GANGGUAN JENGLOT
PENDAKIAN GUNUNG SALAK

@bacahorror #bacahorror
Halo dulur selamat #malamjumat , cerita kali ini adalah cerita mistis pendakian gunung salak. Mungkin sudah tidak aneh lagi mistis gunung salak. Seperti biasa sambil nunggu rame, aku up abis magrib ya
Yuu mulai
Cerita ini kiriman dari Fitria FA (Akun instagramnya : (@fitriafa2) dia juga yang pernah mengirimkan cerita mistis hantu muka berlumut

GUNUNG SALAK VIA CIDAHU

Assalamualaikum, guys kenalin nama aku fitria kali ini aku bakalan berbagi cerita ke kalian tentang pendakian ku ke gunung salak , konon katanya disana sering dijadikan tempat pembuangan ilmu ilmu begituan yang nambah gunung salak tambah angker,
apa lagi setelah kejadian jatuh nya pesawat sukhoi waktu 2012 dan menewaskan semua penumpang nya termasuk pilot.
Rumah ku tidak terlalu jauh dari gunung salak jadi aku hapal betul bagaimana gunung ini dari mulai mitos, larangan, dan lain lain nyaa tentang gunung salak ini, 2019 waktu itu aku baru pulang dari pkl baru saja rebahan,
tiba tiba ada notif datang dari teman aku sebut aja mang aldi, karena umur nya lebih tua dari aku dia bilang kalo dia mau mendaki ke gunung salak hari sabtu nanti, dan kebetulan aku disitu udah lama banget gak nanjak karena fokus pkl, akhirnya aku sepakat buat ikut ,
akhirnya kita digrup diskusi tentang hal apa saja yang harus dibawa dan yang lainnya, menginjak hari-2H anggota makin berkurang yang ikut, karena berbagai alasan dari yang gak di izinin ortu, gak libur kerja dan yang lain nya.
Akhirnya kita yang ikut Cuma 9 orang nih 7 cwo dan 2 cwe , dan aku belum pada kenal kesemuanya its oke entar bisa kenalan hehe, menginjak -1H, tepatnya hari jumat mang aldi selaku yang bertanggung jawab disitu ngasih tau bahwa sore harus udah kumpul di rumah nya edwin di daerah-
-parungkuda, disitu aku bingung karena aku pulang sekolah malem karena harus eskul dulu, akhirnya aku minta izin buat berangkat pagi dari rumah ke tempat kumpul yaitu dirumah si edwin, akhirnya mereka ngeiyain.
Malam hari sempat turun hujan deras banget, sampe kepikiran acara muncak besok, sempet sih mikir juga treak nya kalo udah diguyur hujan uhh kek nya mantep banget, malam itu tanpa sadar aku ketiduran dan aku pun gak paham ini mimpi atau bukan aku ngerasa badan aku kek ketindihan-
-begitu lalu kek ada suara cwo di telinga aku ngomong “ zzzzzzzzzzzzzz” gak jelas begitu tapi gak ngeliatin wujud nya Cuma suara aja, disitu mau minta tolong gak bisa ngomong, mau lari juga gak bisa gerak, akhirnya aku baca doa lumayan lama juga dan akhirnya aku ketiduran lagi.
Aku kebangun jam 2 malam ternyata masih gerimis, tarik selimut lagi Bangun lagi jam 4 lalu si edwin nge vc nyuruh cepetan kesitu karenaa si risma gak ada temen dirumah si edwin.
Akhirnya pagi pagi banget aku berangkat, kira kira jam 6 aku berangkat, karena gak tau rumah nya edwin akhirnya aku nunggu di pinggir jalan minta dijemput karena takut nyasar,
dan gak berapa lama akhirnya edwin jemput tuh sama si andre dan ketika sampai rumah edwin aku pikir semuanya udah pada siap ternyata masih ada yang tidur hehehe...
Akhirnya kita prepare disitu dan sesudah itu kita berangkat jam 8 pagi ke daerah cidahu karena akan nanjak via cidahu , aku duduk bersebelahan dengan risma, risma ini dia dari sukabumi kota selabintana, dan dia kesini sama andre,
berhubung nama andre ada 2 aku sebut andre { teman risma } dan bang andre [teman mang aldi}.
Oke sebelum sampai pintu masuk java naspa, mobil udah gak bisa nanjak tuh akhirnya kita diturunin ditanjakan deket parkiran bawah lumayan jauh sih dari pintu masuk,
