, 103 tweets, 16 min read Read on Twitter
Hampir hilang di gunung Arjuno, mitos ngunduh mantu dan kerajaan di alas lali jiwo. Bertemu 7 arwah anak kecil.

-A Thread-
Ya oke sambil eek lah yaa. Sebelumnya kita kenalan dulu. Gue biasa di panggil daple, asal Jakarta kebetulan lagi kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di malang. Kejadian ini terjadi bulan september tahun lalu.
Waktu itu bulan september yang dingin dan basah, kebetulan kota malang emang lagi ujan. Hari itu sebenernya gue ga ada niatan buat mendaki gunung karena emang lagi tanggal tua. Tapi ada suatu kejadian yang bikin gue akhirnya memutuskan buat mendaki hehe
Waktu itu ceritanya gue lagi kelas sore, even dosennya bosenin akhirnya gue yang duduk di belakang ngobrol lah tentang pengalaman mendaki ke temen gue ini. Catatan: gue ikut organisasi pecinta alam cuma pas sma, dan di kampus gue ga lanjutin
Temen gue bilang kalo sebenernya hari ini doi dan anak-anak impala pengen ngadain diklat, tapi dia bukan panitia. Karena udah lama ga naik dan ga ke daftar jadi panitia, temen gue ngajak lah tuh naik ke Arjuno
Pertamanya gue nolak karena cuma megang duit sedikit dan gue buta banget sama gunung Arjuno tuh. Tapi temen gue ini maksa gue buat ikut, yaudahlah ya daripada dia jalan sendiri akhirnya gue acc. Dan bodohnya gue yang buta sama itu gunung ga baca artikel apapun tentang itu gunung
Sorenya sekitar jam setengah 6 gue packing di kosan temen gue. Sebenernya sempet ada rasa ragu di hati gue buat jalan hari itu. 1. Ujan gede banget dari siang, 2. Orangtua gue di telpon gabisa jadi gua naik gunungnya tanpa persetujuan orang tua.
Malemnya sekitar jam 8, ujan udah berenti. Gue akhirnya berangkat ke Base camp tretes, lokasinya di daerah pandaan Pasuruan. Gue kesana naik motor berdua sama temen gue.
Sampe di Base camp tretes sekitar jam 12 malem. Menurut gue Base camp tretes ini asik sih, banyak tukang jualan, jadi kalo lo pada mau santai sebelum mulai mendaki bisa ngopi dulu di depan. Tapi yang bikin gue bingung ini Base camp sepi banget, ga kaya gunung lainnya.
Disana cuma ada beberapa motor doang, di loket simaksi juga ga ada orang. Akhirnya gue nanya dong ke warung deket loket, yang jaga bapak bapak udah berumur. Kata doi loket bukanya pagi sampe sore, abis maghrib yang jaga pulang.
Terus gue nanya lagi kok sepi banget, ga ada yang naik apa gimana?. Ternyata udah dua minggu ini gunung Arjuno itu kebakaran dan baru di buka tadi pagi, di sosmed juga belum resmi di buka jadi wajar kalo ga ada yang naik. Kata si bapak
Karena gue ga ada waktu banyak dan emang planing awal pas nyampe Base camp langsung naik, gue izin tuh sama si bapak tapi ga dibolehin. Bahaya katanya. Gue ga ngerti tuh bahayanya kenapa soalnya gue ude sering kan trek malem. Si bapak malah nyuruh gue pulang dan balik lagi besok
Tak cebok sek ya hehe.
Lanjut. Karena jarak dari Base camp ke kosan gue jauh banget, akhirnya gue minta izin tuh sama si bapak buat diriin tenda di sekitar situ dan di bolehin sama bapaknya. Akhirnya kita berdua bermalam di Base camp.
Jam 3an tiba-tiba ada yang nyamperin tenda gue. Ternyata ada 2 anak muda gitu izin sama gue mau tektok malem ini. Kaget dong gue, gege bgt masnya. Fyi gunung Arjuno itu tingginya 3339mdpl dan mayoritas treknya (via tretes) curam berbatu, sangat tidak mungkin untuk tektok.
