, 56 tweets, 20 min read Read on Twitter
Mau cerita2 tentang pengalaman aku liburan Living On Board (LOB) alias tinggal di kapal selama 4 hari di Labuan Bajo, Flores kemarin ah. Mumpung masih euforia (dan berasa oleng) 😆 ⛵
⚓ a thread ⚓
Jadi gue & temen2 geng dugong gue tiap taun selalu traveling bareng, biasanya kalo ga ke daerah pegunungan ya ke pantai/laut. Taun lalu, kami merencanakan buat liburan ke Labuan Bajo. Iya, gue & temen2 udah ngerencanain trip ini dari taun lalu. Biar bisa nabung dulu.
Atas rekomendasi temen yg udah biasa ke LBJ, trip kali ini diatur oleh Kamana Trip punyanya mas @irhamfaridh . Kebetulan pas kami booking trip ini, dia lagi ngebangun kapal, dan baru beres sblm Lebaran kemaren. Jadiiii trip gue kali ini sekaligus pelayaran perdana kapal Segara.
Hari pertama.
Dari Cengkareng kami naik pesawat Citilink (yg ampun dah jam nya reschedule mulu bbrp bulan kemaren) jam 7.00 pagi WIB. Nyampe di Bandara Labuan Bajo jam 10.15 pagi waktu Indonesia Timur (perbedaan waktu 1 jam ya, LBJ itu di NTT jadi ikutnya WITA).
Sampe di Bandara Labuan Bajo, sambil nunggu ambil bagasi kami disuguhi welcome drink yaitu Kopi Flores. Grates! (Bisa beli juga sih dia emang jualan kok)
Kopi item gitu ya, jangan kira kopi2 fancy kekinian.
Dari bandara, kami dijemput oleh team Kamana Trip langsung ke pelabuhan, karena kami bakal langsung naik ke kapal. Deket banget yaawlaaa cuma 15 menitan doang langsung nyampe.
View sepanjang jalan itu aja udah bikin girang hahahaha banyak kapal2 parkir di bawah langit biru 😙
Kapal Segara ini bukan kapal yg fancy ya gaes. Tapi bersih dan nyaman - ya kalo hotel ibaratnya bintang 3 lah. Di kapal itu ada 3 kamar yg muat buat 11 orang: 1 kamar isi 3 single bed (bunkbed), dan 2 kamar isi 2 queen bed (bunkbed).
Gambarannya kira2 ky gini.
Gw lupa motret 😣
Dari dock pelabuhan ke kapal Segara itu kudu naik motor boat kecil yg nganterin kami - karena kapalnya kan parkir agak ke tengah laut gitu.
Begitu naik di atas kapal, kami disambut dengan welcome drink yg segeeerr... jus nanas apel 😋
Oleh bapak guide kami, pak Bonito namanya, kami dikenalkan ke para awak kapal dalam pelayaran ini. Ada Captain Mul, kak Rudi, kak Syahrin, kak Stevas, dan pujaan kami semua, Chef Iyus.
Juga ada mas @irhamfaridh yg punya kapal & fotografer idola, Adi @mhmdfachrezi
Spot pertama yang kami kunjungi adalah Pulau Kelor. Pulau ini yg paling deket dengan LBJ, dan di sini kita harus... Hiking!
Iya beneran nanjak hahahaha 😆
Sebagai anak kota yang nyaris ga pernah mendaki bebatuan, gue mo nangis bayangin ini turunnya gimana 🤣
Tapi begitu udah sampe di atas, view nya sih bikin bahagia bangeeett 🤩
Oiya, kita pas nanjak di Pulau Kelor itu jam 1 siang lho 😂 panas jedeerr!
Balik ke kapal, udah disiapin makan siang dong ama Chef Iyus. Menunya asoy beneeer!
Ada mie goreng, ikan goreng, telor dadar, tumis tahu saus pedes, dan sayur capcay. Plus buah2an buat pencuci mulut.
Abis makan siang, kapal berlayar lagi, kali ini menuju Pulau Rinca, tempat Komodo National Park berada.
Oiya, untuk masuk ke Taman Nasional Komodo ini masing2 kudu bayar Rp 150rb (untuk tiket masuk + tip guide di sana). Jadi siapin duit cash ya.
Di TN Komodo ini kita diajak jalan mengelilingi Loh Buaya, tempat habitat para komodo. Tenang, para pemandu sekaligus pawangnya selalu menjaga biar aman. Pokoknya jarak antara kita dan si komodo kudu 5 meter an lah.