baru aja nanjak segitu belum apa apa badan udah loyo karena lupa gak pemanasan {olahraga} karena bulan itu bener bener sibuk banget.
Akhirnya kita sampai loket bawah tuh buat registrasi kita nanjak 9 orang ganjil lagi, trus kata penjaga nya katanya kalo ada apa apa langsung turun, aku masih ingat waktu itu pertengahan november dan sedang musim hujan, yasudah perjalanan pun kembali dilanjut,
kita jalan ke atas dan ketemu warung, disitu kita semua makan karbohidrat dengan karbohidrat, dan sekitar jam 11 siang kita baru sampai gerbang menuju Taman Nasional Gunung Halimun Salak.
Sebelum pendakian dimulai kita semua baca doa tuh disitu, begitu menginjakan kaki di dalam gerbang tiba tiba mata burem kek minus tiba tiba begitu, aku sholawat dalem hati, baru aja beberapa meter dari jembatan kayu “fitriiiiii” di telinga sebelah kanan,
sontak aku tengok ku kira ada orang yang jalan di pinggir sebelah kanan ku, ternyata teman teman yang lain berjalan di sebelah kiri ku, dan aku berjalan paling kanan dan di pinggir ku Cuma pohon pohon, akhirnya aku bicara pada edwin,
dan edwin malah bilang ke mang aldi akhirnya disitu aku dengerin musik pakai headset. Kita istirahat tuh sebelum nyampe kawah karena dari pintu gerbang sampai kawah itu jarak nya 2,6 km gak tau 2,7km aku lupa.
Disitu semua duduk tuh tapi tiba tiba mang aldi malah bilang “istighfar yo” sontak semua pada lihat ke arah ku, buat mencairkan suasana akhirnya kita ngobrol tuh bikin teh bikin kopi buat sekedar menghilangkan haus dan kata edwin dan sultan,
diatas gak ada sumber air cuma disini sumber air yang tersisa, akhirnya kita bawa air disitu dan kebetulan aku bawa botol pribadi ,
sempat beberapa kali berpapasan dengan pendaki yang akan turun dan kita pun sempat menanyakan tentang keadaan diatas, sampai kawah kita berhenti buat istirahat lagi.
PUNCAK 5 KM papan penanda disebelah jalan menuju ke atas , disitu hati udah gak karuan udah ragu, gelisah pula takut terjadi sesuatu karena sebelum nya aku udah pernah baca cerita tentang sekelompok anak SMA dari jakarta yang hilang di gunung salak.
Tiba-tiba aja aku disitu dapet haid, waduh udah setengah jalan tanggung sempet kesel juga , akhirnya aku berbisik dengan risma dan ternyata risma juga lagi dapet “aku bawa lebih teh” akhirnya aku disitu udah gak terlalu panik dan aku juga udah bilang sama mang aldi.
Kita mempercepat langkah buat sampai puncak karena takut kemaleman,
tak terasa sudah pukul 3 sore masih belum sampai pos bayang karena via cidahu gak pake pos Cuma pake HM seperti kertas yang ditempelkan di pohon-pohon penanda supaya kita gak tersesat dan adanya setiap 100 meter sekali.
kita istirahat lagi sambil foto foto, dan aku tiba tiba liat di kaki nya andre ada yang hitam sontak aku bilang “ itu pacet “ tadinya andre mau tarik itu pacet supaya lepas tapi saya disitu kasih arahan jangan ditarik nanti kulitnya yang digigit bolong.
Tiba tiba edwin nyeletuk bahwa liat muka aku pucet banget kek mayat dan andre pun keliatan sakit karen malem kehujanan pas dijalan menuju rumah si edwin.
Lalu kami berhenti disitu, akhirnya mang aldi buat keputusan, supaya sebagian ada yang sampai pos bayangan duluan buat bikin tenda, gak mungkin juga kita maksa buat sampai puncak, akhirnya sultan, risma dan mang andre duluan,
kemudian disusul dengan edwin, mang andre dan amran (tapi aku nyebutnya santri ).
Aku pikir anak anak yang lain akan ngejemput kita, waktu itu aku masih ingat hampir jam 5 sore , dan aku, mang aldi dan andre masih berada di tanjakan curam yang naik nya harus menggunakan tali , sambil menunggu yang lain jemput, kita disitu istirahat.