Ternyata ini anak bawa rombongan sekitar 2 mobil dan ada cewenya. Gue tanya dong, karena sumpah gue ga yakin ini anak bakal sanggup tektok. Mukanya masih bocah banget, ga bawa peralatan hike, pake sneakers, dan jeans. Ini anak mau ke kotu apa naik gunung sih?
Ternyata ini anak mau ke gunung penanggungan. Gue jelasin dong, ini Base camp Arjuno welirang mas, penanggungan bukan disini. Tapi ini bocah tetep ngeyel, emang dasar milenial gabisa dibilangin. Karena males ladenin bacotnya, yaudah gue suruh nanya aja sama si bapak tadi
Dan diluar dugaan si bapak ngebolehin mereka buat naik malem ini. WHAT DA... gue protes dong, masa gue yang lengkap gini gaboleh naik, sementara mereka yang kesannya asal asalkan dan mau tektok dibolehin.
Si bapak kampret dengan santai, atau dengan bodohnya bilang "biarin aja mas, toh nanti pagi juga turun lagi. Masnya istirahat aja dulu biar besok semangat jalannya", katanya dengan senyum manis semanis jeruk bali.
Karena udah kesel dan kedinginan juga diluar (gue cuma pake bokser san kaosan) gue balik lagi ke tenda. Gue liat temen gue masih bocan, karena bentar lagi subuh dan gue gabisa tidur, gue ngopi aja sambil dengerin lagu silampukau.
Paginya sekitar jam setengah 6, gue bangunin temen gue buat sarapan sebelum mulai pendakian. Warung si bapak yang semalem masih buka, cuma bapaknya udah ga ada (DOI PULANG YA BUKAN MENINGGAL) dan di gantiin sama istrinya.
Selesai makan, kita rapih-rapih, mandi, beresin tenda, dll. Jam set 8 gue bayar simaksi, sekitar 20k perhari buat 1 orang dan parkir motor 5k perhari. Karena gue 2 hari berdua jadi abis sekitar 90k.
Perjalanan dari Base camp ke pos 1 lumayan asik. Belum masuk ke hutan, tapi lewatin kebun warga dulu, abis itu tembus ke desa kecil, baru sampe di pos 1. Dan semua trek berbatu dan lumayan curam. Jadi lumayan abis juga tenaga disitu. Dari Base camp ke pos 1 kira kira 45 Menit
Sampe di pos 1, ternyata di suruh bayar lagi 20k 1 anak buat satu hari. Anjir mahal juga ni gunung, di Semeru cuma 35k perhari dan sekali bayar. Langsung nyesel gue. Dan disana gue ketemu sama anak-anak alay yang tadi malem mampir ke tenda gue.
Gue nanya ke mereka gimana perjalanannya. Trus mereka bilang katanya ga nyampe puncak, mereka cuma sampe ke kop-kopan (pos 2). Treknya katanya mulai masuk hutan, berbatu curam. Dan katanya selama mereka mendaki, mereka terus-terusan "digangguin"
Mereka cerita katanya pas mereka pengen nyampe ke kop-kopan, pas ketemu jalan curam, dari atas ada yang nyenterin. Tapi pas di kop-kopan ga ada siapa siapa. Mereka juga kaya denger suara suara gitu. Dan mereka nyaranin gue buat turun aja bareng mereka.
Karena emang gue ga pernah percaya gituan, gue nanggepinnya biasa aja. Akhirnya gue pamit jalan duluan ke mereka.
Trek mulai masuk ke hutan, pemandangan mulai biasa aja, ya namanya hutan mau liat apaan. Trek dari pos 1 ke pos 2 lumayan jauh, sekitar 2-3 jam.
Di tengah jalan, temen gue tiba-tiba ngeluh pusing. Itu gue udeh jalan sekitar 2 jam, akhirnya gua mutusin buat berenti sambil dengerin azan zuhur. Gue bongkar carrier, trus masak deh buat makan siang.