Soalnya si komodo ini suka gabisa ditebak kelakuannya. Dari yg lagi anteng bisa tiba2 ngejer bok. Dia bisa lari dengan kecepatan 20km/jam.
Makanya di TN ini juga ada monyet, rusa, kerbau,... Itu buat makan si komodo2 ini 😐
Komodo ini juga kanibal, bisa makan komodo yg masi kecil
Jangan lupa foto ama Komodo nya (walopun dari jauh) tapi sama fotografer handal @mhmdfachrezi sih jadi kliatannya kaya deket gitu hahahaha 😂 ITU KOMODONYA EMANG GEDE SIH GA BOONG JIPER GW MO DEKET2 JUGA
Abis dari Pulau Rinca, kami sempet mampir ke sebuah pantai. Tapi karena udah hampir magrib, jadi kita cuma mandi2 celup2 badan aja sih. Dingin bok 😂
Abis itu kapal kita parkir di Pulau Kalong saat sunset, dan kita liat beratus2 (atau beribu2?) Kelelawar pada hangout.
Jadi malam pertama di kapal kami nginep di deket pulau Kalong situ.
Ngapain aja di atas kapal?
Ya ngerumpi, ngobrol, sambil toast minum bir dan tolak angin 😆
Oiya, selama pelayaran ini KAGA ADA SINYAL HENPON YAAAA buat para banci sosmed sih slamet dah tu 😂
Ya yg pake tkomsel sih suka dapet sinyal kalo pas lagi deket2 pulau yg ada BTS nya 😆 Yang pake provider selain itu mah udeh simpen aja hp nya.
Tapi yg paling asik sih bisa tiduran di dek kapal memandang lautan bintang di langit yg ga bakal kamu temuin di kota.
Hari Kedua.
Kapal bergerak jam 4 subuh, menuju Pulau Padar buat sunrise. Di sini matahari terbit sekitar jam stgh 6. Gue bangun jam 5an kriyep2 belom mandi, ganti baju trus turun ke Pulau Padar dan dihadapkan pada kenyataan bahwa kami harus... Mendaki lagi 🤣
ASLI GUE MENGGES2
Sebenernya rada telat sih buat ngejar sunrise harusnya kita mulai mendaki jam 4 tadi 😂
Karena walopun pendakiannya 90% udah berupa tangga yg mudah didaki (nggak kaya manjat bebatuan kek di Pulau Kelor kemaren), tapi tinggi bgt ya Allah aku udah ngos2an ga nyampe2 😭
Begitu sampe di puncak, subhanallah view nya cihuy banget! 😍
Ini adalah spot di mana semua turis foto hahaha untung kita mendakinya pagi jadi masih sepi ga banyak orang.
Ntar kalo gue posting di IG pasti foto gw sama kek sejuta umat instahramer lainnya yg ke Pulau Padar.
Udah puas poto2an, kami balik ke kapal dan ganti baju renang, oles2 sunblock, dan kapal berlayar menuju Long Beach yang pasirnya berwarna pink.
Sayangnya pasir pink ini udah tinggal dikit spot warna pink nya, karena ketololan para turis yg suka ngambilin pasir buat dibawa pulang.
I mean, PLIS LAH LU ORANG NGAPAIN SI BAWA2 PASIR BUAT DIBAWA PULANG meeenn di bandara juga udah pada dicegatin dan disita tuh yg pada bawa pasir pink beach & bebatuan 😒
Karena tujuan gw dan temen2 adalah buat berenang, jadi ya kami bahagia aja bisa maen aer di sini. Di pantainya aja udah banyak ikan2 kecil berenang2, jadi suka takut ga sengaja ketiban badan gw hahaha 😂
Fiiisshh~ 🥰
Abis dari Long Beach, kita mampir di Taka Makasar, yaitu gosong pasir alias tempat landai di tengah laut. Di sini kami berenang2 dan ketemu ama penyu yang kata mas @irhamfaridh namanya James (tapi dibacanya Hamés) 😂 IYAIN AJA YAH BIAR CEPET
Abis dari Taka Makasar, kapal berlayar lagi ke 2 tempat spot snorkling. Gue sih ga nyebur karena caphéé - tapi 2 temen gw masih bersemangat nyemplung dan mereka ketemu ama ikan2 - ada Nemo and friends, ada penyu2 temennya James juga (Julio, Mario, dan Hernandez) 😂
Jadi sebenernya emang kegiatan utama kami adalah:
- nyebur ke laut
- naik ke kapal, makan
- nyebur lagi
- naik ke kapal lagi, oles2 sunblock
- naik ke kapal, sendawa & kentut2 karena angin di dek mayan kenceng

