, 52 tweets, 9 min read Read on Twitter
"Perjalanan mengelilingi Kalbar 4 hari 3 malam saat KKN"

#traveling #sad #happy #horor #bacahorror

A thread
Sorry ya guys menunggu lama , baru kelar urusan dunia nyata nih wkk
maapkeun juga kalo thread nya acak2an, newbie gua hha hanya pengen share aja pengalaman waktu KKN.
yuk check this out
Gua dulu KKN di daerah 3T, daerah pedalaman. jadi kampus kerjasama sama Pemda Bengkayang ada program KKN+PPL di Bengkayang. yaps, khusus anak ber-"Pendidikan" nih wkk. total ada 19 org yg lolos seleksi, termasuk gua yak wkk
Sekitar 2,5 bulan KKN+PPL (lama yaa). fyi gua tinggal berdua sama temen KKN di sekolah, jadi tiap sekolah diisi 1 atau 2 org. jarak sekolah ke perumahan warga cukup jauh hampir sekitar 500m. depan sekolah langsung hutan. tapi sejuk banget di sekolah, makanya gua pengen KKN lagi😂
kali ini gua bukan ceritain yg di sekolahnya yak haha, singkat cerita jadi gua kan KKN nya bareng PPL nih, jadi liburnya ngikutin libur sekolah. dulu tuh ada libur Idul Adha.
Kebetulan Idul Adha nya itu hari Jumat. nah kita ber-7 diskusi untuk bisa shalat Idul Adha (di sekolah gua semuanya non muslim, jadi gak ada masjid)
Dan sekalian liburan juga ya karena capek bgt dong kita 2 bulan KKN+PPL gak ada libur haha akhirnya kita nentuin bakal shalat Ied di kota Bengkayang
Kita nyari rentalan mobil dah, dapet info dari guru sana untuk penyewaan mobil. untung temen gua satu org bisa bawa mobil ya. jadi gak perlu sewa bang sopirnya. Dapet tuh kita mobil Avanza sehari sewa 600k belum termasuk bensin ya.
Kita nentuin dah ruteperjalanan:
Jagoi Babang-Sanggau Ledo-Bengkayang-Singkawang-Sambas-Aruk-Jagoi Babang