Pas lagi asik makan indomie, ada pendaki turun tuh. Gue sapa dong, trus nanya di atas rame ga. Katanya sepi, cuma ada 3 tenda di Lembah kidang. Trus dia juga pesen sama gue katanya kalo bisa sampe pondokan sebelum maghrib. Sumpah gue ga ngerti lagi ini kenapa.
Selesai makan, gue lanjut jalan. Dan ternyata gue ude hampir sampe di kop-kopan. Disana gue liat ada sekitar 5 orang pendaki, mereka mukanya rada pucet gitu deh dan semuanya lagi ketawa tawa. Gue sapa, dan mereka cuma lirik dan ngangguk.
Pas lagi ngambil air di kop-kopan, gue inget 1 hal. Ga ada pendaki yang naik sebelum gue, karena emang dari setengah 6 tadi itu Base camp masih sepi. Di catatan simaksi juga gue orang pertama yang mendaki hari itu. Pas banget gue mikir itu, kabut naik tebel banget
Gue gatau ini kabut apa awan, tapi sumpah ini kabut tebel banget. Jarak pandang kabur, jadi ga bisa liat apa apa. 5 orang tadi juga ga keliatan, gue cuma denger suara mereka ketawa aja. Sumpah gue merinding pas itu.
Karena emang udah siang banget dan gamau kejebak malem di trek, dan udah ngerasa ga beres, gue akhirnya jalan tuh nembus kabut. Feeling gue udeh mulai acak acakan.
Kabut mulai ganti ke hujan ringan-medium. Gue tetep lanjut karena emang ga ada waktu banyak. Jalan mulai menyempit, kiri tebing kanan jurang. Dan jalan mulai banyak menanjak.
Sekitar jam 4an gue istirahat di sebuah lembah yang cakep banget, gue ngeliat kaya di film film hehe. Tapi sumpah ini Lembah cakep banget. Dan disana gue kaya denger suara mobil. Dan bener aja ada mobil jeep turun dari atas.
Gue sempet bingung kenapa ada mobil bisa lewat jalan ini, karena emang treknya ga memungkinkan buat dilalui kendaraan. Katanya temen gue di gunung tretes itu ada penambangan, jadi mungkin ini jeep bawa hasil tambang.
Gue lanjut lagi jalan ke pondokan. Sekitar jam 6 sore gue nyampe, udah gelap banget dan dingin. Gue akhirnya diriin tenda di sekitar sana. Dan di pondokan ini gue cuma berdua, ga ada orang lain yang ngecamp disini.
Selesai bikin tenda, gue makan trus ngopi. Entah karena emang sepi banget atau emang karena suasana Lembah, suara angin yang ngelewatin pohon kedengeran jelas banget mirip back sound film horor gitu.
Karena emang suasananya serem, temen gue buka obrolan. Gue ngobrol dah tuh ngalor ngidul sambil ngerokok. Tiba-tiba gue nyium bau busuk, busuk banget kaya telor busuk dan angin mulai nembus ke tenda, dingin banget.
Kita berdua langsung diem tatap tatapan. Ga lama gue denger kaya ada suara delman, gue gatau ini suara dari mana. Padahal gue lagi dengerin musik lumayan kenceng, tapi suara delman ini kedengeran jelas walaupun kecil.
Trus dengan cerobohnya temen gue cerita tentang tradisi ngunduh mantu yang terkenal di gunung Arjuno. Jadi tradisi ini milik makhluk tidak kasat mata yang tinggal disana, dan katanya kaya upacara pernikahan mereka sama golongan kita gitu deh.
Gue ga tau pasti tentang tradisi ini, kalo ada yang tau boleh bantu jelasin, soalnya gue nyari referensi lain juga ga ada yang memuaskan.