tapi di rasa rasa gak mungkin yang lain jemput kita, akhirnya aku ber3 ngelanjutin perjalanan lagi, disitu aku masih ingat hampir maghrib berpapasan dengan 3 pendaki cowok yang akan turun, dan bilang kalo temennya nunggu diatas, sontak kita semangat,
sambil lihat kanan kiri track yang kita lewati batu berlumut dan akar pohon, mataku menangkap sosok seperti boneka kayu, seperti sedang mengamati kita ber3 yang sedang lewat, di celah batu itu matanya hitam dan aku terus terusan memperhatikan sosok itu,
Bentar ya makan dulu hehe
tiba tiba dia merangkak pergi, aku masih bengong
“tong ngalamun yo”(jangan ngelamun) suara mang aldi mengagetkanku, aku istighfar masih agak merinding sih, itu apa? Apa bener itu jenglot.
dan kita berada di ririmbunan pohon dan denger suara orang manggil dari atas, “wooyyyyyyyyyyyyyyyyyy” lalu sontak kita ber3 nyaut “oyyyyyyyy” ternyata itu suaranya si edwin dari atas tanjakan, lalu mang aldi nyuruh aku sama andre buat nyamperin edwin,
sedangkan mang aldi istirahat ditempat karena bawa tas kayak nya berat banget, dengan ragu aku cepat cepat samperin edwin buat nyuruh nolongin mang aldi, baru saja sampai tanjakan mang gondrong bilang “bawa minyak angin gak? Lalieur euy (pusing)”
baru aja mau aku jawab tapi semua udah pada kebawah buat nolong mang aldi, akhirnya kita maghriban disitu, ngopi dan masak mie dipinggir jurang sambil liat sunset kabut wkwkwk
“urang ditinggalkeun gera sorangan bari culang cileung sieun meong, ku budak 2”( aku di tinggal-
sendiri takut hewan buas, sama anak 2) kata mang aldi
“dih, lain na tadi nitah nyampeurkeun nu di luhur, ngomong atuh ari sieun, jadi tadi nitah si andre”(dih bukannya tadi nyuruh nyamperin yang diatas, bilang dong kalo takut, jadi Cuma nyuruh andre) jawabku
masak mie di cangkang nya 1 untuk 6 orang, kebayang nikmatnya,
“jigana anu itu can narepi da ka pos bayangan” (kayak nya rombongan yang pertama belum pada sampe ke pos bayangan).
“ges we lah ngecamp di darieu,landai ieuh, tenda aya, kompor didieu kabeh, logistik aya” (udah aja camp disini, landai ini, tenda ada, kompor ada disini semua, logistik ada)
“ngan itu ripuh meren eweuh kompor jeung ngopi” (itu mungkin gak ada kompor buat ngopi)
Akhirnya disitu kita prepare lagi karena mau lanjut buat jalan lagi,
“yo make jaket tiris” (yo pake jaket dingin) kata mang aldi
“yaAllah poho teu mawa, da teu tiris mang”( yaAllah lupa gak bawa, lagian gak dingin) jawabku
“ ieu we make nu urang teh”(ini pake yang aku aja ka) kata edwin
Akhirnya semua keluarin senter dan headlamp, dan buat formasi masing masing, edwin di depan lalu amran, aku lalu andre, mang aldi, lalu paling belakang mang gondrong,
lupa itu diselter berapa aku ngedenger suara anak ayam, walau pun itu burung, tapi aku hafal banget itu bukan suara burung karena sebelum nya akun udah pernah denger suara miss K pas suaranya mernyerupai anak ayam,
disitu aku kek dijaga banget sama yang lain, ya karena aku satu satu nya perempuan.
Lalu di treak yang hanya sebadan dan kanan kirinya jurang, disitu aku lihat ada 2 buah cahaya dari balik pohon tapi bulat, dalam hati udah punya firasat itu hewan buas semacam harimau atau panter, disitu aku gak berani liat kanan kiri, gak berani liat ke atas,
fokus liat senter yang aku sorot ke bawah, dan alhamdulillah kita juga masih bisa denger suara adzan isya dari bawah dan liat pemandangan lampu lampu dari rumah penduduk dibawah di jurang sebelah kanan.
“ yo tong ngalamun” (jangan ngelamun) mang aldi nyeletuk lagi yang tadinya suasana asik karena ngobrol jadi diem dieman kek orang musuhan hehe
Dan alhamdulillah kita sampai di pos bayangan sekitar jam 8-9 malem.