(tracknya yg warna merah ya)
kita berangkat dari Jagoi Babang Kamis jam 3 sore setelah selesai mengajar. Tujuan pertama yaitu ke Bengkayang nginep di kepsek SMA kenalan kita. bener-bener kita berangkat tanpa persiapan apapun yaa cuman perlengkapan pribadi sama rujak kedongdong buatan si koreng wkk
lancar tuh yah di jalan, sampe Sanggau Ledo kita berhenti sebentar karena saat itu kita puasa, jadi mampir lah ke rumah Kepsek SMP tempat ngajar gua. ngebatalin sama minum susu milo (khas sana) 😂 kagak minta makan ya kita wkk, kita makan di masakan padang daerah Sanggau Ledo
lanjut lagi perjalanan menuju kota Bengkayang. kira-kira kita sampe rumah kepsek SMA di Bengkayang itu sekitar jam 11 malem. kebayang kan betapa jauhnya.
Paginya Alhamdulillah kita bisa melaksanakan shalat Idul Adha. denger curhatan anak yg bukan perantauan yg baru pertama kali Idul Adha jauh dari keluarga itu lucu yaa 😂 gua juga pas dulu pertama Idul Adha di Jogja jauh dari ortu sampe nangis juga sih wkk
Pukul 09.30 wib, kita langsung berangkat menuju Singkawang, karena pengen ngepantai haha, kita semua yg ikut anggota KKN ya, jadi gak ada sama sekali tour guide. cuman bermodalkan gmaps. thank youu gugel 😂
Jalan menuju pantai di Singkawang gilaak banget sih paraaah. Tanjakan dan turunannya itu kayak uler anjiir. sampe temen gua mabok perjalanan saking berlika-liku jalannya wkk
Sampe lah di kota Singkawang, dimana selama dua bulan kita bener-bener baru nemuin lampu lalu lintas lagii wkwkk noraak bat, temen gua semuanya kocak, gak ada yg beres otaknya wkk jadi kangen mereka anjir sekarang udh pada berpisaah haha
Maen-maen ke mall, padahal d Jogja maenannya gak jauh dari mall haha
Nyampe kita di Singkawang, di pantai Pasir Panjang sekitar jam 4 sore. Gokiil, pertama yg paling gua pertanyakan itu ini pantai atau danau yak? soalnya gak ada ombaknyaa anjiir beda bgt sama pantai selatan. kita berenang lah disitu sampe lewat maghrib wkwk
nih pantainya:
Lanjut, kita nginep lah di pantai. cuman beli makan di salah satu warung, abis itu kita ijin tidur di gazebo warungnya yg literally dekat bgt sama pantai. dan gak dibebani biaya sewa tempat lagi. makasiiih pak, buk yg udah ngasih kita tempat bobok 😂
gak lupa kita bakar jaguung doong dan canda-canda receh ditemani lagu kebangsaan kita "Kemesraan" wkwkk, plis gua jadi pengen KKN lagi haha
Pagi-siang kita lanjut maen-maen di pantai. ini keseruan kita di Pantai
Next, lanjutkan perjalanan menuju Sambas. untuk perjalanan ke Sambas ini kita tidak menemukan jalan yg serem, jadi emang benar-benar jalan perkotaan. Mampir ke banyak tempat nih wktu itu, mampir ke vihara yg gede bgt asli keren
Terus ke keraton apa gitu yg di Sambas tuh, gua lupa sorry. pokoknya tempat-tempat di Sambas oke siih
Oke, jam 10 malem-an kita lanjutin perjalanan menuju Aruk, perbatasan Indonesia-Malaysia.
Nah disini nih perjalanan yg penuh dengan hal-hal mistiis
Perjalanan menuju Aruk ini kita melewati hutan ya, tapi untungnya jalannya sudah diaspal, ada marka jalannya lah yaa. Inget banget gua, kita di tengah hutan jam 01.00 dini hari. Ngeri gak tuuh.
Kiri dan kanan jalan tuh banyak jurangnya lah, terus pas banget itu malam berkabut. Jarak pandang cuman 5 meter coooyy
kita hanya bermodal kan gmaps yg offline. setiap si mbak gmaps bilang ke kiri ya kita ikut kekiri. ke kanan ya ke kanan, udah aja gitu terus wkwk.
Mobil bener-bener jalannya di tengah jalan. Jadi gini, kan jalan ada marka jalan yg di tengah gitu kan, nah kita liatin marka itu aja, to make sure that we are still in the right way, gak takut masuk jurang 😂
Ditambah lagi temen gua yg cewek, dia lagi menstruasi, jadi khawatir dong. kaliam tau sendiri lah, kalo cewe lagi dapet itu bahaya bgt kalo lagi di tengah hutan. Pokoknya dia kudu inget Allah aja dan pikirannya jangan kosong
Di hutan ituu, kata temen gua yg nyopirin, mobil terasa berat. Bener-bener dia pake gigi rendah, 1 atau 2. Padahal di jalan yg datar cuyy
kata temen gua 2 orang yang bisa liat sesuatu yg tak kasat mata atau indihome, mereka melihat mobil kita memang bener-bener ada yg narik dari belakang. Bumper mobi belakang tuh ditarik sama "mereka" dann itu banyaak katanya. Ngerii kan anjaaay
Pokmen semuanya tetep baca ayat kursi jangan sampe kendor
temen gua ngendarain sampe cuman kecepatan kurang lebih 10 km/jam
Selanjutnya temen gua liaat sesuatu yg muncul dari tanah pinggir jalan. perlahan-perlahan muncul dari tanah
Dan ternyata itu 3 tangan, kelihatan sampe ototnya gitu. kayak semacam minta tolong gitu. Astagfirullah
btw gua jadi takut anjir sendirian di kosan 😢
di tengah hutan liat yg kayak gitu, asumsi kalian apa wooy?
ngerii bat dah
kata temen gua saat perjalanan tuh banyaaak banget suara-suara aneh, kayak suara kumpulan hewan-hewan yg ngeghibah wkk pokoknya rame bgt, sampe suara anak yg maen-maen pun ada lhoo 😢
Ada lagi temen gua liat rusa yg bercahaya di tengah hutan sambil bersuara gitu gaes. kayak yg ngajak sesuatu gitu 😑 cuman temen gua acuhkan aja, takut kenape2 kan yaah.
Karena gua bukan anak indihome, gua bayangin mirip rusa yg di film harry potter ya gaes 😂 tooss kalo sama wkk
Setelah 2 jam perjalanan di hutan, dengan kecepatan mobil mungkin cuman 10 km/jam. akhirnya kita nyampe Aruk. kita nginep di mobil, parkir di pelataran mushola TNI disana
Paginya langsung ke perbatasan Malaysia-Indonesia.
nih fotonya, kereen asliii
Sekitar jam 07.30 wib. Kita langsung pulang menuju Jagoi. dan lagi-lagi kejadian apes terjadi. siang bolong di tengah perkebunan kelapa sawit, ban mobil bocor 😑
Ada-ada aja dah. Ampuni hamba semua ya Allah
Setelah setengah jam ganti ban, dan kita sambil chit chat dan merenung kenapa sih ya kita kena kejadian sepertin itu
Apalagi yg ada "orang' yg narik bumper kita, yg buat lama bgt kita sampe Aruk
Akhirnya temen gua inget klo kita gak boleh bawa sesuatu dari tempat baru. Oke kita inget2 aja siapa yg bawa macem-macem dari tempat baru
Akhirnya temen gua yg bawa kelapa kecil yg lucu di pantai langsung di buang.
kumbang yg diambil di aruk langsung kita buang juga.
Ini kumbang yg dibuang itu 😂
Kalo kelapa nya mh gak sempet difoto
Akhirnya kita sampe dah di Jagoi dengan selamat 😊

Seru banget sih jaman KKN tuh, apalagi dapet temen yg solid, kocak, sefrekuensi sama kita wkk cuman kadang ada lah perdebatan-perdebatan kecil antar anggota kelompok. dibawa santai aja
Bagi mahasiswa 2016 , semangat KKN nya, jadikan seru-seru an aja KKN kalian, dan semoga dapet jodoh ya pas KKN 😂
Missing some Tweet in this thread?
You can try to force a refresh.

Like this thread? Get email updates or save it to PDF!

Subscribe to Ujang Herlan Permana
Profile picture

Get real-time email alerts when new unrolls are available from this author!

This content may be removed anytime!

Twitter may remove this content at anytime, convert it as a PDF, save and print for later use!

Try unrolling a thread yourself!

how to unroll video

1) Follow Thread Reader App on Twitter so you can easily mention us!

2) Go to a Twitter thread (series of Tweets by the same owner) and mention us with a keyword "unroll" @threadreaderapp unroll

You can practice here first or read more on our help page!

Follow Us on Twitter!

Did Thread Reader help you today?

Support us! We are indie developers!

This site is made by just three indie developers on a laptop doing marketing, support and development! Read more about the story.

Become a Premium Member ($3.00/month or $30.00/year) and get exclusive features!

Become Premium

Too expensive? Make a small donation by buying us coffee ($5) or help with server cost ($10)

Donate via Paypal Become our Patreon

Thank you for your support!