Akhirnya gue memutuskan buat tidur aja, karena emang gamau hal hal aneh kejadian. Ini pertama kalinya gue tidur cepet di gunung, biasanya gue kalo naik gunung itu ga pernah tidur sore. Jadi gabisa tidur lah gue, apalagi angin kenceng dan bau busuk banget
Temen gue udah tidur duluan. Gue masih melek di dalem sb. Ga lama dada gue kerasa sesak, sesak banget sampe gue batuk batuk. Gua coba buat duduk juga gabisa, panik dong, entah karena panik atau apa gue tiba-tiba azan disitu
Sekitar 5 menitan akhirnya badan gue bisa gerak, tapi masih sesak. Gue duduk trus minum. Samar samar gue denger kaya ada orang jalan muterin tenda gue. Trus gue mulai ngerasa badan gue panas banget, padahal udara dingin. Dari luar kedengeran suara cewe ketawa.
Karena panik, gue masuk lagi ke sb buat lanjut tidur. Gue coba lupain kejadian barusan. Dada gue tambah ndredeg, tapi tetep gue paksain merem biar gue tidur. Akhirnya gue berhasil tidur.
Paginya sekitar jam 6 temen gue bangunin gue buat sarapan sebelum summit. Gue masih kepikiran sama kejadian semalem, tapi gue gamau ceritain itu ke temen gue. Takut dianya juga ikutan takut, gue nyoba buat biasa aja.
Jam 7an gue mulai summit, perjalanan dari shelter ke puncak lumayan jauh, sekitar 3 jam lah. Dan jalanannya kaya tai, ga ada landai pisan dan berbatu. Di Lembah kidang, gue ketemu sama 4 orang pendaki yang kebetulan ngecamp disana dan mau summit, yaudah kita jalan bareng.
Dari Lembah kidang, trek curam makin amsyong nyiksa dengkul. Kita harus lewatin 3/4 bukit Kecil sebelum sampe ke puncak.
Kita akhirnya nyampe puncak sekitar jam setengah 11. Ternyata di puncak rame, kebanyakan lewat jalur lain selain jalur tretes. Cerita cerita lah kita disana, dan dari cerita 4 orang yang camp di Lembah kidang, mereka juga di gangguin. Parahnya, mereka katanya di juga di tongolin
Katanya, pas itu sekitar jam 12an mereka masih ngobrol, dan denger suara ketawa kenceng. Karena pintu tandanya kebuka, mereka bisa liat jelas ada sosok cewe berparas cantik lagi duduk di pohon sambil ngeliat ke tenda mereka. Wagelase, gue nangis kalo jadi mereka
Kata mereka kejadian kaya gini wajar terjadi mengingat Arjuno baru kebakaran. Mungkin penghuninya marah tempatnya kebakaran jadinya mereka mulai gangguin pendaki yang kebetulan ngecamp disana.
Abis itu gue foto-foto tuh karena emang kabut udah mulai naik lagi dan udah siang juga. Abis itu gue sama temen gue pamit turun duluan. Mereka ber4 masih foto foto.
Perjalanan turun hampir sama kaya trek pas naik tadi, hingga sampe ke bukit terakhir. Entah karena gue ngantuk atau apa gue ngambil jalur yang salah, gue ngerasa itu jalur yang bener dan dengan sadar gue ngeliat Ada pita penunjuk jalan.
Lumayan lama kita berdua jalan sampe ketemu jalan buntu. Daaannnnn... Pas gue ngeliat sekeliling gue adalah hutan yang bekas kebakaran dan jalan belakang gue ketutup, ilang gitu aja jalannya. Gue panik tapi tetep berusaha tenang. Mulai buka hp buat nyari sinyal walaupun mustahil
Sekitar setengah jam gue nunggu sinyal ga dapet dapet, gue denger suara dari tempat yang jauh banget. Ternyata 4 orang pendaki tadi yang manggil gue, dan mereka jauh banget dari tempat gue ini. Gue juga bingung kenapa mereka bisa liat gue. Akhirnya gue reflek lari kesana.
Ternyata gue nyasar lumayan jauh dari mereka, sekitar 5 kilo dari jalur pendakian. Dan gue baru sadar, gue lagi ada di alas lali jiwo yang mitosnya ada kerajaan gaib disana. Biasanya "mereka" sengaja nyasarin pendaki ke alam mereka buat "dinikahin".