Disitu kita nyari tenda mereka dan alhamdulillah ketemu,
“sugan teh kompor teh aya na tas 1, padahal aya na tas amang nyah kabeh”(kirain kompor ada di tas 1, padahal di tas mang semua) kata sultan.
“tadi na mah arek ngecamp dihandap, ngan teu jadi”(tadi nya mau camp dibawah tapi gak jadi) kata mang aldi
“bieu ge nginjem ka tatangga kompor mah, jeung ngopi da gas na mah aya”(barusan juga pinjem kompor ke tetangga buat ngopi soalnyan kalo gas ada). Jawab sultan
“risma, cape gak? Tidur duluan yuk” ucapku
“lumayan, hehe,ayo”
Aku cepat cepat masuk tenda ganti pakaian bareng risma
“ hey eta cwe kaluar hela tenda rek diputer keun” ( itu cwe keluar dulu tenda nya mau di puterin)
Akhirnya kita keluar nunggu para cwo bangun tenda
tadi botol eteh di alungken ku abi na tanjakan” (tadi botol di lempar sma aku pas ditanjakan) sontak aku kaget si santri ngomng kayak gitu, karena itu bukan botol minum aku punya ponakan dirumah yang masih kecil hehe
Akhirnya aku sama risma disitu masuk tenda duluan tiduran, aku paling pojok dan risma disebelahku, sedangkan para cowo lagi pada ngobrol diluar, gak kerasa aku ketiduran dan dibangunin sekitar jam 10an sama mang andre buat makan, aku cuma melek trus tidur lagi sama hal nya risma.
Aku kebangun waktu itu karena ada bunyi dari alarm jam ku, tapi gak tau dimana jam ku waktu itu tertindih kaki risma disebelahku, karena posisi kita tidur di tenda itu kaki ketemu kepala begitulah, pas aku lihat ternyata baru jam 3 pagi,
dan diluar rame banget karena angin lagi kenceng kenceng nya niup dedaunan, akhirnya aku tidur kembali dengan badan menghadap kaki risma yang tergulung sleepingbag, baru saja menutup mata tiba tiba ada yang pegang leherku dari belakang lalu naik ke telinga, halus banget dingin,
sumpah waktu itu aku diem, sempet mikir ini apa? Demit apa sebangsa jin lagi jail sama aku, lalu aku pelan pelan pegang leher belakang aku sama telinga tadi, merinding langsung badan jadi panas, jantung juga jadi degdegan banget, mau bangunin risma tadi gak enak,
baru ngeuh ada yang tidur sebelah risma cowo ber2 tapi gak kelihatan muka nya, akhirnya aku istighfar baca doa, sholawat dan balik ke hadap tenda dengan membelakangi kaki risma, hati udah gak karuan banget yang barusan masih berasa,
disitu pikiran udah kotor banget mikir macam macam, akhirnya aku baca baca doa yang udah di bekelin sama ortu aku sebelum berangkat baca alfatihah 3x, annas 3x, alfalaq 3x, alahab 3x, dan al ikhlas3x lalu baca ayat kursi,
disitu aku baca doa sambil merem dan badan dalam keadaan terentang, gak kerasa aku tidur lagi.
Lalu gak lama ada suara alamr dari hp ku pikir ku mungkin udah jam 4 soalnya aku dirumah denger alarm hp ku jam segitu,
Tiba tiba ada sesuatu yang merayap di area kaki ku seperti tangan halus jari jari halus, lembut dan dingin, di area atas lutut hingga bawah, aku bangun dan aku bangun masih merasa angin dingin itu pegang betis ku akhirnya aku disitu duduk menyingkap semua yang aku pake,
tapi tidak ada apa apa, gada serangga satu pun disitu keringet udah banjir banget, akhirnya terpaksa aku bangunin orang yang tidur di pinggir risma yaitu si edwin.
“win hudang win, pindah lah kadieu ka sisi, edwin(win bangun pindah kesini ke pinggir). Sambil bangunin si edwin.
“naon sih ker genah genah sare haneut’(apa sih lagi enak enak tidur anget)
Akhirnya edwin mau juga aku bujuk, aku juga masih takut, tapi aku orang nya jail, aku ajak ngobrol aja si edwin biar ada temen hehe
“win ieu saha nu sare deket sleting”(itu siapa yang tidur deket sleting)
“mmmm... mang andre”
“win ngadenge teu? Aya anu gugurusuakan kana tas” ( win denger gak? Ada yang berisik kena tas )
