ko kaya dibatesin gitu kata saya"
trs bapak itu ngejawab "kurang tau mbak mungkin itu batas camp atau ga kita gaboleh masuk kesitu mungkin".
Galama temen saya datang lalh istirahat lagi, pas sebelum ke tenda foto2 lagi di edelweis karna baru kali ini saya mendaki liat edelweis, sebelumnya saya blm pernah liat lagi bukan musimnya juga wkwk.
Udah nyampe di tenda kita Msak2 dan makan terus beresin tenda packing buat pulang galupa kita ngajak ke rombongan dari jkt buat bareng lagi, tapi kata mereka "Tunggu di bc saja" Akhirnya kami turun tapi kali ini truunya lewat jalur hutan mati,
saya nyaranin karna saya trauma juga kalau hrus lewat hutan itu lagi, lagian treck ini bagus juga enak ada tangga alesan saya ke temen2 saya, akhirnya kami turun selama turun alhamdulillah lancar jaya wkwk
Itu foto kami wkwk pas mau turun kalau ga salah
Setelah sampe bc ceritalah saya ke mereka karna pantang juga kalau cerita bgitu tapi masih diatas, pas saya cerita dihutan sblm camp seladah cuaca mendung kan, trus kata temen saya jawab sama sekali gamendung ga ada kabut juga kan aneh hmm
Akhirnya saya baru ngeuh atau baru tau gituu kenapa saya diganggu padahal saya galagi haid malah temen saya yg lagi haid sama sekali ga diganggu, mungkin alasannya karena saya :
1. Saya ke gunung itu separo pake uang semesteran dulu (tapi keganti yah ngumpulin dari jajan) yg seharusnya saya harus bayarin malah dipake dulu.
2. Kondisi badan lagi ga fit gampang capek, dan sama sekali ga pemanasan dulu seminggu sblm pendakian.
3. Waktu itu saya mau UTS malah lebih milih ikut susulan karna mau masuk juga badan saya capek dan gabelajar juga karna nyampe serang aja jam 3 pagi itu.
Buat kalian yang mau mendaki gunung jangan pake uang panas yah wkwk pokonya uangnya harus bener² uang sendiri uang hasil kerja atau ngumpulin atau lebih baik jujur minta ke ortu,
mungkin itu jadi alesan kenapa saya diganggu karna mereka gasetuju sedari awal saya ga jujur hehe(end)
Sekian thread kali ini semoga dapat diambil muatan baiknya dan dibuang muatan buruknya. Jangan takut untuk mencoba mendaki gunung asal peralatan safety,teman berpengalaman dan mental yang kuat dijamin pendakian aman. Dan jangan lupa jaga sopan santun di Gunung/hutan tersebut.
Bro buat kalian yang suka ngeliat suka tentang pendakian gunung, cek lah youtube saya ini tentang video dokumentasi saya mendaki gunung dan menceritakan tentang kisah horor juga. Jangan lupa subscribe ya

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh

Keep Current with Rama KomaruZaman🇮🇩

Rama KomaruZaman🇮🇩 Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @RamaKomaruzamn

22 Oct

DENDAM TEMAN AYAH

A THREAD⠀

@bacahorror #bacahorror
Halo dulur, cerita kali ini mistis santet lagi . Seperti biasa saya up.abis magrib ya sambil nunggu rame
Read 47 tweets
19 Oct

DISANTET 3 KALI

@bacahorror #bacahorror Image
Halo dulur, mungkin kali ini bukan mistis digunung lagi ya tapi ini ga kalah seru dan seremnya ko. Seperti biasa saya up.abis magrib ya sambil nunggu rame
Read 102 tweets
15 Oct

MISTERI RATU SILUMAN DAN PENGUASA GUNUNG BURANGRANG

@bacahorror #bacahorror Image
Halo dulurr seperti biasa #malamjumat kali ini ya ga lengkap kalo ga baca threadku tentang mistis pendakian ini. Karena mepet ke magrib aku mulai abis magrib ya sambil nunggu rame.
Read 71 tweets
8 Oct

CERITA MISTIS PENDAKIAN GUNUNG SALAK
"DESA BANGBAYANG"

@bacahorror #bacahorror Image
Oke seperti biasa #malamjumat saya update thread tentang pendakian gunung.
Sambil nunggu rame saya mulai abis magrib ya
Read 102 tweets
5 Oct

PENDAKIAN MISTIS GUNUNG ARJUNO
"NAMAKU DEWI"

A THREAD⠀⠀

@bacahorror #bacahorror
Oke kali ini thread tentang mistis pendakian gunung arjuno
Seperti biasa saya mulai abis magrib ya sambil nunggu rame
Read 85 tweets
1 Oct

PENDAKIAN MISTIS
GUNUNG KERINCI

⠀A THREAD

Cerita bersumber dari instagram : Exploregunung_
Dan narasumber Instagram : (@buruhbirokrasi)
Karena tanggung magrib aku up abis magrib ya, titip-titip dulu aja hehe
Read 54 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!

This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!