Karena gue takut nyasar lagi, gue putusin buat bareng aja sama 4 pendaki itu minimal sampe Lembah kidang. Dan alhamdulillah selamat sampe disana, setelah ngucapin terima kasih, gue pamit balik ke tenda karena kita mau turun hari itu juga.
Sekitar jam 4an gue nyampe ke tenda. Gue masak, makan, trus rapih-rapih buat turun. Sampe tiba-tiba ada bapak bapak datengin gue. Ini bapak-bapak badannya gendut, pake kaos oblong, dan pake sendal jepit. Ini orang sakti dari kerajaan mana? Gue yang pake sepokat aja nyeri.
Doi nanya ke gue baru nyampe apa udah mau turun? Gue jawab mau turun. Trus dia mulai natap gue parau, rada takut gue liat komuknya :( dia bilang kalo bisa sampe kop-kopan sebelum maghrib sebelum anak-anak naik. Gue bingung lah, anaknya siapa yang naik malem malem.
Abis itu dia pergi gitu aja, ilang ditelan ilalang. Gue sama temen gue coba biasa aja. Setelah semuanya rapih, gue mulai turun pelan-pelan.
Awalnya kita turun enjoy, senja mengintip dari balik dedaunan. Sambil dengerin lagu dan ngobrol santai. Pokoknya indie banget deh sore itu. Tapi anehnya, sepanjang jalan gue turun, ga ada satupun pendaki yang gue temuin. Ah mungkin emang belom ada yang tau kalo Arjuno dibuka.
Sampe tiba-tiba perjalanan gue ketahan azan maghrib dan gue belom sampe kop-kopan. Gue menghormati panggilan tuhan, rehat dulu sambil diskusi apa kita bakalan apes lagi. Sebelum jalan kita berdoa biar selamat sampe kosan.
Setelah azan maghrib kita lanjut jalan lagi, dan 15 menit berikutnya gue nyampe di kop-kopan. Sumpah ini tempat jadi serem banget pas gelap. Kalo kalian pernah ke Arjuno, pasti kalian bakal tau suasana disana. Ga ada satu orang pun yang gue temuin di jalur. Kita benar2 sendirian
Karena persediaan air kita udah abis, kita akhirnya ngisi air disana. Karena Gue pernah denger ada orang ilang pas ngisi air disini, dan ketemu 2 tahun kemudian, dan sederet kejadian kampret kemaren, gue mutusin buat ngambil air berdua.
Setelah itu, gue lanjutin turun lagi ke pos 1. Gue udah mulai lega karena perjalanan ke pos 1 dari kop-kopan ga terlalu jauh. Bayangan gue 15 menit juga udah sampe. Tapi ternyata tidak semudah itu ferguso! "mereka" tetep penasaran dan terus jailin kita.
Mulai dari kaki gue yang pegel dan rasanya kaya jalan sendiri, temen gue yang udah mulai bengong. Pohon sekitar kita juga mulai goyang-goyang sendiri padahal ga ada angin, dan rasa panas yang absurd banget. Karena khawatir sama temen gue, gue inisiatif buat back up dia.
Karena penerangan gue minim, dan kaki yang udah mulai mlehoy, gue kepeleset. Tapi temen gue gatau, gue sampe teriak 3 kali baru dia denger dan bantuin gue bangun. Pas gue cek, betis gue luka 7cm dari dengkul ke bawah. Pas itu gue pake celana cargo pendek.
Gue mulai ga tahan, dalem hati gue mulai maki maki gunung ini. Sesuatu yang sangat tidak dianjurkan saat kalian sedang berada di posisi gue. Dan betul saja, kita diputerin di tempat yang itu itu aja. 5 kali gue itung, gue nyampe di tempat gue jatoh.
Sumpah gue lagi di kost sendiri merinding, kaya ada yang liatin dari jendela wkwk Please help me :(
No baby just kidding hehe lanjot
Gue berdoa dalem hati, minta maaf kalo kata kata gue gasopan ke penghuni sini. Sambil nunggu azan isya, gue ngerokok sambil ngobatin luka gue yang mulai keluar darah banyak.