“mmm ngalindur maneh mah”(mmm kamu ngelindur)
“win itu diluhur tenda naon hurung” (win itu di atas tenda apa ko nyala sih)
“..............”
“win?”
Padahal waktu itu sumpah demi apa pun aku jadi paranoid di tenda karena liat boneka kayu pas aku liat di celah batu pas sore itu ada di atas tenda, karena tenda yang aku pake itu atas nya jaring jaring jadi bisa liat ke atas, akhluk itu matanya nyala berwarna kuning redup,
aku masih bisa lihat jari tangan nya kecil tapi kukunya panjang, sambil membuka mulut sedang ngomong apa aku gak tau, disitu aku dalam keadaan terlentang dan mata mengarah keatas ke makhluk itu.
“ edwin win hudang win, ieu tempo diluhur aya naon”(win bangun liat sini ke atas ada apa)
“naon deui sih aing mah tunduh ge, ges lah, maneh mah ngalindur”( apa lagi sih, ngantuk juga, udahlah, kamu ngelindur)
“ henteu win tempo hela kadieu”(nggk win liat dulu sini )
Tiba tiba kek ada dorongan dari luar nabrak tenda, pas di tas yang aku pake buat bantalan kepala.
“ Brruuuuuukkkkkk bruuuukkkkkkkk”
“win, aya babi win” sontak aku langsung ngomong gitu
Edwin kayak nya denger suara itu walau pun gak pake bantalan tas buat kepala nya.
“heeh babi, risma awas ma aya babi diluhureun, mana logistik jeung sangu diluar deuih”(iya babi, risma awas ada babi diatas, mana logistik sma nasi ada diluar lagi)
Nah disitu lah baru si edwin keluar tenda buat mastiin logistik kita aman dari babi, dan ditenda sebelah, kebayang 5 cwo tidur setenda himpit himpitan mana kedenger ada yang ngedengkur, tapi kata edwin gak ada tanda tanda ada babi, logistik masih utuh, tenda juga gak bolong,
gak ada jejak kakinya lagi. Aku disitu kaget lalu kalo bukan babi tadi apa yang dorong tenda dari luar ? demit? Orang jatoh?
Disitu dari tenda sebelah udah kedengeran alarm dan tenda orang lain pun udah pada siap buat summit ke atas.
Akhirnya semua prepare nih buat summit tapi aku gak ikut, aku mang aldi, mang andre dan amran gak ikut karena jagain tenda alesan nya, saat mang aldi bikin kopi aku duduk disebalahnya
“ mang tadi subuh ada yang pegang pegang betis aku pas tidur”
“ wahh si edwin eta mah” (wah si edwin itu)
“ aya naon aya naon ? “ (ada apaan)
“ aya nu ngaraba raba si tayo cenah pas sare tadi sabuh” ( ada yang ngeraba raba si tayo pas tidur tadi subuh)
“ wah si edwin eta mah” (wah si edwin itu)
“ heeh si edwin mana si edwin “ (iya si edwin itu, mana si edwin)
“ edwin tanggung jawab win budak batur dikumaha keun” ( edwin tanggung jawab win anak orang kamu apain)
Haduhh sempet nyesel juga udah cerita kek gitu ke mang aldi jadi rame kan.
“ yaAllah teu dinanaon mang si eta mah ngalindur” ( gak di apa apain mang ngelindur dia)
“hayu mangkatlah”
Berangkatlah mereka yang mau summit ber 5 , disitu kita ber 4 masih ngomongin yang ngeraba raba aku itu, sempet aneh juga sih kenapa yang lain pada nyalahin si edwin padahal kan pas aku bangun yang pegang betis ku itu bukan edwin dan aku masih lihat edwin lagi tidur,
dahlah disitu aku masuk tenda dan tidur lagi sedangkan yang lain pada masak dan ngopi diluar tenda.
Gak kerasa aku dibangunin mang andre disuruh buat makan,
katanya nyicipin masakan nya miedog sama nasi yaudah aku makan lumayan enak sih masakan cwo kalo lagi di gunung hehe gak tau aku nya yang laperr.
Udah makan lanjut tidur lagi hehe baru aja tidur, anak anak yang summit udah pada pulang sekitar jam setengah10an.
pada cerita tuh katanya deket ke puncak Cuma 1km lah lebih, Mereka sempet ketemu sama Rombongan orang bogor katanya mereka pas mau summit kehilangan hp 3 ditenda, dan kata nya risma jatuh pas mau sampe puncak.