Gitu aja sampe malem 😂
Hari Ketiga.
Hari ini kami ga perlu bangun sesubuh kemaren 😂 Tapi jam 6 pagi kami udah pada bangun dan siap2 nyebur lagi. Kali ini tujuan kami ada 2, yaitu Pulau Sebayur dan Pulau Kanawa.
Pulau Sebayur itu sebenernya pulau resort sih, punyanya orang Prancis gitu. Jadi kudu minta ijin (dan bayar) dulu kalo mau mendarat di sana. Untungnya pihak Kamana Trip (mas @irhamfaridh ) emang udah include pulau ini buat jadi salah satu tempat nongkrong kami.
Kalau Pulau Sebayur tadi emang udah ditata cantik bgt dan coral & ikan2nya gampang keliatan saking jernih airnya, sedangkan pulau Kanawa sih lebih asik buat berenang. Ada ayunan juga disini yg bisa jadi spot instagram shoot hahaha 😜
Cabut dari Pulau Kanawa, kami kembali ke kapal buat makan siang dan kapal berlayar kembali ke Labuan Bajo. Huhuhu selesai deh LOB nya. Tapi gue masih nginep semalem lagi di Labuan Bajo.
Mendarat di dermaga Labuan Bajo jam 3 sore, udah dijemput sama driver yg nganter kami ke hotel.
Oiya, kami booking hotel Le Pirate di LBJ, hotelnya mungil dan cantik!
Karena gue dan temen2 rombongan ber-7, jadi kami pesen 2 kamar yg masing2 berisi 2 bunkbed (4 kasur).
AKHIRNYA NEMU RUANGAN BER-AC YAAWLAAAAA
Malamnya kami jalan kaki ke resto La Cucina, sebuah italian resto (emang yg punya orang itali beneran sih) yg tempatnya cakep dengan beranda ngadep ke laut.
Btw ini Labuan Bajo tu kotanya kalo di Jkt cuma segede kecamatan Bintaro doang kayanya 😂 kecil banget
Dinner di La Cucina Labuan Bajo, gw pesen grilled chicken breast dan temen2 gw pesen pasta & pizza. Enaaq~
Oiya, harga makanan di sini hampir mirip kaya di Bali ya - start from sekitar 70-80rb an lah.
Ya ini kota juga isinya turis yg kalo gw liat sih kebanyakan bule ya.
Abis dinner di La Cucina, kami jalan kaki lagi ke Scooperific, tempat gelato yang endeuz punya 😋
Satu scoop nya 23rb (before tax) - gw pesen yg special flavour, Choco Hazelnut 30rb.
Oiya kalo mau belanja, di LBJ juga ada minimarket rada gede yg komplit - jual segalam macem dari sabun, sendal jepit, tolak angin, kopi Flores buat oleh2, bir, sampe wine pun ada~
Kalo wiken di Le Pirate (hotel tempat gw nginep) ada live music, jadi mayan asik buat nongkrong di situ. Kalo cape ya tinggal naik ke lante atas.
Hari Keempat.
Pagi2 bangun trus sarapan jam 7 pagi di Le Pirate.
Tips buat yg makan makanan nonhalal: pokoknya kalo pesen apapun, minta extra bacon ya 😂 Enak banget bok 🤣
Ini pesanan gw sih sarapan standar, 2 style egg yg omelet. Harganya 45rb aje.
Jam 9.30 kami udah dijemput sama driver, dan langsung menuju bandara karena flight balik ke Jakarta jam 10.45.
Yhaaa selesai deh liburannya 😙
Tapi rasanya seneng banget bisa ngerasain tinggal di atas kapal, nyebur bolak balik ke laut
Makasih banyak buat mas @irhamfaridh dek @mhmdfachrezi & kru Kamana Trip yg udah ngatur liburan gue & temen2 sangat menyenangkan! Buat pelayaran perdana, kemaren sakses lah yaaa 😄
Buat yg mupeng pengen jalan2 kaya gue ke Labuan Bajo kemaren, bisa kepoin mas @irhamfaridh di Instagram nya juga @.kamanatrip dan @.segaraliveaboard 😁
Asli ini bukan iklan tapi emang gue puas ama pelayanannya sih hehehehe