Setelah setengah jam gue rehat, gue lanjut jalan lagi. Dan alhamdulillah, ga sampe 20 menit gue sampe ke pos 1 tempat gue bayar simaksi kedua. Gue udah mulai lega karena sebentar lagi nyampe Base camp dan gangguan itu udah selesai. Dan ternyata tidak!
Setelah lewatin pos 1 harusnya gue udah masuk ke pemukiman warga, tapi anehnya gue masih tetap di dalam hutan. Disitu gue mulai ngerasa janggal lagi. Sampe akhirnya gue denger ada suara anak kecil rame, rame banget kaya anak tik tok lagi kopdar di kotu.
Gue mulai ngaco lagi dan inget petuah dari lelaki tua di shelter tentang "anak-anak" yang akan naik.
Dan bener aja, sepersekian detik kemudian, ada sekitar 7-10 bocah kecil keluar dari balik pohon. Mereka mayoritas pake kaos, celana pendek, dan sendalan beberapa malah ada yang nyeker. Dan mereka semua naik sambil ketawa "TANPA PENERANGAN".
Gue ngerasa merinding dan bulu kuduk gue ngarah ke mereka, gue gabisa liat mata mereka (entah karena gelap atau apalah tai kuda itu). Gue tetep berusaha tenang, pikiran gue cuma makan lalapan pas nyampe kosan, dan gue ga akan balik lagi kesini.
Tiba-tiba salah satu dari mereka ada yang nanya "diatas rame mas?", gue ga jawab, temen gue yang jawab "rame dek". Gue tetep fokus ke jalan gue, gue ngerasa salah satu dari mereka ada yang fokus ke gue. Sangat fokus. Dan tanpa malu ngomong "hati-hati mas" ke gue.
Duarrrrr, kaya lagi di tembak ariana grande, hati gue meletup letup. Ingin rasanya ku sumpel mulutnya pake sempak yang sudah 3 hari tidak ku ganti ini :(
Kita akhirnya berpisah, mereka melanjutkan perjalanan tetap dengan canda tawanya. Gue dan temen gue melanjutkan perjalanan tanpa ada yang berani ngomong. Entah gue halu atau emang beneran kejadian, gue ngerasa kaya suara si bocah yang bilang Hati2 terus kedengeran di kuping gue.
Sampai kita ke sebuah perbatasan antara hutan dan perkebunan warga. Gue sebenernya aneh kenapa gue udah nyampe sini tanpa lewat ke perumahan warga, tapi karena peristiwa aneh hari ini, gue udah mulai wajar sama semuanya. Pikiran gue pas itu cuma "GUE SAMPE KOSAN SELAMAT"
Di perkebunan pisang, ga ada penerangan. Headlamp kita abis, jadi cuma ngawang-ngawang aja, lagian udah nyampe sini sebentar lagi juga sampe Base camp. Dan ternyata "mereka" masih ada di sekitar kita.
Gue ngerasa jalan yang gue lewatin udah bener kaya pas pertama naik. Sampe tiba-tiba gue nyampe di ujung kebun, dan gue tau, pas naik gue ga lewat jalur ini.
Tempatnya itu kaya lorong gelap kanan kirinya pohon pisang gede, dan yang bikin serem diujung lorong kedengeran suara anjing banyak banget. Sumpah. Temen gue ngeluarin piso lipetnya, gue pegang kayu. Tapi ga ada yang berani jalan duluan.
5 menit kita dorong dorongan. Sampe akhirnya kita mutusin buat cari jalan lain. Dan ternyata emang ga ada jalan lain, cuma itu aja jalannya. Gue ngerasa kebun ini kaya bentuk kotak dan cuma lorong itu satu satunya jalan buat kita.
Gue akhirnya menemukan sebuah parit kecil di sebelah lorong itu. Gue pikir ini pasti sumber air ke desa, yaudah kita putusin buat ngikutin parit itu aja berharap nyampe ke tempat pemukiman warga.