Oke disitu kita semua Prepare tuh, air yang kita punya Cuma nyisa 1 botol lagi dan harus cukup sampe bawah oke akhirnya kita turun kira” jam 11 siang, gak ada kendala pas kita turun aman aman aja tapi pas dijalan yang kanan kirinya batu besar berlumut tempat aku lihat makhluk-
-kayu itu aku sempat was was sih liat kanan kiri tiba tiba “ sreeetttt bruggggg” aku jatoh salah pijakan kaki karna licin, aku gak tau yang lain liat atau nggk , semua yang aku pake kotor kena lumpur. Gak kerasa Sampai lah kita ditreak yang menggunakan tali.
“ mana botol teh ning gak ada” ( mana botol aku, ko gak ada)
“ padahal wadul, aya na tas na si edwin” ( padahal boong ada ditas si edwin)
“ yaampun bisa bisanya santri bohong”
Disitu kita saling tunggu satu sama lain gak kerasa udah jam 2 aja tapi kita blm sampe kawah ratu, risma , edwin dan mang andre duluan karena jalan nya cepet banget disitu aku udah gak kuat kaki kek mati rasa dan aku minta semuanya buat break.
Oke akhirnya kita break disitu Sekitar 10 menitan, yang lain malah ke enakan tiduran karna dapet landaj akhirnya kita disitu hampir 30 menitan
Gak kerasa pelan pelan jalan kita udah sampe kawah,
dan salah satu dari cwo ngajak buat ke kawah sekedar foto foto tapi mang aldi tolak karena alesan nya waktu, akhirnya kita semua sampe juga di gerbang pintu masuk sekitar jam 4 sore, disitu banyak banget anak pramuka yang lagi ngadain acara
“ alhamdulillah”
“ kembali ke peradaban”
Disitu kita ritual foto foto tuh buat kenangan, dan ngelanjutin jalan kebawah , dan kita ketemu toilet dibawah dibekaa warung yang kita pesen makan kemaren,
disitu kita bersih bersih tuh gak kerasa udah jam setengah 5 kita akhirnya cepet cepet kebawah karena udah di tungguin sama mobil yang kemaren nganterin kita.
Diperjalanan kita sempet ngobrol ngobrol sih tentang kejadian tadi diatas tentang insiden meraba raba itu, aku sempat ingat ortu udah masukin garem di dalem tas dan inget pesan nya “ kalo ada apa apa lempar pake garem, jangan lupa baca doa” yaAllah segitu pelupa nya aku.
Dan kini dimobil hening karena semua tidur mungkin karena cape. Di pom bensin daerah cicurug akhirnya mang gondrong sama amran si santri turun lalu pamitan karena rumah nya dibogor,
akhirnya kita semua turun di gang rumah nya si edwin dan mang aldi sama mang andre pamitan juga karena langsung berangkat ke bekasi soalnya besok langsung kerja, aku pun pamitan risma dan andre pun sama kita disitu pulang,
aku turun dari angkot di daerah cibadak sedangkan risma dan andre masih harus menempuh perjalanan ke sukabumi kota dengan hujan yang turun dikala senja.
Cerita kami mungkin hanya akan jadi Ulasan garis perpisahan yang entah kapan akan kumpul kembali tapi smesta tau kapan kami harus kumpul dengan 1 mie instan yang jadi penyambung nyawa dikala raga singgah,
rindu yang berkecandu entah kapan bertemu, semoga yang Maha Kuasa dapat mempertemukan kita kembali.
Tetap jaga norma dan ucapan bila ada di tempat baru karena kita tak pernah tau ada apa di tempat itu, tetap jaga kesehatan,
tetap safeti dan terlebih bawa sampah mu turun kembali, assalamualaikum tunggu Thread selanjutnya yaa..(end)
Sekian thread kali ini semoga dapat diambil muatan baiknya dan dibuang muatan buruknya. Jangan takut untuk mencoba mendaki gunung asal peralatan safety,teman berpengalaman dan mental yang kuat dijamin pendakian aman. Dan jangan lupa jaga sopan santun di Gunung/hutan tersebut.
Bro buat kalian yang suka ngeliat suka tentang pendakian gunung, cek lah youtube saya ini tentang video dokumentasi saya mendaki gunung dan menceritakan tentang kisah horor juga. Jangan lupa subscribe ya