Oiya, tips buat yg mau LOB di kapal kaya gue (bukan luxury yacht ya):
- jangan lupa bawa jepitan jemuran / carabiner buat ngejemur baju 😂 ASLI INI MAH PENTING PISAN
- bawa sendal jepit & sepatu buat hiking (atau sendal gunung juga bisa) karena track nya mayan tajem batu2annya
- Kalo kamu ga bisa berenang kaya saya, jangan kawateeerr selama pake life jacket mah kamu pasti bakal mengapung kok 😂 buktinya gue masih bisa snorkling dengan aman
- kalo takut mabok laut, sering2lah nongkrong di dek kapal sambil memandangi garis horison (ujung lautan)
Ntar maleman aku share budget2 nya yaaaa 😁
Mau makan siomay dulu ah laper
Baiklah karena banyak yg nanyain budget dan itinerary, aku share sekalian aja yah
Tapi gue kasih tau dulu nih.... Kalo gue dan temen2 gue udah merencanakan trip ini sejak taun lalu, gaes.
Jadi kami udah booking tiket pesawat, hotel, dan kapal sejak 7-8 bulan yang lalu, yang mana bikin kami jadi lebih hemat karena harganya (tentunya) lebih murah.
Sebagai bayangan aja ya, pas gue pesen tiket pesawat tuh masih dapet free bagasi 20kg dari Citilink 😂
Tapi gue bikinin ancer2 budget aja ya, sesuai dengan kondisi sekarang. Kalo untuk trip LOB nya sih paling bener ya nanya langsung ke mas @irhamfaridh yang punya kapal.
Tapi sisanya sih gue samain sama pengeluaran gue kemarin ya.
gue nginep di hotel Le Pirate di LBJ, satu kamar buat 4 org (bunk bed) jadi lebih murah. Gue makan di La Cucina italian resto - ya mungkin kalo makan di kedai lain bisa lebih murah.
Dan gue kasih tip buat guide dan kru kapal jg. Gimana2 kan selama 3 hari di kapal gue sangat terbantu oleh mereka, jadi make sure kalian kasi tip ya, kalo ga yakin jumlahnya berapa, coba konsultasiin aja ke trip organizernya.
Kalo tip buat guide sih emang udah masuk budget, tapi buat kru kapal sih gue & temen2 impromptu aja pas sebelum pulang - karena kami bener2 ngerasa berterima kasih bgt atas kinerja mereka (terutama chef yg masakannya yahud bener) 😊
okeh here's the budget list - versi ancer2 aja ya.
Untuk itinerary nya, ini list itin gue selama 4 hari di sana (3D2N LOB + 1N LBJ).
tentu saja itinerary bisa berubah2 sesuai gimana trip organizer yg atur - juga tergantung cuaca (kalo pas angin & arus kenceng mungkin ga bisa ke bbrp tempat).
Kamu konsultasiin aja maunya gimana.
Kalo ada yg mau pake trip organizer yg sama kaya yg gue pake kemarin, cek aja IG nya @ Kamanatrip. Ownernya mas @irhamfaridh baik hati dan responsif, kalian bisa tanya2 tentang trip yg sesuai sama budget kalian.
Mau LOB 3D2N, atau cuma 1 day trip, atau mau yg private tour.
baiklah untuk mengakhiri thread ini, maka saya ucapkan kalimat seperti layaknya penutup thread:

rame amat nih, gaada yg mau mutualan apa?
Missing some Tweet in this thread?
You can try to force a refresh.

Like this thread? Get email updates or save it to PDF!

Subscribe to Ratri Chibi
Profile picture

Get real-time email alerts when new unrolls are available from this author!

This content may be removed anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Follow Us on Twitter!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!

This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!