Pas gue ikutin ini parit, nembusnya ke sebuah jembatan kecil. Tapi harus naik dulu dan lumayan tinggi. Akhirnya kita berdua bahu membahu buat nyampe ke atas. Dan ternyata bener, parit ini sumber air ke desa sekitar Base camp. Tapi bukan desa yang gue temuin di awal
Desanya sepi banget, kaya ga ada orang. Gue ngeliat ada tempat kaya vila gitu, tapi berantakan banget. Ada juga warung, pintunya kebuka tapi ga ada yang jaga. Gue tadinya mau nanya kesana tapi gajadi, takut duluan.
Akhirnya kita buka hp masing-masing buat nyari sinyal. Dan ga dapet, gue bingung masa iya di pemukiman warga bahkan ada vila tapi sinyal aja ga nyampe. Akhirnya kita mutusin buat jalan terus aja ikutin jalur.
Seperti jalur di sekitar gunung pada umumnya. Jalur aspal tapi turunannya curam dan gelap banget. Kita nyampe di sebuah perempatan, disitu kita ngeliat ada orang jalan tapi ga ngarah ke kita.
Gue yang udah cape inisiatif buat jalan duluan. Gue pikir kalo udah nyampe vila pasti di depannya jalan raya. Dan bener aja sekitar 15 menit kita turun nyampe lah kita di jalan raya. Dan tahukah anda, pas kita keluar dari sana orang-orang pada ngeliat aneh
Salah satu ibu-ibu ada yang nanya ke kita. "dari mana mas?" gue jawab "baru turun dari Arjuno bu". Doi bingung "kok turunnya dari sana?", gue gamau cerita kan. Gue nanya lah sama si ibu, Base camp tretes itu ke arah mana. Dan ternyata gue nyasar sekitar 10km dari jalur resmi
Yaudah akhirnya kita jalan kaki karena emang ga megang uang buat naik angkutan. Dan alhamdulillah nyampe Base camp dengan selamat. Disitu gue ketemu sama 4 orang pendaki yang tadi bareng kita ke puncak
Cerita lah gue kejadian tai tadi. Mereka bilang, dulu emang ada beberapa anak yang ilang di Arjuno pas kebakaran tahun berapa gitu. Dan emang belum ketemu sampe sekarang. Tapi disisi lain mereka bersyukur kita selamat. Gue sama temen gue langsung bengong porno.
PARNO KOK PORNO SIH NJENG
Setelah bersih bersih, gue pulang ke kosan dan alhamdulillah selamat. Itu sih pengalaman gue ke Arjuno. Emang lumayan absurd, tapi pengalaman ini bener bener kejadian. Gue udah sering naik gunung baru kali ini digangguin sampe kaya gini.
Oh iya sampe sekarang gue masih bingung, 5 orang pendaki yang ketemu di kop-kopan itu kemana. Soalnya ga keliatan lagi. Kalo turun ga mungkin karena katanya cuma ada 3 tenda diatas dan pas gue nyampe di Lembah kidang emang cuma ada 3. Jadi mereka siapa? Entahlah
Pesan moralnya. Jangan pernah meremehkan sebuah gunung seberapa sering kamu mendaki. Memang benar kalo gunung itu tempat sakral yang dikeramatkan dan di cap tempat bersemayam para dewa. Kejadian ini ga bikin gue kapok, malah bikin gue semakin menghargai alam.
Gue masih ada satu cerita pengalaman gue digangguin juga di sindoro. Kalo likenya banyak gue bakal bikin hehe. See you in the next story. Salam lestari!
Oh iya pas pemilu gue ada rencana mau ekspedisi ke Semeru (kalo udah buka) atau ke argopuro berdua juga sama temen gue yang ini. Kalo ada yang berminat bisa dm hehe.
Galeri foto. Pemanis hehe
[2]
[3]
Missing some Tweet in this thread?
You can try to force a refresh.

Like this thread? Get email updates or save it to PDF!

Subscribe to pidi tidak baiq
Profile picture

Get real-time email alerts when new unrolls are available from this author!

This content may be removed anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Follow Us on Twitter!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!

This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!