• • •

Missing some Tweet in this thread? You can try to force a refresh

Keep Current with Rama KomaruZaman🇮🇩

Rama KomaruZaman🇮🇩 Profile picture

Stay in touch and get notified when new unrolls are available from this author!

Read all threads

This Thread may be Removed Anytime!

PDF

Twitter may remove this content at anytime! Save it as PDF for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video
  1. Follow @ThreadReaderApp to mention us!

2. From a Twitter thread mention us with a keyword "unroll"
@threadreaderapp unroll

Practice here first or read more on our help page!

More from @RamaKomaruzamn

26 Oct

KISAH MISTIS PENDAKIAN
GUNUNG PAPANDAYAN

@bacahorror #bacahorror
Oke dulur kali ini Thread tentang pendakian gunung lagi hehe, seperti biasa sambil nunggu rame aku mulai abis magrib ya
Read 62 tweets
22 Oct

DENDAM TEMAN AYAH

A THREAD⠀

@bacahorror #bacahorror
Halo dulur, cerita kali ini mistis santet lagi . Seperti biasa saya up.abis magrib ya sambil nunggu rame
Read 47 tweets
19 Oct

DISANTET 3 KALI

@bacahorror #bacahorror Image
Halo dulur, mungkin kali ini bukan mistis digunung lagi ya tapi ini ga kalah seru dan seremnya ko. Seperti biasa saya up.abis magrib ya sambil nunggu rame
Read 102 tweets
15 Oct

MISTERI RATU SILUMAN DAN PENGUASA GUNUNG BURANGRANG

@bacahorror #bacahorror Image
Halo dulurr seperti biasa #malamjumat kali ini ya ga lengkap kalo ga baca threadku tentang mistis pendakian ini. Karena mepet ke magrib aku mulai abis magrib ya sambil nunggu rame.
Read 71 tweets
8 Oct

CERITA MISTIS PENDAKIAN GUNUNG SALAK
"DESA BANGBAYANG"

@bacahorror #bacahorror Image
Oke seperti biasa #malamjumat saya update thread tentang pendakian gunung.
Sambil nunggu rame saya mulai abis magrib ya
Read 102 tweets
5 Oct

PENDAKIAN MISTIS GUNUNG ARJUNO
"NAMAKU DEWI"

A THREAD⠀⠀

@bacahorror #bacahorror
Oke kali ini thread tentang mistis pendakian gunung arjuno
Seperti biasa saya mulai abis magrib ya sambil nunggu rame
Read 85 tweets

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!

This site is made by just two indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3/month or $30/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!